Sonjo Story

Agustus 12, 2014

Ahoyy kawan semua! Masih dalam nuansa lebaran. Dan masih remek juga badan ini setelah tiga hari berturut-turut menjadi seorang “pengacara” profesional [baca: pengangguran kebanyakan acara]. Sepulang mudik lebaran hari Kamis, 31 Juli lalu, daripada nggak ada kerjaan di rumah karena masih nganggur juga, saya dan anak-anak “pengacara” lain yang masih ada di sekitar rumah merencanakan acara sonjo-sonjo (silaturrahmi) ke rumah kawan-kawan dan guru-guru semasa sekolah dulu. So here’s where the sonjo story begins...



Sebelum silaturrahmi sama temen-temen sekolah, saya ada acara reunian sesama anak STAN dari Probolinggo, yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Probolinggo (Kempro). Acaranya hari Sabtu 2 Agustus, sore sekitar pukul 16.00 di Rumah Makan Sari Kuring, Probolinggo. Reuni ini adalah acara rutin yang diadakan setiap tahun, yang dihadiri oleh alumni-alumni dan mahasiswa yang masih aktif kuliah. Kemarin ini sebenernya pertama kalinya saya bisa dateng, soalnya tahun-tahun lalu acaranya mesti pas saya lagi mudik ke Jember. Maklum, Probolinggo karbitan.

Kempro (nggak pake "h")

Acara reuni kemarin mayan seru sih. Rame. Ketemu wajah-wajah baru. Ketemu lagi sama anak-anak kosan sing gileh. Ketemu alumni. Meminta petuah yang bermanfaat dari kakak-kakak tingkat. Dan mendengarkan cerita yang koplak dan kurang bermanfaat dari adek-adek kosan. Acaranya selese sekitar habis Maghrib dan makanannya di bayarin alumni ‘yang udah berpenghasilan’. Tengs.



Besoknya, hari Minggu 3 Agustus, barulah saya sama temen-temen sekolah bikin acara sonjo-sonjo. Masih dengan sahabat saya sesama pengangguran @prayogo_ari, plus temen-temen lain yang available di hari itu. Totalnya ada delapan bocah ingusan. Empat cowok empat cewek, pake empat motor. Kita rencananya berangkat pukul 09.00 pagi. Tapi apa mau dikata, rencana tinggallah rencana, karena pada akhirnya kita baru berangkat habis Ashar! Biasa, saling menunggu yang berujung  pada ke-ngaretan waktu. Huf.

Berhubung udah kesorean, guru-guru yang kita datengin jadinya nggak begitu banyak. Ditambah lagi, besok Seninnya anak-anak udah banyak yang harus balik ke aktivitasnya masing-masing, baik kuliah maupun kerja. Kita pun mengakhiri acara sonjo-sonjo hari itu sekitar habis Maghrib.

Sama Bu Atin & Pak Wawan

With the one and only Mr. Yayan

Route Info sonjo-sonjo hari Minggu, 3 Agustus: START à H @prayogo_ari à H Yogi à H Irfan (Irfannya balik ke Malang) à H Uzil (Uzilnya keluar) à H Sandi (sekalian jenguk, dia baru kecelakaan)  à H Bu Umi, guru Matematika SMP (beliau nggak ada) à H Bu Ainil, guru Bahasa Inggris SD (tutupan juga) à H Bu Rini, guru Matematika SMP à H Silvy à H Bu Atin & Pak Wawan, guru Biologi & Pkn à H Bu Susi, guru Matematika SMA à H Pak Yayan & Bu Eni, guru Bahasa Inggris SMP/SMA à H Bu Ade & Pak Ronald, guru Biologi & Matematika (beliaunya nggak ada) à H Bu Indri, guru Bahasa Inggris (ketemu Pak Agus, guru Bahasa Inggris, juga di sini) à H Pak Malik & Bu Dini, guru Fisika & Matematika à H Bu Sun, guru Biologi SMA (beliaunya belom dateng) à SELESAI

Di rumah Pak Malik & Bu Dini

Karena merasa belum puas dan tuntas bersilaturahmi ke guru-guru, saya sama anak-anak mutusin buat ikutan halal bihalal di Sekolah Taruna Dra. Zulaeha keesokan harinya. Halal bihalal ini rutin diadain di hari pertama masuk sekolah setelah libur lebaran. Seluruh siswa dan guru, dari TK sampai SMA, bikin barisan kayak “ular-ularan” dan saling bersalaman. Awalnya saya males mau ikut, tapi karena dipaksa buat ikut sama @prayogo_ari & @_chyz, dan lagi-lagi karena nganggur juga, yaudah deh saya ikutan. Dan ternyata yang dateng ke halal bihalal, yang seangkatan sama kita... cuma kita doang. Heu. Total ada empat orang, saya, @prayogo_ari, @chyz, sama @teebriz. Sama kek kejadian kemarin. Wkwkwk. Maklum lah, anak-anak udah banyak yang kembali ke perantauan masing-masing. Jadilah kita berempat ikut “ular-ularan” dan salam-salaman ke guru-guru.

