10 Hari 'Liburan' Bersama Kopassus [Part 2, End]

Oktober 11, 2015

Day #4

Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar...
Laa ila hailallahu wallahu akbar...
Allahu akbar walillah ilham...

Gema takbir menyambut pagi kami di hari ke-4 DTU. Ya, hari itu bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1436 H. Semua peserta tampak bergembira dan lebih segar. Terlebih karena malam sebelumnya kami sudah diperbolehkan tidur di velbet di dalam tenda. Dan kami diberi kesempatan untuk membersihkan diri. Pagi itu kami semua disuruh pakai kaos (seragam) DTU warna biru (dibagikan di hari pertama) buat sholat ke masjid. Setelah baris-baris dan sarapan, kami pun bergerak bersama menuju sebuah masjid tak jauh dari lokasi DTU untuk menunaikan Sholat Ied. Ya meskipun pas khotbah, banyak yang ketiduran gegara kecapekan, Idul Adha tahun ini bener-bener berkesan buat saya. Karena saya melaluinya dengan cara yang berbeda. Dengan nuansa ‘kemenangan’ yang benar-benar terasa. Hehe..



Namun, suasana Idul Adha tak lantas melenakan kegiatan kami di hari itu. Karena begitu pulang sholat, kemudian ganti kaos, aktivitas kami yang padat pun berlanjut. Tapi, ada yang sedikit berbeda waktu itu. Kami ada materi tentang Dapur Umum. Yup, kami praktik gimana cara membuat dapur darurat kalau suatu saat (naudzubillah) ada bencana. Jadi awalnya, kami disuruh acting simulasi gempa. Ada sirine tanda bahaya, terus kami pura-pura lari dari tenda, dan kumpul di lapangan. Beberapa siswa berakting jadi perangkat desa, kemudian simulasi laporan-laporan, sampai akhirnya membentuk panitia dapur umum. Dan dapur umumnya itu beneran lho. Dibantu pelatih-pelatih Kopassus, kami mendirikan tenda dapur umum, terus masak. Ya, masaknya beneran. Yang nanti kami makan buat makan siang.

Seru juga ngeliatan anak-anak pada riweuh masak. Saya mah nonton-nonton aja di bawah pohon. Dan pas udah dibagiin makanannya, rasanya lumayan lah. Enak kok. Meskipun nasinya porsi kuli.


Day #5

Another tiring day. Kegiatan kami masih sama-sama aja. Senam, apel, binsik (bina fisik), sampe akhirnya tiba waktu makan siang. Dan makan siang hari itu benar-benar tidak akan pernah saya lupakan sepanjang DTU!

Sehari sebelumnya, sudah berhembus kabar kalau di Hari ke-5 akan ada ‘Makan Tradisi’. Entah kenapa dinamain ‘Makan Tradisi’. Tradisinya siapa nggak ngerti deh. Yang jelas, kita bakalan makan dengan cara yang ‘eksentrik’. Dan ternyata kabar itu kejadian beneran!

Pas makan siang, kami dibagiin nasi kotak satu-satu, terus disuruh buka. Isinya ada nasi, sayur sop, ayam, telur rebus, krupuk, dan jeruk. Saya udah seneng tuh dapet jeruk. Paling enggak bisa ngilangin eneg. Eh taunya kita disuruh ngumpulin jeruk-jeruknya ke depan dan diganti dengan buah PEPAYA.

Pelatih lalu nyuruh kami masukin sendok (yang seharusnya buat kita makan) ke punggung masing-masing. Kemudian, kami disuruh angkat telor, dan pecahin itu telor ke kepala temen di hadapan kami. Abis itu dikupas, terus dijejelin dalam nasi. Lalu, kami disuruh angkat plastik sayur sop, terus diguyur ke atas nasi. Berikutnya, kami disuruh angkat pepaya, terus disuruh ngeremes sampe hancur, terus dicampurin ke nasi. Terakhir, kami disuruh ngeremes kerupuk, dan dicampurin ke nasi juga. Nggak sampai di situ, kami masih disuruh masukin jari ke lubang hidung masing-masing terus ditempelin ke nasi! Pokoknya makan siang itu, benar-benar TIDAK menggugah selera. Campur-campur nggak karuan.

