Akhirnya, PAPUMA...

Desember 27, 2014

Hola amigos! Kali ini ane mo nyeritain kegiatan liburan ane (which is sekarang cuma sabtu-minggu doang gara-gara lagi magang). Jadi hari Sabtu tanggal 20 Desember kemaren, ane sama anak-anak AKHIRNYA keturutan juga ngunjungin .................... PAPUMA, Jember! :D

Sebenernya trip ke Papuma ini udah kita pengenin dari berbulan-bulan lalu. Dari bulan puasaan kalo nggak salah. Soalnya waktu itu kebetulan kita lagi banyak yang nganggur. Ada yang baru lulus, ada yang jeda mau ngelanjutin kuliah, ada yang persiapan nikah, dan ane yang lagi nunggu penempatan. Tapi yah as usual rencana tinggal rencana. Menguap begitu saja tanpa ada realisasi. Adaaa aja halangannya. Dan sebenernya juga trip kemarin ini mundur. Awalnya, kita rencanain minggu lalu (tanggal 13 Des). Tapi gara-gara satu dan lain hal, not to mention proses ngumpulin anak-anak yang mbulet ae (kalo kata orang Jawa), akhirnya trip ini kita laksanakan hari Sabtu tanggal 20, dan.......cuma ber-empat -_-

Dari Leces, Kabupaten Probolinggo (rumah ane), ane berangkat naik motor berdua, masih setia dengan @prayogo_ari tentunya. Kita berangkat pukul 5.30 pagi. Kalo ane sih udah sering ke Jember, karena emang kita sekeluarga aslinya orang sana. Tapi buat @prayogo_ari it was his first time. Perjalanan dari Leces ke Jember kira-kira 2 jam-an. Dan kalo kata @prayogo_ari, jalanan ke Jember itu bagaikan tanpa ujung katanya, hahaha... Apalagi pas bagian dimana di kiri jalan cuma ada sawah dan sebelah kanan ada kali gede & puaanjang, named Parit Raya Bondoyudho. It really WAS a long boring road, haha.. But refreshing, actually. Kalo ke Jember, parit raya ini jadi signature scenery :D

Our long road + Parit Raya Bondoyudho (di kanan)

Kita nyampe kota Jember sekitar pukul 8.00, setelah sebelumnya sempet nyasar dikit gegara ane lupa jalan. Kita langsung cuss kosannya @_finnadadwi (salah satu trip buddy+penunjuk jalan kita kali ini) di deket Kampus Universitas Jember. Kita juga masih nunggu satu temen lagi, Cynthia, yang kosannya nggak jauh dari situ. Mereka berdua ini temen SMA ane & kuliah di UNEJ which ane hampir kuliah di situ juga kalo nggak keterima di STAN, hehe.. Sekitaran pukul 9.00 kita berempat cus ke destinasi kita, Papuma.

Jujur nih sekalipun ane ini arek Jember asli, ane belon pernah sama sekali ke Papuma, wkwkwk... Malu juga sih. Diceng-in mulu sama anak-anak. Masak anak Jember belom pernah ke sono. Alhamdulillah akhirnya kemaren keturutan, hehe..

Jalanan ke Papuma ternyata lumayan jauh juga, 30/40 kilometer-an deh kalo nggak salah. Mana itu hari puanas nget! Udahkek dipanggang di jalanan. And after a hot-long-boring road, kita nyampe di kecamatan Wuluhan, dan kita belok ke jalan masuk menuju Papuma, which was ternyata pantainya itu ada di balik tetebingan. View-nya indah, sebenernya. Ijo, seger, meskipun matahari sedang terik. Apalagi di sepanjang jalan kita disambut dengan ratusan kupu-kupu yang beterbangan di tengah jalan. Tapi, yang sungguh-sungguh saya sayangkan adalah kondisi jalannya! God plis, itu aspal udah bolong-bolong. Bikin perjalanan yang sebenernya bisa dinikmati jadi kurang nyaman.

Peta Tanjung Papuma

Setelah sekitar 15-20 menit, kita nyampe di gerbang masuk lokasi wisata Tanjung Papuma. Terus kita ditodpng sama petugasnya, disuruh bayar tiket, haha. Dua orang satu sepeda motor kita kemarin kena Rp32.000,00. Agak mahal sih ya. Tapi, yah sudahlah, udah jauh-jauh nggak mungkin balik lah. Dan kita pun melewati gerbang itu, lalu berkendara melalui jalan yang menanjak dan menurun. And ... here we are.... Tanjung Papuma! :D

Hahhh...

