[RECAP] The Amazing Race Asia Season 5: Leg 1 (Jakarta - West Java)

Oktober 27, 2016

Akhirnya, setelah mandeg selama hampir 6 tahun, kompetisi traveling favorit kita semua, The Amazing Race Asia kembali lagi! Kini, di season kelima-nya, pihak penyelenggara mengklaim bahwa season ini akan jauh lebih memacu adrenalin dari season-season pendahulunya. Hadiah utamanya masih sama, yakni USD$ 100,000 (sekitar 1 Miliar Rupiah lebih). Allan Wu kembali didapuk menjadi host, dan kali ini, dia akan ditemani dengan co-host Tara Basro (aktris film Indonesia). Episode pertama ditayangkan premier pada tanggal 13 Oktober 2016 lalu di channel AXN (akan ditayangkan kembali di channel GlobalTV nanti). And here’s the recap for the 1st leg!



Kita patut berbangga, di The Amazing Race Asia (TARA) Season 5 ini, negara kita tercinta Indonesia menjadi “tuan rumah”. Garis start dan finish semuanya ada di wilayah Indonesia, dan 5 dari 10 leg dalam kompetisi ini diadakan di Indonesia. Dua brand lokal kita pun turut menjadi sponsor utama acara ini, yaitu Wonderful Indonesia dan Garuda Indonesia. Ini adalah kesempatan yang baik untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan keindahan destinasi wisata di Indonesia.

Proses casting peserta dilakukan secara terbuka sejak tanggal 23 Mei sampai 30 Juni 2016 lalu. Mereka yang ingin bergabung dipersilakan melakukan registrasi dan mengirim video audisi ke situs resmi AXN. Dan mengikuti season-season sebelumnya, peserta yang terpilih mayoritas (hampir semuanya malah) selebritis lokal atau seleb-seleb dunia maya. And here’s the full casts:

Full casts

Rachel Tampubolon & Vicky Harahap  | Travel Hosts  | Indonesia
Louisa Kusnandar & Treasuri Tamara  | Best Friends  | Indonesia
Brandon Ho & Alphaeus Tan  | School Friends  | Malaysia
Alex & Will Chee  | Brothers |  Malaysia
Chloe Chen & Yvonne Lee  | Beauty Queens  | Malaysia
Parul Shah & Maggie Wilson  | Beauty Queens  | Philippines
Eric & Rona (neé Samson) Tai  | Married  | Philippines
Jerald Justin "JK" Ko & Michael "Mike" Tan  | Radio DJs  | Singapore
Rei & Keiji Umehara | Siblings  | Singapore
Tom William Barrett & Anita Silsith Bye  | Dating  | Thailand
Nic & Lisa Truong-Marchetto  | Life Partners  | Vietnam

Leg pertama season ini dimulai di ibukota negara kita, Jakarta, tepatnya di Monumen Nasional (Monas). Di titik start, tim diberi berita mengejutkan kalau hanya ada 10 tim yang akan benar-benar punya kesempatan memenangkan USD$ 100,000, karena salah satu tim akan dieliminasi pada tantangan pertama. Kompetisi dimulai dengan aba-aba dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana (jujur ini absurd banget, karena baru pertama kali The Amazing Race dimulai bukan oleh host-nya). Tim lalu melakukan “prosesi” khas The Amazing Race, yaitu berlari menuju clue dan tas masing-masing.

The teams & hosts 

[Left to Right] Mr. Pitana, Allan Wu, Tara Basro 

Teams getting ready to run!

Clue pertama memerintahkan tim untuk berlomba menuju Gedung Sapta Pesona. Di sini, tim mengerjakan tugas pertama yakni mencari 10 (dari 1000) kompas yang menunjukkan arah 210° Barat Daya. Menurut saya, seharusnya ini adalah tugas yang tidak terlalu sulit, karena buat yang sering traveling, membaca kompas adalah pelajaran yang cukup dasar. Tim yang berhasil menemukan kompas yang dimaksud harus menyerahkannya ke host Allan & Tara untuk mendapat clue selanjutnya, sementara tim terakhir yang gagal akan dieliminasi. Dan sayangnya, tim Vietnam, Nic & Lisa jadi korban eliminasi pertama. Jujur, ini eliminasi yang agak “jahat” menurut saya, karena kasihan, tim-nya udah susah-susah audisi & jauh-jauh dari negaranya eh malah nggak “nyicipin” kompetisinya sama sekali. Mending 10 tim aja deh dari awal.

Gedung Sapta Pesona & dinding berisi kompas 

Nic & Lisa eliminated

Move on, tim lalu diarahkan menuju Menara Syahbandar di Museum Bahari, Kota Tua, Jakarta Utara. Di sini, tim mendapat clue berisi tantangan berikutnya yang berupa Detour. Detour adalah pilihan dari dua tugas, dan opsinya adalah Fix (“Memperbaiki”) atau Freight (“Mengangkut”). Untuk Fix, tim harus bergerak menuju Taman Fatahillah dan memperbaiki/mendekorasi sepeda onthel sesuai dengan contoh yang disediakan, sementara untuk Freight tim harus bergerak menuju Pelabuhan Sunda Kelapa dan memindahkan muatan pasir dari kapal Phinisi menuju pelabuhan sampai memenuhi 4 tong.

