Penghujung

Mei 14, 2015

Ahh... akhirnya... ane ada kesempatan buat ngeluh eh nulis lagi :D Kalo waktu mah ada ya sebenernya, tapi niatnya itu lho yang akhir-akhir ini agak kurang. Penyebabnya? Capek. Mm.. lebih ke males sih kayaknya. Pulang kantor pengennya langsung mandi, makan, duduk manis depan leptop nonton film, terus bobok cyantix, hha.. Tapi entah kenapa ini tetiba gatel pengen nulis lagi meski isinya teteup cuma keluhan-keluhan bocah ingusan.




But firstly, happy MayDay for all workers yo! Yah walau kemaren sempet diwarnai insiden bunuh diri di acara perayaannya di GBK. (-_-)
Sama satu lagi, Selamat Hari Pendidikan (2 Mei)! Nah, sebenernya yang Hari Pendidikan ini ane lupa total. Sampai pas ane buka Google, di halaman depannya ato istilah kerennya Google Doodle nampilin fotonya Bapak Pendidikan kita alm. Ki Hajar Dewantara. Baru dah tuh ane keingetan ^^a Dan yang membikin ane (dan semua pegawai pastinya) seneng adalah karena dua perayaan ini ada di akhir minggu which means: long weekend! Nyahaha~

Anyway, kalo boleh jujur sekarang ini ane lagi ada di masa-masa ghalau penempatan. Karena bisa ane rasakan aroma pengumuman itu mulai tercium dan semakin lama semakin mendekat. Dan bukan tidak mungkin, minggu ini jadi hari-hari terakhir ane di rumah. Dan hari-hari terakhir magang di KPP Probolinggo. Hiks. Soalnya, isu yang santer terdengar pengumannya itu tanggal 8 Mei. Dan berdasarkan pengalaman taun-taun lalu, kita cuma dikasih waktu ‘berkemas’ semingguan dan harus langsung cus masuk ke kantor baru hari Senin depannya.

Kemarin juga kita udah disuruh ngisi polling penempatan di grup fesbuk STAN DJP. Dan katanya, polling itu bakalan dikirim ke pusat, ya meskipun entah bakalan dibaca ato enggak sama sananya. Tapi paling enggak ane udah berusaha ngisi ya, biar nggak kayak kejadian kemarin dimana polling pilihan penempatan di SIKKA (Sistem Informasi Keuangan, Kepegawaian, dan Aktiva) secara mendadak hilang! Tanpa sempat ane mengisinya T-T Sebab itulah, ane nggak mau nyia-nyiain kesempatan ini. (walau sekali lagi, kemungkinan dikabulkannya... remote).

And for info, ane ngisinya kemarin dua kali XD wkwkwkwk... Kita dikasih pilihan tiga kota/kantor. Instruksinya sih yang pilihan pertama itu kantor di homebase masing-masing, yang kedua kantor di luar homebase tapi masih di Jawa, sama yang terakhir, kantor di luar Jawa. Tapi jujur, ane sendiri sebenernya nggak begitu pengen ditempatin di homebase. Selain karena, you know, all that devil works stuff, ane pengen ngerasain tinggal di daerah lain, ngerasain ngekos lagi, jadi anak rantau lagi. Karena terus terang, ane di sini semacem jadi anak manja, soalnya semua-muanya cepak (bahasa jawa: tersedia). Dan kalo gini terus, ane nggak bakalan berkembang.

Nah, pilihan pertama waktu itu ane milih KPDDP (Kantor Pengolahan Data dan Dokumen Perpajakan) di Makassar. Karena kayaknya ane lebih suka dan lebih punya endurance di kerjaan yang sifatnya administratif gitu. Selain itu, di Makassar sana ane ada beberapa temen sekolah yang kebetulan kerja di sana sekarang. Pilihan keduanya, ane milih Sekretariat DJP. Itu di pusat (Jakarta). Alasannya kurang lebih sama kayak pilihan pertama ya, meski ane agak males hidup di Jakarta lagi ^^a Dan pilihan terakhir, ane ngisi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Praya, di Lombok. Alasannya, biar bisa liburan terus tiap hari! Nyahaha~  