Kami pun disuruh makan. Baru beberapa hitungan, tiba-tiba ada bunyi sirine. Kami lantas disuruh laariii ke ujung lapangan dan disuruh tiarap. Lama kami nunggu sambil tiarap. Dan setelah beberapa menit, akhirnya sirine dibunyikan lagi dan kami disuruh lari kembali ke tempat makan. Daaaaaan. Apa yang terlihat sungguh sangat membuatku terkejut!

Nasi-nasi kotak kami tadi, udah ditublek jadi satu, di atas hamparan selembar plastik, di lantai! Dan kami disuruh ngabisin gundukan nasi itu bareng-bareng. Sekelas. Pake tangan. Ya ampun. Kacau parah. Tapi seru sih. Meskipun keliatan bar-bar, tapi dari situ kami belajar bekerja sama, tenggang rasa, saling menerima, dan yang paling penting, KORSA!. Wuh, nggak gampang ternyata makan nasi yang udah dicampur-campur nggak jelas gitu. Dan muntah pun akhirnya tak terhindarkan. Beberapa anak mendapat jackpot. Untungnya saya cuman eneg-eneg dikit, apalagi pas makan telor ancur. Weks. Cuman sedihnya, kaos saya kecipratan muntah temen. Yuuhhh.. Hahha.. But still, It was really FUN! :D

Mobil horror...


Day #6 #7 #8

Hari-hari berikutnya masih tipikal kegiatannya. Sempet malam keberapa gitu ada ceramah dari orang KI*TSDA, yang bikin saya ngantuk bukan main. Si penceramahnya sih semangat ya. Terlalu bersemangat malah. Dan keliatan banget kalau beliau itu workaholic dan bener-bener passionate mengabdi di DJP. Yang mana sangat bertolak belakang dengan saya. Yaa, itu pilihan sih. Kalau buat saya, saya sih nggak mau mengorbankan waktu berharga saya kumpul dengan keluarga dan teman cuman untuk menghabiskan waktu di kantor. Sekali lagi, itu pilihan. Dan saya memilih melakukan apa yang membuat saya bahagia.

Kegiatan lain yang menarik di hari-hari itu adalah materi tentang pertolongan pertama. Kalo ada yang pingsan, atau kecelakaan, dsb. Kami diajarin gimana menemukan penyebab seseorang itu pingsan, terus langkah-langkah apa yang harus kami ambil buat menyadarkannya, atau membawa/menggendong si korban ke tempat aman.

Kejadian lain yang paling dinget di hari-hari itu adalah tragedi celana training dan celana dalam. Jadi waktu apel pagi (entah di hari keberapa) pelatih bilang kalau beliau nemuin celana training ketinggalan di kamar mandi. Dan anak-anak nggak ada yang ngaku. Akhirnya, kami pun diguling kesana kemari berkali-kali, plus pake push up juga (kayaknya). Dan setelah kita semua berkotor-kotor ria dan engap-ngapan, barulah ada satu orang yang siswa yang bilang kalau celana training itu mungkin punya dia. Dia juga ragu. Tapi pas di cek, eh ternyata bener. Dan kebetulannya, siswa itu temen sekelas saya sendiri. Hha.

