Bukan Cuma Artis, Kernet Juga Bikin Setting-an

Oktober 15, 2016

Sejak lama, bus sudah jadi moda transportasi umum yang sering kita pakai buat bepergian. Saya sendiri sekarang rutin naik bus tiap weekend buat pulang. Tapi kadang masih banyak juga temen-temen, khususnya cewe, yang masih takut naik bus sendirian. Sebagian besar karena takutjadi korban kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi, seperti copet, hipnotis, dsb. Ya, ada benernya juga. Saya kalau lagi naik bus sendirian juga ngga berani tidur, kecuali naik bus Patas. Dan alhamdulillah, sampai sekarang belum pernah (dan jangan sampai) ngalamin kejahatan di bus. Belakangan, saya ketemu modus tipu-tipu baru (atau mungkin saya yang baru tau) di atas bus. Dan kali ini, saya hampiir saja jadi korban, karena settingannya bener-bener meyakinkan.



Cerita ini terjadi di bulan Ramadhan lalu. Seperti biasa, hari Minggu sore, saya berangkat ke Jember karena Senin masuk kerja seperti biasa. Prinsip saya, naik bus apa aja yang lewat pertama dan kebetulan yang lewat pertama waktu itu bus ekonomi. Bukan Patas. Trayeknya saya lupa, kayaknya Surabaya-Jember. Nama busnya juga saya lupa. Kondisi bus-nya waktu sepi penumpang dan saya duduk di barisan tengah agak ke belakang. Sendirian.

Sekitar sejam kemudian, kita sampai di Terminal Wonorejo/Lumajang. Dan seperti biasa pula, si bus ngetem (nunggu penumpang) di lampu merah nggak jauh dari terminal. Durasi ngetem-nya tergantung kondisi penambahan penumpang. Makin sepi ya makin lama. Sekitar setengah jam-an kemudian, akhirnya bus kami melaju lagi. Penumpangnya cuman bertambah beberapa orang. Beberapa kemudian, si kernet bus kedengeran lagi ngobrol agak kenceng sama salah satu penumpang. Kakek-kakek sekitar usia 60-70an dan wajahnya tampak begitu polos.

Terminal Wonorejo/Lumajang

Cerita punya cerita, si kakek ini katanya ketinggalan bus. Kalau nggak salah, waktu itu dia bilang baru dateng dari luar Jawa (dari Sumatra kayaknya) mau ngunjungin saudaranya yang ada di Jawa (lupa di kota mana). Nah, pas di terminal Probolinggo, dia bilang tas-nya ketinggalan di bus sebelumnya yang dia tumpangin. Saya nggak inget gimana akhirnya beliau berakhir di bus kami. Dan waktu itu, beliau katanya nggak punya apa-apa lagi buat bayar bus. Semua uangnya ada di tas—yang ketinggalan— itu.

Akhirnya si kakek nawarin lah buat ngejual handphone-nya. Saya liat sih HP-nya udah jadul banget. Si kernet nawar harganya murah banget. Terus ditanyain lagi, selain bawa HP si kakek itu bawa apa lagi. Ternyata si kakek bawa jam tangan. Nah, di liat-liat deh tuh jam tangannya sama si kernet. Akhirnya si kernet mulai nawar-nawarin jam tangan itu ke penumpang-penumpang lain, termasuk saya. Si kakek bilang, ditambah si kernet ngompor-ngomporin kalau jam itu emas asli. Harga aslinya mahal. Ditambah ada tulisan-tulisan Arabnya gitu. Saya yang awam masalah per-jam-tangan-an ya cuman bilang oh ya oh ya aja. Nggak ngerti. SI kernet nawarin jam itu seharga 350.000 kalo nggak salah.

Ilustrasi jam tangan

Ya jujur aja, ngeliat raut wajah si kakek, saya jadi kasihan sebenernya. Apalagi bulan puasa kan, siapa sih yang nggak mau beramal sholeh. Cuman buat beli jam tangannya ya saya nggak bawa duit segitu banyak. Tapi mungkin saya bisa ngasih ongkos buat si kakek balik ke Probolinggo dan mungkin mencari jejak tasnya. Cuman niat itu urung, setelah ada ibu-ibu yang lagi duduk di depan saya, colek-colek tangan saya. Beliau bisik-bisik kalo itu ‘penipuan’!

Hm? Masak sih? Akhirnya saya nggak jadi mau bantuin si kakek. Dan akhirnya ngga ada juga yang mau beli jam tangan si kakek. Si kernet lalu nurunin si kakek di lampu merah berikutnya. Nah, begitu suasana udah tenang lagi, si ibu-ibu tadi cerita lagi. Dia tadi khawatir ngeliat saya yang udah buka-buka dompet. Kata beliau, kejadian tadi itu cuman tipu-tipu si kernet sama si kakeknya. Mereka berdua kongkalikong alias kerja sama buat bikin “drama” biar ada orang yang “terlalu baik” yang mau bantu dan memanfaatkan kebaikan orang tersebut buat keuntungan diri sendiri. Wah, saya baru tau tuh ada modus penipuan kayak gitu.


Dan akhirnya, saya semakin yakin kalo “drama” itu emang bener-bener penipuan, setelah beberapa minggu yang lalu, pas saya lagi di bus juga menuju Jember, terjadi lagi “drama” serupa. Dengan skrip yang sama. Jam tangan dengan model yang sama (dan saya yakin itu jam tangan palsu). Cuman aktornya aja yang beda. Saya sih ngga inget apa bus + kernetnya sama seperti waktu itu. Tapi saya yakin, sebenernya mereka cuman  oknum aja. Nggak semua bus seperti itu. Masih banyak armada-armada bus yang menjalankan usahanya dengan jujur. Mungkin si oknum bus tadi terdorong buat mencapai target penerimaan. Ngeliat kondisi bus yang sepi penumpang akhirnya dilakuinlah penipuan seperti itu. Atau mungkin, mereka memang ingin memperkaya diri sendiri dengan cara cepat (?)

Jadi mungkin temen-temen yang pernah nemuin kejadian kayak gini bisa lebih hati-hati. Jadi baik harus. Tapi jangan sampai jadi terlalu baik dan akhirnya malah teledor, hehe...




Thanks-List:
image.google.com, for the pics
YOU, for reading this! :) 

You Might Also Like

3 comments

  1. biasanya bukan kernet, tapi mang beberapa orang sekomplotan. Sebenarnya sopir dan kernet tau, cuma ngga berani aja.. dulu di terminal tawangalun juga sering gitu kalo pas naek bus ke banyuwangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh gitu ya.. Soalnya pas kejadianku itu emang kernetnya yang "maksa2" ngejual jam tangannya -_-

      Hapus
  2. Assalamualaikum maaf jika lewat tempat ini saya publikasikan kisah sukses saya.. senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadaikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan Danah Gaib tanpa tumbal dari MBAH SUROPALA dan akhirnya saya menghubungi beliau. Kata MBAH SUROPALA pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan Danah Gaib. Tanpa pikir panjang semua petunjuk MBAH saya ikuti dan hanya 3 hari. Alhamdulilah akhirnya danah gaib yang saya minta benar benar ada di rekening saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya silahkan minta bantuan kpd beliau karna cuma beliau yg behasil membantu saya telpon MBAH SUROPALA di nomer +6285~319~483~234 ...


    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.