Diary Prajab [Ep 01]: Internalisasi

Juli 04, 2015

Assalamualaykum, gimana agan-agan puasanya? Semoga lancar yah. Ane sekarang kebetulan lagi menikmatin long weekend pasca melalui rangkaian Diklat Prajabatan selama kurang lebih sebulan kemarin. Ya, akhirnya setelah pengumuman fiktif penempatan yang telah digembar-gemborkan tertanggal 8 Mei lalu, ternyata pemanggilan Diklat Prajab datang lebih dulu. Hanya beberapa hari sebelum pelaksanaannya!

Awalnya, ada temen sekantor OJT ane yang bilang kalo dia dapet giliran Prajab berikutnya. Ane pun terkejut dan sempet nggak percaya. Sampe nanya-nanya ke temen-temen yang lain tapi hasilnya nihil. Ane curiga, kalo temen sekantor ane dipanggil Prajab, logikanya ane pasti juga dipanggil. Dan ternyata, berita itu benar adanya! Pengumuman pemanggilan Prajab itu pun keluar di SIKKA.

Ane jadi salah satu dari ratusan peserta Diklat Prajabatan Golongan 2 Gelombang 3. Pelaksanaannya dari tanggal 18 Mei sampe 25 Juni 2015. Diklat Prajab tahun ini konsepnya beda sama tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, Diklat Prajab dibagi jadi tiga tahap. Pertama Internalisasi tanggal 18—29 Mei 2015 di tempat diklat, Aktualisasi tanggal 1—19 Juni 2015, & Evaluasi tanggal 22—25 Juni 2015. So, here’s the first episode of my Prajab’s Diary…




The Preps

Jeda antara pengumuman DIklat sama pelaksanaannya deket banget, cuman beberapa hari. Ane sama anak-anak OJT sekantor langsung cepet-cepet ngurusin tiket, berkas-berkas, sama perlengkapan buat Diklat. Pertama, kita buru-buru nyari tiket ke Jakarta. Opsi terbaik waktu itu naik pesawat dari Surabaya. Pemesanan tiket pun dihandle sama kawan ane @ahmadhussein28. Kita dapet tiket Lion Air seharga 500an ribu, berangkat tanggal 16 Mei malem (jam 7-8an). Kita berencana nginep dulu di kosan lama ‘tercinta’ ane, Boykost, di Bintaro. Ticket’s done! Selanjutnya, kita nyiapin berkas-berkas yang diperluin, macem Surat Keterangan Sehat, Surat Perjalanan Dinas, Foto, dsb. Juga belanja-belanja perlengkapan Prajab.

The Kit

Sebelum berangkat, banyak saran-saran yang beredar tentang barang-barang apa yang kudu kita bawa. Berikut ini (saran) bawaan yang udah ane kumpulin dan sedikit tambahan berdasarkan versi ane: Dengan variabel sistem laundry yang anggep aja rutin sehari jadi, baju yang dibawa sebenernya nggak perlu terlalu banyak. Kita dikasih kaos 2 biji sama panitia. Kaos lengan panjang yang didesain khusus untuk ‘kegiatan’ outdoor dengan pelindung di bagian siku (namanya body protector). Jadi kita tinggal bawa baju sehari-hari. Paling 2/3 lembar kaos cukup. Training, kemaren ane bawa 3 biji, itu udah cukup (kecuali kalo kondisi geografis/kegiatan di tempat diklat ternyata sedikit ‘menantang’) (kalo bisa trainingnya yang berkantong buat nyelipin pisang :D). Kemeja Putih/Batik, menurut ane 2 biji aja cukup. Ane bukan tipe yang tiap hari seragam harus baru (kalo seragamnya masih ‘layak pakai’). Sepatu, ane bawa tiga pasang, pantovel sepasang, sepatu kets 2 pasang. Tapi ternyata satu sepatu ketsnya nggak kepake sama sekali (lagi-lagi ini tergantung lokasi & kegiatan ya), Kaos kaki ane bawa 3 pasang juga, tapi cuman kepake 2 pasang.

Selain barang-barang di atas, barang lain yang mungkin akan berguna kalo dibawa, yaitu: colokan tambahan (“T”), selimut + losyen anti nyamuk untuk menghalau nyamuk dan dingin, botol minum soalnya nggak disedain gelas pribadi, obat-obatan pribadi (meskipun di asrama ada dokter), alat mandi, alat sholat, sandal jepit, bawa celana pendek juga buat di asrama (tapi ati-ati jangan keliaran di sekitar asrama pake hotpants & keliatan sama pelatih!), jangan lupa charger sama earphone buat hiburan, dan menurut ane nggak perlu bawa laptop karena nggak sempet buka juga & malah berat-beratin bawaan, sama kalo perlu bawa kresek juga buat muntah entah naruh apa :D. Ane kemarin ngangkut semua bawaan di atas pake ransel/carrier. Ane nggak bawa koper/tas jinjing soalnya emang biar tangan ane bebas, hehe…

The Dorm

Ane dapet lokasi Diklat Prajab/asrama di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Jalan Nangka, Tanjung Barat. Awalnya ane agak kecewa dapet tempat ini soalnya pisah sama temen-temen deket ane & ane belon pernah dengaer kabar-kabar soal kondisi asrama ini. Ane agak khawatir kalo tempatnya serem & primitif. TAAPIII, begitu ane sampe di lokasi, pertanyaan yang keluar pertama kali: “Ini hotel apa asrama?

