Inkling on Angklung

Juli 19, 2014


Jadi beberapa waktu lalu saya nonton ulang reality game show favorit saya, The Amazing Race (TAR) season ke-23. Di season ini,  TAR mengikutsertakan negara kita tercinta, Indonesia, dalam rute perjalanan keliling dunianya. Indonesia mendapat jatah 2 leg (leg 9 & 10) yang semuanya diadakan di daerah Bandung. Nah, di leg 9 itu ada salah satu tugas (Roadblock) yang harus dilakukan para peserta yang keliatannya gampang, tapi kalo nggak ‘ngeh sama musik bakalan susah juga, yaitu menyusun alat musik khas Indonesia, Angklung!


Di Roadblock ini, peserta TAR harus menyusun satu oktaf angklung dengan benar. Jika berhasil, mereka akan mendapat clue berikutnya 

Saya sendiri pernah belajar main angklung pas kuliah dulu. Ceritanya, waktu itu ada open recruitment Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru. Namanya “Sanggar Budaya Nusantara (Sabdanusa)”. Sebagai generasi muda pewaris kekayaan budaya Indonesia, tentu saya tertarik buat ikut. Padahal alasan sebenernya bosen sama ekskul choir. Jadilah saya daftar UKM itu dan masuk sebagai salah satu anggotanya.

Di Sabdanusa sendiri ada dua divisi, tari dan musik. Berhubung nggak bisa nari, jadi saya milih divisi musik. Di musik sendiri dibagi dua lagi, gamelan sunda dan angklung. Dan berhubung kalau mau latian gamelan kudu pindah lokasi, nggak di kampus, gara-gara kita nggak punya gamelan sendiri. Jadi saya mutusin buat ikut belajar angklung aja. Soalnya kalo angklung itu, inventaris UKM kita, dan masih baru beli!

Inget banget pas hari pertama latian, saya sama anak-anak gotong angklung seabrek-abrek ke kampus. Angklung-angklungnya masih diiket-iket sama rafia, karena emang masih baru beli banget. Waktu itu kita punya 2 set angklung huruf (C, Cis, D, Dis, E, dst) dan 3 set angklung angka (angka 0-30). Total jumlah angklungnya berarti... banyak! Tapi makin lama jumlah angklung yang kita punya makin berkurang. Hilang entah kemana. Kebawa/dipinjem anak-anak terus nggak ketemu rimbanya

Cara main angklung sendiri sebenernya simple. Cukup digoyang pake jari-jari tangan. Kamu yang hobi senam lima jari, pasti cepet bisanya. Pertama, cara kita pegang angklungnya harus bener dulu. Kalau dilihat morfologinya, pada alat musik angklung ini terdapat dua buah tabung bambu dengan posisi tegak, yang besar dan yang kecil, which is dari kedua tabung inilah suara angklung berasal. Posisi yang benar adalah tabung besar di sebelah kanan kamu, sedangkan yang kecil di sebelah kiri. Letakkan tangan kirimu di rangka angklung (bagian atas tengah) jadi kayak digantung, sedangkan tangan kananmu buat megang di tabung dasar angklung. Lalu, cukup goyangkan tangan kanan kamu ke kanan dan kiri, sambil tangan kiri tetap menahan bagian atas angklung. Dua buah tabung tegak tadi akan bergetar dan mengeluarkan suara yang merdu (kalau teknik kamu bener). Gampang kan?

Morfologi Angklung (kiri). Cara pegang Angklung yang bener (kanan)

Satu buah angklung (huruf dan angka) mewakili satu buah nada! Kebayang kan berapa banyak angklung yang dibutuhin buat mainin satu buah lagu. Tapi di situlah seni memainkan angklung. Untuk bawain sebuah lagu, terlebih dahulu angklung-angklung yang ada didistribusikan ke para pemain. Satu orang bisa megang lebih dari satu angklung, asalkan angklung yang dipegang nggak dimainin berbarengan alias ‘tabrakan’. Karena satu lagu biasanya ada 3 atau 4 macam melodi (baris), jadi kemungkinan ‘tabrakan’ itu ada. Setelah didistribusikan dan dipastikan nggak yang ‘tabrakan’, latihan bisa dimulai. Biasanya kita bikin dulu partitur segede gaban pake kertas manila biar semuanya pemain bisa ngeliat not angkanya.

Bagian yang menarik adalah masing-masing pemain angklung harus tau dimana-dimana saja dia harus main. Kapan harus masuk, kapan harus berhenti. Sebelum latihan, biasanya kita pemanasan dulu, dengan menggetarkan angklung selama beberapa waktu sesuai aba-aba konduktor. Baru setelah ‘panas’, kita masuk ke lagu.

Awal-awal belajar lagu, kita mainnya pake teknik ‘centok’ dulu, yaitu dengan menarik tabung dasar angklung dengan jari ke telapak tangan kanan. Jadi angklungnya cuma bunyi sekali (stacato). Cara ini penting biar kita inget ketukan sama kapan masuknya. Kalo udah bener, baru kita main dengan cara digetar (kurulung). Pakem dari teknik menggetar angklung adalah harus rapet dan panjang! Maksudnya, getarannya nggak boleh renggang (bunyinya jadi ‘kotong-kotong’) dan harus panjang, maksudnya, jangan berhenti sebelum nada berikutnya berbunyi. Hal ini biar nada yang dimainkan nggak putus alias nyambung. Jadi suara yang dihasilkan akan mengalun dengan merdu, kayak air hujan. Tapi kita sendiri (anak-anak Sabdanusa) masih belom bisa sebagus itu. Secara kita belajar angklungnya aja belajar sendiri, nggak ada ‘mentor’ yang bener-bener pengajar angklung. Tapi untungnya kita punya kakak-kakak tingkat dan temen seangkatan yang pernah main angklung di SMA-nya. Jadinya kita belajar bareng.