Menara Syahbandar 

Detour

JK & Mike, Alphaeus & Brandon, Rach & Vicki, dan Anita & Tom memilih tugas Freight, sementara Parul & Maggie, Eric & Rona, Alex & Will, Louisa & Treasuri, Chloe & Yvonne, dan Rei & Keiji memilih Fix. Rei & Keiji sempat terhambat mencapai lokasi Detour karena memilih berjalan kaki sementara tim lain naik taksi. Panas Jakarta di siang hari membuat beberapa tim mencapai titik frustrasinya. Pasangan suami-istri Eric & Rona sedikit bertengkar karena Rona salah memasukkan dekorasi di ban sepeda, sementara tim asal Indonesia, Rach & Vicki (seperti yang udah saya prediksi) ribut juga entah karena apa.

Teams getting frustrated

Alphaeus & Brandon menjadi tim pertama yang berhasil menyelesaikan tugas dan mendapat clue berikutnya. Clue tersebut menyuruh tim untuk bergerak menuju Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat. Tim berikutnya yang berhasil menyelesaikan Detour, yakni  Eric & Rona, Anita & Tom, JK & Mike, Louisa & Treasuri, Rach & Vicki, Alex & Will, Rei & Keiji, Yvonne & Chloe, dan yang terakhir, Parul & Maggie.



Sesampainya di Kebun Raya, tim harus mengambil clue dari tangan Ondel-Ondel. Clue tersebut ternyata berisi tugas dimana tim harus membawa Ondel-Ondel mereka dan mencari pasangan Ondel-Ondel tersebut (sesuai dengan motif scarf-nya) di Taman Teijsman. Karena terkendala bahasa, beberapa tim tersesat di dalam Kebun Raya. Alphaeus & Brandon lagi-lagi berhasil menyelesaikan tugas mereka dengan cepat dan mendapat clue terakhir di leg ini. Clue tersebut memerintahkan tim (beserta Ondel-Ondel-nya) untuk bergerak menuju pit stop leg pertama ini, yakni di Kolam Teratai di depan Istana Kepresidenan. Tim terkahir yang cek-in di pit stop akan tereliminasi.

Pit Stop: Lotus Pond, Bogor Presidential Palace

Tim Malaysia, Alphaeus & Brandon menjadi tim pertama yang tiba di pit stop dan mendapat hadiah tiket pesawat PP tujuan Bali courtesy of Garuda Indonesia. Sementara itu, karena terjebak macet saat menuju Kebun Raya Bogor, tim kakak-adik asal Singapore, Rei & Keiji, akhirnya cek in terakhir dan menjadi tim kedua yang tereliminasi di leg pertama ini.



Team positioning:
#1  Alphaeus & Brandon, Malaysia
#2  Louisa & Treasuri, Indonesia (good job girls! J)
#3  JK & Mike, Singapore
#4  Eric & Rona, Philippines
#5  Will & Alex, Malaysia
#6  Rach & Vicki, Indonesia
#7  Parul & Maggie, Philippines
#8  Anita & Tom, Thailand
#9  Yvonne & Chloe, Malaysia
#10  Rei & Keiji, Singapore, Eliminated
#11  Nic & Lisa, Vietnam, Eliminated

Overall, sebagai penggemar The Amazing Race (sejak SD), saya senang TAR Asia akhirnya kembali lagi ke layar kaca. Hanya mungkin season kali ini lebih cocok disebut TAR Asia Tenggara ya, karena negara-negara yang dikunjungi semuanya ada di wiliayah ASEAN dan mayoritas pesertanya pun dari Asia Tenggara. Namun, hal lain yang membuat leg 1 ini agak absurd, yaitu keberadaan bapak-bapak pejabat di garis start (sorry to say, ini nggak penting banget menurut saya), terus iklan-iklan sponsor yang “maksa” banget buat dimasukin ke acara. Ini so Indonesia banget sih. Sebanyak mungkin memasukkan unsur sponsor selama acara. Well, kalo cuman banner atau logo-logo masih oke lah ya.

Sorry guys, you don't belong here

Tapi kalo sampe ada mbak-mbak pramugari yang ada scene nyerahin tiket ke peserta. Thats absurd!
Anyway, saya cukup excited untuk kelanjutan TARA 5 ini. Dan saya punya feeling bagus buat tim Indonesia (Louisa & Treasuri aja) kalau mereka bisa bertahan lama di kompetisi ini. J



NINE TEAMS REMAIN...
WHO WILL BE ELIMINATED...
NEXT?     




Thanks-List:
axn-asia.comwikipedia.org, for the info
YOU, for reading this! :) 

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.