Victoria's Secret | Victoria Beckham ?!

September 26, 2014

Beberapa hari lalu, sambil ngisi waktu nganggur di siang hari, saya nonton film lawas “Kingdom of Heaven” (dikasih @prayogo_ari) yang dibintangi aktor Orlando Bloom. Nah, saya jadi inget si Orlando ini pernah pacaran sama model chantique Miranda Kerr. Penasaran, saya browsing dah profil mba Miranda ini, dan ternyata eh ternyata dia pernah jadi salah satu model "Victoria’s Secret Angel"! Wew. But well, sebenernya saya nggak gitu tau Victoria’s Secret itu apa. Saya pikir dia tu semacem ajang pemilihan model kayak "America’s Next Top Model", terus yang jadi jurinya adalah Victoria, istrinya Beckham, hehe.. Tapi pas ane searching-searching, ternyata ane salah besar gan!



Victoria’s Secret adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri pakaian, khususnya pakaian dalam wanita (lingerie), dan menjadi retailer lingerie terbesar se-Amerika. Victoria’s Secret (VS) didirikan oleh Roy Raymond, dan istrinya Gaye, pada 12 Juni 1977, di San Fransisco, California. Sebelum bikin VS, dulu bang Roy ini suka malu kalo mau beli lingerie buat istrinya di mall. Akhirnya, dia mutusin buat mendirikan Victoria’s Secret, tempat dimana cowok-cowok bisa nyaman kalo mau beli lingerie buat ceweknya. Roy dapet modal awal US$ 40,000 boleh pinjem dari orang tuanya + US$ 40,000 pinjem dari bank. Toko pertamanya berlokasi di Stanford Shopping Center, Palo Alto, California.

Victoria's Secret store at Stanford Shopping Center, California

Di tahun pertamanya, Victoria’s Secret memperoleh gross income US$ 500,000. Dan pada tahun 1982, VS telah memiliki 6 buah toko dan mendapat gross income US$ 6 juta/tahun. Namun, fokus Roy untuk menjual lingerie kepada customer pria membuat keuntungan VS makin menurun dan bahkan terancam bangkrut. Akhirnya, di tahun 1982 itu, dia menjual Victoria’s Secret Inc. Kepada Leslie Wexner, pendiri Limited Stores Inc., seharga US$ 1 juta. Leslie pun lantas mengubah strategi jualan VS, menjadi lebih fokus pada customer wanita. VS pun meluncurkan produk dengan warna-warna baru, motif baru, dan model baru yang lebih menonjolkan keseksian, ke-glamor-an, dan penampilan yang berkelas. 

Barang-barang dagangan VS

Victoria’s Secret pun sekarang nggak cuma jualan lingerie, tapi mereka udah expand dan merambah ke jualan pakaian wanita, pakaian renang, pakaian olahraga, pakaian tidur, sepatu, parfum, dan produk kecantikan. Bahkan VS juga me-release music CD yang berisi musik-musik klasik romantis (bekerja sama dengan London Symphony Orchestra) dan telah terjual lebih dari satu juta copy.

Secara garis besar, Victoria’s Secret ini sendiri diorganisasi menjadi 3 divisi: Victoria’s Secret Stores (tokonya), Victoria’s Secret Direct (kegiatan online & bikin katalog), & Victoria’s Secret Beauty (line produk kecantikannya). Sampai saat ini, Victoria’s Secret telah memiliki ribuan toko yang tersebar di berbagai negara, seperti US, UK, Canada, & China. Dengan penjualan mencapai lebih dari US$ 6 miliar.

VS store Toronto, Canada (kanan atas), VS store Macau, China (kiri bawah), VS store London, UK (kanan bawah)

Nah, yang menariknya nih, Victoria’s Secret punya acara fashion show tahunan yang ditayangin di TV Amerika sana, sebagai salah satu strategi marketingnya. Sementara, The Angels, adalah sebutan untuk model-model yang memeragakan lingerie keluaran Victoria’s Secret. The Angels memulai debut runway mereka pada fashion show Victoria’s Secret ke-4, di tahun 1998. Berkat Angel-Angel ini, brand Victoria’s Secret semakin diminati oleh masyarakat luas. Model-model yang pernah jadi "Victoria’s Secret Angel", antara lain Stephanie Seymour (1997-2000), Helena Christensen (1997-1998), Tyra Banks (1997-2005), Heidi Klum (1999-2010), Adriana Lima (2000-sekarang), Alessandra Ambrosio (2004-sekarang), dan Miranda Kerr (2007-2013).


The Annual Victoria's Secret Fashion Show 

Stephanie Seymour (kiri), Helena Christensen (kanan)

Tyra Banks (kiri), Heidi Klum (kanan)

Adriana Lima (kiri), Alessandra Ambrosio (kanan)

And the one and only, Miranda Kerr :)

Nah, sekarang udah tau kan, apa itu Victoria’s Secret Angel...

