OJT Aja Udah [Ep 01]: The Beginning

November 24, 2014

Akhirnya setelah nganggur selama kurang lebih setahun, dikurangin magang di law firm dari Januari sampe Maret, berarti sembilan bulanan ya, ane ada aktipitas rutin lagi nih. Kalo biasanya tiap hari bangun siang, buka laptop, ngenet, terus nonton film, bobok siang, nonton tipi, terus bobok malem, tiap hari begituuuu terus, tapi beberapa hari belakangan ini tiap hari ane kudu bangun pagi-pagi dan dandan yang cakep pake kemeja rapi. Yup! Mulai tanggal 10 November kemarin, ane, dan anak-anak alumni STAN seangkatan ane yang masuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP), officially magang, atau istilah katanya On the Job Training (OJT)!




Jadi pas acara Induction Program (IP) kemarin, pas acara IP kedua (sore-sore itu), menyebarlah berita kalau di situs sikka.pajak.go.id udah di upload pengumuman lokasi OJT kita! Otomatis, di tengah-tengah ceramah entah dari siapa waktu itu lupa, anak-anak se-Student Center mulai grusak-grusuk. Banyak yang nggak dengerin bapak penceramahnya. Hampir semua sih kayaknya. Ane sendiri juga dari awal acara udah nggak dengerin. Lagian, acaranya boring & di SC panas beut. Ane sama @abangtegar malah maen game 2 Players Reactor di hape, wkwkwk.. Nah tapi begitu ada yang bilang kalo pengumuman OJT udah di upload, wah langsung deh tuh kita buka situsnya.

Alhamdulillah, ane dapet lokasi OJT di homebase, Probolinggo. Thanks God. Semua anak Probolinggo dapet lokasi OJT di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Probolinggo, kecuali satu orang. Temen ane ini kelempar ke Denpasar. Ikut prihatin juga sih. Anyway, selain anak Probolinggo asli, ternyata ada anak di luar Probolinggo yang dapet tempat OJT di KPP Probolinggo. Total yang magang di KPP Prob ada 8 orang, 4 dari Probolinggo, 4 lagi dari luar.



So, hari Senin 10 November lalu adalah hari pertama kita OJT. Tapi sebenernya sih, OJT itu baru mulai bulan Desember dan cuma 4 minggu. OJT kita ini ada nilainya lho, dilihat dari presensi dan kinerja kita, dan nilai itu (katanya) berpengaruh buat penempatan definitif kita nanti. Nah, OJT yang 4 minggu ini adalah rangkaian dari magang kita yang akan dilaksanakan 3 s/d 6 bulan. Sebulan awal ini, rencananya, kita cuma bakal dapet materi TANPA mulai kerja. Tapi yah, rencana tinggal rencana. Praktiknya ya kita langsung dikasi garapan. (-_-)

Setelah chit-chat sama mbak kepegawaian, kami mutusin buat rolling / ganti seksi tiap 2 minggu sekali. Dan 2 minggu pertama ini, ane dapet bagian Fungsional. Jujur, ane sama SEKALI nggak ngerti bagian Fungsional di KPP ini tugasnya apa, kerjaannya ngapain aja. Well, actually, di KPP ini ane nggak ngerti juga mau ngapain, hahaha. Ane nggak ngerti banyak masalah pajak. Back then, me and tax, we’re not best friends! :P

Kita kemudian diantar di seksi masing-masing. Kebetulan, seksi Fungsional dikasih dua orang cecunguk, ane sama temen ane @usmanhamzah1. Kita berdua sama-sama nggak gapek masalah pajak, hahah. Mas-mas fungsional lantas ngajakin kita berdua ngobrol. Beliau juga ngejelasin apa-apa aja yang dikerjain sama bagian Fungsional. And you know what, kerjaan Fungsional itu ternyata mirip rip sama Audit! Duh, jadi mengingatkkanku pada luka lama pas magang di law firm kemarin, wkwkwkwk.. Dari pengalaman forensic audit kemarin, ane yakin kalo ane sepertinya nggak cocok jadi auditor. Selain karena sifat ane yang nggak tegaan, nggak enakan, suka bercanda & nggak bisa ‘keliatan jahat’, jadi auditor itu... ada beban batin sendiri (buat ane). Capek aja skeptis (bahasa halusnya negatif thingking) sama orang, curigaan mulu bawaannya, terus nggak boleh ngobrol terlalu akrab sama klien. It’s just bukan gue banget aja gitu. Hahha..

