OJT Aja Udah [Ep 02]: The Devil's Work

Desember 27, 2014

Alhamdulillaaaaah *sujud syukur*. Setelah 4 (empat) minggu, hari yang ane tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Hari dimana ane ...............................................................................
PINDAH SEKSI!


Seksi Waskon 2


Masih dalam rangkaian acara magang, akhirnya kegiatan On Job Training (OJT)-nya officially dimulai tanggal 8 Desember kemaren. Jadi sebelum-sebelumnya itu, yang ane di seksi fungsional, ternyata masih pra-OJT. Tengs.

Dua minggu awal pas pra-OJT kemarin, seperti yang udah ane ceritain di postingan bulan lalu, ane ditempatin di Seksi Fungsional, which is pekerjaannya, menurut ane bener-bener krusial. Dan susah. Walopun kerjaan ane cuma bantu-bantu nge-rekap puluhan buku tabungan dan ratusan lembar faktur, yah, sedikit banyak ane bisa liat kerjaan mas-mas fungsional ini ternyata emang nggak gampang. Mereka jarang di kantor, sering keluar, ngunjungin WP (Wajib Pajak), nyampe kantor sore-sore, terus ngelembur hampir tiap hari. Wew. Salut dah buat mas-mas Fungsional ini secara gajinya juga gede.

Dan setelah dua minggu di Fungsional "tanpa terasa" berakhir, ane sama @usmanhamzah1 pindah seksi alias rolling. Si @usmanhamzah1 ke Seksi Pelayanan di lantai 1. Sementara ane pindah ke Seksi Pengawasan dan Konsultasi (Waskon) di lantai 2. Lantai dimana “the devil's work” (yang ane ceritain di postingan kemarin) sedang berlangsung. Heft. Yah, sebenernya agak nggak sreg juga dipindah ke situ, tapi mau gimana lagi, ntar juga akhirnya kudu ngerasain seksi ini.

Seksi Waskon, menurut hemat ane—yang minim pengetahuan dan hasrat dalam bidang perpajakan—termasuk salah satu seksi yang krusial juga, along with Seksi Fungsional. Pegawai-pegawai yang ada di Seksi Waskon ini disebutnya Account Representative (AR). Nah, sesuai namanya, AR-AR ini jadi “wakil” dari KPP untuk memberikan asistansi pada masyarakat dalam hal perpajakan. Jadi kalo ada WP-WP yang mau konsultasi masalah pajak, mereka ketemu/berhubungan sama AR-AR ini.  

Di KPP Probolinggo sendiri, Seksi Waskon-nya ada tiga. Waskon 1, Waskon 2, sama Waskon 3. Yang membedakan ketiga Waskon ini adalah wilayah/daerah yang mereka cover (tangani). Jadi, ada yang nangani khusus Kota Probolinggo, ada yang Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dll. Ane lupa pembagiannya. Kabarnya lagi, mau ditambahin ada Waskon 4

Kalo tugas rincinya Seksi Waskon ini ane belum begitu hafal. Banyak sih kayaknya. Intinya ya berhubungan sama WP. Kalo dari SOP (Standard Operating Procedure) yang ‘seharusnya’ ane pelajari di masa OJT ini ada empat: tata cara penyelesaian pemindahbukuan, penyelesaian permohonan surat keterangan fiskal, tata cara penerbitan penghitungan lebih bayar, sama pembuatan profil wajib pajak melalui APPROWEB. Tapi, yang kemarin ane kerjain di Waskon itu cuma administrasi surat masuk dan surat keluar, nganter-nganter surat naik turun gedung, sama satu kerjaan yang paling penting ................. ngangkat telpon, haha

Ngangkat telpon ini kerjaan yang agak bikin mikir loh. Paling sering sih telpon dari WP-WP yang nyari AR-ARnya. Kadang bingung dan nggak enak juga kalo ada WP yang telepon nyari AR, terus ARnya ternyata belom dateng kantor padahal udah siang, ato lagi istirahat lama banget. Yah jadi paling sering sih ane kasih jawaban nggantung (daripada bo’ong), biasanya “Maaf Pak/Bu, ARnya sedang tidak ada di tempat...” gitu. Biasanya ane tawarin nomer hapenya AR yang bersangkutan. 

Tapi ada yang bikin ane paling was-was, kalo ada WP yang telpon, terus nggak nyari AR, eh dianya nyelonong nanya-nanya masalah pajak, which is ane hampir pasti nggak tau jawabannya. Nggak mungkin dong ya ane jawab “Oh, maaf Pak/Bu, saya cuma anak magang yang nggak tau apa-apa.” Gengsi lah, jatuh harga diri ane. Ntar ketahuan begoknya, hahhaa.. So, yang biasanya ane lakuin sih, ane dengerin aja dulu si WP ngoceh ngomongin pertanyaannya, terus ane jawab “Baik Pak/Bu, mohon tunggu sebentar....” terus ane buru-buru lari nanya ke AR terdekat yang ada di situ. Ato, simply, langsung ane bilang “Baik Pak/Bu, saya akan sambungkan ke petugasnya.” Udah gitu aja.


