Solo Trip Batu [Day 2]: Main Paralayang! (Feat. Taman Langit, Omah Kayu, & Goa Pandawa)

Juli 30, 2018

Hari kedua solo trip di Batu. Sungguh excited sebab hari ini saya mau nyobain main Paralayang! Woohoo. Dan pastinya deg-degan juga, kerana baru pertama kali!

[Jum’at, 20 Juli 2018]

Saya udah niatin berangkat pagi-pagi, biar pas di Paralayang nanti ngga ngantri lama-lama. Tapi ya ujung-ujungnya baru keluar dari homestay jam 07.00 lebih, hehe..  Perjalanan menuju Gunung Banyak (lokasi Paralayang) memakan waktu sekitar 30 menit. Meskipun nanjak, tapi jalannya mulus kok. Baru mungkin agak berlubang pas mau sampai di lokasi.

Oiya, untuk petunjuk arahnya, hati-hati ya. Nanti bakal ada dua arah yang tulisannya Paralayang. Yang satu ke arah Pujon (ke atas), itu tempat take off. Yang satu lagi mengarah ke Songgoriti, tempat landing-nya. Jadi kalo mau main Paralayang ya, ambil arah yang ke Pujon.

Sesampainya di gerbang masuk, kita diharuskan bayar tiket Rp10.000 dan parkir Rp5.000. Untuk tiket parkirnya, jangan sampai hilang ya, soalnya nanti ditanyain pas mau pulang.

Saya pun menangkringkan motor di parkiran, dan waktu itu, keadaan masih sangat sepi. Kendaraan masih sepi. Warung-warung juga masih tutup. Saya pun jalan ke atas lagi, ke lokasi paralayang. Wew. Pemandangannya cantik lho!

View from top of Mt. Banyak

Kita bisa ngelihat pemandangan kota Batu dari ketinggian. Juga hijaunya hutan-hutan di sekitar. So pretty. Dan kalau malam, di sini rame juga pengunjungnya. Menikmati malam, ngopi-ngopi, ngemil-ngemil, sambil menikmati kerlip lampu kota Batu. Asik ya kayaknya!

Setelah sejenak menikmati pemandangan, saya menengok ke arah tempat pendaftaran Paralayang. Eh, masih tutup! Kata bapak-bapak di sana, mungkin bukanya nanti jam 09.00-an. Padahal kata internet bukanya jam 08.00. Hft. Yaudahlah, daripada nganggur, saya jalan-jalan dulu ke spot-spot lain yang ada di atas Gunung Banyak ini.

Spot pertama adalah Taman Langit. Well basically, ini tempat buat foto-foto aja sih. Tapi harus saya akui, tempatnya terawat dengan baik! Taman-tamannya asri, rapi, dan bersih. Ada banyak objek yang bisa kita pakai buat foto ala-ala. Beberapa ada yang saya suka, karena bentuknya cukup artsy. Kayak patung-patung bidadari dan peri berikut ini.

Artwork at Taman Langit

Berjalan lebih jauh, kita akan menemukan sebuah bangunan kayu berlantai dua. Kalau ngga salah, buat memantau kebakaran (?) *cmiiw.

Building on top of Taman Langit

Selesai keliling Taman Langit, eh ternyata masih belum buka juga tempat Paralayang-nya. Heft. Akhirnya saya jalan lagi spot lain di sana, yaitu Omah Kayu. Oiya, btw, untuk masuk ke Taman Langit & Omah Kayu ini bayar lho permisah. Masing-masing Rp10.000. Hiks. Padahal ngga ada niat sama sekali mau ke sini. Tapi yaudahlah.

Omah Kayu

Nah, sesuai namanya, di area Omah Kayu ini ada beberapa bangunan/rumah yang terbuat dari kayu, kemudian ditempatkan sedemikian rupa di antara pepohonan. Dan ternyata, ini bukan cuman bangunan biasa lho! Ternyata rumah-rumah ini juga berfungsi sebagai penginapan. Untuk bermalam di sini, menurut yang saya baca, kita perlu merogoh kocek sekitar Rp300.000-Rp400.000 per malamnya! Wew.

Kalau saya ditanya, apakah berminat nginep di sini? Jawabannya, enggak!