Terus apa hubungannya Victoria’s Secret sama Victoria istrinya pemain bola, David Beckham????

Hubungannya...

NGGAK ADA.

Yup, Victoria’s Secret TIDAK ADA hubungannya SAMA SEKALI dengan artis Victoria Beckham. Victoria’s Secret sendiri sudah ada/berdiri jaaaauh sebelum personil Spice Girls ini terkenal. Secara itung-itungan aja, Victoria’s Secret dibuat tahun 1977, sementara Victoria Beckham lahir tahun 1974. Jadi, pas Victoria’s Secret ada, dia baru umur 3 tahun. Victoria (Bekham) sendiri mulai naik daun sebagai penyanyi pada era 90-an. Memang, selain bernyanyi, Victoria Beckham juga dikenal sebagai salah satu fashion icon dunia. Dia sering ikut runway desainer-desaine kenamaan, jadi ambassador produk fashion, pernah jadi fashion editor juga, bahkan dia juga bikin fashion line dan meluncurkan fashion label-nya sendiri.

Victoria Beckham and her own label

Jadi sekali lagi, Victoria Beckham nggak ada hubungannya sama sekali ya sama Victoria’s Secret.

Terus, nama “Victoria” itu diambil dari mana?

Nah, inilah yang sampai saat ini jadi misteri. Entah apa alasan si Roy Raymond menamai perusahaannya Victoria’s Secret. Siapakah “Victoria” ini? Dan apa “Secret” (Rahasia) yang dimilikinya? Well, kita nggak pernah tau. Ditambah lagi, abang Roy ini ternyata sudah almarhum. (Kabarnya bunuh diri, terjun dari Golden Gate Bridge. Dikarenakan bisnis yang dijalaninya, pasca menjual Victoria’s Secret, terancam bangkrut)

Kembali ke asal-usul nama Victoria’s Secret, ada yang bilang kalau “Victoria” di sini merujuk pada Ratu Victoria, ratunya Inggris. Sementara, kata “Secret” (“Rahasia”) sendiri cuma sekedar strategi branding dan marketing dengan maksud untuk menarik perhatian para calon pembeli. Namun, usut punya usut, katanya sih, Ratu “Victoria” sendiri punya satu “Secret”, yakni dia suka banget pake lingerie sexy!

Wew. Prince Albert pasti seneng ya.

Young Queen Victoria's painting (kiri), Queen Victoria & Prince Albert's wedding (kanan)

You Might Also Like

17 comments

  1. Oke bgt dahhh,, sy kira victoria's secret itu brand nya victoria beckam,, smpe cri2 d web ttg ini.. oke dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udh mampir. aku juga dulu ngiranya vs ini punyanya victoria bekam :D

      Hapus
    2. Sok tau bgt ya haha. Mangkanya cari info itu jgn dari 1 sumber aja, cari dari beberapa sumber. Pemilik brand victoria secret ya emg victoria bechkam. ( nulis beckham nya aja msh salah udh sok2an ngasih info

      Hapus
    3. lah itu udh saya kasih sumber infonya di "thanks-list", dan saya rasa penulisannya udah bener -_- salahnya dimana ya?

      (https://en.wikipedia.org/wiki/Victoria_Beckham)

      Hapus
  2. Woow.ulasanya bermanfaat bgt. Sbagian orang mungkim taunya itu punya victoria beckham walaupun memang si ratu beckaham itu salah satu fashion icon dunia juga sih. Jdi masyarakat bisa lebih tau. Thanks ya infonya. Ayo infoin lagi dunk, tentang sejarah kek, atau asal usul brand2 dunia. Bahkan klo bisa kulik kekayaan orang2 dri yg di asia smpe eropa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks udah mampir. Mudah2an bisa terus posting2 info yang seperti ini.. :)

      Hapus
  3. berati bkn cmn aq yang mikir VS itu VB ahahah.. untung cari dan nemu artikelnya.. tq gan... jempolll

    BalasHapus
  4. ko gua ngakak pas baca ratu victoria suka pake lingerie bikin raja seneng 😂😂😂

    BalasHapus
  5. Suka bgt makasih mas udh bagi infonya hehe.

    BalasHapus
  6. Good ulasannya.. Klo aku emang sudah tahu tentang hubungan VS and VB yg jelas NGGAK ADA, but nambah pengetahuan tntg babang Roy Raymond yg memberi nama VS tersebut.. Rahasia Ratu Victoria 😍
    Suksesss

    BalasHapus
  7. Thankyou bang udah kasih pencerahan :D

    BalasHapus
  8. setelah sekian lama tau dan pake parfum nya brand VS,baru kali ini tau VB is not the owner of VS but the owner is mr Ray😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah kalau bisa menambah informasi :) Makasih uda mampir

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.