5 Most Favorite MARVEL Mutants!

Oktober 18, 2014

Ah, how I love Marvel Universe!

Sejak didirikan pertama kali pada tahun 1939 (waktu itu namanya Timely Publications), Marvel udah me-release belasan ribu komik, dan udah menciptakan ribuan karakter, baik karakter superhero maupun karakter penjahat. Masing-masing karakter punya jalan cerita utama-nya sendiri-sendiri. Sebut aja line Captain America, Thor, Spiderman, Fantastic Four, dan yang paling ane favoritin, X-Men. Meskipun kadang sebagian karakter ada yang muncul di line cerita lain. Misal, awalnya dia ada di garis cerita X-Men, lalu pindah ke cerita-nya Avengers.

CD X-Men yang ane beli pas pertama kali punya VCD


Nah, kali ini ane mau nge-list karakter-karakter favorit ane yang ada (atau pernah ada) di storyline-nya X-Men. Dari semua cerita bikinan Marvel, ane emang paling suka sama X-Men. Di X-Men sendiri ada buuanyak buanget karakter yang muncul. We called them as mutants! Mereka punya kemampuan (ability) dan wujud yang unik-unik. Berikut beberapa mutan yang ane favoritin. Cekidots gaes!


5. Psylocke

Betsy Braddock as Psylocke

Nama aslinya Elizabeth Braddock alias “Betsy”. Karakter Betsy muncul pertama kali di serial Marvel UK, Captain Britain. Di cerita itu, profesi awal Betsy adalah sebagai charter pilot. Setelah berhenti jadi pilot, dia mengejar karir di dunia modeling. Betsy sendiri punya kemampuan precognition (melihat masa depan), dan berkembang jadi ability telepathy. Karena kemampuannya ini, Betsy lantas direkrut oleh organisasi S.T.R.I.K.E.

Saat memakai kekuatannya, di sekitar Psylocke muncul aura kupu-kupu pink

Di satu cerita, Betsy diculik oleh karakter villain (penjahat), Mojo. Di situ dia diberi mata bionic dan diberi julukan “Psylocke”. Betsy kemudian diselamatkan oleh tim New Mutants, afiliasi dari X-Men. Dia pun memutuskan untuk tinggal di sekolah Prof. Xavier dan belajar buat ngontrol dan ngembangin kemampuannya.

Di cerita kemudian, Betsy mengalami amnesia setelah menyelamatkan partner X-Men-nya dari penyerangan. Dia ditemukan oleh kelompok ninja jahat, The Hand. Ketua The Hand, Matsu’o Tsurabaya menggunakan kemampuan Betsy buat nyelametin pacarnya, Kwannon, yang mengalami brain-dead. Jiwa Betsy (yang ternyata masih punya kemampuan telepathy) bergabung dengan tubuh Kwannon, dan dia jadi karakter assassin, Lady Mandarin. Setelah diselamatkan dan dikembalikan ingatannya sama Wolverine, Betsy pun gabung lagi sama tim X-Men.

Psylocke fights

Psylocke’s abilities:
Precognition: melihat masa depan (via mimpi)
Telepathy: membaca dan berkomunikasi via telepati, dan bisa memanipulasi pikiran orang lain
   Telepathic Tracking: mendeteksi keberadaan orang lain
   Psychic Shadow: menyembunyikan kehadiran diri sendiri dari telepath lain
  Psy Blades: ngeluarin pisau tajam dari mental energy yang bisa mengacaukan sistem syaraf musuh, bisa sampai meninggal
   Mind Control: mengontrol pikiran orang lain
   Telepathic Illusion: bikin ilusi
   Mental Paralysis: melumpuhkan mental & fisik musuh secara temporer
   Amnesia: menghapus ingatan orang lain
   Psionic Blasts: nembakin psionic bolts, nggak nyerang fisik, tapi mental musuh, bisa sampai pingsan atau meninggal
   Astral Projection: bisa bikin badan astral, keluar dari badan aslinya
Shadow Teleportation: bisa teleport via bayangan, bisa mindahin orang lain juga
Umbrakinesis: memanipulasi energi kegelapan jadi psychic blasts/bolts
Psychic Bomb Generation: nembakin bom yang terbuat dari psionic energy
Psychic Lighting Manipulation: bikin semacem energi listrik dari psionic energy-nya
Telekinesis: bisa ngangkat dan menggerakkan objek melalui pikiran, bisa nerbangin diri sendiri, bisa bikin telekinetic shield, bisa nembakin mental force blasts
   Telekinetic Katana: bikin katana dari psi-energy, bisa bikin gangguan syaraf dan memutus ikatan molekul tubuh musuhnya, sampai bisa memotong armor yang dipakai musuh
   Enhance Physical Traits: dengan telekinesisnya, Psylocke bisa meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan skill bertarungnya
Skilled Martial Artist (efek pernah jadi assassin) & Trained Pilot

Psylocke and her Katana

Katanya, si Betsy ini pernah jadi cameo di film X-Men: Last Stand. Tapi nggak ngerti itu beneran dia apa bukan, soalnya di film itu dia jadi anak buah Magneto (yang waktu itu lagi jadi musuh X-Men). Padahal si Psylocke ini di komiknya adalah salah satu anggota X-Men.
Kabar-kabarnya juga, karakter Psylocke bakal dimunculin di film X-Men berikutnya, X-Men: Apocalypse, yang bakal rilis tahun depan. Semoga beneran muncul deh, soalnya di komik, dia ikut bantuin ngelawan Apocalypse (En Sabah Nur).

