Angkot-Lag!

Mei 21, 2014

Ollo Friends!
Kali ini saya mau ngepost tulisan lama yang tadinya saya mau ikutin lomba cerpen, temanya: warna-warni kehidupan kampus kedinasan. Tetapi, karena satu dan lain hal, akhirnya ngga jadi dimasukin gara-gara telat dan nggak pede juga karena masih amatir :P Daripada ngga kebaca, yaudah saya post di sini, lumayan buat menuh-menuhin blog, haha... So, selamat membaca...




Cerita ini adalah adaptasi bebas dari pengalaman pribadi gue sama temen-temen gue. Entah masuk kategori komedi atau nggak, gue nggak gitu ngerti. Yang jelas, tiap kali gue inget pengalaman ini, gue nggak pernah sekalipun nggak ngakak, minimal senyum-senyum sendiri. Mengingat kekonyolan, keseruan, ketegangan, serta kebanggaan akan perjuangan yang udah kita lalui atas nama persahabatan dan kesetiakawanan, cieh.. Nama-nama di sini sengaja gue samar-samarin dikit biar anak-anak nggak ada yang tersungging dan menghujat serta me-nyiyir-in gue di media sosial. Sebab, hal itu dapat mengahambat karir yang gue rintis sebagai calon selebtwit Indonesia berikutnya, hahaha. Satu lagi, gue nggak akan ngelucu-lucuin ini cerita coz gue cuma mau share pengalaman aja. Syukur-syukur kalo bisa ngehibur kalian. Gue cuma mau nunjukin kalo kehidupan kita, anak-anak kedinasan, nggak se-monoton yang orang-orang pikir!

And here’s where the story begin...

Pagi itu, cuaca di sekolah kita tercinta cukup cerah. Sang surya menerangi bumi dengan cahaya yang optimal sehingga memberi ketenangan dan ketentraman pada kami, mahasiswa, yang ninggalin jemuran di kosan. Yep, hari itu kita emang ada jadwal ‘sekolah’dan menu yang bakal kita santap adalah Akuntansi Keuangan Menengah (AKM), also known as Intermediate Accounting. Mata kuliah ini bisa dibilang sangat penting buat kita, mahasiswa jurusan Akuntansi (ress...). Apalagi nama sekolah kami ada kata “Akuntansi”-nya.
Bisa tebak nama sekolahnya?

Well, ceritanya gue adalah mahasiswa di salah satu perguruan tinggi kedinasan di daerah Jakarta. Hm, nggak di Jakarta juga sih ya. Lebih tepatnya, kampus kita ada di Tangerang Selatan. Udah beda provinsi ya sebenernya. Tapi lebih tepatnya lagi, kita ada di perbatasan  antara Jakarta dan Tangerang Selatan. Kata orang-orang sih (gue nggak gitu paham batas wilayah) bagian depan kampus kita, Jalan Bintaro Jaya Sektor 5, itu udah masuk Jakarta. Di sisi lain, bagian belakang kampus, Jalan Ceger Raya, udah jadi bagian dari Tangerang Selatan, Kabupaten Banten. I just don’t know, orang-orang sering bilangnya kampus STAN Jakarta. Mungkin biar ngerasa lebih gehol (baca: gaul) aja kali.

Nah tuh, udah tau kan nama sekolahnya..

Yep, gue ‘sekolah’ di STAN alias Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, bukan Sekolah Tinggi Admistrasi Negara loh! Catet! Dan seperti yang gue bilang tadi, ada “Akuntansi”-nya kan, heheh.. Gue mulai sekolah di sini tahun 2010, yang mana at the moment of writing cerita ini, gue udah menyelesaikan pendidikan gue. Dengan kata lain... gue udah alumni woy! hahaha.. :D Gue lebih suka kuliah di kampus ini sebagai ‘sekolah’. Ya, karena emang bener-bener kayak sekolah. Kita udah ada jadwal mata kuliah kayak zaman sekolah dulu, sistem paket. Terus, kita dibagi jadi kelas-kelas yang anggotanya ganti setahun sekali (per 2 semester), pas kenaikan kelas (ato kita nyebutnya naik tingkat). Selain itu, pakaian sekolah kita juga diatur. Kudu pake kemeja, sabuk, bawahan (celana/rok) gak boleh jeans, sama harus selalu bawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). ‘Jam buka’ kampus adalah hari Senin sampai Jum’at jam 08.00—17.00, kecuali kalo udah deket-deket ujian sama kalo ada permintaan khusus dari dosen. Pokoknya, sekolah di STAN itu udah kayak SMA kedua! And that’s what I LOVE from this campus!

