Visit Rinjani [Ep. 06, End]: A Very Very Long Walk, Plawangan Senaru - Rumah

Agustus 29, 2016

Kamis, 18 Agustus. Dini hari di Segara Anak, suhu udara bener-bener duingin banget. Kayaknya paling dingin selama saya ada di Rinjani. Beberapa kali kebangun gara-gara ngga bisa tidur. Ngadep kanan, ngadep kiri, sampe kepala dimasukin ke sleeping bag, tetep aja dingin. Waktu itu kebetulan saya tidur paling pinggir dan rasanya kayak ada angin yang nembus tenda, sampe ke dalem sleeping bag. Saya cuman berharap semoga pagi hari cepat datang.

Hari itu hari terakhir kami di Rinjani. Sedih juga harus mengakhiri petualangan yang seru dan nggak bakal terlupakan itu. Tapi yah, kita masih  punya hidup yang harus di jalani. Back to reality, dude! Hha.. Awalnya kita masih bingung tuh mau pulang lewat jalur mana. Mau balik lewat Sembalun, atau lewat Senaru. Kalo lewat Sembalun, ya kita harus naik lagi dari Segara Anak ke Plawangan, terus turun lewat Bukit Penyesalan lagi. Sementara kalo lewat Senaru, sama, kita musti naik dari Segara Anak ke Plawangan Senaru, terus turun ngelewatin hutan yang katanya bagus banget viewnya, cuman lama perjalanannya bisa sampe 12 jam! Wew..

Abang porter nyemangatin kami buat lewat jalur Senaru. Biar perjalanan kita di Rinjani ini bisa tuntas. Maksudnya, kita bisa merasakan kedua jalurnya (sebenernya ada satu jalur lagi, Torean namanya, tapi agak serem gitu katanya). Jadi yah, setelah berunding, akhirnya kami mutusin buat pulang lewat jalur Senaru. Meskipun bayang-bayang 12 jam itu masih menghantui, tapi kita jalanin aja. We’ll get there, in time.

Jalur Sembalun & Senaru

Begitu bangun dan keluar tenda, kita langsung disambut dengan pemandangan Segara Anak yang cantik. Sama cantiknya kayak Ranu Kumbolo. Bedanya, di Segara Anak ini airnya nggak bisa diminum soalnya kadar belerangnya cukup tinggi, tapi boleh dibuat cuci-cuci tangan sama muka. Another fun thing yang bisa kita lakukan di sini adalah ...  mancing! Yup, di danau itu banyak ikannya lho. I wonder darimana ikan-ikan itu dateng. Apa jatuh dari langit, or else, wkwkwk... Ada yang bilang dulu sengaja disebar sama mantan presiden Soeharto (?) But anyway, sayangnya geng kita ngga ada yang bawa alat pancing so yah, kita cuman ngeliatin pendaki-pendaki lain aja bakar ikan. Hha..

Segara Anak
(courtesy of bebaspergi.com)

Tapi jangan sedih, masih ada hal seru lain yang bisa kita lakuin di Segara Anak ini. Kita bisa mandi air panas! :D Kalo kita jalan sedikit ke sisi lain Seagara Anak, kayak di balik tebing-tebing gitu, kita bisa nemuin aliran sungai air panas. Dan tempat ini viewnya... MasyaAllah... keren banget. Sampai speechless lah. Jadi itu tempatnya kayak lembah gitu, di kanan-kirinya ada tebing dan pepohonan, dan yang paling keren kalo pas matahari terbit, cahayanya nembus sela-sela pepohonan... It was sooo beautiful. Kek ada di negeri dongeng di film-film, hehe.. Bersyukur banget bisa dikasih kesempatan menyaksikan pemandangan seindah itu.

The hotspring

Aliran hot spring ini bentuknya bertingkat-tingkat dan ada spot-spot yang agak lebar buat berendam. Kalau saya amatin, airnya keluar dari kayak sela-sela batu gitu, dan semakin deket ke sumbernya suhu airnya makin panas. Nah, jadi kita bisa milih tuh mau airnya yang panas banget atau panas aja atau anget-anget kuku. Di air sungai itu juga ada kandungan belerangnya jadi mungkin bagus buat kulit. Sementara panasnya bisa mengendurkan otot-otot yang tegang sehabis beberapa hari mendaki. Saya sendiri waktu itu nggak ikutan berendem, karena udah keabisan baju ganti. So cuman ngerendem kaki-kaki aja sama cuci muka.

