Forensic Audit Internship at Law Firm (bagian 2, end)

Mei 20, 2014

Ollo Friends!

Ini lanjutan dari cerita magang saya dari bagian pertama kemaren. So, here's where the story continues...


Hari pertama kerja, eh, magaaang... There was a lot of pressure! Saya bener-bener ngerasain ternyata dunia kerja itu bedaaa banget sama dunia kuliah/sekolah. Di dunia kerja, kita dikasih tanggung jawab satu pekerjaan yang mana kita ngga boleh main-main sama pekerjaan itu. Kalo pas kuliah/sekolah, kita bisa kan tuh ngerjain bareng sama temen ato nyontek (yang ini jangan ditiru) dan kalo kerjaan kita ada yang salah palingan cuma ngurangin nilai. Nah, kalo di dunia kerja, kita salah ngerjain satu pekerjaan efeknya bukan ke kita aja, tapi ke hidup orang lain juga kan. Whew, this is the real world, men!


Jujur, hari-hari awal magang cukup membuat kepala cenat-cenut, pusing, bin setres. Rasa-rasanya ilmu yang dipelajari di kuliah ngga ada yang kepake, wkwkwkwk... Yaa ada sih, tapi dikit. Jadi itu semacam saya belajar lagi dari awal gitu. Apalagi pas kuliah dulu saya ngga megang banget pelajaran Auditing, hehehe... Tapi untung lah ada temen-temen sesama cumpret (anak magang) yang bisa diajak sharing dan berkeluh-kesah, dan bisa saling ngajarin juga.

Sebenernya, job desk saya di kantor itu bisa dibilang cuma satu, yaa ngAudit Forensik itu. Dan sedikit mengenai perusahaan yang kita audit, dia bergerak di bidang Informasi Teknologi (IT) gitu deh, dia anak perusahaan dari induk yang ada di Malaysia. Nah, rencananya perusahaan ini mau go public/IPO jadi dia butuh di audit forensik ini, soalnya katanya ada indikasi korupsi/penggelapan uang perusahaan sama mantan Presdir, mantan Direktur Keuangan, & beberapa pegawainya  dulu. Kalo saya bilang sih perusahaan ini udah (maaf) parrrah banget. Udah duitnya dikorup, bukti-bukti transaksinya kemana tau, banyak yang ilang. Katanya ada yang dimusnahin, terus yang parah lagi perusahaan ini ngga punya Standard Operating Procedure (SOP) sama sekali. Nah, makanya kita nyebut perusahaan ini tuh “PT Jelek”, wkwkwkwk... Oiya, selain audit forensik, si PT Jelek ini juga minta diadakan LDD (Legal Due Diligence), itu semacam auditnya anak hukum gitu deh. Jadinya total tim audit kita untuk PT Jelek ada 3 anak magang hukum sama 2 anak magang akuntansi.

Bulan pertama, tiap hari kita (tim audit) wara-wiri bolak-balik kantor – PT Jelek. Pagi ke klien, sorenya balik lagi ke kantor, terus briefing buat besoknya. Ya untungnya jarak kantor ke PT Jelek itu ngga begitu jauh ya. Dan jujur, awal-awal itu kita seperti ngeraba-raba pas proses audit, baik forensik maupun legalnya. Secara kita semua belum ada yang pernah ngelakuin audit, baik forensik maupun legalnya. *dead* Awalnya, saya pikir di tim audit itu bakal ada kayak seniornya yang ikut terjun ke lapangan sama yang membimbing kita gitu. Eeeh tapi ternyata ngga ada. Alhasil, yaa kita cuma bisa ngerjain apa yang diperintahin sama boss semampu kita sebisa kita. Ditambah lagi PT Jeleknya sendiri menurut saya kurang kooperatif san kurang baik gitu masalah penyimpanan dokumennya, jadi agak menyulitkan kita. Ditambah lagi, kita ngga betah ngaudit di PT Jelek itu. Abisnya, kita cuma ditempatin di satu ruangan sendiri, yang kosong, pengap, ngga dikasih cemilan lagi, cuma dikasih air putih doang. Belum lagi sikap dan tatapan pegawai-pegawainya yang  dingin dan tidak bersahabat, wkwkwk... Udah nasib auditor kali ya, digituin sama klien