Balik ke ‘devil’s work’ yang ane bilang di awal. Ane nggak bakal cerita detailnya itu kerjaannya kayak apa. Pokoknya menurut ane (yang masih awam banget), kerjaan ini nggak begitu baik & bener. Sekali lagi, ini menurut ane, Dan, seksi yang paling bersangkutan ya Seksi Waskon ini. Dari hasil penelusuran ane, sebenernya bukan salah mereka juga sih sampe devil’s work ini harus diadakan. Ternyata masalahnya merembet, sampe ujung. Sampe pusat. And again, it’s all about the fvcking sh1tty damned birocracy!



Terus terang, begitu kita (cecunguk magang) disuruh garap itu proyek. Ane udah langsung ngedrop. Kecewa. Yah, kok gini sih kerjaan kita. Katanya integritas. Katanya reformasi birokrasi. Katanya agen perubahan. Tapi, nyatanya ..... ahh

Dan terus terang juga, ane langsung (maap) agak lose respect & sedikit illfeel sama AR-AR. Ya walopun, sekali lagi, bukan 100% salah mereka. Dan ini emang udah sifat ane. Dan kalo udah illfeel sama orang apalagi kalo ane tau orang itu ngerugiin orang lain (apalagi negara), ane jadi defensif. Dan kejadian beneran. Ane jadi males banget ngobrol sama mereka. Biasanya ane tuh gampang chit-chat sama orang-orang baru. Tapi, kalo udah defensif-mode-on, ane bakal meminimalisasi kontak sama mereka. Salah satu caranya, kalo di daerah devil’s work itu, ane kemana-mana pake headset, tapi nggak dengerin apa-apa, cuma dicantelin biar nggak diajakin ngobrol, wkwkwkwk

Tapi balik lagi, ini bukan salah mereka sepenuhnya. I'm sure that they are all good people. :)


Jadi ane di waskon kemaren totalnya 4 minggu. Dua minggu pertama pas pra OJT. Nah, pas OJT eh dapet waskon juga. (OJTnya rolling seksi per 2 minggu dan penempatan seksi-seksinya diulang lagi. Yang kemaren pas pra-OJT nggak diitung). Dan mulai minggu kemarin. tanggal 22 Desember, kita di rolling lagi dan ane dapet seksi Pengolahan Data dan Informasi (PDI) *akan dipost kemudian*

Oia, sama atu lagi. Selama di waskon kemaren, ane diminta 'bantuan' sama seksi fungsional buat ngerekap buku tabungan T.T Mungkin karena terpesona dengan kemampuan & kecepatan kita berdua, jadi mas-mas itu minta batuan ane sama @usmanhamzah1 buat ngelanjutin merekap puluhan buku tabungan dari satu WP sama yang kayak kita kerjain pas di fungsional dulu. Yah, masak kita mau nolak apalagi kita dikasih kaos sama upah ngetik hahaha. Dan ane bersyukur dikasih kerjaan ini karena ane bisa alasan buat 'menghindar' dari the devil's work.


It happened here...

Yaa begitulah. Dunia kerja emang ternyata keras. Harus bisa menjaga diri sendiri, and detemine kita mau jadi orang yang kayak gimana. Idealisme kita bener-bener diuji. Dan kalo nggak bener-bener kuat, lama-lama ya terkikis. Batu yang keras aja kalo ditetesin air terus bisa bolong. So, let’s pray semoga Tuhan senantiasa memberi perlindungan & kekuatan biar kita bisa tetep berbuat baik & bener. Amin~



Thanks-List:
memederp.comsharenator.com, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

8 comments

  1. Mas mau diskusi dong. Kebetulan ojt di kpp bagian waskon nih. Kalau berkenan bisa minta emailnya? Terimakasih:)

    BalasHapus
  2. Hmm kepo dengan devil's work nya gimana hmmm...

    BalasHapus
  3. Aku yang bentar lagi ojt jadi deg-degan baca ini XD

    BalasHapus
  4. Mas, kalo sekarang masih ada devil' work gitu nggak mas, mau ojt nih wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm dibilang ada ya masih ada aja sih, hehe.. Tp kalo masih ojt mah santai aja krn bukan tanggung jawab kalian. Kalo udh kerja beneran baru deh. Harus bisa memegang teguh prinsip! :) Anw, thanks udh mampir

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.