Well, dari chit-chat sama mas-mas Fungsional juga saya jadi ngerti kalo bagian Fungsional itu cukup krusial di KPP. Karena merekalah yang meriksain Wajib Pajak (WP) yang nakal dan nggak mau bayar pajak sesuai dengan ketentuan perpajakan. Bagian fungsional sering keluar kantor, ngunjungi WP-WP, minta dokumen, atau wawancara sama WP. Di kantor sendiri, berkas-berkas pemeriksaan WP, behh, seabrek-abrek! Dan adalah tugas kita (baca: cecunguk magang) buat ngerekap dokumen-dokumen itu.
Tugas pertama kita, waktu itu ngerekap buku tabungan salah satu klien. Terus ditambah lagi ngerekap file-file lain, kayak faktur-faktur gitu. Bagian Fungsional KPP Probolinggo akhir-akhir ini lagi digiatin banget kerjanya. Soalnya udah akhir tahun, tapi target penerimaan KPP Probolinggo belum tercapai. Nah, makanya Kepala Kantor nge-push fungsional buat narikin pajak dari WP-WP nakal. Kesian juga ngeliat mas-mas ini. Sering ngelembur. Yah paling enggak, ane sama @usmanhamzah1 cuma bisa ngerjain rekapan secepat dan sebaik yang kita bisa, buat bantuin mereka, hahha... Semangat kakak-kakak Fungsional!

Beberapa hari pun berlalu, dan kerjaan ane & @usmanhamzah1 masih sama sama aja. Agak boring juga, terus terang. Seringkali pikiran kita berdua melanglang buana. Tangan masih ngetik rekapan sih, tapi pikiran kita udah nggak ngerti kemana. Dan pikiran ane sama @usmanhamzah1 ini se-frekuensi ternyata. Yah, kita mikir aja, masak sih seumur hidup mau kerjaannya gini-gini aja. Di belakang komputer, ngetik-ngetik, teruuus aja begitu seumur hidup, hahha... Kapan kita bisa menguasai dunia?? Wkwkwk...

Bukannya nggak bersyukur ya, ane bersyukur, banget, bisa sampai ke titik ini. Banyak orang-orang di luar sana yang mungkin nggak seberuntung kami bisa ada di tahap ini. Tapi yah bersyukur kan bukan berarti kita nggak boleh mencari yang lebih baik kan, yang sesuai dengan apa yang kita suka, yang sesuai dengan hati nurani kita, yang membuat kita nyaman. Ane nggak bilang jadi PNS ini nggak baik lho. As we know, PNS tampaknya masih jadi profesi idaman & prestigious di mata masyarakat Indonesia, apalagi di mata calon mertua.

Kalo ane sendiri, mikirnya agak lain sih. Kita semua tau lah kalau gaji kita (PNS) itu dari duitnya rakyat, maka sudah sepantasnyalah dan sudah jadi kewajiban kita (para PNS) buat kerja secara maksimal. Disiplin. Dan yang terpenting, JUJUR! Tapi kalo liat praktik di lapangan (ane nggak ngomongin pegawai di KPP doang ya, tapi secara umum), ane jadi illfeel & malu sendiri. Banyak oknum pegawai yang sepertinya kurang perhatian sama yang namanya kedisiplinan & kejujuran. Contoh kecil, dateng kantor siang-siang tapi udah absen duluan paginya, terus lagi jam istirahat yang kayaknya lamaaaaa banget & kantor pun sepi sunyi senyap sampe sore, atau melakukan hal-hal lain (di luar pekerjaan) pada jam kerja.

Semingguan yang lalu aja nih, kita anak-anak magang disuruh ngerjain sesuatu (sampe disuruh lembur segala) yang menurut ane, kerjaan itu nggak bener. It was like cheating your own country, dude! Ane nggak perlu cerita kita disuruh ngapain, tapi yang jelas it wasn’t a good thing! Dan ternyata praktek macem itu sudah lumrah dilakukan bahkan sama KPP-KPP lain, dan dari hasil penelusuran kita, “pihak ujung”  sebenernya udah tau. But, they just close their ears & eyes! Kita keliatannya masih menganut paham ABS (Asal Bapak Senang). Ane ngerasanya, kita yang sebenernya berpikiran bener, lurus, dan nggak mau ikut-ikutan, malah keliatan aneh. Malah kayak di-”sinis”-in.



