Solo Trip Batu [Day 1]: Menyambangi Si 'Rondo'

Juli 30, 2018

Solo traveling sebenernya sudah bukan barang baru buat saya. Ya walaupun belum sering-sering amat, tapi udah pernah lah beberapa kali. “Ngapain sih, kurang kerjaan banget.” Rata-rata reaksi seperti itu yang saya dapet, kalo saya cerita mau jalan sendirian. Tapi yah, it’s okay. I’m okay. Saya sendiri bukan tipe orang yang harus nunggu ada temen dulu baru berangkat jalan . Karena saya pikir, kalau gitu terus, ya ngga berangkat-berangkat. Padahal ya emang ngga punya temen aja wkwk

Beberapa hari lalu, saya dapet “libur” kerja karena ikut ujian seleksi buat lanjut kuliah. Lumayan lah, ujiannya dua hari, Rabu & Kamis, 18-19 Juli 2018, tapi saya dapat ijin sampe hari Jumatnya. Jadi saya bisa free tiga hari. Yey! Dan berhubung ujiannya di Malang, yaudah lah saya jalannya ke yang deket-deket aja, yaitu daerah Batu.

[Update: mungkin karena tujuan yang salah—buat jalan-jalan, akhirnya saya ngga lolos seleksinya. Hiks]

Batu dan Malang sendiri udah mainstream banget lah ya sebagai tujuan liburan. Apalagi buat warga Jawa Timur. Saya sendiri udah beberapa kali kesini, tapi emang belum sempet explore semuanya. Awalnya pengen ke pantai-pantai di selatan, tapi kok ya jauh banget. Sendirian lagi kan. Akhirnya saya milih ke Batu dan mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah saya datengin di sana.

[Kamis, 19 Juli 2018]

Saya selesai ujian hari itu sekitar pukul 10.00, terus langsung balik ke hotel, packing, & check out. Untuk ke Batu sendiri, kita bisa naik angkutan umum dari Malang. Tapi di zaman serba online ini, hamdalah banget udah bisa pake GoJek/Grab. Tapi ngga semua driver mau ya ke Batu. Saya sempet cancel satu, sebelum akhirnya dapet driver yang mau. Secara jarak, emang lumayan jauh sih, jadi mungkin beberapa ada yang males mau nganter ke Batu. Tapi untungnya saya dapet bapak yang baik banget, terus dilewatin jalan-jalan tikus biar ngga kena macet.

Saya sampai di Batu sekitar pukul 13.00 dan diturunin bapak GoJek-nya di penginapan saya, yaitu di  Sahabat Backpacker 3. Homestay ini enak sih. Bersih, ada air panas, ada semacam dapur umum gitu buat masak, dan yang terpenting juga, bisa sewa motor. Harga per malamnya Rp145.000-an, dan untuk motornya Rp75.000,00 per 24 jam. Dan untungnya, motor yang dikasih bensinnya udah full (selama ini, setiap sewa motor, saya selalu dapet yang udah mau abis). Dan bertahan sampai 3 hari kemudian, hehe..

Hari itu sebenernya bingung mau kemana. Pengennya ke tempat Paralayang di Gunung Banyak, tapi kalau kesorean mereka ngga beroperasi. Akhirnya saya memutukan untuk ke air terjun Coban Rondo, yang jalannya searah juga ke Paralayang.

Perjalanan ke Coban Rondo dari homestay sekitar 30 menit. Selepas kota Batu, jalanan akan berliku-liku dan sedikit menanjak, jadi harus berhati-hati. Namun, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan hutan-hutan serta lembah di sisi jalan. So pretty.

Di sepanjang jalan ini juga, kita bisa menemukan tempat-tempat makan dan cafe dengan pemandangan langsung menghadap kota Batu dari ketinggian. Kawasan ini dinamakan daerah Payung (kalau di GoogleMaps: “Payung Kota Wisata Batu”). Saya sendiri mampir ke salah satu warung di sini karena perut udah keroncongan, belum makan dari siang. Kita bisa memilih warung/cafe mana yang cocok sama kita, baik dari segi lokasi maupun view, serta menu yang disajikan.

Vew from Payung area

Saya waktu itu milih random aja, yang kelihatan lebih banyak pengunjungnya. Saya pesen nasi goreng & es teh (kekeuh es padahal udah dingin) dan harganya dibanderol Rp17.000,00 saja. Cukup terjangkau sih ya, dibanding kalau kita nanti beli makan di lokasi wisatanya. Dan kalau malem, pasti asik deh nongkrong di sini sambil menikmati kerlap-kerlip cahaya kota Batu!

Selesai makan, saya lanjut menuju Coban Rondo. Sesampainya di gapura, kita harus beli tiket buat masuk. Di tempelannya sih tertera tiketnya Rp20.000,00 kalau mau ke air terjunnya aja. Eh tapi sama ibuknya tiba-tiba disuruh bayar Rp25.000. Udah mau nyinyir kan saya, tapi ibunya langsung menjelaskan, tiket masuknya Rp20.000, parkirnya Rp4.000, dan Rp1.000 buat sumbangan ke PMI. Hmm.. beklah. Untung ngga jadi mara-mara yha.