Let’s get back to the main story!

Kayak yang udah-udah, kuliah AKM hari itu berjalan dengan... lambat! Soalnya, dosennya baik banget. Beliau kalau ngejelasin materi tuh sampai detil sedetil-detilnya dan pelan-pelan, kayak ngajarin anak SD. Kadang-kadang kitanya juga masih kayak anak SD, hehehe.. Masih suka ngobrol sendiri, becanda gak jelas, ngegosip, bikin arisan sendiri, main tebak-tebakan, dsb. Gue sendiri kalau di kelas suka duduk di dekat jendela dan hobi gambar. Jadi, kalau lagi gak mood atau bosen dengerin dosen, gue suka liat-liat keluar, terus tangan ini menari dengan sendirinya di atas buku. Entah itu buku catatan atau buku paket.

Namun, suasana kelas terasa sedikit berbeda karena udah beberapa hari itu member kelas kita hilang satu. Sakit. Sebut saja namanya Dindit. Seorang lelaki berkacamata. Kata anak-anak sih kena typhus or gejala DB (Demam Berdarah). So, demi menunjung tinggi rasa solidaritas dan kebersamaan kelas, kita sepakat buat nengokin si Dindit sepulang kuliah. Langsung. Sebagai seorang ‘filantropis’ (manusia yang mencintai sesama manusia) sejati, tentu saja gue ikut. Mumpung di kosan nggak ada kerjaan.

Singkat cerita, kuliah AKM pun berlalu. Hooray! Kita pun melaksanakan rencana mulia kita buat ngejenguk si Dindit. Rumah Dindit ada di daerah Ciputat, dekat kampus UIN. Gue sih belum pernah ke sana. Sebagian besar dari kita pada naik motor. Ada juga satu temen gue yang bawa “Mercy”-nya. Cool! Lah gue? Hmm, gue sih orangnya ngalahan. Gue selalu mempersilakan duluan kalau ada temen yang mau bonceng motor atau nebeng mobil temen yang lain. Gue udah biasa berangkat belakangan, at the back of the pack. Entah itu naik apapun, yang penting temen-temen gue yang lain udah pada nemu kendaraan. Gue sendiri nggak ada motor di kosan. Nah, tersisalah beberapa gue dan beberapa temen gue yang “kehabisan” tebengan. Akhirnya, kita mutusin buat naik  alat transportasi favorit bangsa. Angkot!

Member “Team-A” (Angkot) waktu itu ada 3 cowok, 5 cewek, dan 1 trainee, hehehe... Cowoknya, ada Lakik, lelaki pendiam yang jadi navigator kita; ada Yunza (gue panggilnya emak) yang kayak emak-emak rempong; dan gue (panggil saja Fred) yang paling ganteng, baik hati, dan rajin menabung. Di sisi cewek, ada Centil yang punya bodi “bonsay” alias “bongsor bohay”; Dinda, cewek yang pernah gue taksir (ihirrrr.. ); ada Kuntil, putri Solo yang kecepatan jalannya 1 langkah/3 detik; dan ada Mumut, si ratu galau. Nah, kalau trainee-nya namanya Rihana, hijabers yang kalau ngomong lembut dan pelaaaan banget. Beda banget sama kita yang korak! Hahaha... Ya udah deh, karena takut kesiangan, akhirnya kita berangkooot!!!

Route Info: Waktu itu, kita dari depan kampus ambil jalan ke arah BP (Bintaro Plaza) terus belok ke arah Stasiun Pondok Ranji. Setelah itu, pokoknya jalan teruuus ngikutin jalan. (Ya iyalah, ya...)

