OJT Aja Udah [Ep 05, 06, 07]: The Finale

Maret 21, 2015

Wah udah lama banget nggak ngebelog lagi. Maklum sok sibuk. Tapi, beneran kok sok sibuk, wkwkwk.. Jadi sekarang ini OJT saya udah kelar. Udah abis jadwal rolling-nya minggu kemarin. Dan sekarang waktunya yang paling males menyenangkan! Bikin laporan...  *heft -_-




-Episode 05-
Jadi, saya mau coba runut dulu ya, dari episot yang kemaren (Pelayanan) saya dipindah ke Seksi Penagihan. Mulai tanggal 19 sampe 30 Januari. Seksi ini, seperti namanya, kerjaannya ya nagih-nagihin WP yang belom-belom mbayar. Pegawainya ada satu orang bapak Kepala Seksi (Kasi), dua mas-mas Juru Sita (ini kerjaannya yang agak serem, soalnya jadi “semacem” debt collector gitu, yang datengin WP-WP buat ngasi surat teguran/paksa/penyitaan), sama satu lagi sohib saya, mbak Pelaksana.


Suasana ruang makan Sie. Penagihan

Huu.. a li'l bit creepy, right?

Kerjaan saya sebagai anak OJT di Seksi ini .... hampir nggak ada, hahaha... Tapi, SOP-SOP yang harus kita pelajari tetep di “mentoring” gitu sama Pak Kasinya. Jadi, kita berdua (waktu itu saya berdua, bareng satu kawan saya) dikasih penjelasan-penjelasan perihal SOP-SOP itu, terus langsung dikasih nilai sama bapaknya. Di luar itu, kerjaan kita ... makan, nonton TV, ngobrol, jalan-jalan, wkwkwk.. Tapi, sempet juga sih sekali dua kali di suruh bikin Surat Jawaban Konfirmasi, terus ngurusin plus nganterin Surat Masuk/Surat Keluar. Tapi, yang paling berkesan sih, pas di Penagihan kemarin, saya pertama kalinya di ajak ke KP2KP (Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan) Lumajang. Jadi, KP2KP ini semacem kantor “cabang”nya KPP Pratama Probolinggo.

Daan, waktu pertama kali nyampe ke KP2KP itu .... langsung pengen pulang! XD Hahahaha... Nggak tau sih, nggak betah aja di sana. Alasan utamanya, PANAS. Entah kebetulan waktu itu AC-nya rusak, ato emang nggak pernah nyala jadi pajangan doang. Tapi, yang jadi penghibur sih di belakang KP2KP itu banyak burung! Iya, burung! Kalo dari sepenglihatan saya, burung-burung itu jenisnya Lovebird deh :D Katanya itu piaraannya Bapak Kepala KP2KP, entah hobi aja, ato dijual-jualin buat nambah penerimaan nggak tau dah.

KP2KP Lumajang

Tapi, kalo boleh jujur sih, tujuan kita ke Lumajang waktu itu karena engen nyobain es Anaconda rekomendasi dari salah satu kawan. Daaan kebetulan ada mas-mas Juru Sita yang ada keperluan pekerjaan ke Lumajang, ya jadinya kita bertiga (saya, kawan saya, sama mbak Pelaksana) ngikut deh, hehehe... Sebelom kita ke warung es itu, dan sembari nunggu mas-mas Juru Sita urusannya kelar, kita jalan-jalan naik-naik ke puncak gunung, wkwkwk... XD Gunung Sawur namanya. Di puncak gunung itu ada semacem pos pengamatan gunung api gitu. Ahh, lumayan lah buat refreshing setelah sibuk bekerja, hehehe.. Namun, pulangnya saya mengalami kejadian buruk dengan patahnya gigi depan saya. Trims~


-Episode 06-
Move on, ke minggu berikutnya, tanggal 2 sampe 20 Februari, ane di rolling ke Seksi Ekstensifikasi. Nah, seksi ini tugas utamanya menjaring Wajib Pajak (WP) baru. Dua minggu di sini bener-bener beda sama 2 minggu sebelumnya di Seksi Penagihan yang gabut. Di sini kerjaannya ... sebenernya cuma satu macem yang saya kerjain, tapi proses ngerjainnya emang lama, dan volume kerjaannya juga banyak XD. Wkatu itu saya disuruh nyari Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari data Alat Keterangan (salah satu alat yang dipake Eksten buat nyari potensi WP. Isinya alket ini, transaksi-transaksi yang dilakukan sama orang-orang). Dari Alket ini, nanti kita cari orang-orang mana aja yang udah punya NPWP, dan mana aja yang belom. Nah, orang-orang yang belom berNPWP nanti kita kirimin Surat Himbauan buat bikin NPWP.


Sie. Eksten

Nyari NPWPnya orang-orang ini susah dikarenakan beberapa kendala. Satu, nama orang-orang di Alket yang kadang (maaf) pasaran banget, dan kadang cuma satu suku kata -_-. Kendala berikutnya, dari alamatnya biasanya. Jadi waktu kita search di sistem (SIDJP), data orang-orang yang namanya sama keluar semua kan, nah kita nyocokin alamatnya deh. Kadangan, alamat yang di alket itu kurang jelas. Kadang Cuma nyebut jalan-nya doang, ato yang lebih parah Cuma nyebutin RT/RW-nya doang -_- apaa coba. Kendala lain sih paling dari sistem kita sendiri ya, kadang data-datanya juga kurang lengkap.

Nah, itulah kerjaan utama saya dua minggu di Eksten itu. Kerjaan sampingan, waktu itu melipat Surat Himbauan dan memasukkannya ke amplop, which was waktu itu ada 3.000an surat.


