Solo Trip Batu [Day 3, End]: Kenalan Sama Kuda di Peternakan Megastar

Agustus 02, 2018

Untuk menutup rangkaian solo trip saya di Batu, saya mengunjungi satu destinasi terakhir yang bisa dibilang, agak tidak mainstream ya. Karena sepertinya, tempat masih belum se-hits tempat wisata lain di Batu. Tempat tersebut adalah Peternakan Kuda Megastar. And I’m so excited kerana ini pertama kalinya saya main ke peternakan kuda!


Letak peternakan ini deket banget sama Coban Rais/Batu Flower Garden. Paling cuman 10 menitan naik motor. Dan kebetulan jalannya juga searah ke homestay saya. Deket juga dari Kusuma Agrowisata.

Untuk tiket masuk peternakan, saya akui memang agak mahal sih (terlebih bila kemudian  dibandingkan dengan “wahana” dan fasilitias yang ada di sana). Kita perlu merogoh kocek Rp25.000, dan akan mendapat 2 tiket. Satu untuk masuk area sebesar Rp10.000 dan satu lagi tiket masuk wahana foto kuda Rp15.000. Kedua tiket ini harus dibeli sepaket, ngga bisa salah satu. Selain itu, ada harga tiket lain kalau pengen main Panahan itu Rp10.000, dan untuk naik kuda (4 putaran) Rp50.000. 

Saya pengen coba naik kudanya sih, dan ternyata bayarnya langsung ke peternakan (bukan di loket).
Begitu masuk lokasi, tempatnya emang luaas banget sih. Masih banyak tanah kosong. Ada yang lagi bangun-bangun juga. Bisa dibilang, masih belum sempurna 100% untuk sebuah tempat wisata. Apalagi waktu saya datang, suasananya sepii banget. Paling pengunjungnya cuman 10 orang. Tapi saya suka sih kalo sepi gini, hehe..

Ada dua “wahana” yang saat ini jadi highlight di kawasan peternakan ini. Selain ya peternakan kudanya sendiri, ada satu lagi, Taman Bunga Matahari yang biasanya jadi spot foto-foto bagi para pengunjung.

Taman Bunga Matahari

Saya coba keliling ke Taman Bunga Mataharinya. Ngga terlalu besar tempatnya. Dan sayangnya waktu saya kesana, ngga banyak bunga yang mekar. Tapi ya, masih aja dipake pengunjung buat selfie-selfie.

Taman Bunga Matahari

Saya lalu bergerak menuju peternakan kuda yang lokasinya ada di seberang Taman Bunga Matahari. Dari jauh udah keliatan ada lapangan besar dengan pagar di sekelilingnya. Dan ada kuda-kuda yang bebas berlarian di dalamnya. Huhu, I’m so excited! I LOVE animals. Dan ini pertama kalinya saya begitu dekat dengan kuda-kuda.

Lapangan Peternakan

Well, di tempat-tempat wisata lain pernah liat sih, kuda yang biasanya dinaiki pengunjung gitu. Tapi ini beda kan, bisa lihat langsung kuda-kuda yang bebas berlarian di peternakannya.

Hello horses!

Saya ketemu bapak-bapak yang jaga peternakannya. Dan beliau-beliau ini baik banget lho. I mean, ya, mungkin mereka dibayar ya. Tapi beliau-beliau ini emang telaten kalo ada pengunjung. Semua pertanyaan-pertanyaan saya tentang per-kuda-an dijawab dengan sabar. Terus beliau juga nganterin saya ke dalam bangunan peternakan buat liat-liat bayi-bayi yang so cute.

Aww so cute, baby horse

Bapak-bapak ini juga akan bantuin kita kalo mau foto sama kuda. Yup, kita dibolehin masuk ke lapangan kudanya. Bebas. Nanti kita disuruh pilih mau berinteraksi sama kuda yang mana, lalu bapaknya bakalan pasang tali pengaman ke kudanya. Dan kita bisa bebas foto-foto deh. Tapi selalu perhatikan instruksi bapaknya, biar tetep aman.

Seperti yang paling penting, jangan berdiri di belakang kuda! Kerna bisa-bisa kita kena tendang sama kudanya.  

Saya pun sempat “berkenalan” dengan beberapa kuda di sana. Oiya, jadi di sana ada kayak dua lapangan gitu, dan yang biasanya dipake foto itu lapangan yang ada di bawah. Mungkin karena kuda-kudanya lebih “friendly”, I dont know. Dan yang di lapangan bawah ini semuanya betina kudanya.

Oke, kuda yang pertama “berinteraksi” dengan saya, namanya Anjani. Saya cuman pegang-pegang dari luar aja sih waktu itu, soalnya masih belum berani masuk. Dan entah kenapa Anjani ini tertarik banget dengan sepatu pengunjung (atau tali sepatunya ya). Beberapa kali mulutnya mau nyaplok sepatu saya.