Welcome to hotel asrama LPMP

Tempatnya ternyata baguuus banget. Kita sekamar ada 3 kasur, kamar mandi dalem. lemari gede 1. lemari kecil, meja, kursi, ada balkonnya juga, ada AC-nya juga, hehe. Pokonya rapi, bersih, nan elegan. Cuman kurangnya, nggak ada selimut :P, terus kalo malem banyak nyamuk, sama susah sinyal internet, wkwkwk… But that’s really fine. Syukur Alhamdulillah

Our room

The MFD

Selama Diklat Prajab, kita dijaga & dilatih sama bapak-bapak dari Kopassus. Dan tiga hari pertama kita benar-benar di dalam ‘pembinaan’ beliau-beliau ini. Kegiatan utama (dan kayaknya satu-satunya) selama tiga hari itu adalah MFD alias Mental, Fisik, & Disiplin. Tiap hari kita digiring ke lapangan di deket asrama (LPMP nggak punya lapangan sendiri jadinya panitia pinjem lapangan bola warga setempat). Menu utama kita Pelatihan Baris Berbaris (PBB) dengan hidangan sampingan berupa lari-lari, merangkak, merayap, dan berguling. Ahay.

Keliatannya gampang ya, ngerayap atau guling-guling. Tapi pas dilakuin ternyata susah juga vroh. Ane paling nggak bisa cepet pas disuruh ngerayap. Ini siku ama dengkul tiba-tiba udah biru sama baret-baret aja. Dan setelah sekian lama, akhirnya ane punya borok lagi. Kadang ane curi-curi buat merangkak pas disuruh ngerayap. Tapi pernah sekali ketahuan dan pantat ane diteken ke tanah sama pelatihnya sepanjang ane ngerayap, wkwkwk…

Lain lagi ceritanya sama guling-guling. Keliatannya emang gampang beut guling-guling doang. Tapi, pas kita disuruh guling-guling sepanjang setengah lapangan bola. Hmm. Akhirnya ane ngerasain kalo dunia ini memang ‘berputar’! Nggak sedikit dari temen ane yang akhirnya tak tahan dengan ‘perputaran’ tersebut dan mengeluarkan jackpot alias muntah. Hmm, untung ane nggak sampe begitu, heuheuheu… Tapi teteup pusyiiing…

Potret kehidupan malam kami

Tiap pagi dan malem kita ada apel sama bapak Kopassus, eh pelatih. Kita kudu manggil ‘Pelatih’ nggak boleh manggil ‘Pak’! Setiap dini hari juga kita ada senam. Ane kira kita bakal senam yang ada musik-musiknya gitu. Eh, ternyata kita senamnya senam militer. Nggak ada musik, cuma hitungan: satu-dua-tiga-satu, satu-dua-tiga-dua, dst (Hitungan yang menyebabkan kita harus melakukan gerakan dobel per hitungan). Dengan gerakan-gerakan yang benar-benar membuat ngos-ngosan, dan masi ditambahin lari keliling asrama, sprint, push up, & sit up. Bahkan satu kali pernah pas apel pagi, banyak anak yang sepatu pantovelnya nggak disemir (termasuk ane dan akhirnya kita disuruh ‘turun’ alias push up sepuluh kali. Padahal lagi pake seragam putih XD


Yah meskipun melelahkan tapi ane bener-bener menikmatinya. Pengalaman pertama buat ane. And it was reallu fun! :)

The Meal

Kalo masalah makan, jangan khawatir. Super terjamin! Meskipun di tiga hari pertama, kegiatan makan adalah kegiatan yang paling ane ‘ogahin’. Soalnya di tiga hari pertama itu, kita makannya diitungin sama pelatih. Pokoknya sekian hitungan/sekian menit semuanya harus habis. Dan jujur, ane paling nggak bisa makan cepet. Menu makanannya lengkap banget, bahkan ‘terlalu’ lengkap menurut ane, wkwkwk.. Di satu kotak itu ada nasi, sayur (kadang bermacem-macem), ikan, daging sapi, daging ayam, telor, buah, pudding, ada buah yang dipotong, masih ada es buah juga. Dan semuanya harus habis sesuai komando dari pelatih!

Well, untungnya ane berhasil survived tiga hari itu, hehe… Cara makan ane waktu itu (mungkin bisa dijadikan inspirasi, wkwkwk): Pertama, ane fokus ngabisin nasi dulu, didorong pake sayur berkuah (biasanya di wadahin plastic), disela-sela ngabisin nasi ane makan juga lauknya sebagian entah itu tempe/tahu/daging sapi/ayam/ikan/sayur yang lain. Begitu nasi abis, lanjut ngabisin lauknya. Kalo eneg, ane makan pake buah yang udah dipotong, misalnya makan daging ayam/sapi campur potongan mangga (dan itu pertama kalinya ane makan kek begitu). Kalo buahnya abis dorong pake es buah. Kalo es buah abis, dorong pake air minum. Triknya sih kita nggak perlu ngabisin semuanya dengan sempurna. Toh kita kan ada ratusan sementara pelatihnya cuma beberapa, jadi nggak bakal diawasin bener-bener. Paling nggak, kita ngabisin nasi sama lauknya 3/4nya aja, selebihnya semoga keberuntungan menyertai Anda.