Tragedi celana training selesai, ternyata masih ada tragedi lainnya. Kali ini, malah celana dalam yang ketinggalan di kamar mandi cowok! Anak-anak nggak ada yang ngaku. Sampe pelatih nyuruh kita nyiumin itu celana dalem satu-satu! Bahahaha. At the end, ternyata celana dalem itu punya angkatan sebelumnya yang ketinggalan (confirmed by petugas laundry)

Nah, beralih sedikit. Selain bener-bener menguras tenaga/fisik, DTU ini sepertinya lama-lama mulai berpengaruh pada kondisi psikis kami. Pas jaga malem, saya beberapa kali denger temen yang mengigau nggak jelas. Ada juga temen yang tiba-tiba kayak kejang gitu. Entah dia lagi mimpi diapain sama pelatih. Saya sendiri, pas lagi enak-enak tidur, sering kebangun terus panik-panik nggak jelas. Kadang langsung nyari sepatu, takut ada alarm dari pelatih. Padahal ngga ada.

Peraduan kami...

Jadi, saya maklum sih kalau ada cerita dari angkatan terhadulu, ada siswa yang stress lah, ada yang kesurupan lah, dsb. Ya mungkin itu efek dari kecapekan, kurang tidur, jenuh, dan tertekan. Akhirnya pikirannya kosong dan ‘diambil alih’ deh. Saya sendiri juga bener-bener ngerasa kayak di’karantina’ ya. Kami nggak ada alat komunikasi. Semua harta benda juga dikumpulin. Tapi yah, kalo saya sih dibawa enjoy aja.

Kembali ke aktivitas, hari-hari menjelang penutupan DTU itu kami lebih fokus ke latihan performance buat upacara penutupan yang rencananya akan dihadirin Pak Kapusdiklat. Kami dibagi tiga grup. Ada yang PBB indah, tentunya dipilih yang udah berpengalaman (kayak mantan anggota paskib) dan yang jalannya bagus. Terus ada grup karate, yang mana kami udah dikasih sekelumit materi bela diri sama pelatih. Tapi tentunya dipilih siswa yang gerakan bela dirinya oke. Dan grup terakhir, sisa-sisa yang nggak kepilih PBB Indah & Karate, adalah grup PBB Kolosal. Tentu saya termasuk di dalamnya. Kalo PBB Kolosal ini, cuman nampilin PBB Dasar macem hadap kanan, serong kanan, hormat, balik kanan, dsb. Sama ada perform yel-yel kita yang super panjang. Meski kedengarannya gampang, tapi lumayan bikin pegel juga lho PBB Kolosal ini. Apalagi pas bagian kita lari masuk dan keluar set. Itu entah diulang-ulang berapa kali sampek kompak.


Day #9

Hari yang spesial, karena malamnya adalah Malam Penutupan DTU! Yeay. Setelah pagi sampe sore kami latihan performance penutupan DTU, malam itu, kami punya acara yang berbeda. Kami ada Malam Perenungan, ditemani dengan penyalaan api unggun. That was so serene, dan sempet mewek juga (haha cengeng) pas ada pembacaan puisi perenungan diiringi lagu Syukur ciptaan H. Mutahar. Beberapa bagian puisinya bener-bener mengena.  Selain itu, kami juga ada acara penciuman bendera merah putih sambil mengucap janji bahwa kami akan menjaga nama baik DJP (ress)

Nah, seusai acara sedih-sedihan itu, kami masuk acara senang-senang! Yehaa… Acara dimana kita nampilin performance dari masing-masing kelas. Terserah mau nampilin apa. Mau nyanyi, goyang, drama, fashion show, terserah dah. Penampilan kelas-kelas lain malam itu lucu-lucu sih. Hampir semuanya mesti nyelipin sindiran-sindiran lelucon buat pelatih. Ada yang niruin suaranya lah, niruin gayanya lah. Kalo kelas saya, kami nampilin yang agak beda. Kami nampilin tari kecak+nyanyi yel-yel kelas which was aransemen lagu Heavy Rotation-nya JKT48. DTU Orientation! Alhamdulillah penampilan kami disambut meriah dengan penonton yang bersorak sorai ala-ala WOTA.

Dan akhirnya, kami pun bobok begitu api unggun sudah mulai padam…

Sekadar ilustrasi (bukan angkatan saya)...