Oiya, angklung ini sebenernya agak-agak manja. Butuh perawatan khusus. Kita perlu perhatiin tempat nyimpen angklung. Kalo bisa jangan di tempat yang tinggi biar nggak jatuh. Karena kalau jatuh, terus pecah, buyarlah sudah. Dan satu lagi, angklung ini nggak boleh sedikitpun kena air! Karena kalau kena air, suaranya bakalan sumbang. Dan tidak sesuai lagi dengan nada yang seharusnya

Angklung dan nomor-nomornya yang masing-masing mewakili satu nada

Kita, tim angklung Sabnus, udah beberapa kali nampil dari panggung ke panggung. Walopun masih dalam lingkungan kampus juga. Perform pertama kita waktu itu acara pengenalan UKM dalam rangkaian kegiatan ospek mahasiswa baru. Nah, setelah itu kita mulai deh manggung di acara-acara kampus, macem seminar-seminar, talkshow, Festival Budaya Nusantara (Fesbudnus), sampai puncaknya, UKM kita bikin pagelaran tunggal “Pringgandana” dengan tajuk “Perjalanan Cinta Nusantara”, pada 21 April 2012. Cerita pagelarannya pokoknya ada pangeran yang keliling Indonesia mencari putri yang diculik sama raksasa dan selama pencariannya itu dia menyaksikan berbagai kesenian tari dan musik tradisional yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Di pagelaran tunggal ini, anak-anak angklung kebagian nampilin dua buah lagu, Mojang Priangan dan Es Lilin.

Promotional Poster

Kita perform di panggung

Selain dua lagu itu, sebenernya kita juga belajar lagu-lagu lain, dari lagu wajib, lagu tradisional, lagu pop lokal, sampe lagu pop internesyenel. Lagu pertama yang kita pelajari (pas perform perdana) waktu itu Rayuan Pulau Kelapa. Terus kita juga pernah main lagu Sempurna-nya Gita Gutawa. Pernah juga lagunya Muse yang Time Is Running Out. Tapi so far, menurut saya, lagu yang paling sulit di antara yang pernah kita mainin adalah lagunya Alm. Chrisye, Cintaku.

Kenapa sulit? Satu, karena temponya cepeett nget! Awal belajar sih kayaknya temponya biasa-biasa aja. Tapi, begitu kita GR (General Rehearsal) sesaat sebelum tampil, diiringi pake gitar pula, ternyata temponya jaaaauh lebih cepet dari yang kita mainin pas latian! Alhasil kita main angklung sampe ngos-ngosan kayak abis lari keliling lapangan. Kesulitan kedua, di lagu ini ada satu baris yang banyak nada triol-nya. Triol sendiri adalah tiga nada yang dijadikan satu ketukan. Nah, kebayang nggak tuh. Udah satu angklung satu nada, ditambah satu ketuk ada tiga nada. Mampus dah.

Kita di belakang panggung

Dari main angklung ini, saya dapet banyak banget pelajaran dan moral value. Pertama, tentang kerjasama. Karena satu angklung mewakilli satu nada, untuk memainkan sebuah lagu tentu diperlukan kekompakan di antara para pemainnya. Kita juga dituntut untuk bisa saling mem-back-up satu sama lain. Kedua, tentang toleransi. Satu tim angklung bisa jadi terdiri dari cowok dan cewek. Nah, kita yang cowok biasanya dikasih jatah main angklung yang ukurannya gede-gede, sementara cewek yang ukurannya lebih kecil. Ya kita harus tau diri, secara tenaga cowok kan biasanya lebih besar. Dan kalau pas latihan juga, biasanya kan ada yang salah masuk atau malah salah mainin nadanya. Kita kudu sabar-sabar, soalnya kalau ada yang salah harus ngulang lagi dari bar sebelumnya. Pelajaran ketiga, yakni tentang kedisplinan. Ini nih kebiasaan kita, telat latihan atau malah males dateng latihan. Kalo di angklung, ada satu anak yang nggak masuk latihan, berarti ada satu nada yang hilang. Lagunya jadi pincang, jadi nggak enak. Jadi kebersamaan memang sangat diperlukan dalam memainkan angklung. Pelajaran lain yang saya dapat juga adalah bahwa main angklung itu sangat melatih fokus dan konsentrasi. Kita harus tau kapan kita mainin bagian kita. Pas latihan sih enak bisa liat partitur. Tapi kalo udah manggung, kita harus sudah hafal dan hanya berpatokan pada sang konduktor. Selain itu, main angklung angklung juga dapat melatih otot-otot tangan dan durabilitas tubuh Anda.

Tim Angklung Sabdanusa (plus raksasanya)

Nah, sekian pengalaman saya belajar main angklung. Saya rasa udah tanggung jawab kita anak-anak muda buat ngelestariin budaya negeri kita sendiri. Emang mau siapa lagi?

Sekian. Terima Kasih~



Thanks-List:
Sabdanusa STAN, for such an amazing experience
YOU, for reading this! :)

       

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.