Selain air terjun, di area ini juga ada taman bermain, labirin, ada tempat ngasih makan rusa, outbound, camping, dsb. Ada tiket terusannya, cuman lupa harganya berapa. Rp40.000 apa ya (?) But I dont really interested to those places, karena saya cuman pengen ke air terjunnya aja.

Dari gapura, untuk ke lokasi air terjunnya sekitar 1-2 km. Habis parkir kendaraan, kita lanjut jalan kaki paling 5-10 menit. Ngga perlu khawatir, karena lokasi sekitar air terjunnya udah dibangun bagus banget. Udah di-paving semua jalannya. Banyak petugas kebersihan. Ada musholla, toilet, juga tempat makan & penjual oleh-oleh. Jadi cocok banget untuk tujuan wisata keluarga.

Coban Rondo entrance

So, here we are... Coban Rondo...

Coban Rondo

Air di Coban Rondo ini bersumber dari lereng Gunung Kawi, tepatnya dari mata air Cemoro Mudo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter, dengan debit air 90-150 liter per detik.

Sejujurnya sih, buat saya pribadi, air terjun ini ngga terlalu “wow” ya. Cenderung “B” aja. Cantik, tapi saya sebenernya lebih suka yang suasana sekitarnya masih alami gitu. Masih hutan-hutan. Jalannya tanah. Belum banyak “campur tangan” pembangunan manusia. Tapi yah, itu preferensi pribadi lho. Overall, tempat ini tetep layak dikunjungi kok. Dan sepertinya, memang lebih ditujukan untuk liburan keluarga.

Dinamakan CobanRondo” (dalam bahasa Jawa, yang artinya “Janda”) sebab menurut legenda, tempat ini dulunya merupakan lokasi persembunyian Dewi Anjarwati saat suaminya, Raden Baron Kusumo, berkelahi dengan Joko Lelono. Kedua lelaki itu tewas, sehingga Dewi Anjarwati pun menjadi seorang janda di usia pernikahannya yang baru menginjak 36 hari (selapan).

Story of Coban Rondo

Di sekitar tempat ini dibangun juga spot-spot foto yang bisa kita pakai buat foto ala-ala. Tapi berhubung saya sendirian, jadi ngga ada yang motoin yha. Namun alhamdulillah berkat membawa gorillapod, bisa deh foto-foto sendiri pake timer. Meskipun susah juga ngatur angle serta timing yang pas (maklum amatiran), dan harus nunggu sepi orang juga. Tapi ya dapet lah beberapa gambar yang Instagram worthy, hehe..

Selfie spot ala-ala

After struggling with the gorillapod

But anyway, tujuan utama saya toh emang mau jalan-jalan & menikmati view kugz.

Beware of the monkeys!

Puas menikmati Coban Rondo, saya memutuskan untuk kembali ke homestay buat bersih-bersih. Malam itu saya ngga ada rencana kemana-mana sebenernya. Mau ke Museum Angkut udah pernah, ke BNS apalagi, ke Alun-Alun juga udah. Akhirnya, saya keluar cuman buat makan malam di salah satu tempat yang kerap kali muncul saat kita browsing “tempat makan favorit” di Batu.

Nama tempatnya adalah Sate Hotplet. Dari namanya aja udah ketahuan ya menu makanannya apa. Yup, sate! Waktu kesana, suasana sepi sih. Cuman ada satu keluarga (ada bulenya) gitu lagi makan. Pas saya datang sendirian ke sana, mereka ngeliatiin aja. Paling dikira anak ilang ya. Saya sendiri udah biasa sih “diperlakukan” kayak gitu kalo lagi makan sendirian. Mungkin aneh kali ya datang di restoran sendirian. But, I don’t care.

Inside of the Sate Hotplet

Begitu masuk restoran, aroma bakaran langsung tercium. Sangat tajam! Agak sedikit mengganggu sih awalnya. Tapi kalo udah lama di dalam, ditambah aroma makanan kita sendiri, jadinya ya biasa aja. Saya waktu itu pesen sate ayam, nasi, sayur asem, & es jeruk.

Bon appetite!

Dan sesuai namanya juga, satenya disajikan dalam hotplate, sementara bumbu kacang & sambalnya ditaruh di piring terpisah. Nasinya dong ya Allah banyak banget. Sebakul kecil. Cukup buat berdua  atau bertiga kayaknya. Sayur asemnya juga banyak banget, tapi enak sih. Untuk sate ayamnya aja, dibanderol Rp30.000, dan untuk total semua menu ini saya harus merogoh kocek Rp59.500. Mehong ya shay... Hiks. Tapi enak sih satenya.

So that was my first day solo traveling di Batu, Malang.

Saya sangat excited untuk hari berikutnya, karena saya mau Paralayangggg!

Stay tune...

Jl. Patimura No. 40, Temas, Batu
Telp.: (0341) 593662

Thanks-List:
YOU, for reading this! :)