Kira-kira sudah 20 menit 47 detik dan 31 milidetik sejak kita berangkat dan baru saja melewati Stasiun Pondok Ranji. Saat itu, kira-kira udah jam 12-an. Anak-anak geng angkot udah mulai menggelita-geliat kayak cacing kepanasan. Literally! Kita emang kepanasan. Tau sendiri kan di dalam angkot, sumpek, pas macet, polusi, tengah hari bolong? Sucks! Cacing-cacing di perut kita juga pada menggeliat karena emang dari berangkat tadi kita nggak sempet makan. Di pinggir jalan, beuh... enak banget. Banyak warung sama orang jualan. Mulai dah anak-anak ngomentarin apa-apa yang diliatnya, apalagi si Centil sama si emak. “Uuh, enak ya makan ini... Uuh, enak ya makan itu...” Duh! Bikin tambah laper aje!

Lima belas menit, tiga puluh menit, setting cerita masih di dalam angkot. Tiba-tiba abang angkot memelankan angkotnya. “Are we there yet?”, tanyaku dalam hati. Seneng! Abang angkot pun membelokkan angkotnya. Eh, ternyata ke pom bensin. Nggak jadi seneng! Setelah isi BBM, angkot kembali melaju.

Lima belas menit, tiga puluh menit, setting cerita masih di dalam angkot. Geng angkot pun mulai kehilangan kesadaran. Dari ekspresi muka, sudah terlihat seperti orang mabok lem. Teler! Gue juga. Daritadi megangin perut gara-gara laper. Sekarang megangin jidat gara-gara puyeng. Terus turun lagi ke perut gara-gara berasa mual. Duh! Jangan sampek gue mabok bin muntah. Malu dong diliatin anak-anak! Sekilas, anak-anak kayaknya juga berpikiran sama kayak gue, hihih.. Tapi sumpah ya, perut kosong, panas, puyeng, di tambah gaya mengemudi abang angkot yang tentu kita sudah mahfum. It’s torturing me!

Tiba-tiba abang angkot memelankan angkotnya (lagi). Seneng (lagi)! Mungkin ini yang dimaksud tiba di tempat tujuan. Eh, ternyata lagi ada perbaikan aspal! Nggak jadi seneng (lagi)! Malah, jadi tambah memprihatinkan. Kita cuma bisa pakai satu sisi jalan! Harus sabar gantian sama kendaraan yang dari depan. *garukgarukpintuangkot*

Lima belas menit, tiga puluh menit, masih di dalem angkot. Alhamdulillah kita udah bisa keluar dari perbaikan aspal itu. Praise Lord! Muka kita udah pada kucel bin lecek terkena sengatan sinar matahari dan polusi. Apa kabar juga pantat gue yang udah nahan kesemutan dari setadi. Badan juga udah lengket keringetan, apalagi masih pada pake kostum kuliah. Tapi syukurlah, berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa akhirnya kita nggak kerasa (ress) kita udah nyampe di Ciputat. Yeay! Itu udah hampir jam 2. Dan waktu itu, entah mengapa, langit sepertinya terharu melihat perjuangan kita sehingga dia menjadi mendung dan rintik hujan pun mulai jatuh membasahi bumi. Adem. Seketika suasanan dalam angkot menjadi damai.

Nah, sebenernya kita agak kesulitan nyari gang rumah Dindit soalnya si Lakik sang navigator lupa-lupa inget gitu. Si abang angkotnya pas ditanyain juga kurang paham. Oh God! Akhirnya, di sebuah jalan yang agak sepi, Lakik dan abang angkot turun dan nanya-nanya ke warga sekitar. Gue sama anak-anak yang laen ditinggal di dalem angkot di bawah guyuran hujan. Dan gara-gara hujannya tambah deres, kita mutusin buat nutup pintu angkotnya. Susah banget! Pintunya udah karatan. Alhasil, cuma ketutup tiga-perempatnya doang. Itu padahal udah ngeluarin seluruh tenaga yang tersisa. Laper pula.