Bulan kedua, badan udah mulai pegel-pegel! Gimana enggak, pagi malem jogging ngejar-ngejar kereta. Sekali perjalanan, saya ganti kendaraan empat kali. Pertama naik angkot dari kampus ke stasiun, terus naik KRL Pondokranji—Tanah Abang, pindah ke KRL Tanah Abang—Sudirman, abis itu naik busway/kopaja turun di GBK, terus masih jalan kaki 15 menit -..- Sekali perjalanan pokoknya kurang lebih dua jam-an lah. Belom lagi kalo macet! Udah dah, spa di dalem Kopaja tuh. Jadwal masuk kantor sebenernya dari pukul 09.00 sampe 18.00. Tapi ya karena jarak yang jauh tadi (2 jam perjalanan), jadi saya berangkat dari kosan sekitar pukul 06.00 pagi dan malemnya baru nyampe kosan sekitar pukul 21.00. 
Ada banyak cerita sih selama perjalanan pulang-pergi itu. Yang lucu, yang sedih, yang miris, semua ada :P Pernah suatu ketika pas pulang kantor, kereta dari Tanah Abang ke Pondokranji mengalami gangguan dari pukul 18.00! Sedangkan saya baru nyampe stasiun Tanah Abang itu sekitar pukul 19.30 (habis Isya’). Beuuuuh itu yang namanya orang udah kayak mau perang! Bener-bener chaos! Ya bayangin aja dong pemirsah, kita semua yang baru dateng harus saingan sama ratusan orang yang udah nunggu dari pukul 18.00! Tapi syukur Alhamdulillah saya diberi pertolongan oleh Tuhan Yang Mahakuasa sehingga saya bisa nyelip masuk biarpun harus kedorong kesana-kemari dan jadi cicak kejepit. Tapi pernah juga suatu hari saya nyampe kosan pukul 20.00! :D Itu rekor paling cepat dan itu cuma terjadi satu kali, haha.. Tuhan lagi baik banget waktu itu (Tuhan mah selalu baek ye)

Bulan ini, auditnya juga berjalan so-so aja. Progressnya ngga terlalu banyak. Malahan anak-anak magang accounting ikut bantu-bantu anak magang legal ngerjain LDD. Soalnya si PT Jelek minta LDDnya diselesaikan lebih cepat. Katanya mau buat ngajuin dana ke kreditur gitu buat salah satu proyeknya. Jadi kita bantuin anak-anak bikin LDD, eh, bukan bikin juga sih tapi cuma bantuin cross-check laporannya, macem format Word-nya & grammar-grammar-nya. FYI, laporan kita semuanya (LDD & Forensic Audit) semuanya dalam bahasa Inggris, secara yang nyuruh si induk perusahaannya yang di Malaysia itu.

Tanggal 14 Februari (pas Valentine), kita ngerayain ulang tahun  TILA&Partners! :D

“Penderitaan” saya semain bertambah soalnya bulan Februari itu, bulan terakhir anak-anak legal magang, heuheuheu... Akhir bulan itu ada tiga anak magang hukum yang di”eliminasi’, setelah mereka menyelesaikan draft LDD. Hmmh, sedih juga karena berkurang temen buat berkeluh-kesah dan temen buat nggosip, wkwkwkwk... Tapi untungnya udah ada anak magang legal baru (biar kata cuma satu), hha.. I’m gonna miss you gals, sukses dah buat kaliaaaan!!! :’)

(Left to right) Yudith, Cathlin, Michiko, eliminated :'| 

Farewell Yudith, Cathlin, Chiko


Bye-bye girls! (berasa raja minyak :D)

Bulan ketiga. Di sinilah puncak kelelahan fisik, pikiran, dan mental saya! Pusing tiap hari. Tulang-tulang rasanya udah pada copot. Maleees beut mau bangun tidur, haha... Kalo dulu awal-awal rajin berangkat pagi jam 6, ngejar-ngejar uang makan, bulan terakhir itu... bodo amat dah sama uang makan! Saya berangkatnya udah lah nyantai aja, teserah mau nyampe kantor jam berapa, yang penting ngga telat-telat amat. Di kantor juga kerjaannya masih banyak aja. Rasanya pengen cepet-cepet hari Jum’at, haha... Biar cepet libur and heng-aut bareng temen-temen sesama budak korporat, wkwkwk.. Kalo dua bulan awal, hari libur Sabtu-Minggu saya males banget keluar kosan, maunya gulung-gulung aja di kasur, tapi bulan terakhir itu saya bener-bener gunain buat memanjakan diri, jalan-jalan, window-shopping, kadang sendirian, kadang sama anak-anak juga, Soalnya kalo ngga dibikin fun gitu, bisa setres kayaknya cuy!  haha...

Ditambah lagi semakin maraknya isu-isu jadwal TKD yang bertebaran. Katanya Agustus lah, Juli lah, Juni, Mei, kahir April! Metong gua kalo TKD akhir April, lha wong pas itu belom nyicil sama sekali, literally! Palingan baca dikit beut buat try-out nasional itu (which was ternyata saya dapet ranking 1422 dari 1884 peserta!) Tambah bikin jiper dan ngga fokus kerja euy, hahaha...
Yaah, akhirnya dengan alasan mau belajar buat TKD, saya memutuskan untuk mengambil masa magang tiga bulan aja. Di kontraknya sih sebenernya bisa diperpanjang/ditambah sampe 6 bulan.