Hi Anjani

Kemudian, setelah beberapa saat, saya akhirnya memberanikan diri masuk ke lapangan. Soalnya udah ada barengan masuk sama pengunjung lain, hehe.. Si Bapak saya persilakan buat bantu mbak-mbak berdua itu buat foto-foto, sementara saya keliling liat-liat kuda.

Eh tiba-tiba ada seekor kuda kecil (lupa namanya) jalan ngedeketin saya. Waduh, saya bingung itu harus lari atau diem atau gimana. Tapi kata si bapak, kalau kita dideketin sama kuda, disambut aja. Dan ternyata kuda itu jinak banget. Sampe saya elus-elus, bahkan saya ajak selfi! Haha..

Smile!

Setelah mbak-mbak pengunjung tadi selesai foto-fotonya, saya minta bapak buat bantuin saya. Dan saya tertarik dengan, yang kata bapaknya, paling “cantik” di antara kuda yang lain! Namanya Mayoret.

Princess Mayoret

Dari perawakannya, emang keliatan cantik banget sih. Tinggi, tegap, jenjang gitu. Dan attitudenya itu lho, udah kayak princess banget. Saya masih harus agak sedikit “merayu” dan “memaksa” biar dia mau jalan.

Princess Mayoret

Next, saya akhirnya memberanikan diri untuk nyobain naik kuda! So excited, tapi deg-degan juga. Dan untuk yang ditunggangin, khusus kuda yang jantan aja ya. Waktu itu saya “partner”-an sama kuda bernama Boy. Ulala. Dan selama menunggangi kuda ini, jangan khawatir, kita bakalan dijagain sama stable-boy.

Well, kirain pas naik kuda itu saya cuman tinggal duduk manis, terus kudanya bakal ditarik sama si mas penjaganya, kayak yang di tempat-tempat wisata lain. Tapi ternyata, si mas-nya nyuruh saya buat coba naik kuda sendiri! Wew.

Walking with Boy

Si mas-nya bilang tenang aja soalnya si Boy ini kuda yang paling terlatih di antara yang lain. Dia pun ngasih tutorial-tutorial singkat caranya duduk di atas kuda which is harus tegak, kemudian cara pegang tali, dan cara mengendalikan kuda kalo mau jalan cepet, belok, ataupun ngerem.

Akhirnya saya coba lah itu satu putaran, dua putaran, dan sumpah takut banget lho. Tapi awal-awalnya aja sih. Ya secara belum pernah kan. Apalagi saya ngga tegaan sama kudanya, jadi sempat beberapa kali saya ngga bisa ngendaliin tali kudanya. Si mas nyuruh pegang yang kenceng talinya, dan jangan dibiarin longgar soalnya kudanya bakal berhenti buat makan rumput. Dan ternyata emang bener. Pas saya longgarin pegangannya, eh si Boy malah langsung nyemilin rumput. Tapi sayanya ngga tegaan kalo disuruh narik kenceng-kenceng talinya :(

Boy-nya makan

That was a great experience sih. Meskipun agak mehong juga ya Rp50.000. Tapi berhubung waktu itu sepi banget, jadi saya bisa puas-puasin main kudanya. Normalnya kan 4 putaran. Si mas-nya bilang, udah naik kudanya sampe puas aja.

Bye horsiee

So that was my last destination di solo trip Batu kali ini. Buat temen-temen yang pengen liburan agak anti mainstream, bisa lho ke Peternakan Kuda Megastar ini. Ya meskipun saya berharap, ke depannya akan dikembangkan lagi karena lahannya masih luas banget, dan masih sangat bisa untuk disempurnakan lagi wahana-wahanya.

Sekian. Terima Kasih.



NaraHubung:
Peternakan Kuda Megastar
Dusun Jalibar, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kab. Batu Jawa Timur 65311
Open: 08.00-16.30

You Might Also Like

1 comments

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Mohon maaf bilah aku ada salah kata dan kedatangan aku mengganggu. Perkenalkan nama aku Nenot'z Marziny asal sidoarjo seorang mantan TKW duluh kerja di singapore selama 3 tahun lamanya. Singkat cerita.. Aku sangat berterima kasih kpd pak H.Abdul Salam atas bantuan beliau melalui penarikan uang gaib sebesar 1M. Mungkin aku tidak akan bisa cepat sesukses ini seandainya tidak ada bantuan dari H.Abdul Salam, Aku yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan aku juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang aku sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Aku tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna aku telpon dari google, facebook untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang aku tambah banyak. Beliau bisa membantu melalui Uang Gaib, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi H.Abdul Salam di nomer 085298892338 / +6285298892338 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari pak haji dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti aku. Demi allah demi tuhan ini kisah nyata aku. Sekian dan terima kasih semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada semuaNya..

    Salam dari aku Nenot'z Marziny

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.