Puas main air, kita balik ke tenda dan udah disambut sama sarapan bikinan abang porter. It was nice makan sambil menikmati pemandangan Segara Anak. Dan di seberang sana, kita bisa ngeliat Gunung Barujari yang baru-baru ini heboh gegara erupsi. Waktu itu asapnya masih ngebul, dan kita semua berharap semoga waktu itu dia ngga tiba-tiba ‘batuk’. :D Selesai makan, kita semua balik ke tenda, terus beberes peralatan. dan kita siap untuk ngelanjutin perjalanan. We’re going hoooome! :D

Kita semua semangat mengawali perjalanan itu. Yep, bagian terbaik dari traveling adalah pulang ke rumah, kan? :) Kita jalan muterin Segara Anak dan ternyata asik juga bisa nikmatin danau dari sudut berbeda. Kita sempet ketemu juga sama bule-bule and hot chicks yang lagi asik berfoto ria. Kenapa kita ngga nge-camp di sebelah sini aja ya? wkwkw..

Segara Anak, dengan Gunung Barujari-nya

Anyway, kita terusin jalan. Sampai akhirnya, kita nyampe di bagian paling berat dari perjalanan ini, yaitu ... naik ke Plawangan Senaru!

It was like, hell! Jalurnya hampir sama kayak pas turun dari Plawangan Sembalun ke danau. Banyak tanjakan terjal dan batu-batu yang gede. Dan sudah pasti, saya jalan paling belakang. Ditambah carrier berat di punggung, tambah nggak bisa jalan cepet. Ngos-ngosan yang ada. Saya nyuruh mas-mas buat jalan duluan, karna saya ngga bisa ngikutin mereka. Sementara nun jauh di belakang sana masih ada mas Aweng sama abang porter.

It was tough. Really really tough. Untungnya waktu itu lagi banyak pendaki, jadi ngga ngerasa kesepian. Kita saling nyemangatin meski sama-sama mengeh juga. Saya sempet ketemu sama bapak-bapak yang naik sambil gendong anaknya yang masih kecil. Kayak pake gendongan gitu di punggungnya. So sweet lah. Saya tentu nggak boleh kalah semangat sama beliau.

Butuh waktu sekitar 5-6 jam buat saya sampai di Plawangan Senaru. Mendekati Plawangan, treknya tambah nggak karu-karuan. Di beberapa titik, kita udah kayak rock climbing aja. Bingung nyari batu buat pijakan. Akhirnya saya lempar trekking pole ke atas, terus manjat pake sama tangan. Berasa ninja warrior yes. Tapi yah meski bener-bener menguras fisik, it was fun kok. Kapan lagi bisa seru-seruan kayak gitu, ye nggak?

Trek menuju Plawangan Senaru. Jalan sempit banyak batunya

Sekitar jam 2-an, saya sampai di Plawangan Senaru dan ngga laam kemudian mas Aweng & abang porter nyusul. Setelah istirahat bentar, kita langsung ngelanjutin perjalanan turun. Dari sini, treknya bakal menurun terus. Kita berlomba sama waktu, karena kita nggak mau kemaleman di tengah jalan. Serem juga jalan di tengah hutan gelap-gelapan. Belum lagi ntar kalo ada harimau atau macan atau hewan-hewan liar lain. Dan ditambah dengan cerita-cerita seram tentang makhluk-makhluk tak kasat mata yang sering berkeliaran. Hii.. We have to hurry!

Trek awal dari Plawangan masih berupa tanah lapang berbatu-batu gitu. Sesekali ada semak belukar. Batunya tajem-tajem so harus ekstra hati-hati. Agak licin juga karena berdebu. Baru setelah kita ngelewatin Pos 3 (kalo nggak salah), kita bakalan masuk hutan. Cuaca yang tadinya panas banyak debu, berubah jadi dingin dan basah. Treknya juga licin gara-gara becek. Sesekali turun gerimis. Entah emang hujan atau embun.Sebenernya pemandangannya bagus banget. Pohon-pohon khas pegunungan, macem cemara-cemaraan & paku-pakuan. Terus banyak tanaman bunga-bunga yang mekar warna-warni. It was beautfiul. Tapi sayang kita ngga bisa terlalu lama nikmatinnya gegara harus buru-buru jalan.

