5 Most Unique HEROES Abilities

Oktober 10, 2014

Penggemar serial TV Amrik pasti udah pada tau dong ya sama yang namanya “Heroes”. Well, sejak nonton pertama kali di TransTV dulu, terus pindah ke Trans7 (lupa tahun berapa), ane langsung suka sama ini film. Dasarnya emang ane suka cerita-cerita science fiction macem gini. Serial Heroes ini sendiri terdiri dari 4 season (5 volume). Serial bikinan Tim Kring ini nyeritain orang-orang yang punya “kemampuan/ability” unik, yang mencoba menemukan jati diri mereka dan berusaha hidup dengan bakat yang mereka miliki. Nah, dari sekian banyak ability yang ada di serial ini, ada beberapa nih yang unik dan paling ane suka. Let’s cekidot! (descending order)



5. Adoptive Muscle Memory

Disebut juga Muscle Mimicry. Kemampuan ini membuat pemiliknya bisa meng-copy aktivitas/gerakan fisik yang telah dilihatnya. Meskipun cuma sekali lihat. Dan tanpa latihan sebelumnya. Di serial Heroes, karakter yang punya ability ini cuma Monica Dawson (diperankan oleh Dana Davis). Monica adalah anak pertama dari dua bersaudara. Dia jadi tulang punggung keluarganya pasca kehilangan orang tuanya akibat badai Katrina. Si Monica ini kerja jadi waitress di restoran burger. Pertama kali dia nunjukin ability-nya ketika tanpa sadar dia bikin ukiran mawar dari tomat setelah liat acara masak di TV.

Monica nggak sadar dia bikin mawar dari tomat

Di kesempatan lain, Monica berhasil melumpuhkan perampok di restorannya, setelah sebelumnya ngeliat acara wrestling di TV.

Monica menyelamatkan restorannya dari percobaan perampokan

Monica meniru gerakan akrobatik di TV dengan sempurna

Monica bisa memakai kemampuannya dengan atau tanpa konsentrasi (kayak pas bikin ukiran tomat). Meskipun baru pertama kali ngeliat, dia bisa mereplika gerakan yang diliatnya secara sempurna. Di akhir ceritanya, Monica memutuskan untuk menggunakan ability-nya ini buat nolongin orang yang perlu bantuan, under the name of St. Joan the Copycat.  

Monica as St. Joan

4. Accelerated Probability

Adalah kemampuan untuk: melihat pilihan apa yang harus diambil oleh seseorang saat dihadapkan pada situasi tertentu, memprediksi hasil/akibat dari situasi tersebut, serta meng-akselerasi penggunanya untuk mengambil jalan keluar terbaik. Jadi kalo menurut saya, dia itu semacem gabungan antara ability Precognition (melihat masa depan) dan Superspeed (bergerak dengan kecepatan tinggi).

Di serial Heroes, karakter yang punya kemampuan ini adalah Santiago (Roberto Urbina) dan ayahnya, Edward. Pertama kali Santiago nunjukin ability-nya ini pas dia hampir ditabrak sama bus. Tiba-tiba, waktu serasa melambat dan dia bisa ngelihat outcome dari kejadian tabrakan itu. Seketika, dia bisa lompat salto dan akhirnya selamat dari (hampir) ditabrak bus.

Santiago

Berkat abilitynya, Santiago bisa selamat dari tabrakan...

...terus nangkep tasnya yang kelempar

Di kesempatan lain, Santiago memakai kemampuannya pas main sepak bola. Dia bisa ngeliat kemungkinan terbaik buat melewati pemain-pemain lawan dan nge-gol-in bola. Well, agak curang sih ya, tapi kan gak dilarang juga sama peraturan permainan bola. Hhe...

Santiago mencari posisi paling strategis buat nerima umpan...

...and GOOOLL!

Kalo ane punya kemampuan ini, tiap ada ujian ato kuis bisa dapet nilai bagus terus ni! Nggak usah belajar keras, tinggal dibaca sebentar, terus ane bisa liat soal-soal mana yang bakal keluar. Ajib betul dah. Ato nggak, langsung pas ujian, ane bisa terawang jawaban yang bener apa. Ehehe...

3. Empathy

Kalo yang satu ini, ane suka kemampuannya karena ngeliat pemiliknya, Lydia. Chantik and sexy beut dah! Diperanin sama aktris Dawn Oliviery. Kemampuan Empathy yang dipunyai Lydia ini udah berkembang. Lydia mampu mengetahui/merasakan emosi, pemikiran, keinginan, harapan, hasrat, ketakutan, dan mimpi orang lain.

Lydia

Kebanyakan, Lydia memanifestasikan kemampuannya melalui tatto-tatto yang ada di badannya. Lydia mampu mengubah tinta tatto menjadi gambar wajah orang-orang. Dan melalui gambar itu, dia bisa “membaca” mereka. Jadi seringkali Lydia harus topless mengekspos bagian tubuhnya agar bisa menerawang melalui gambar tatto.

Lydia mengubah tinta menjadi gambar orang yang ingin di"baca"nya

Di satu kesempatan, Lydia pernah menggunakan kemampuannya melalui bola kristal. Dan di kesempatan lain, dia pernah pakai kemampuannya tanpa alat apapun. Jadi cuma pakai terawangan.

Akan tetapi, untuk mendapat “pembacaan” yang lebih akurat, Lydia perlu menyentuh secara fisik orang yang mau dia “baca”. Termasuk via ciuman! Ini yang ane suka sebenernya. Limitasi kemampuan Lydia ini yang membuatnya menarik. A little bit sensual!

