OJT Aja Udah [Ep 04]: The Frontliner

Januari 31, 2015

Holaa Amigos!

Jadi tanggal 5 sampe tanggal 16 kemarin, masih di acara magang, ane di-rolling ke Seksi Pelayanan. Udah agak telat ya baru di ceritain sekarang, abisnya ane sok sibuk sih, hehe.. Pulang kantor nyampe rumah Maghrib, terus ngerjain terjemahan novel (kerjaan sampingan ane, ntar diceritain sendiri) sampe malem, terus ngantuk, terus tidur. Nggak sempet nulis jadinya.



So well,  ane di Seksi Pelayanan ini dua minggu. Dan kemaren tuh kayak di bagi dua bagian. Smeinggu pertama ane di belakang (back office) sementara minggu kedua ane duduk di depan (frontline), ato kalo di kantor pajak disebutnya Tempat Pelayanan Terpadu (TPT).

Di Pelayanan ini lumayan sibuk yah, dan kerjaannya nggak selese-selese. And the worse was, waktu itu ada satu pegawai yang cuti akhir tahun, sampe tanggal 11 Januari, dan .... ane yang disuruh gantiin kerjaan beliau. Huff.

List kerjaan (jobdesk) mas-mas yang cuti itu ternyata lumayan banyak, dan penting! Di hari terakhir dia masuk (Jumat, 2 Januari), ane dicomot sama Kepala Seksi Pelayanan dari Seksi PDI buat dikasih tutorial singkat tentang kerjaan-kerjaan mas yang cuti itu. Hasilnya ... bingung. Tapi ane berusaha buat merhatiin dan untungnya sama mas yang cuti itu ane dibikinin semacem alur kerjaan dia di Excel terus diprint. Misal, kalo ada permintaan ini dari WP, ane harus nginput ke aplikasi ini, terus nyetak form ini, dsb. Yaa, itung-itung ane belajar juga lah.

Seinget ane waktu itu, kerjaan yang dikasih ke ane ada nerima permintaan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP), terus ada permintaan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan lain-lain lupa. Dan kalo lagi ga ada kerjaan yang berhubungan sama jobdesknya mas itu, ane ngerjain nginput Surat Pemeritahuan (SPT) PPh 21 ke sistem. Mirip kerjaan di PDI kemarin lah.

Ruangan Sie. Pelayanan

Alhamdulillah seminggu itu nggak ada kendala yang berarti. Lancar-lancar aja meskipun ane masih lari sana-sini buat nanya. Dan hari Senin minggu berikutnya (12 Januari) mas-nya udah masuk kerja lagi. Ane mutusin buat pindah ke depan (TPT). And it was so exciting!

Jadi, TPT ini semacem teller/customer service kalo di Bank. Petugas TPT ini yang nerima Wajib Pajak (WP) dan melayani/membantu apa yang mereka butuhin terkait perpajakannya. Tapi waktu itu ane belum berani buka counter dan menghadapi WP, wkwkwk... Ya tau lah ane belom gapek-gapek banget masalah, jadi daripada ntar ditanya-tanyain sama WP trus ane ga bisa jawab, malu dong, keliatan begonya, hahaha... Ane masih butuh banyak belajar.

Tugas utama ane di meja depan itu, tetep nginput SPT sih, sama kayak di back office. Cuma beda suasananya aja gitu. Kita ngerjain di depan para WP. Ada sensasinya sendiri. Jadi lebih harus behave dan menjaga manner gitu. Sumpah pegel! Kalo di dalem mah, ane bebas mau ngapain. Mau makan, jalan-jalan, tiduran, mulet-mulet gak jelas. Nah, kalo di depan kita ya kudu jaga sikap. Bahkan ane mau minum aja sungkan. Musti ke dalem dulu, ato madep belakang.

Tapi, lumayan seru sih di depan itu. Kita jadi tau keluhan-keluhan WP, banyak juga yang curhat-curhat, banyak juga yang keliatan bingung masalah pajak (ane juga sebenernya XD). Waktu itu sempet juga ada yang marah-marah, dan kalo udah urusannya terlalu complicated, petugas TPT biasanya langsung menghubungi Account Representative (AR) ato Fungsional ato siapapun yang pas itu jadi helpdesk. Dan di sekitar TPT itu ada ruangan-ruangan kecil yang khusus dipake buat WP yang mau diskusi ato curhat ato bahkan debat sama AR/Fungsional. Agak serem juga kalo denger WP bersitegang sama petugas. I dont really like that feeling.

Tempat Pelayanan Terpadu (TPT)

Di pertengahan minggu, akhirnya, ane disuruh mbak-mbak TPT buat buka satu counter, yang khusus buat mencetak Tanda Terima (TT) SPT Tahunan. Karena kebetulan ini awal tahun, kita yang udah punya NPWP wajib melaporkan SPT Tahunan (paling lambat tanggal 31 Maret tahun berikutnya). Jadi, waktu itu udah ada beberapa WP yang lapor SPT Tahunan Tahun 2014. Untungnya lumayan gampang ya, mencetak TT itu. Tapi yang annoying adalah printernya yang sering ngadat. Kadang paper jam. Jadi ane harus nyabar-nyabarin WPnya biar mereka nggak sewot gegara lama nunggu TT, wkwkwk...

Waktu itu ane sempet juga disuruh mbak-mbak TPT buat praktek nginput SPT Masa PPh Pasal 21 sama PPN yang dilaporin langsung sama WP. Terus ane disuruh cetak LPAD (Lembar Pengawasan Arus Dokumen)-nya juga. Ane sempet ditawarin nerima WP yang mau bikin NPWP, tapi ane belom berani soalnya kalo ada yang bikin NPWP itu kita juga kudu jelasin hak dan kewajibannya sebagai Wajib Pajak. Ane belom terlalu menguasai. Belom lagi kalo WPnya rese & nanya yang macem-macem, ntar ane ngga bisa jawab dah. Orang waktu ane nggak buka counter aja tetep ada WP yang nanya-nanya (-___-)

Ruang tunggu WP

Well, that’s my story di Seksi Pelayanan. Meskipun agak sibuk dan ribet, ane enjoy kok bertugas di TPT kemaren. Yah meskipun nggak buka counter yah. Tapi ane excited buat ngelayani dan ngebantu WP. I just like to talk to people J

Seeya on the next episode then! ;)



Thanks-List:
YOU, for reding this! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Seksi Pelayanan terutama di TPT, keliatan seru dan bikin deg-degan. Sayang waktu pkl kemarin ga ditempatin di TPT :')

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.