Dua menit, tiga menit, si Lakik sama abangnya belom balik-balik juga. Mungkin alamat si Dindit emang terpencil kali ya gue nggak tau. Kita yang di dalem angkot pada diem-dieman aja, nggak ada yang ngomong. Sampai kemudian, tiba-tiba gue nyium bau-bauan aneh, kayak bau kabel kebakar. Apaan nih?! Terus gue nengok ke bawah bangku gue. Eh, entah darimana tiba-tiba mesin yang ada di deket bangku kenek keluar percikan api!

Kontan, gue teriak sekenceng-kencengnya. Apalagi Emak yang duduk pas di sebelah mesin teriak-teriak kayak orang kesurupan! Akhirnya kita yang ada di dalem angkot pada jejeritan semua. Kita udah tumpuk-tumpukan di kursi belakang angkot. Gue tindihin si Centil. Centil ngegencet Rihanna. Begitu juga dengan Emak, Kuntil, dan Mumut. Ya Tuhan, inikah akhir dari kisahku. Meninggalkan dunia bersama dengan kawan-kawan tercinta di dalam angkot yang terbakar? Tragis!

Akhirnya I come to my sense dan gue langsung berusaha buka pintu angkot. Susah! Gue tendang-tendang akhirnya kebuka separoh. Gue langsung loncat keluar disusul sama anak-anak. Sejurus kemudian, si Lakik dan abang angkot dateng. Ternyata kata abangnya: “Oh nggak papa dek. Emang suka gitu...” What?! Are you f*cking kidding me?!!
Tapi mungkin bener juga kali si abang. Kalo gue inget-inget percikannya cuma 3-4 kali aja, abis itu berhenti. Mungkin gue sama anak-anak aja kali ya yang agak terlalu heboh sampe ngga berhenti jejeritan. Mungkin gegara kita udah terlalu pusing dan lelah.

Singkat cerita, kita udah nyampe rumah Dindit dan di sana member kelas yang lain udah pada dateng semua dari kapan tau. Kita yang terakhir nyampe. Lantas kita cerita-cerita dan mengemil sedikit karena sebagian besar makanannya udah diabisin sama anak-anak yang dateng duluan. Miris! Tapi that's okay lah, yang penting kita udah nyampe dan bisa nengokin si Dindit yang Alhamdulillah keadaanya udah membaik. Nggak lama kemudian pun kita pamit pulang sekitar jam 3-an. Sejujur-jujurnya sih, gue masih pusing setelah naik angkot tadi. Dan jadi makin tambah pusing mengingat kita bakal naik angkot yang sama buat balik. God help me!

Singkat cerita (lagi), gue sama anak-anak geng angkot udah nyampe depan kampus. Thanks God, kita bisa sampai dalam keadaan utuh. Dan hidup! And we say good bye to that damned angkot! Rasanya gue ngga mau naik angkot lagi selama setahun. Kita pun dengan lemah lunglai jalan ke kosan masing-masing. Waktu itu langit masih mendung dan gerimis rintik-rintik.

Sesampainya di kosan, gue langsung masuk kamar dan melemparkan diri ke kasur. Menatap nanar langit-langit kamar gue. Tiba-tiba gue inget belum melakukan hal yang amat sangat teramat penting dalam hidup gue. Update setatus! Di situlah gue terisnpirasi, berdasarkan apa yang gue alami hari itu, sebuah istilah: Angkot-Lag! Adeknya Jet-Lag.

ANTIKLIMAKS

Tanpa terasa gue tertidur di kamar dan bangun sekitar pukul setengah lima sore. Di luar ternyata hujan sudah reda. Gue pun memutuskan untuk mandi. Dan ketika akan mengambil handuk di belakang kosan, alangkah terkejutnya gue melihat pemandangan yang miris. Gue lupa kalo tadi pagi nyuci baju dan sekarang cuciannya basah semua. *garukgaruktembok*

Sekian, Terima Kasih~ 


  
Thanks-List:
Anak-anak 2C Akun STAN, esp "Geng Angkot", for such a great memory & experience
Nyunyu.com, for the pics
YOU, for reading this! :) 

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.