Lydia "membaca" Claire melalui sentuhan tangan

Lydia "membaca" Sylar (ane juga mau kalo dibaca kek begini)

2. Enhanced Synesthesia

Untuk ability yang satu ini, sebagian besar udah ane bahas di postingan kemarin. Tapi itu Synesthesia versi real/di dunia nyatanya. Nah, sedangkan yang versi Heroes, kemampuan Synesthesia ini udah berkembang (enhanced). Kemampuan Enhanced Synesthesia membuat pemiliknya melihat gelombang suara sebagai gelombang cahaya warna-warni, dan bisa memanipulasi gelombang tersebut dengan emosi tertentu.

Dalam serial Heroes, salah satu yang punya kemampuan ini adalah Emma Coolidge (diperankan oleh Deanne Bray). Emma adalah seorang penderita tunarungu. Dia berkomunikasi dengan orang lain melalui bahasa isyarat. Meskipun nggak bisa denger suara, dengan menggabungkan emosi dan ablity-nya, Emma bisa memainkan musik yang indah. Alat musik utamanya, Cello.

Emma Coolidge

Pas mainin alat musiknya, Emma bisa memikat/menarik orang-orang disekitarnya buat kumpul dan dengerin musik yang dia mainin. Bahkan dengan berkonsentrasi, Emma bisa “memanggil” seseorang buat datengin dia, dari jarak yang lumayan jauh. Makanya, kemampuan ini disebut juga dengan Siren’s Song.

Tanpa sadar, Emma menarik perhatian orang-orang pas dia main Cello di Central Park, NY

Emma juga pernah nunjukin saat dia merasakan emosi yang kuat (marah/takut), dia bisa menggunakan gelombang cahaya dari alat musiknya secara ofensif. Lumayan kuat, sampe bisa bikin tembok retak dan bikin orang terpental.

Emma yang lagi emosi, bisa ngeretakin tembok pake abilitynya

Dan dia bisa ngelempar Doyle (Puppet Master) yang telah menculik dan memaksanya main Cello berjam-jam

1. Intuitive Aptitude

Nah menurut ane, ini kemampuan yang paling unik di serial Heroes. Dan mungkin, salah satu yang paling powerful. Intutive Aptitude adalah kemampuan untuk memahami struktur dan cara kerja dari suatu sistem kompleks, bahkan tanpa latihan atau belajar sebelumnya. Namun, efek samping dari kemampuan ini adalah mendorong pemiliknya untuk memahami sebanyak mungkin hal, yang berakibat pada munculnya “rasa lapar” akan pemahaman. Kemampuan ini dimiliki oleh karakter antagonis utama di serial Heroes, Gabriel Gray a.k.a. Sylar (diperankan oleh Zachary Quinto).

Gabriel

Sylar awalnya adalah seorang tukang reparasi jam. Dengan mudah, dia bisa tau bagian-bagian mana dari jam, yang perlu diperbaiki. Kemampuan Sylar ini ternyata bisa diaplikasikan nggak cuma pada sistem mekanik, tapi juga pada sistem biologis! Dengan kemampuannya inilah Sylar bisa “mempelajari” orang-orang yang punya ability dan meng-copy ability mereka. Korban pertamanya adalah seseorang yang punya kemampuan Telekinetik (menggerakkan benda dengan pikiran). Sylar mukul kepala orang itu sampai dia meninggal, lalu “mencuri” kemampuannya setelah mempelajari otaknya.

Karena “rasa lapar” dari Intuitive Aptitude, serta berbekal kemampuan Telekinetik tadi, Sylar pun mulai “memburu” orang-orang yang punya ability untuk ngambil ability mereka. Caranya, dengan Telekinetik, dia bikin korbannya nggak bisa gerak, terus ngebelah tengkorak kepalanya sampai keliatan otaknya. Awalnya ane kira (mungkin kamu yang nonton juga) kalo Sylar ini memakan otak korban-korbannya. Soalnya setiap yang jadi korban, otaknya mesti ilang. That’s really gross! Tapi ternyata, Sylar ini mempelajari otak korbannya dengan meraba-raba dan mencari bagian yang ngontrol ability korbannya. Jadi, nggak dimakan. *Ane baru tau pas dia ngopy kemampuannya Claire

Sylar mencoba membunuh Peter (main protagonist)

Sylar mencoba mengambil kemampuan Claire

Udah banyak banget yang jadi korban Sylar, dan of course dia jadi punya banyak ability. Tapi sejak awal, target utamanya adalah seorang cheerleader (protagonis utama), Claire Bennet, yang punya kemampuan Rapid Cellular Regeneration (menyembuhkan diri sendiri).

Sylar pun berhasil ngopy kemampuan Claire setelah mempelajari otak Claire, and he became invinsible

Di episode-episode akhir Heroes, Sylar bisa mengembangkan kemampuannya buat ngopy ability orang lain tanpa membunuhnya, melalui empathy. Dia juga bisa mengontrol “rasa lapar” dalam dirinya dan berusaha untuk berubah jadi orang yang baik.

Peter & Sylar join forces buat nyelametin orang-orang dari pembunuhan massal

Well then, itu tadi ability-ability unik favorit ane dari serial Heroes. Untung ya film-nya fiksi. Kalo beneran, serem juga ada pembunuh yang suka nyuri motong kepala orang dan ngambil otaknya. Heww...


So, ability mana yang jadi favorit kamu? :)


Sekian, Terima Kasih~



Thanks-List:
heroeswiki.com, for the information
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.