Saya ngga ngerti kenapa ada orang yang mau nginep di sini dengan harga segitu mahalnya. Karena pas saya tengok di dalam bangunannya, emh, miris banget. Cuman ada sehelai kasur, bantal, sama meja kecil. Lebih mirip bedeng kuli ya daripada penginapan. Sorry to say. Mana toiletnya ada di luar lagi. Kalo malem-malem mau pipis atau pup, duh mesti jalan keluar dulu. Agak jauh pun.

Omah Kayu surroundings

Mungkin yang “dijual” itu pemandangannya ya. Bagus sih. Bangun tidur bisa langsung ke balkon, menghirup udara segar, dan menikmati asrinya pepohonan. Tapi yo mending nginep nang hotel, terus pagi-pagi ke sini. Fyi, Omah Kayu ini kalau sore ditutup untuk umum ya. Yang boleh masuk cuman yang nginep di sana.

Selain rumah-rumah kayu tadi, ada spot-spot foto lain yang ada disini, seperti hammock raksasa dan papan titian raksasa yang langsung menghadap ke jurang!

Selfie spot at Omah Kayu

Omah Kayu pun sudah dijelajahi. Perut ini yang sedari pagi belum sarapan makin menjerit-jerit. Sementara Paralayang-nya masih kekeuh belum buka. Heheu.. Akhirnya saya makan dulu lah. Beli mie goreng & es jeruk di salah satu warung di sana. Harganya mehong shay, Rp21.000 begitu doang.

Karena penasaran kok ngga buka-buka Paralayang-nya, akhirnya saya tanya sana-sini ke orang-orang & penjaga warung. Dan ternyata sodara-sodara, hari itu kan Jumat. Nah, kalau Jumat, Paralayang-nya baru buka jam 13.00! *menangys

Bingung deh jadinya. Mau nunggu sampe buka, kok ya masih lama banget. Dan buang-buang waktu juga, soalnya saya masih ada tujuan lain hari itu. Akhirnya yah, saya tinggal dulu deh Paralayang-nya. Merelakan nanti bayar Rp15.000 lagi. Hiks.

Saya pun memacu motor keluar area Gunung Banyak, menuju salah satu spot, yang ngga jauh sih jaraknya dari sana. Paling sekitar 10 menit. Nama tempatnya Goa Pandawa. Saya pengen ke sini kerana penasaran sama objek foto yang kayak patung kayu raksasa gitu.

Goa Pandawa entrance

Pas saya sampai di lokasi, lagi-lagi saya sendirian di sana. Ngga ada pengunjung lain. Dan setelah bayar tiket masuk (Rp10.000 kalo ngga salah), saya bergegas naik ke puncak bukit.

Awalnya saya penasaran, bentuk goanya kek mana sih. Tapi ternyata saya cuman menemukan semacam cerukan di dinding bukit gitu. Pas saya melongok ke dalem, ngga ada apa-apanya. Ya cuman lubang aja. Apaan sih ini? tanyaku dalam hati. Then I left. Saya ngga ngerti apakah itu Goa Pandawa-nya atau bukan. Tapi ngga ada goa lain sih di sana.

Goa Pandawa (?)

Anyway, saya lalu mendaki ke puncak bukit untuk mencari yang namanya patung kayu itu. Dan akhirnya ketemu! Ternyata emang bagus sih. Unik aja gitu bentuknya. Dan tentu saja saya langsung ingin mengabadikannya dengan berfoto. Pake timer, hehe..

Photo spot at Goa Pandawa

Tapi pas nyari-nyari hp, lah kok ngga ada! Waduh, panik deh tuh. Dan setelah diinget-inget, ternyata hp saya ketinggalan di motor! Ya Allah. Tau kan? Lubang penyimpanan yang di bawah setir itu. Hp-nya saya taruh situ habis dipake buat GoogleMaps. Duh, udah ngga fokus foto-foto deh itu. Akhirnya setelah ambil gambar ala kadarnya pake action cam, saya buru-buru turun kembali ke parkiran. Alhamdulillah, hp-nya ngga ilang.

Karena waktu masih menunjukkan pukul 11.30, akhirnya saya pergi ke destinasi lain, dan kembali lagi nanti sekitar sore hari. Tujuan saya kala itu adalah Air Terjun Sumber Pitu, di daerah Pujon Kidul. (Cerita lengkapnya coming soon)

Mt Banyak (again)

Long story short, saya kembali lagi ke Gunung Banyak sekitar pukul 15.00, dengan kondisi badan sudah remek, muka lusuh, dan sepatu kotor. Haduh pokoknya,“aku jiji mas!”. Tapi karena udah niat banget, hari itu pokoknya harus main Paralayang! Akhirnya dibela-belain deh, meskipun bayar lagi buat tiket masuknya.