Pos 3

Menjelang sore, jalur Senaru jadi sepi banget. Jarang kita papasan sama pendaki lain. Mas-mas yang lain udah jauh di depan. Mas Aweng juga, meski bawa barang-barang segede gaban. Jalannya cepet banget. Tau-tau cuman tinggal saya sama abang porter di barisan belakang. Mana kaki rasanya udah mau copot. Sempet beberapa kali kepleset sampai kotor semua ini tangan, celana, baju. Tapi tetep kudu lanjut jalan.

Di tengah jalan, saya ketemu mas Ayub, dan akhirnya kita jalan bertiga di belakang. Waktu itu sekitar jam 5-an, tapi kita masih belum sampai di pintu hutan. Sementara hari makin gelap, dan saya terus terngiang cerita ‘kepala terbang’ itu. Syereeemm.. Waktu itu, saya udah mengalami kondisi dimana otak dan kaki ini udah nggak singkron lagi. Otak saya bilang berhenti & istirahat, sementara kaki-kaki saya maksa terus buat jalan, meski sakitnya minta ampun. Saya-mau-pulang! I’m going home, and nothing can stop me!

Alhamdulillah, sekitar Maghrib, kami bertiga akhirnya sampai juga di pintu hutan dan disana mas-mas yang lain udah nunggu. Huff... kesel poll. Untungnya di pintu hutan ini banyak yang jual minuman, makanan, atau kalo yang mau, ada juga bir-bir penghangat badan. Setelah energi kembali pulih, kita ngelanjutin perjalanan ke desa Senaru dan ternyata jaraknya masih lumayan jauh juga. Di Senaru, kita sempetin beli beberapa suvenir dan makan malem. Baru sekitar jam 9-an kita dijemput pake pick-up lagi dan kembali ke basecamp.

Pintu hutan Jalur Senaru

Hmm.. I got so many things from this journey. Dapet temen-temen baru, pengalaman baru, dan petualangan-petualangan seru yang mungkin nggak bakal saya dapet kalo diem di rumah. Saya kayak masih nggak percaya, udah solo-traveling dari Jawa, nyebrang ke Bali, terus nyebrang lagi ke Lombok, ngecer lewat jalur darat & laut. Terus lagi, bisa sampai di puncak gunung tertinggi di Lombok. 3.726 mdpl! Dan yang terpenting, saya sangat sangat bersyukur bisa diberi kesempatan buat mengunjungi dan menyaksikan tempat-tempat indah, di salah satu gunung paling indah di Asia Tenggara. And it gave me more appreciation to myself, to the environment, and to the things that I already have.

Rinjani will always be in my memory... :’)

NaraHubung:
Balai Taman Nasional Gunung Rinjani
Jln. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan, Mataram, NTB
(0370) 641155
email: pendakian.rinjani@gmail.com
web: www.tnrinjani.net

Thanks-List:
tim bebaspergi, mas Aweng, mas Ahmad, mas Agung, mas Ayub, mas Iqbal, mas Hendri, for the amazing & unfogettable experience. Thanks for the help & everything :')
bebaspergi, image.google.com, for the pics,
YOU, for reading this!

--------------------------------------------------------------------------------------------

Epilog:
Buat pulang, saya udah booking tiket pesawat (maskapai Singa merah) hari Jumat, 19 Agustus, jam 07.00 pagi. Itu adalah penerbangan pertama dan paling murah. I’m pretty confidence that I have a good luck in airport. Beberapa kali naik pesawat, meski dateng mepet, tapi saya belum pernah ketinggalan pesawat. Entah karena delay atau masih boarding. So, hari itu saya agak meng-underestimate si penerbanganan ini. Apalagi you know, si singa merah yang terkenal karna ke-delay-annya. Jadi hari Jumat, jam 06.30, saya masih sibuk nyari ojek, toh bandaranya juga nggak begitu jauh dari basecamp. Tapi alangkah terkejutnya saya pas nyampe Bandara Internasional Lombok (BIL), penerbangan saya statusnya udah “closed”. Damn! Saya lari sekencang-kencangnya ke check in counter dan berharap masih bisa naik. Si mas-mas penjaga scanner juga nyuruh saya buat nyoba cek in. Namun sayang sungguh sayang, pas di counter, ternyata status flight-nya udah “departed” udah lepas landas. Heffft... Thats awful! Melayang deh 300-ribu~ T-T
Tapi yah itulah bumbu-bumbu dalam bepergian. Cukup dijadikan pelajaran. Jangan diingat-ingat kerugiannya karna bikin sakit hati uang masih bisa dicari, tapi yang namanya pengalaman ngga bisa dinilai dengan materi~