OJT Aja Udah [Ep 04]: The Frontliner
Januari 31, 2015
Holaa Amigos!
Jadi tanggal 5 sampe
tanggal 16 kemarin, masih di acara magang, ane di-rolling ke Seksi Pelayanan.
Udah agak telat ya baru di ceritain sekarang, abisnya ane sok sibuk sih,
hehe.. Pulang kantor nyampe rumah Maghrib, terus ngerjain terjemahan novel
(kerjaan sampingan ane, ntar diceritain sendiri) sampe malem, terus ngantuk,
terus tidur. Nggak sempet nulis jadinya.
So well, ane di Seksi Pelayanan ini dua minggu. Dan
kemaren tuh kayak di bagi dua bagian. Smeinggu pertama ane di belakang (back
office) sementara minggu kedua ane duduk di depan (frontline), ato kalo di
kantor pajak disebutnya Tempat Pelayanan Terpadu (TPT).
Di Pelayanan ini lumayan
sibuk yah, dan kerjaannya nggak selese-selese. And the worse was, waktu itu ada
satu pegawai yang cuti akhir tahun, sampe tanggal 11 Januari, dan .... ane yang
disuruh gantiin kerjaan beliau. Huff.
List kerjaan (jobdesk)
mas-mas yang cuti itu ternyata lumayan banyak, dan penting! Di hari terakhir
dia masuk (Jumat, 2 Januari), ane dicomot sama Kepala Seksi Pelayanan dari
Seksi PDI buat dikasih tutorial singkat tentang kerjaan-kerjaan mas yang cuti
itu. Hasilnya ... bingung. Tapi ane berusaha buat merhatiin dan untungnya sama
mas yang cuti itu ane dibikinin semacem alur kerjaan dia di Excel terus diprint.
Misal, kalo ada permintaan ini dari WP, ane harus nginput ke aplikasi ini,
terus nyetak form ini, dsb. Yaa, itung-itung ane belajar juga lah.
Seinget ane waktu itu,
kerjaan yang dikasih ke ane ada nerima permintaan Pengukuhan Pengusaha Kena
Pajak (PKP), terus ada permintaan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
dan lain-lain lupa. Dan kalo lagi ga ada kerjaan yang berhubungan sama
jobdesknya mas itu, ane ngerjain nginput Surat Pemeritahuan (SPT) PPh 21 ke
sistem. Mirip kerjaan di PDI kemarin lah.
Ruangan Sie. Pelayanan
Alhamdulillah seminggu
itu nggak ada kendala yang berarti. Lancar-lancar aja meskipun ane masih lari
sana-sini buat nanya. Dan hari Senin minggu berikutnya (12 Januari) mas-nya
udah masuk kerja lagi. Ane mutusin buat pindah ke depan (TPT). And it was so
exciting!
Jadi, TPT ini semacem
teller/customer service kalo di Bank. Petugas TPT ini yang nerima Wajib Pajak (WP) dan melayani/membantu apa yang mereka butuhin terkait perpajakannya. Tapi waktu
itu ane belum berani buka counter dan menghadapi WP, wkwkwk... Ya tau lah ane
belom gapek-gapek banget masalah, jadi daripada ntar ditanya-tanyain sama WP
trus ane ga bisa jawab, malu dong, keliatan begonya, hahaha... Ane masih butuh
banyak belajar.
Tugas utama ane di meja
depan itu, tetep nginput SPT sih, sama kayak di back office. Cuma beda suasananya aja gitu. Kita ngerjain di depan para WP. Ada sensasinya sendiri.
Jadi lebih harus behave dan menjaga manner gitu. Sumpah pegel! Kalo di dalem mah, ane bebas mau
ngapain. Mau makan, jalan-jalan, tiduran, mulet-mulet gak jelas. Nah, kalo di
depan kita ya kudu jaga sikap. Bahkan ane mau minum aja sungkan. Musti ke dalem
dulu, ato madep belakang.
Tapi, lumayan seru sih di
depan itu. Kita jadi tau keluhan-keluhan WP, banyak juga yang curhat-curhat,
banyak juga yang keliatan bingung masalah pajak (ane juga sebenernya XD). Waktu itu sempet juga ada yang marah-marah, dan kalo udah urusannya terlalu
complicated, petugas TPT biasanya langsung menghubungi Account Representative
(AR) ato Fungsional ato siapapun yang pas itu jadi helpdesk. Dan di sekitar TPT itu ada ruangan-ruangan kecil yang
khusus dipake buat WP yang mau diskusi ato curhat ato bahkan debat sama
AR/Fungsional. Agak serem juga kalo denger WP bersitegang sama petugas. I dont
really like that feeling.
Tempat Pelayanan Terpadu (TPT)
Di pertengahan minggu,
akhirnya, ane disuruh mbak-mbak TPT buat buka satu counter, yang khusus buat
mencetak Tanda Terima (TT) SPT Tahunan. Karena kebetulan ini awal tahun, kita yang udah punya NPWP wajib melaporkan SPT Tahunan (paling lambat
tanggal 31 Maret tahun berikutnya). Jadi, waktu itu udah ada beberapa WP yang
lapor SPT Tahunan Tahun 2014. Untungnya lumayan gampang ya, mencetak TT itu.
Tapi yang annoying adalah printernya yang sering ngadat. Kadang paper jam. Jadi
ane harus nyabar-nyabarin WPnya biar mereka nggak sewot gegara lama nunggu TT,
wkwkwk...
Waktu itu ane sempet juga
disuruh mbak-mbak TPT buat praktek nginput SPT Masa PPh Pasal 21 sama PPN yang
dilaporin langsung sama WP. Terus ane disuruh cetak LPAD (Lembar Pengawasan
Arus Dokumen)-nya juga. Ane sempet ditawarin nerima WP yang mau bikin NPWP,
tapi ane belom berani soalnya kalo ada yang bikin NPWP itu kita juga kudu
jelasin hak dan kewajibannya sebagai Wajib Pajak. Ane belom terlalu menguasai. Belom
lagi kalo WPnya rese & nanya yang macem-macem, ntar ane ngga bisa jawab dah. Orang
waktu ane nggak buka counter aja tetep ada WP yang nanya-nanya (-___-)
Ruang tunggu WP
Well, that’s my story di
Seksi Pelayanan. Meskipun agak sibuk dan ribet, ane enjoy kok bertugas di TPT
kemaren. Yah meskipun nggak buka counter yah. Tapi ane excited buat ngelayani
dan ngebantu WP. I just like to talk to people J
Seeya on the next episode
then! ;)
Thanks-List:
YOU, for reding this! :)
2 comments
Seksi Pelayanan terutama di TPT, keliatan seru dan bikin deg-degan. Sayang waktu pkl kemarin ga ditempatin di TPT :')
BalasHapusMudah2an pas penempatan ditaruh TPT ya ;)
Hapus