Lebaraaannn...!!!

Agustus 10, 2014

Assalamu’alaykum (masih edisi Ramadhan). Alhamdulillah yaa sekarang kita udah berada di bulan Syawal. Dan baru beberapa hari yang lalu kita semua umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri, atau istilah Inggrisnya, “Feast of the Breaking of the Fast”! Yeeeeeay... Untuk itu, Fery&Family mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H! Taqobbalallahu minna wa minkum... Semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT. Aamiin...



Ngomongin soal Ramadhan, Alhamdulillah, bersyukur banget tahun ini saya dapet kesempatan buat ngerasain puasa sebulan penuh di rumah (dan di kampung halaman, Jember). Tahun-tahun lalu sebagian bulan Ramadhan saya habiskan di tanah rantau gara-gara kuliah. Ujian Akhir Semester (UAS)-nya pun mesti pas awal puasaan. Baru tahun kemarin ini bisa puasa di Probolinggo meskipun sedikit “terganggu” karena barengan sama PKL, plus bikin laporannya. Huff. Tahun ini, Alhamdulillah.... free! (*bahasa lain dari: nganggur) Puasaan full di rumah, nggak ngapa-ngapain, nggak ada kerjaan, cuma main-main, dan menunggu yang ditunggu-tunggu sejak dulu (baca: TKD yang kunjung datang). Dan pastinya juga semakin mendekatkan diri kepada Illahi (ress)

Untungnya hari-hari nganggur saya sedikit terobati dengan kehadiran kawan-kawan tua lama, kawan-kawan seperjuangan di bangku sekolah, mulai jaman TK sampe SMA, mulai jaman umbelan (ingusan) sampai ubanan. Kita janjian ngabuburit bareng di rumah @_chyz (yang bentar lagi mau married #eh). Kebetulan kita semua lagi nganggur libur. Alhamdulillah, rencana tersebut tidak sekedar jadi wacana. Hari Sabtu, 12 Juli, kita realisasikan acara ngabuburit itu. Waktu itu yang dateng cuma 3 orang, saya, @prayogo_ari sama @teebriz. Sama @_chyz jadi berempat. Dikit sih. Karena emang cuma kita berempat yang janjian. Wkwkwk. Lha wong rencananya cuma mau main doang sambil ngopy-ngopy filem, buat stok di rumah selama Ramadhan. Alhasil kita semua bawa laptop dan bergegas berangkat pagi-pagi, soalnya di kompleks perumdin PTKL rumah @_chyz tiap hari ada pemadaman listrik dari pukul 12.00 sampe 15.00. #Ikutprihatin

Pre-meeting sebelum acara inti. (Dari kiri ke kanan) @prayogo_ari@_chyz, @ferydyan. Entah tahun depan masih bisa gini lagi apa nggak :')

Kita nyampe rumah @_chyz sekitar pukul 9.00 waktu setempat. Dan buru-buru ngecharge laptop sampe full. Maklum. Laptopnya udah pada soak, udah “colokan-addict”, jadi nggak bisa tahan lama tanpa batere. Nah, kita langsung mulai dah tuh ngobrak-abrik isi masing-masing laptop buat nyari filem-filem mana yang mau dicopy. Tapi emang dasar mulut emak-emak ye, awalnya mau nyari filem, eh malah nyari file foto-foto kenangan masa lampau, buat kita “bahas”.

Ketemulah beberapa foto jadul di laptopnya @prayogo_ari, mulai dari jaman SMP, sampai jaman-jaman alay SMA. Jadi nostalgia deh. Ngeliat foto muka-muka kita jaman jebot, yang masih polos, yang masih belum mengenal kejamnya dunia di luar sana. Dunia yang kita tau saat itu cuma sebatas pagar sekolah. Kita juga ngeliat-liat foto temen-temen kita semasa sekolah dulu. Sambil teteup, menggunjing apa yang bisa digunjing, menyiyir apa yang bisa dinyinyir, dan menertawakan apa yang bisa ditertawakan. Sungguh, puasa hari itu menjadi tidak bermakna. Tapi apa mau dikata, menimbun dosa memang nikmat dan menyenangkan. Ampuni kita ya Allah. #Janganditiru

Nggak kerasa udah pukul 14.00 dan listrik pun telah mati sedari tadi. Alhasil, kita nggak bisa ngapa-ngapain. Tadinya, kita mau langsung balik setelah sholat dhuhur di rumahnya @_chyz. Eh, tapi sama @_chyz nggak boleh. Kita disuruh sekalian buka bareng di sana, gegara udah dimasakin sama maminya @_chyz.  Heuheu, makasih tanteee... Ya udah jadinya kita duduk lagi. Terus nerusin nggosip lagi. Sampai akhirnya tibalah waktu Maghrib dan berbuka puasa. Alhamdulillah. Meskipun badan bau udah kecut karena belom mandi. Kita balik ke rumah setelah sholat Maghrib berjama’ah bareng keluarganya @_chyz. Meskipun sholatnya nggak bisa khusyuk gara-gara suara tokek laknat. Tengs.