Dan alhamdulillah, tempat pendaftaran Paralayang-nya udah buka! Yey. Saya disuruh ngisi form pendaftaran gitu untuk menentukan nomor urut, terus bayar biayanya deh. Tarifnya naik dong, hiks. Dari yang saya baca Rp350.000, sekarang jadi Rp400.000. Heheu.. Tapi yaudahlah ya, uang masih bisa dicari, tapi pengalaman kan kita ngga tau bisa kapan lagi. Meskipun mahal gitu yha masih banyak aja yang mau nyobain Paralayang-nya.

Waiting for the wind

Dan setelah menunggu kondisi angin yang pas, akhirnya tiba giliran saya untuk take off. Huhuhu, deg-degan!

Kita nanti bakal dipakein semacam ransel super gede, yang nanti dipakai buat “duduk” di atas nanti. Pakai helm juga pastinya. Dan kalau mau mengabadikan momen pas terbang nanti, kita dipinjemin monopod sama panitianya. Tapi cuman bisa buat hp ternyata, kalau mau pake action cam bawa monopod sendiri aja.

Setelah parasut dihamparkan di tanah, kemudian tali-temali juga dipastikan pada posisinya. Mas-mas guide-nya pun sudah berposisi di belakang kita. Here we go....

IT’S FLYING TIME!

Ya Allah deg-degan banget sumveh. Awalnya kita disuruh jalan biasa ke arah ((jurang)). Yes, ke arah jurang. Baru pas parasut mulai keangkat dikit, kita disuruh lari, lari, lari! Dan sedetik kemudian...
Whutttt... saya terangkat ke udara!

I’M FLYING!!!!!!

Woohooo..

I'm flyiiiiiing~

Wah. Itu pengalaman yang bener-bener exciting sih. Takut, deg-degan, seneng, campur jadi satu. Ya sebenernya kitanya cuma duduk doang sih, soalnya yang mengoperasikan segalanya kan mas guide-nya. Tapi tetep aja nervous. Apalagi waktu parasutnya tambah ke angkat pas kena angin. Haduh, panik. Kok malah naik terus.

Nervous

Tapi waktu itu, kata masnya anginnya lagi bagus. Jadi saya lumayan lama terbangnya. Normalnya 5-10 menit.

View from above

Tanpa terasa, waktu landing pun tiba. Saya bisa melihat bunderan tempat kita landing di bawah. Agak menegangkan ya proses landingnya. Si mas-nya harus ngatur-ngatur tali biar arahnya pas. Alhasil, kadang kita bermanuver miring-miring, yang tambah bikin jiper.

Pas mendekati tanah, kaki saya disuruh angkat dan.... srrrotttttt.....

Pantat ini pun ndelosor di tanah dengan cukup keras. “Maaf ya mas, landingnya kurang mulus,” kata mas-nya. Waduh ngga papa mas, yang penting saya bisa mendarat dengan selamat. *sambilgosokgosokpantat.

Landing safely

Btw saya sempet coba angkat parasut yang udah digulung dan dimasukin tas. Ya Allah, berat banget! Saya ngga bisa gendong. Kata masnya bisa sampe 25 kg kalau yang buat tandem. Kalau yang single bisa 15 kg. Wew, salut deh bua para penerbang paralayang ini.

Nah, untuk kembali ke puncak Gunung Banyak, kita bakal disediakan ojek dari lokasi landing ini. Gratis, karena udah termasuk ke harga paketnya. Tapi siap-siap ya, karena mas-mas ojek di sini pembalap semua. Jadi nyetirnya super ngebut! Belum lagi nanti kita mesti lewat trek trailing gitu. Haha.

Seeya Mt. Banyak!

So that’s it. Tunai sudah keinginan saya buat main Paralayang! So happy. Meskipun agak costly ya, tapi sangat sangat worth it. Yang ke Batu, cobain deh sensasinya terbang naik Paralayang. Bule-bule aja pada nyobain loh.

NaraHubung:

Taman Goa Pandawa
Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu

Thank-List:
YOU, for reading this! :)