Tapi kemudian, beberapa hari setelah ngisi polling itu, ane mulai mikir-mikir lagi. Ditambah lagi ada kejadian menghebohkan pas ane lagi jadi peneliti SPT Tahunan di depan. Waktu itu ada WP (Wajib Pajak) yang dateng terus protes pake suara kenceng (banget) masalah Surat Paksa. Itu orang suaranya bener-bener sampe seantero lantai denger dan semua mata tertuju padanya. Usut punya usut, dia mantan wartawan dan aktivis. Tapi yang lebih parah, orang itu berdebatnya sama pegawai yang duduk di sebelah ane, jadi paaas banget di depan mata. Dia sampe diladenin sama tiga orang pegawai Seksi Penagihan. Sampe KaSi-nya turun tangan. Jadi kalo nggak salah, dia itu dapet Surat Paksa (karena telat lapor SPT Tahunan) dan yang dia permasalahin itu redaksi/susunan kata di Surat Paksanya (denda disamakan sama tunggakan; ane juga nggak ngerti yang satu ini), terus lagi tanggal di Surat Paksa yang nggak diisi sama petugasnya, sama satu lagi dia ngeluh cara pegawai kita yang ‘katanya’ dateng sekonyong-konyong ke rumah dia, terus tiba-tiba ngasih surat itu dan ngancem mau nyita barang-barangnya. Katanya waktu itu yang nerima suratnya ibu WPnya sampe-sampe ibunya sakit dan nggak bisa bangun. Heu~

Kejadian heboh kayak gini bukan pertama kali selama ane ada di sini dan pas banget ane lagi jaga di depan. Beberapa waktu lalu, pas ane jadi peneliti juga, malah ada WP yang sesak napas di ruang konsultasi . Duh itu agak ngeri juga ya. Kesian ngeliatnya. Ane nggak tau pasti masalahnya. Pokoknya WP itu lagi ngobrol sama salah satu AR terus tiba-tiba teriak-teriak dan gulung-gulung di meja. Mungkin shock gara-gara utang pajaknya ternyata gede banget kali ya. -_-

Terus terang, sejak peristiwa itu ane jadi reconsider mau kemana ane nanti. Ane jadi sedikit agak nggak pengen ditempatin di KPP, karena ane ngerasa nggak bakal bisa (dan nggak berhasrat) jadi AR ato Pemeriksa ato apalagi Juru Sita X0 It’s kinda like opposing my nature. Ane kan orangnya emang nggak enakan, nggak tegaan, nggak bisa marah, dan sukanya melakukan hal-hal konyol . Kayaknya emang nggak cocok aja gitu. Ditambah lagi, you know, with all the devil’s work, the faking, and stuffs. Ditambah lagi, dengan segala ke’ribet’an dan beberapa aturan yang malah justru ‘ngeberatin’ WP. Heff, I’m done. Ibarat kata, ane nggak bisa ngejual/promosiin barang yang ane sendiri nggak suka ama barang itu.

Jadinya ane ngisi polling ulang, dan ketiga-tiga pilihan itu ane ngisinya Kantor/Pusat Pengolahan Data dan Sokumen Perpajakan di Makassar, Jakarta, sama di Jambi. Yaa mudah-mudahan di kabulin sih. Tapi kalo enggak ya, berarti Tuhan punya rencana lain, dan ane, kita, manusia cuma bisa ngejalanin sebaik mungkin dan tetep berdoa semoga dlindungi dari perbuatan-perbuatan/pekerjaan-pekerjaan yang nggak baik. Amin~

Tapi jujur ni yak, selain rada takut masalah penempatan ini, sebenernya ane juga agak excited. Karena... bentar lagi ane bisa bebas (lagi)! Yeay, kayak pas kuliah dulu. Bisa kemanapun yang ane mau (tanpa dilarang-larang sama ortu XP). Udah punya duit sendiri juga, hahha.. Yah, walaupun ragu juga bakal punya waktu luang buat keluyuran, wkwkwk... The thing is, I’m ready to face the world! XD

Well udah sekian dulu aja deh. Kalo masalah kerjaan di kantor sekarang emang lagi boring banget. Kita disuruh neliti puluhan ribu SPT yang mau dikirim ke PPDDP. Banyak yang salah formulir, isian yang salah, isian yang kurang, dan apalah-apalah lainnya. Untung aja dikasih honor panas kemaren, hahay. Ane sih sekarang doanya bukan biar ditempatin di homebase ato di kantor yang deket-deket sini, ane cuma berharap semoga ane ditempatin di tempat yang nyaman, dan aman. Ane nggak minta muluk-muluk, yang penting kantornya keren, gedungnya elegan, deket sama bandara, deket sama tempat wisata, deket tempat hiburan, ada mall, bioskop, sama tempat karokean. Sederhana kan?

Sekian, terima kasih~



Thanks-List:
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Hai, hai, salam kenal. Pegawai OJT juga nih, tapi dari penerimaan umum :3

    Wah penempatan definitifnya sebelum prajab ya? Kirain setelah prajab.. Semoga ditempatkan di tempat yang diinginkan ya, meskipun sulit hahaha
    Jadi degdegan juga. Waktu OJT sisa 3 minggu soalnya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin. mbaknya juga semoga dapet penempatan yg diinginkan :)
      Aku kayaknya penempatannya setelah prajab mbak, lha wong prajabnya minggu depan ^^a

      Hapus
  2. Amin juga :)
    Wah gitu ya? Kirain sebelumnya.. Semangat buat prajabnya~

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.