Habis acara “ular-ularan” kita berempat nongkrong di kantin sekolah. Lamaaaa beut nggak ngerti mau ngapain, tolah-toleh kanan kiri. Akhirnya ya udah lah kita mutusin buat ngelajutin sonjo-sonjo yang kemarin. Nggak enak juga soalnya sehari sebelumnya udah janji sama Bu Jamilah (guru Biologi SMA) mau sonjo ke rumahnya tapi nggak jadi gara-gara udah kemaleman. Tapi  sebelum ke rumahnya Bu Jamilah, kita nyempetin ke rumahnya Risvi (yang baru nikah #cieh). Dan kita lumayan lama di sana sampe Dhuhur, sampai-sampai dibeliin makan siang mie ceker (+kepala) sama maminya Risvi, makasih tanteee... Nah, gara-gara udah siang, dan nggak bawa helm pula, kita mutusin balik dulu ke rumah and ke rumah Bu Jamilahnya sore aja abis Ashar. Oiya, selain mau ke humznya Bu Jam, kita juga mau sonjo ke rumah salah seorang guru favorit (and memorable) jaman SMP, Bu Sri Hartuti. Hihihi.

Habis Ashar, kita berangkat ke rumah Bu Jamil. Tapi nggak cuma berempat. Personil kita nambah seorang lagi, om Yogi, hehe. Kita nyampe rumah Bu Jam sekitar pukul 17.30 dan ngobrol-ngobrol sama beliau, Pak Nanang (suami beliau), dan kedua anak lelaki Bu Jamil yang aktif, banget. Kita pamit dari rumah Bu Jamil pas Mghrib dan kita cuss langsung ke rumah Bu Tuti. Sempet bingung dikit nyari rumahnya Bu Tuti tapi alhamdulillah ketemu juga. Rumah berwarna pink dengan pagar berhias gambar not balok. Secara suaminya Bu Tuti, Pak Eko, adalah guru kesenian kita pas SMP, hihihi. Kita berlima lumayan lama di rumah Bu Tuti, secara emang udah lamaaa beut nggak ketemu. Kita cerita macem-macem, mengenang masa-masa indah saat beliau masih mengajar kita, sampai ngegosipin temen-temen kita sendiri. Kita juga dapet wejangan-wejangan masalah target hidup dan pernikahan (yang ini buat @_chyz #eh). Kita pamit undur diri dari rumah Bu Tuti & Pak Eko sekitar pukul 20.00, dan pulang ke rumah masing-masing. Tepar.

Route Info sonjo-sonjo hari Senin, 4 Agustus: START à Sekolah Taruna Dra. Zulaeha (halal bihalal) à Kantin (ndlahom plongah-plongoh) à H Risvi à balik dulu à H Bu Jamilah, guru Biologi SMA à H Bu Tuti & Pak Eko, guru Bahasa Indonesia & Kesenian SMP à SELESAI

Dengan berakhirnya acara sonjo-sonjo hari itu, berakhir pula rangkaian acara silaturrahmi kita dalam rangka lebaran tahun 2014 ini. Semoga dengan sonjo-sonjo ini, silaturrahmi kita tidak terputus dan terus terhubung sampai maut memisahkan. Mudah-mudahan juga tahun depan masih bisa dikasih kesempatan untuk kembali bersilaturrahmi, meski bakal susah gegara banyak yang mau nikah, hehehe. Anyway, life must keep going on! Tapi jangan lupain guru-guru dan kawan-kawan lamamu ya. Tanpa mereka, hidupmu mungkin tak jadi seperti sekarang ini :)



UPDATE:
Hari Rabu, 6 Agustus, si @prayogo_ari ngajakin ke rumahnya Uzil karena kebetulan dia ada di rumahnya. Kebetulan juga saya pengen banget denger ceritanya si Uzil yang katanya ditawarin kerja di Dubai & Qatar. Sekitar pukul 17.00, kita bertiga (saya, @prayogo_ari, & Uzil) mutusin buat maen ke rumah salah satu kawan lama kita, Nenny nyunyu. Di sana, tetep, kita bergosip & bergunjing ria sampe habis malem.

Hari Sabtu, 9 Agustus, kita menghadiri acara paling penting di hidup @_chyz, yakni acara pernikahan dia! Heuheu, ikut seneng banget (dan berdoa biar cepet nyusul #eh). Nah, habis dari nikahannya @_chyz, kita ke sekolahan (lagi), terus ke rumah Asmad, terus malemnya kita sonjo ke rumah guru kimia SMA yang sepuh yang legendaris, Bu Hardiono. Habis dari rumah beliau, kita kongkow-kongkow dolo di warung cafe Jogloo di kota.

@_chyz's wedding

Di rumah Bu Hardiono (ada Pak Nandra juga -_-)




Thanks-List:
Friends and Teachers, for everything 
Photographers, dreamstime.com, images.forwallpaper.com, googleimage, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.