Dunia kerja ternyata tidak se-friendly yang ane bayangin. Ane mungkin nggak cukup kuat buat jadi apa yang namanya “agen perubahan”. Susah buat mengubah kebiasaan buruk yang udah membudaya. Perubahan yang dilakukan harus holistik. Menyeluruh. Dari ujung ke ujung. Dan hal itu nggak mustahil buat dilakuin. Tapi buat ane pribadi, it seems that I will choose to step away from these ‘things’. I can only pray that God will forgive us, will guide us, will protect us from becoming fvcking dirty RATS. Amen

Ane masih berharap sih suatu hari ane punya pekerjaan yang bisa bikin ane excited ngelakuinnya. Bikin happy. Sesuai sama hobby & kesukaan ane. Nggak nyusahin negara orang. Bisa bawa ane jalan-jalan keliling Indonesia, keliling dunia. Ahh, what a wonderful life. Kayaknya efek baca The Alchemist ini, hahaa... It’s just, I don’t wanna stay, behind a computer, in a small cube, doing the same damn things each and every day, for the rest of my life. Dunia ini besar, ma friend. Banyak hal lain yang masih kita lakuin. Semoga bukan cuma jadi idealisme & mimpi sesaat. Soalnya banyak pegawai (yang lebih dewasa & rata-rata udah married) yang ane tanyain, jawabannya yah wes begini lah mas, saya nggak ngejar karir lagi, yang penting dekat sama keluarga. Ane belum siap kek gini gan. Masih pengen bebas..



Yaa segini dulu deh cerita magang ane, next time dilanjutin lagi. Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, dan dikasih hidup yang BERKAH. Aamiin...





Thanks-List:
gameplan.me, panoramio.com, loveoflifequotes.com, gettyimages.com, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

17 comments

  1. orang bijak taat pajak,,
    orang pajak makan uang pajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhukk, menohok sekali...
      semoga ke depan ada agen-agen perubahan yang bener2 BISA merubah birokrasi kita mjd lebih baik -_-

      Hapus
  2. oh anak ojt juga ya Mas, salam kenal :)

    BalasHapus
  3. "It’s just, I don’t wanna stay, behind a computer, in a small cube, doing the same damn things each and every day, for the rest of my life." Wkwkwk, saya juga pernah mikir kayak gitu, pas PKL baru ngerasain "how bored it". Tapi apapun itu saya syukuri aja sudah diberi Tuhan di posisi tersebut, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, at the end of the day, kita semua harus mensyukuri apa yang kita punya. Karna di luar sana banyak bgt yang menginginkan posisi kita skrg. Tapi yg namanya manusia, ngga ada puasnya, hehe. Dalam hati masih ada aja pengen ini itu. :)

      Anyway, thanks udah mampir. Good luck with your job :)

      Hapus
    2. Sama-sama, kayaknya Kakak dah penempatan ya.. alias PNS. Kalo saya baru mau OJT, hehe. BTW, tulisannya membantu sekali buat saya, untuk gambaran OJT nanti. Gomapseumnida ^^

      Hapus
    3. Iya udah penempatan nih. :) Selamat OJT ya. Btw ini ceritanya berdasarkan pengalamanku aja ya. belum tentu sama kok nanti pengalamannya. Diambil yg baiknya aja ya :)
      Good luck!

      Hapus
  4. Apa semua yg ikut out itu harus lulusan stan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. out? ojt maksudnya? kalo ojt kan hampir semua instansi/perusahaan ngelakuinnya deh. istilah lainnya magang. cuman kalo di stan, ojt sama magang itu 2 program yg beda *cmiiw

      Hapus
  5. Sepemikiran... Baru tau pas ojt hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan akan makin makin pas udah kerja beneran wkwk

      Hapus
  6. Bang, kalau orang umum pingin lihat nama2 lulusan pkn stan sama penempatannya setelah lulus itu dimana ya?
    Adakah web resmi yang kasih info ttg itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingetku adanya di web internal ya. Tp ngga tau lagi sih, lupa. Dan biasanya file pengumumannya nyebar di mahasiswa & alumni

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.