Batu Solo Trip [Day 3]: Sejuknya Coban Rais & Mahalnya Batu Flower Garden

Agustus 01, 2018

Di hari terakhir solo trip Batu ini, saya pengen pergi ke tempat yang deket-deket aja. Berhubung saya juga harus check out dari homestay sekitar pukul 12 siang. Pilihannya akhirnya jatuh pada Coban Rais, sekalian Batu Flower Garden (dua tempat ini ada di satu area). Dan ada satu tempat lagi, but I’ll tell the story later.

[Sabtu, 21 Juli 2018]

Awalnya saya ngga ngerti kalau Coban Rais dan Batu Flower Garden ini ada di satu kawasan, sampai akhirnya saya searching di GoogleMaps. Ternyata tempatnya deketan banget. Untuk Batu Flower Garden sendiri, saya pernah liat “bentukan”-nya di postingan foto temen. Pun di timeline Instagram sering banget berseliweran. Kayaknya emang tempat buat foto ala-ala gitu yes. Yang mana bukan akuh banget.

Saya sampai di lokasi sekitar pukul 08.00 dan masih sepi. Padahal hari Sabtu lho. Mungkin anak-anak kecil masih pada sekolah ya jadi belum banyak yang ke sana. Untuk tiket masuk kawasan Coban Rais, dibanderol sebesar Rp10.000. Ditambah biaya parkir motor sebesar Rp5.000. Eits, ini cuman tiket masuk kawasan Coban Rais lho! Untuk masuk ke Batu Flower Garden-nya, ternyata kita harus bayar lagi. Dan harganya cukup spektakuler!

Untuk biaya masuk Batu Flower Garden (BFG) dibanderol sebesar Rp25.000, dengan mendapat fasilitas gratis foto di dua spot, yakni di spot “Flower” dan “Love” sebanyak 3 kali foto. Kalau mau foto di spot-spot lain, kita harus bayar lagi dengan harga bervariasi (mulai dari Rp10.000++). Kalau teman-teman bawa kamera DSLR/GoPro sendiri, bayar lagi lho. Kecuali kalo pake handphone, gratis. Tapi ya kita tetep ngga bisa masuk ke spot-spot yang berbayar itu. Jadi cuman bisa foto di sekitarannya.

Batu Flower Garden

Sebelum mulai, saya beli minum dulu di warung dekat pintu masuk. Dan waktu ngobrol sama si ibu penjaganya, beliau bilang kalau pintu masuk ke BFG cukup jauh, sekitar 2 km. Dan jalannya nanjak. Widih. Saya udah drop duluan itu. Mana kaki masih pegel habis ke Sumber Pitu kan. Akhirnya si ibu menyarankan (dan sedikit memaksa) buat naik ojek aja ke atasnya. Baru turunnya nanti jalan kaki, kerana “alur” spot di BFG itu menurun. Akhirnya saya pun “terperdaya” dengan rayuan si ibuk dan naik ojek juga, seharga Rp10.000. Di deket pintu masuk itu emang banyak ojek yang mangkal sih. Dan mereka kayaknya official ojek di BFG soalnya pake seragam.

Tapi saran saya sih gaes. Bila Anda sedang tidak ada masalah kesehatan, mending jalan kaki aja deh! Karena jaraknya ternyata tidak sejauh yang saya bayangkan. Nanjaknya pun ngga curam-curam amat. Kita jalan kaki juga kayaknya ngga bakal kerasa, soalnya pemandangan di sini saya akuin bagus banget! Paling juga sebentar-sebentar kita bakal berhenti buat foto, hehe...

Setibanya di pintu masuk, kita akan dipampangkan dengan berbagai pilihan spot-spot foto. Well honestly, saya bukan tipe penyuka selfie ala-ala sih. Jadi saya cuman nyobain yang sekiranya menarik buat saya (dan yang mursida alias murah). Akhirnya saya nambah (selain yang gratis tadi) yaitu spot “Ayunan”, “Sepeda Terbang”, dan spot “IYU”. Sounds cheesy ya? I know, sorry wkwk...

So here’s the results...

Spot "Flower"

Spot "IYU"

Spot "Sepeda Terbang"

Untuk pertama, saya cuman foto di spot “Flower”, “IYU”, & “Sepeda Terbang”, soalnya yang dua lainnya ada di bawah. Sementara saya mau ke Coban Rais dulu yang arahnya masih ke atas lagi.

Oiya, jadi habis bayar tiket di loket, kita akan dikasih selembar kertas/kuitansi gitu, isinya daftar spot foto yang kita ambil. Nah, tiap kali selesai foto, spot yang udah dikunjungi akan ditandai oleh petugasnya. Kertas ini jangan sampe hilang soalnya dipakai buat ngambil file fotonya. Dan kalau udah pegang kertas ini, kita bebas mau mendatangi spot-spot yang mana dulu.

