OJT Aja Udah [Ep 03]: The Peaceful Week

Januari 10, 2015

HAPPY NEW YEARRR! Selamat tahun baru kawans. Semoga tahun ini jadi tahun yang lebih baik, lebih menyenangkan, dan lebih BERKAH tentunya!

So, masih dalam acara OJT, dua minggu kemarih ane ditempatin di seksi Pengolahan Data dan Informasi (PDI). Dan seperti judulnya, di seksi inilah ane baru merasakan yang namanya ... kedamaian.

Jadi mulai tanggal 22 Desember kemarin, ane di-rolling ke Seksi PDI setelah sebelumnya di Seksi Waskon. Nah, seksi PDI ini, seperti namanya, berhubungan banget sama yang namanya komputer, software, intranet, and stuffs. Dulu waktu PKL, ane pernah ditempatin di seksi ini juga. So, sedikit banyak ane tau-lah kira-kira apa yang bakalan dikerjain.

Kalo kata ane, PDI ini satu seksi yang punya endless job alias kerjaannya nggak abis-abis. Adaa aja pokoknya. Secara, kerjaan utamanya ... merekam ... merekam ... dan merekam. Bukan rekaman suara, tapi ngerekam SPT alias Surat Pemberitahuan. SPT sendiri adalah surat yang oleh WP dipakai untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak, dan/atau bukan objek pajak, atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Nah, pegawai-pegawai di PDI ini nantinya akan meng-input data dari SPT ke Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak (SIDJP). Tapi, menurut peraturan yang baru, katanya, perekaman SPT ini bakalan di pindah ke Pusat Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan (PPDDP). Jadi, kemarin ini kita nyelesaian SPT-SPT jaman baheulak yang belum kerekam.

Ya gitu deh garapan ane di PDI ini. Tiap hari rekaman, haha...  Tapi, biarpun keliatannya monoton, nggak ngerti kenapa yah dua minggu kemarin ini ane bener-bener ngerasain damai, tenang, santai, meskipun tangan tetep ngetik-ngetik komputer.

Don't know why. Mungkin karena orang-orang di PDI juga kali. Mereka kocak-kocak sih, hahaha... Total pegawainya ada 6 orang, 4 cewek, 2 cowok. Dua orang lelaki ini termasuk Pak Kepala Kasi yang juga nyantai banget orangnya, sama satu lagi—dan satu-satunya di KPP ini—yang jadi Operator Console (OC). Agak kasian juga sih sama mas OC ini, udah sendirian, kerjaannya berat juga. Ya bayangin aja, yang mengatur semua lalu lintas intranet dan internet, terus ngurusin juga software & hardware yang ada di kantor, ya dia ini. Salut dah sama mas OC.

Pegawai-pegawai yang cewek juga orangnya asik. Rame. Heboh. Dan yang paling ane seneng, ada ibu-ibu baik hati yang sering bawain makanan, haha.. Jadi kalo di PDI ini dijamin nggak bakal kekurangan cemilan. Most of the time. :9

Tapi menurut ane yang bikin ane damai di sini sih gara-gara kerjaan juga kali. Setelah kemarin, ane (kita) ngerjain pekerjaan yang membebani hati nurani a.k.a. the devil’s work, dua minggu kemarin ini ane ngerjain kerjaan yang istilah kata... less-worry gitu. Ato kalo kasarnya, ane ngerjain kerjaan yang insyaAllah lebih 'bener', nggak bo’ongin orang, apalagi negara. Ane cuma ngerekam / nginput data. Nothing more. Ya kalo salah-salah dikit, it’s a human error lah, hehe... :P

Anyway, sebenernya kalo diitung-itung, ane di seksi PDI ini ngga begitu lama. Soalnya kepotong sama libur Natal, which was mulai tanggal 25 sampe tanggal 28. Ditambah lagi libur tahun baru tanggal 1. Tapi yang bikin nyesek, tanggal 2-nya kita masuk kantor! Pffftt...

Well, nothing much to tell. Pokoknya dua minggu kemarin ini bener-bener saat-saat yang penuh kedamaian dan ketenangan. Apalagi akhir tahun kemarin berbarengan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan alhamdulillah tahun ini ane bisa ngerayain di rumah, bareng keluarga ^^

So, ‘till next episode then! :)


Spoiler for the next episode:At the end of the peaceful week was ruined pas ane ditarik ke pelayanan lebih cepat dari waktunya—which was emang minggu beikutnya ane dapet rolling ke seksi pelayanan. Gara-garanya ada satu pegawai pelayanan yang cuti sampe tanggal 11 dan ane yang disuruh gantiin pekerjaan beliau. Ohmigod, sumpah itu bikin pusing, bahkan sebelom ane ngerjain itu kerjaan...



Thanks-List:
YOU, for reading this! :) 

You Might Also Like

4 comments

  1. Gan boleh minta kontaknya ga? Mau nanya2 soal seksi pdi ni gan. Thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ane skrg udah penempatan & pindah seksi ke eksten gan. Ane nulis ini waktu magang (cuman seminggu), jd yah ilmu PDI ane minim bgt, hehe

      Hapus
  2. Masih penasaran sama "the devil's work" hahaha

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.