Menu bukber kita di rumah @_chyz. Makasih tanteee... :D

Bulan Ramadhan pun terus berjalan dan semakin mendekati akhirnya. Dan seperti biasa, beberapa hari sebelum hari raya, kami sekeluarga mudik ke kampung halaman, Jember. Saya sama adek berangkat duluan hari H-5 lebaran naik kereta, sementara bapak ibuk berangkat H-1 naik motor, gara-gara masih nolongin tetangga yang ada hajatan nikahan.

Hmm.. senengnya bisa kembali ke kampung halaman. Bisa ketemu sodara-sodara, ponakan, dan nenek tercinta yang alhamdulillah masih dikasih sehat sampai hari ini. Hampir tiap tahun kita lebaran di rumah nenek, dan di hari H-nya semua sodara berbondong-bondong kumpul di sana. Rame. Seru. Dan bersyukur banget masih diberi kesempatan sama Tuhan untuk melewati Ramadhan tahun ini dan Idul Fitri tanpa kurang suatu apapun. Alhamdulillah.

Biar kata ibadah saya masih berantakan, masih banyak salah dan banyak dosa, tapi saya tetep berdoa semoga amalan-amalan yang telah kita lakukan di bulan Ramadhan lalu bisa diterima oleh Allah SWT. Mudah-mudahan kita semua diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan tahun depan. Mohon maaf atas segala kesalahan kata dan perbuatan saya selama ini. Kata orang. lebih mudah meminta maaf kepada Tuhan daripada meminta maaf kepada manusia. Jadi, maapin ane yak! Hehe. Semoga di Idul Fitri kali ini, kita semua bisa kembali ke keadaan “semula”, keadaan yang suci, seperti bayi yang baru dilahirkan *meskipun ane udah baby-face dari dulu.

HAPPY EID AL-FITR!!!!!

May the noor of this EID illuminates your heart, mind, and soul. And may all your prayers be answered

Eid Mubarak!



TRIVIA:

Iklan of The Month!
Seperti biasa, pas Ramadhan banyak iklan tivi bermunculan yang isinya selain promo sirup dan jajan lebaran adalah menyebarkan pesan ajakan menuju kebaikan. Untuk tahun ini, predikat best TV Commercial (TVC) versi saya, jatuh kepada TVC dari Pertamina! Sumpah. Bikin saya mbrebes mili.

TVC Pertamina ini ada dua part, yang pertama buat Ramadhan, satunya lagi buat Idul Fitri. Tapi dua-duanya cerita nyambung. Part 1 berkisah tentang seorang wanita muda yang memilih untuk mengesampingkan pekerjaannya demi merawat ibunya yang sudah sepuh dan pelupa. Dibalut dalam tradisi Damar Urung, Gresik, tagline dalam tvc part 1 ini bagus & ngena banget. "BILA TIDAK ADA BAHU UNTUK BERSANDAR. SELALU ADA TEMPAT UNTUK BERSUJUD" Buat orang sekotor saya aja, kalimat ini bikin merinding.

[TVC Ramadhan Pertamina Part 1]
Nduk, urip iku urup, kudune tansah nduwe barokah marang liyan
(Nak, hidup itu nyala, maka hendaklah bermanfaat bagi orang lain

Nah, sedangkan Part 2 bercerita tentang suasana malam lebaran kedua ibu-anak ini di kampung halaman. Saat membuka koper ibunya, si wanita tadi menemukan gambar-gambar yang ia buat semasa kecil bersama alm. ayahnya. Gambar itupun ia jadikan lampion untuk memeriahkan adat Damar Urung. Satu lagi adegan yang menyentuh adalah saat ibunya berkata anaknya, "Nduk, kowe pancen damare uripku..." Yang artinya, "Nak, kamu memang pelita hidupku..."  :')

TVC Part 2 (Lebaran)



Thanks-List:
@_chyz, @prayogo_ari, @teebriz, for the happy-time
PT Pertamina YouTube account, for the vid
YOU, for reading this! :)






You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.