Psylocke, yang rambut ungu, bareng Brotherhood of Mutants di X-Men: Last Stand


4. Scarlet Witch

Wanda Maximoff as Scarlet Witch

Nama aslinya Wanda Maximoff, saudara kembar dari Pietro Maximoff (Quicksilver). Mereka berdua adalah anak dari Erik Lensherr alias Magneto. Sepeninggal ibunya, Wanda dan Pietro diasuh oleh orangtua angkat. Sampai suatu saat mereka mulai nunjukin kemampuan mutannya, mereka diserang sama penduduk karena dikira anak setan. Mereka diselametin sama Magneto & akhirnya gabung ke grup Brotherhood of Evil Mutants. Di sinilah mereka mulai dipanggil Scarlet Witch & Quicksilver.

Mereka sempet clash sama tim X-Men. Tapi setelah beberapa waktu, Wanda & Pietro sadar kalo Magneto salah, dan mereka pun keluar dari Brotherhood. Mereka lalu join the Avengers di bawah pimpinan Captain America. Seiring berjalannya waktu, Wanda terus belajar ngontrol kemampuan mutannya sampai jadi kuat banget. Bahkan se-level sama Ultron, salah satu musuh Avengers.

Saat mentalnya "terganggu", kemampuan Wanda jadi nggak terkontrol

Kemampuan Wanda (chaos magic) ternyata lama-lama makin menjadi-jadi dan membahayakan anggota Avengers lainnya. Wanda pun terpaksa dilumpuhkan oleh Doctor Strange & Avengers. X-Men & Avengers lalu berkumpul buat menentukan apakah Wanda harus dibunuh atau tidak. Quicksilver yang nggak rela saudaranya dibunuh meyakinkan Wanda buat gunain kekuatannya, Reality Warp (mengubah kenyataan). Wanda pun mengubah dunia saat itu menjadi Utopian World, dunia dimana mutan adalah mayoritas (manusia biasa minoritas), yang dipimpin oleh Magneto. Tapi setelah ngeliat perang dimana-mana dan ngeliat kebencian ayahnya (Magneto) ke manusia, Wanda sadar kalau keputusannya itu salah. Dengan berujar “No More Mutants”, Wanda pun mengembalikan dunia ke keadaan semula, tapi dengan populasi mutan yang menurun drastis hingga 90%. Mutan yang tersisa menyebut hari itu sebagai “M-Day: Hari Terburuk dalam Sejarah Mutan”.

Wanda used Reality Warp

Scarlet Witch’s abilities:
Reality Warping (Chaos Magic): Chaos Magic adalah kekuatan yang diperoleh Wanda dari dewa Chthon yang dipenjara di Gunung Wundagore, tempat Wanda & Pietro lahir. Di awal-awal, kemampuan Wanda cuma terbatas pada mengubah probabilitas di area lawan (via “hexes”), menyebabkan ledakan-ledakan & benda-benda berterbangan. Tapi makin lama kemampuan Wanda makin berkembang, sampai bisa mengubah “realitas” seluruh dunia. Bisa ngeluarin pasukan entah darimana datangnya, bisa bikin insiden-insiden yang membahayakan, bisa menghidupkan kembali orang yang mati, dsb.
Expert Knowledge of Sorcery: punya pengetahuan luas dalam sihir
Expert Combatant: petarung hand-to-hand yang terlatih
Expert Tactician: pas otaknya lagi waras, Wanda ini ahli dalam bertaktik dan punya leadership yang bagus.

Wanda memanipulasi probabilitas

Wanda fights

Scarlet Witch ini mutan level Omega (level tertinggi dalam klasifikasi mutan), se-level sama Jean Grey. Scarlet Witch tadinya mau dimunculin di film X-Men: Days of Future Past, tapi di-cut sama sutradaranya Bryan Singer. Scarlet Witch akhirnya tampil perdana di mid-credit, film Captain America: Winter Soldier. Di situ terlihat dia lagi dikurung bareng saudara kembarnya, Quicksilver. Mereka berdua dipastikan bakal tampil di film Avengers: Age of Ultron yang rilis tahun depan (2015). Rumor-rumornya juga Scarlet Witch bakal muncul juga di film X-Men: Apocalypse. So, kita tunggu aja!

Pietro & Wanda di mid-credit Captain America: Winter Soldier

Aaron Johnson (sebagai Quicksilver) & Elizabeth Olsen (sebagai Scarlet Witch) di set Avengers: Age of Ultron


You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.