Perjalanan ke Coban Rais lumayan jauh ternyata. Sekitar 2-3 km. Dan karena males jalan kaki masih pegel dari Sumber Pitu, ditambah ngejar waktu, akhirnya saya naik ojek lagi. Kali ini biayanya Rp25.000 sekali jalan, soalnya jalannya trek-trekan. Tapi motornya cuman bisa sampe di “basecamp” lho. Kita masih harus jalan kaki lagi buat ke air terjunnya. Beruntungnya saya, bapak ojek mau nemenin saya sampai air terjun! Yey. Beliau mau sekalian bersih-bersih katanya.

Trek to Coban Rais

Trek menuju air terjun cukup menantang sih. Belum ada jalan buatan. Jadi masih harus naik turun bebatuan, menghindari ranting-ranting pohon, dan yang harus ekstra hati-hati kita harus beberapa kali menyeberangi sungai. Yup. Yang pakai sepatu pasti basah!

Sekitar 15 menitan jalan kaki, akhirnya kami berdua sampai di Coban Rais. Dan ngga ada orang sama sekali di sana!

Coban Rais

So peaceful, bisa menikmati air terjun sepuasnya tanpa “gangguan”. Dan alhamdulillah sekarang ada yang bantuin foto, hehe..

Coban Rais memiliki tinggi ±20 meter dan bersumber dari mata air Gunung Panderman. Karena letaknya di 1.025 mdpl, suhu di air terjun ini cukup dingin. Enak deh pokoknya.  Suasana sekitar juga masih sangat asri, dengan dikelilingi tebing dan hutan-hutan. Air terjun yang masih alami seperti Coban Rais ini sih yang lebih saya suka.

Coban Rais surrounding

Tapi sayang, masih ada sampah bekas pengunjung yang berceceran. Dan bapak ojek beserta teman-temannya inilah yang sesekali membersihkan sampah, dan juga merapikan jalur yang dilalui para pengunjung.

Puas menikmati keindahan Coban Rais, dan setelah si bapak selesai bersih-bersihnya, kami berdua turun kembali ke basecamp. Dan saya memutuskan naik ojek lagi buat ke BFG-nya. Heheu.. Rp50.000 melayang deh~

Sesampainya di BFG, saya lanjut ke spot foto yang tersisa, yakni spot "Love” dan “Ayunan”. Tapi yang paling bikin sport jantung si Ayunan sih. Itu di pinggir jurang banget, dan pengamannya ala kadarnya. Cuman dililit pake tali karet. Terus diayunnya kenceng banget sumpah. Ya Allah. Langsung keringet dingin. Ngga mau lagi deh ngulangin lagi.

Spot "Love"

Spot "Ayunan"

Kelar semua spot, saya bergerak ke arah tempat copy file foto. Wah udah excited kan, soalnya di tiap spot kita dapet kesempatan 3 kali jepret. Dan berhubung waktu itu sepi, saya sempet ngecek dulu di kamera fotografernya, dan kalo dirasa kurang oke, saya minta jepret lagi, hehe..

Saya udah nyodorin flashdisk (kebetulan bawa), tapi ternyata masnya bilang langsung ke hp aja. Dibukalah folder foto  dari spot-spot yang saya kunjungin, lalu masnya ngasih tau peraturan copy filenya yang bikin saya tercengang!

Jadi, betul bahwa kita dikasih kesempatan 3 kali jepret di setiap spot, TAPI... yang bisa kita copy secara GRATIS itu cuman SATU FOTO aja masing-masing spot! WTF?!

Sementara kalo kita mau copy foto yang lain, kita musti bayar lagi Rp5.000 per foto! Ya Allah. Sumpah ini overpriced banget sih tempat ini. Orang tinggal pencet copy paste aja lho yha, ngga ngeluarin ongkos apa-apa. Masih aja disuruh bayar. Akhirnya ya, daripada ngeluarin duit lagi, saya pun hanya copy 5 file foto untuk 5 spot. Heft.

Batu Flower Garden

So that was my trip to Coban Rais & Batu Flower Garden. Ada seneng ada keselnya juga yha. Coban Rais-nya bikin happy, eh Batu Flower Garden-nya bikin ngelus dada, saking mahalnya. Tapi lokasinya emang bagus sih. Cantik banget pemandangannya. Tapi ya mohon lah, untuk harga-harganya bisa dipertimbangkan lagi. Kasian untuk para penyuka selfi yang berkantong tipis, wkwk... Thank God I’m not one of them.

Sehabis Coban Rais, saya masih melanjutkan perjalanan ke satu tempat lagi, yang di luar ekspektasi saya, ternyata suka banget sama tempatnya! Namanya Peternakan Kuda Megastar. Letaknya ngga jauh dari Coban Rais. So stay tune.