Hari pertama, makan siang pertama, kotak-kotak nasi kita diperiksain satu-satu dan makanan yang belom habis dikumpulin jadi satu, dan temen sekelasnya kudu ngabisin bareng-bareng. Selain ada makan besar, kita juga ada ekstrafooding alias makan snack. Biarpun cuman snack, tetep diitungin makannya. Isi snacknya macem-macem dan jadi terkesan ridiculous kalo disuruh makan cepet. Satu plastik snack biasanya isinya gorengan/roti-rotian, teh tawar, ada cemilan kering macem cheese stick/kacang, sama ada permen. Dan tidak jarang, kita harus makan kue yang basah udah terendam teh dalam plastiknya. Tapi dari semuanya, yang paling parah di hari ketiga sih. Pas makan siang, kita dikasih waktu 5 hitungan. Tentunya nggak ada yang abis kan. Terus kita disuruh ngerayap setengah lapangan bola, terus disuruh balik ke tempat duduk tadi, dan… Voila! Ternyata kotak nasi kita udah dituker-tukerin. Jadinya kita makan nasi kotak entah punya siapa. Terus dikasih 5 itungan lagi. Masih nggak ada yang abis. Kita disuruh merangkak setengah lapangan, terus balik lagi duduk, dan… nasi kotak kita udah ditukerin lagi, wkwkwk… XP

Tapi lepas dari tiga hari itu, kita serasa ada di hotel dah. Kita makan prasmanan meski tetep harus terpimpin (mulai makan harus bareng dan ada yang mimpin). Menunya variatif. Tapi yang paling ane favoritin sih menu pas sarapan. Beuh, lengkap banget pokonya. Nasinya biasanya nasi kuning/uduk/goreng. Terus sidedishnya ada kokokrunch pake susu, roti (ada pemanggangnya juga) pake mentega/meses/selai, buah & pudding (selalu ada), dan yang spesial ada telor ayam kampung rebus :D Tapi satu menu yang paaaling ane favoritin itu pas makan siang, ada sayur asem yang ennnnak beut. Ane selalu nambah kalo menunya sayur asem ini, heheh…

The Course

Sebenernya di sini sih inti dari Diklat Prajab kemarin. Selepas tiga hari itu, kita belajar materi di kelas. Yang kita pelajari adalah Nilai Dasar Profesi PNS. Ada lima: Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, & Anti Korupsi, disingkat ANEKA. Satu hari kita mempelajarin satu pelajaran. Dan kita dikasih buku paket, plus buku tulis, alat tulis, sama tas buat bawa buku yang pastinya mahal banget bermerek Palazzo.

Sponsored by Palazzo dengan bordir Kemenkeu

Jujur, sebagian besar kelas itu …. boring! Beneran. Ya bayangin aja seharian kita cuma belajar satu mata pelajaran, dan itu dari jam 8 pagi sampe sore, bahkan pernah sampe habis maghrib. Apalagi kalo dosennya nerangin pake metode ceramah doang. Ane berjuang mati-matian buat nahan ngantuk di belakang kelas. Dan menahan kantuk is a new torture! Dan satu hal lagi yang bikin kesel pas pelajaran adalah …. bikin yel-yel! Ya ampun, itu udah nggak ngerti lagi. Hampir setiap pelajaran kita disuruh bikin yel-yel. Sampe eneg. Sampe udah kehabisan irama, kata-kata, dan ide buat bikin yel-yel.
 
ANEKA pelajaran kita

Di akhir Tahap Internalisasi ini kita disuruh bikin Rencana Kegiatan buat Aktualisasi di kantor asal nanti. Kita disuruh bikin minimal 6 kegiatan/pekerjaan di kantor nanti & kita harus menerapkan nilai-nilai yang udah kita pelajarin. And of course, kita disuruh bikin laporan yang berform-form banyaknya -_-. Oiya, satu lagi, di akhir minggu Internalisasi, kita ada ujian tertulis tentang nilai-nilai dasar itu juga. Jadilah itu abis apel malam ane begadang nahan kantuk buat belajar.


Kelas 23 J, Janc.. Jem... JUARA! :D

Tahap Internalisasi pun resmi berakhir & ditutup tanggal 1 Juni, dan keesokan paginya kita udah harus cabut dari asrama. Ane sama geng Jatim yang turun di Juanda, Surabaya, balik bareng sepesawat sekitar pukul 7 pagi. Dan kepulangan kita kala itu disponsori oleh Citilink Indonesia.


Syiswa!




Thanks-List:
LPMP, for the dorm
Pelatih, for the training
Syiswa Prajab (esp. Class 23J), for the FUN
Photographers, for the pic
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.