Day #10

Hari terakhirrrrr!! YEAYY!!! Akhirnya, tanpa terasa, errrrr, kerasa banget sih sebenernya, kami udah ada di penghujung DTU. Nggak nyangka, kami semua ternyata cukup setrong ya meskipun si pelatih legendaris Papiton nggak main ke tempat kami (mungkin berkah Idul Adha). Tapi teteplah, 9 hari kebelakang itu bener-bener tempaan buat kita.

Hari itu, kami perform apa yang udah kami latih. PBB Indah, Karate, PBB Kolosal. Terus ada sambutan dari Pak Kapusdiklat, yang mana beliau bilang kalau DTU angkatan kami, Angkatan VI, adalah angkatan terbaik. Para pelatih juga bilang kayak gitu. Tapi saya curiga mereka peres. Jangan-jangan semua angkatan dibilangin terbaik. Tapi yah, whatever it is, saya lega DTU sudah berakhir.

Quote yang paling tersohor tentang DTU adalah: “Manis untuk dikenang, Namun tidak untuk diulang” Dan saya 100% setuju dengan ungkapan itu. Kalo disuruh ngulangin lagi, well, NO THANKS! Kalo kegiatan-kegiatan outdoor yang lain boleh deh, asal nggak pake ngerayap, guling-guling, dan nyemplung selokan.

Yeay DTU kita selesyai

Tapi yah, ada sedihnya juga DTU berakhir. Terutama saat harus menghadapi fakta bahwa "libur" telah telah usai dan harus kembali menjalani rutinitas membosankan di kantor. Banyak banget pelajaran yang saya ambil dari DTU ini. Meskipun rasa-rasanya DTU yang sebenernya cuman di 3 hari awal, dan 7 hari sisanya adalah persiapan/latihan untuk penampilan guna memanjakan mata Pak Kapusdiklat.

Chibi-chibi bareng pelatih... 

Kelas A... Janger!

Setelah upacara penutupan berakhir, kami langsung heboh sendiri. Foto-foto sana-sini. Terus packing, terus pulang deh. Untungnya Surat Tugas saya sampe hari Kamis 1 Oktober, extended ijin sehari di hari Jumat 2 Oktober (karena males mau bolak-balik Probolinggo-Jember). Saya terbang kembali ke Surabaya hari Kamis 1 Oktober sore naik AirAsia. Dan pengalaman baru juga sih, naik pesawat dari terminal 3 Soekarno-Hatta which is ada international flightnya. Saya sempet ngobrol sama salah satu bule dari Belanda, Jason. Dia lagi traveling di Indonesia selama 2 bulan, dan berencana keliling Jawa Timur. Sayang nggak sempet selfie :D

Anyway, DTU ini bener-bener pengalaman yang nggak akan terlupakan. Bisa bertemu dan dilatih langsung oleh Kopassus, yang mana adalah pasukan terbaik ketiga di dunia, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri buat saya. Juga pengalaman-pengalaman lain yang saya alami, yang mungkin tidak akan pernah saya temui lagi di kehidupan ‘normal’ sehari-hari. Susah, seneng, kita jalanin sama-sama. Saya juga bersyukur ketemu temen-temen yang menyenangkan, gokil, meskipun sering mengeluh, tapi kita udah buktiin kalo kita tangguh! Hehehe..


Bitches...

The conclusion is, DTU-ku CERIA, DTU-ku BAHAGIA!!!

Ress~




Sekian, Terima kasih~  



Thanks-List:
Pelatih & Siswa DTU Orientasi Pajak Angkatan VI, for such a fun experience
Fotografer, bppk.kemenkeu.go.idplus.google.com, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Datu gak seserem yg diceritakan orang lain kok mas Fery....Enjoy dan bersatu layaknya keluarga.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Saya enjoy banget kok mbak :) Dan agak beruntung karna ngga dikunjungi pelatih legend (red: papiton) wkwkwk

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.