Malang Coast-to-Coast [Part 1]: Sendang Biru

Januari 19, 2019

HAPPY NEW YEAR, Everyone!

Wish us lots of happiness ahead...

First post di tahun 2019. Cerita pertama, perjalanan pertama. Meskipun di tengah ke-riweuh-an pergantian tahun (para bundahara pasti tahu betapa sibuknya tutup buku dan buka buku), alhamdulillah saya masih bisa nyuri-nyuri waktu buat pelesiran. Karena kebetulan kemarin dapet tugas 3 hari ke Malang, jadinya ya saya jalan-jalannya di sekitaran Kota Apel ini.

Yang agak berbeda kali ini, saya ngga keliling di tengah kota Malang, ataupun Batu-nya. Tapi saya pergi menjelajah ke arah selatan, ke pantai-pantai-nya yang katanya cantik-cantik lho. Sebenernya udah lama pengen main ke sana, cuma karena jaraknya yang jauh jadi males mau berangkat. Tapi entah kenapa kemarin itu saya impulsif banget tiba-tiba pengen kesana dan baru arrange segala hal (penginapan & transportasi) semalam sebelumnya.

Kerjaan saya di Malang berakhir hari Jumat sore, dan sepulang dari lokasi tersebut saya beranjak menuju penginapan yang lebih terjangkau (kerana penginapan 3 hari sebelumnya dibiayai kantor jadi ya hotelnya high class bin mehong gitu). Saya dapet penginapan ini bisa dibilang "sepaket" dengan sewa motor (or sebenernya saya pesen motor dulu dan ternyata mereka punya link ke homestay).

Untuk vendor sewa motor namanya Omah Motorent Malang, sementara homestay-nya bernama Asri Homestay (info lengkap di akhir tulisan). Harganya lumayan terjangkau sih. Untuk sewa motornya Rp70.000/24 jam (dapet helm & jas hujan) dan kamarnya Rp160.000/malam. Homestay-nya nyaman sih. Bangunannya baru, bersih, dan homey. Om dan tante yang punya juga ramah banget dan sangat helpful. So I recommend you to stay there guys.

Asri Homestay

Saya berangkat dari homestay sengaja pagi-pagi banget sekitar pukul 05.30, biar ngga kesiangan sampe pantainya. Secara perjalanan ke sana menurut GoogleMaps memakan waktu DUA jam! Yep. Dan sebenernya saya belum punya tujuan fix mau ke pantai-pantai mana aja di sana. Karena dari yang saya pelajari, pantai-pantai di sana itu sebelah-sebelahan. Jadi untuk sementara, saya mematok satu tujuan dulu yaitu Pantai Goa Cina. Lumayan terkenal sih ini pantai. Dan ternyata ada dua jalur buat ke sana. Satu lewat Turen, satu lagi lewat Gondanglegi. Daripada pusing milih, saya akhirnya nyoba dua rute ini! Berangkatnya lewat Turen, dan pulang lewat Gondanglegi. Toh durasi keduanya hampir sama.

Kalau ambil jalur Turen, kita tinggal ngikutin plang ke arah Pantai Sendang Biru, or simply follow the GMaps or Waze. Apalagi buat yang jalan sendirian alias solo trip kek saya, hehe. Pemandangan di sepanjang jalur ini cakep banget, karena kita akan keluar masuk hutan. Tapi kalo pas jalannya sepi dan ngga ada pengendara lain ya merinding uga sih. Dan harus ekstra hati-hati ya karena jalannya yang naik turun dan berliku, plus banyak lubang!

Singkat cerita, sampailah saya di pertigaan antara ke Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina. Hmm. Tadinya saya ngga ada niat ke Sendang Biru sih, tapi berhubung udah di deket sana, jadi ya udahlah why not mampir sebentar.

Welcome to Pantai Sendang Biru

Saya sampai di Sendang Biru sekira pukul 07.30. Sesampainya di gerbang masuk, kita diharuskan membayar tiket seharga Rp10.000. Sebenernya ditulisannya Rp11.000, tapi mungkin karena muka melas kepandaian saya bersilat lidah, jadinya didiskon serebu.

Pantai Sendang Biru

Saya sempet ngobrol dengan penjaga di sana, soal Pulau Sempu yang kabarnya ditutup untuk umum. Ternyata, sekarang masih bisa dikunjungi lho! Hmm. Padahal dari yang saya baca, Pulau Sempu ini merupakan cagar alam yang semestinya tidak semua orang bisa masuk ke sana. Apalagi tahun 2017 lalu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur pernah mengeluarkan Surat Edaran khusus tentang pelarangan aktivitas wisata di kawasan Pulau Sempu ini.

Menurut penjaga di sana, kita bisa menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Sempu seharga Rp130.000/kapal pulang-pergi dengan kapasitas maksimal 10 orang. Sementara, khusus untuk pengunjung yang ingin ke Segara Anakan di dalam Pulau Sempu, kita diharuskan menggunakan jasa guide dengan harga "paket" Rp260.000 (kapal+guide). Bahkan, kita bisa camping di sana!

Hmm.. saya jadi bingung. Kalau memang statusnya masih cagar alam, seharusnya kita ngga boleh sembarang masuk dong. Harus pake SIMAKSI/surat izin gitu kan. Dan saya rasa, akan lebih bijak memang kalau kita mematuhi peraturan tersebut. Tapi berhubung ternyata masih "difasilitasi" untuk masuk ke sana, jadi ya keputusan kembali ke tangan Anda. But I strongly suggest to hold your desire and obey the rule, guys. Pasti ada alasan kenapa tempat ini dijadikan cagar alam.

Pantai Sendang Biru

Anyway, saya kira di Sendang Biru ini ada pantai yang luas gitu ya. Ternyata engga. Sepertinya memang tempat ini lebih cocok dibilang sebagai pelabuhan. Ada sih, area yang berpasir gitu, tapi ya dikit. Di sini lebih banyak kapal-kapal yang bersandar. Malah ada tempat pelelangan ikan juga.

Kapal-kapal & Tempat Pelelangan Ikan

Para Pemancing

Saya ngga berlama-lama di tempat ini. Habis jeprat-jepret foto bentar, saya lalu beranjak ke tujuan utama, yaitu Pantai Goa Cina. Dan ternyata untuk ke sana kita ngga perlu kembali ke pertigaan awal tadi. Dari dalam Pantai Sendang Biru ini, ada juga jalan ke sana. Tapi lagi-lagi, belum juga sampe ke Pantai Goa Cina, saya ter-distract buat mampir ke salah satu pantai yang lokasinya berdekatan dengan Sendang Biru.

Mau tau pantai apa? Stay tune. :)

Desa Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur

Omah Motorent Malang
Jl. Trunojoyo 80, Malang, Jawa Timur
Telp/WA: 082233287000

Asri Homestay
Jl. Tumenggung Suryo No. 137, Klojen, Malang, Jawa Timur
Telp/WA: 082230147009

Thanks-List:
YOU, for reading this! :)