-Episode 07-
Oke, bergerak ke episode terakhir, saya ditempatin di Seksi Pemeriksaan dan Kepatuhan Internal (RIKI), tapi saya tetep ditaruhnya di Fungsional. Dan kerjaan di Fungsional ya, sama kek dulu pas pertama dateng ke sini. Ngerekap dan ngerekam. Udah itu aja. Tapi, untung juga sih, soalnya saya waktu itu lagi ngebut-ngebutnya ngerjain pekerjaan sampingan saya, nejermahin novel! Hihihihi... Jadi, kalo ada waktu luang, saya pake buat ngerjain novel! Lumayan lah...

Eh sama satu lagi ini, ane dikerjain RIKI kemaren. Jadi, kita KPP Pratama Probolinggo ini tap bulan ada acara namanya Morning Activity, isinya ya having fun aja, refreshing, sekalian ngerayain ulang tahunnya pegawai di bulan yang bersangkutan. Nah, kemarin ketepatan Seksi RIKI yang jadi panitia acaranya. Mereka bikin acara IDOL-IDOLan gitu. Lomba nyanyi. Eh taunya, saya yang disuruh jadi MC. Gimana cobak -_- Itu bener-bener pertama kalinya saya jadi MC, dan yaah untungnya lumayan lancar lah, biarpun sempet awkward moments gitu di panggung, wkwkwkwk... Itung-itung pengalaman, hehehe...


Debut nge-MC @ 625 Idol 2015

Nah, gitu deh tiga episode terakhir OJT saya. Dan sekarang saya memasuki waktu-waktu keramat menunggu penempatan. Semoga .... semoga .... semoga .... banyak doanya. Tapi, yang penting sih semoga dikuatkan dan diikhlaskan dimanapun saya dan kita ditempatin nanti. Amin~

Loh kok? X'D


Sekian, Terima Kasih~ 



Thanks-List:
KPP Pratama Probolinggo, staffs & kawan seperjuangan, for such a memorable OJT
YOU, for reading this! :) 

You Might Also Like

4 comments

  1. udah baca semua postingan yg tentang ojt, sempet baca semua juga grgr lagi gabut banget di waskon. gatau kenapa kak disini orangnya pada cuek banget dan ga peduli, boro2 peduli, nanya nama aja enggak. kalo gabut dan sendirian gaada temen bingung enaknya ngapain:(

    oya i feel you dude, ga paham pajak dan gamau ada disini. dunia luas, gausah dunia deh, indonesia luas, masalah sosial msh banyak yg harus ditanganin langsung. rasanya pengen keluar dari this fucking cube but i dont have any courage yet secara baru juga ojt sebulan belum ngerasain duit sendiri;')

    thanks banget postingannya udah bikin ngerasa saya disini nggak sendirian. best luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks udh mampir bro.. Yaah gitu lah, namanya kerja ya susah mau cari tempat yang bener2 fit buat kita. Dijalanin aja dulu. Nanti juga bisa menyesuaikan.

      Satu hal yang bikin ane 'sedikit' semangat adlh, ane anggep skrg ini ane lagi ngumpulin modal buat nanti insyaAllah buka usaha sndiri, entah di bidang apa :)

      And believe me, you're NOT alone ;) So, chin up!

      Hapus
    2. Saya malah waktu minggu pertama pkl udah kepikiran, "nanti seriusan ni pas udah kerja bakalan ngabisin waktu dari setengah delapan sampe jam lima di kubikel kecil kek gini :')", tapi ternyata pikiran itu mulai berubah waktu pindah ke seksi yang lain. Waktu di minggu pertama, saya ditempatin di seksi yang orang-orangnya cenderung cuek dan fokus sama kerjaannya. Saya yang mau mulai pembicaraan jadi sungkan buat ngomong. Ditambah sifat saya yang pemalu (dibuktikan dengan komentar sebagai anon XD) makin2 aja tuh bikin saya diem mulu kek patung. Alhasil saya cuma ngomong kalau diajak ngobrol atau buat izin sholat XD

      Tapi keadaan mulai berubah di minggu kedua dan seterusnya. Saya kebagian di seksi yang orang-orangnya asik dan suka ngajak ngobrol. Jadi agak sedikit terhapus tuh memori2 kelam di minggu pertama :v Di seksi itu saya sering ketemu orang banyak (rata-rata sih WP yang mau konsul ama AR), dan tau ga sih *lebay* dengan nerima tamu bikin saya malah semakin terpacu untuk menjadi lebih berani. Kenapa? Soalnya kalau ada tamu yang mau nemuin AR dan kebetulan cuma ada saya yang bisa ditanyain sama tamu itu, mau ga mau ya saya harus berinteraksi sama tamu itu.

      "Lah, interaksi sama tamu aja lebay banget ampe butuh keberanian", mungkin ada netijen yang berpikiran seperti itu. Ketahuilah wahai kamu-kamu, saya orangnya suka gagap kalo ngobrol ama orang baru :') Jadi dengan ditempatkannya saya di seksi itu juga ngebuat saya menjadi lebih berani ngadepin orang baru (sekaligus latihan ngeles nyari2 alesan kalo2 AR nya belom dateng padahal jam istirahat udah kelar XD)


      *buset dah, ga berasa aja udah komen panjang lebar, berasa ngirim cerpen ke majalah bobo*

      Hapus
    3. Lama2 nanti terbiasa juga kok. Dan yg perlu diingat kalo udah penempatan beneran, kita kerja di seksi itu ngga cuman seminggu/dua minggu lho, tapi bisa tahunan. Jadi, hrs banyak sabar, ikhlas, & berusaha membuat kenyamanan sendiri :) Good luck!

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.