Ahh, refreshing banget lah setelah sumpek dengan kerjaan di kantor, terus ngeliat pemandangan.... ah.... alhamdulillah dan subhanallah. Entah kapan terakhir kali ane ngeliat laut & pantai yang elok. Sesudah istirahat sejenak di gazebo, kita jalan-jalan dah keliling pantai. And poto-poto kek anak alay pastinya. :D

Ini pantainya malah ketutupan muka

Papuma lumayan oke sih. Pasirnya putih, lautnya biru (yaiyalah). Jadi ada dua bagian pantai gitu yang bisa kita pake buat jalan-jalan sambil bergandengan tangan. Ombaknya lumayan gede, secara berbatasan langsung sama Samudera Hindia. So it was a little bit scary buat nyebur. Not to mention ane yang nggak bisa sama sekali berenang. Dan pantai Papuma ini dikelilingin sama tebing-tebing gitu. Ada kek semacem bukit yang dikasih tangga, jadi kita bisa naik dan foto-foto di atasnya. Di lautnya juga ada batu-batu gede yang menjulang tinggi. Pokok'e apik lah! hehe..  Apa sih ciptaan Tuhan yang nggak sempurna? Cuma kadang manusianya aja yang kurang peduli. Terbukti sih, kemaren ane ngeliat ada satu sudut di bawah tebing dimana mengambanglah itu sampah-sampah. Hmm. It irritated me, indeed.

Ini di atas bukit-bukitan

Sekitar pukul 14.00 kita mutusin buat balik, soalnya langit sudah meng-abu-abu dan terdengar bunyi gluduk (petir) pertanda akan hujan. Dan beneran, baru juga keluar gerbang, hujan turun dengan deres. Mana pas baru keluar itu, kita baru inget kalo tongsis yang dibawa @_finnadadwi (which was dia minjem ke temen kosannya) ketinggalan. Halah. Nggak mungkin kita balik, soalnya cost buat masuk lagi lebih gede dibandingkan sama beli baru. Akhirnya kita mutusin buat patungan aja beli baru buat gantiin itu tongsis.

Meanwhile, ujannya tambah gede dan akhirnya memaksa kita buat melipir ke sebuah warung di pinggir jalan, nggak jauh dari belokan ke jalan kecil nan rusak menuju Papuma. Ane awalnya nggak ngeh itu warung jual apaan. Soalnya yang penting kita nemu tempat berteduh. Sejurus kemudian, ibuk-ibuk penjaga warung keluar, nanya kita mau mesen apa. Yah, gegara nggak enak kan masak kita numpang neduh doang, akhirnya kita mesen makan juga. Ibuknya nawarin mie ayam, ya udah kita pesen itu aja.

Ibuknya lalu bikinin pesenan kita sama pesenannya mas-mas berdua yang neduh di situ juga. Lumayan lama. Terus si ibuknya bilang kalo dia baru buka itu warung. Pantes, gesture-nya masih kurang cekatan gitu. Masih agak kaku. Sampe-sampe dia lupa matiin kompor yang di atasnya lagi ngerebus air yang ternyata udah mendidih, sampe luber.

And finally, setelah beberapa lama menunggu, sambil kita grasak-grusuk menghindari tetesan air dari atap warung yang bocyor, mie ayam kita udah jadi! Alhamdulillah. Mie-nya lumayan enak sih, tapi ane agak kurang cocok, soalnya aroma dan rasanya somehow mirip sama rawon ^^a Tapi kata anak-anak enak. Murah juga, semangkok Rp5.000,00. Minumnya, kita pesen es jeruk dua gelas, sama es buah 2 mangkok. Agak nggak tau diri ya ujan-ujan minum es. Mau gimana lagi, orang pengen, haha.. Nah yang aneh bin menggelitik ini es jeruknya. Begitu gelas isi es jeruknya di taruh di meja kita. Kita agak kaget! Lah ini nggak salah? Es jeruk kok warnanya ijo banget. Jadi kayak es sirup melon. Pas diicipin rasanya sih emang ada kecut-kecut jeruknya. Tapi ada rasa-rasa kek manis sirup gitu. Ah taulah ini resep penemuan si ibuk.

Es jeruk ijo dengan garnish biji jeruk dibawahnya

Sekitaran Ashar, ujan udah mulai reda, dan kita mutusin buat nerobos aja. Di tengah-tengah jalan ternyata ada pohon tumbang, gara-gara ujannya lumayan gede kali, akhirnya kita dialihin lewat gang-gang perumahan warga gitu. Dan setelah jalan beberapa menit, hujan kembali deras, dan terpaksa kita melipir lagi. Kali ini, di masjid, sekalian sholat juga. Sekitar setengah lima, hujan kembali reda dan akhirnya kita bisa nerusin perjalanan sampe Jember. Awalnya ane sama @prayogo_ari mau langsung balik ke Leces, tapi berhubung kita berdua basah kehujanan, terus capek juga udah mau malem, kita mutusin buat nginep di rumah nenek ane di sana. Dan balik ke Leces besok paginya.

Malem hari itu, kita berempat masih nyempetin buat hang out (ceilah) di Jember. Dari habis Isya’ sampe jam sepuluhan. Kita nongkrong di Teko (Terminal Kopi), minum minuman tradisional, sama ngemil jajanan nggak jelas. Sambil cuap-cuap gosipin temen sendiri, biar nggak kalah sama geng cabe yang super ribut di gazebo seberang. Jam sepuluh kita balik, terus tepar, terus bobok.

Seeya on our next trip :D

Over all, it was an exciting moment. Jalan-jalan, melepas penat, bareng kawan-kawan yang lama tak bersua. Semoga next time ada waktu lagi, dan harus ada, trip trip selanjutnya :D Seeya guys!

Thanks-List:
eastjava.com, scyscrapercity.com, for the pic
YOU, for reading this! :)