Tanggal 4 April 2014 saya officially keluar dari kantor, yeeaaay..! *jingkrak-jingkrak* Tadinya malah saya ngajuin akhir bulan Maret, tapi saya mundurin soalnya masih harus transfer informasi ke anak magang yang baru. Hmm, selain seneng banget udah bisa lepas dari “penderitaan”, wkwkwk... Tapi yang pasti ada sedih juga lah pisah sama temen-temen kantor. Kita udah bener-bener kayak keluarga. Ya gimana enggak, hampir 12 jam sehari kita bareng-bareng di kantor. FYI again, di bulan terkahir itu kita (anak magang accounting) disuruh lembur alias ngga boleh pulang cepet, disuruh nyelesaiin kerjaan! Jadi kita masuk jam 9 pagi, pulangnya jam 9 malem (untung pulang magang naik taksi-nya dibayarin kantor, hahaha..) Dan kita seringan pulangnya nunggu-nungguan. Kalo yang satu masih ada kerjaan, kita tungguin dan turun ke ground-nya bareng. Apalagi kantor kita tu ngga gede-gede banget. Jadi cuma kayak satu kotak ruangan, palingan sekitar 10X10 meter, terus disekat-sekat dikit pake kaca jadi satu kantor bisa keliatan semua, hahaha... Karena ukuran kantornya ngga terlalu gede itu, pegawainya juga ngga banyak. Terakhir, sesaat sebelum saya keluar, total pegawainya ada sebelas orang (termasuk boss). Dikit kan? Haha... Karena itulah kita jadi deket satu sama lain. I’m gonna miss the a lot!! Bakal kangen juga bawain mereka makan, haha... Soalnya mereka sering nitip beli makan di warteg deket kosan. Menu favoritnya terong balado sama teri disambel, haha... Love you all guys! Success for your life & career!!! :D

With bosses

Geng resign 2: Ellisa, Me, Shinta (left to right)

My Farewell :')

See you guys! :') (Kak Chitra, Mas Yudi, Mas Rismal, Mila, plus Mas Udin & Mas Chairil)

Success for your career! ;D

Selama pemagangan ini, saya belajar buaanyak hal. Sekarang saya tau gimana susahnya orang tua nyari duit. Gimana berharganya itu duit biar satu rupah pun! Hahaa... Pastinya saya juga dapet pengalaman dan pengetahuan baru merasakan dunia kerja, terutama dalam bidang Auditing, Accounting, Tax juga, sama pengetahuan di bidang IT! Soalnya selain punya Law Firm itu, boss saya juga punya usaha di bidang IT & mengelola situs jejaring social & content informasi, namanya Memobee :D Kalo lagi nganggur atau jenuh ngurusin audit, biasanya saya maenan Memobee itu, haha...

Akhir kata, saya bersyukur dapat kesempatan magang di sana. Saya bener-bener ditempa secara fisik dan mental. Mungkin Tuhan ingin saya merasakan yang “berat-berat” dulu biar lebih siap pas kerja beneran nanti. Tapi, somehow saya masih mikir kalo this Audit thing ngga terlalu cocok sama saya, mungkin... Kadang ada beban tersendiri gitu, ngeliat tatapan klien yang dingin dan kurang bersahabat yang membuat saya kurang nyaman (udah nasib auditor kali ya) Terus saya harus pura-pura “galak” (lebih tepatnya emang harus tegas kali ya) padahal saya orangnya paling suka bercanda, ngobrol and doing silly things! wkwkwk..  Saya juga capek harus “curigaan” ke klien (lebih tepatnya harus skeptis kali ya) Belom lagi saya orangnya kan nggak enakan sama orang, jadi agak kesian juga nyuruh klien fotokopi dokumen seabrek-abrek.

Yaaah, itulah saya, dengan segala kekurangan yang saya miliki. Kita nggak tau kan ke depannya akan jadi seperti apa. Di jalani aja, work hard, pray harder, positive thinking. Dan satu hal yang insyaAllah saya pegang terus: “Don’t ever lose hope and faith!

Sekian, Terima Kasih~



Thanks-List:
TILA & Partners Law Firm, for such a great experience
@KampusUpdate, for the internship info
All of "cumpret" & staffs, for coloring my days, love you all!
Memobee.com, for the entertainment
Photographers (kebanyakan selfie), for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ferdiyan.fery@gmail.com :) monggo kalau ada yg mau ditanyakan

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.