Kupu-Kupu dalam Lambungku

September 20, 2014

Huaah akhirnya bisa nulis lagi setelah beberapa hari sakit batuk nggak selese-selese & sempet panas naik-turun. Ditambah sakit ‘kanker’ alias kantong kering, sampe mikir-mikir dulu mau beli paketan inet telk*msel yang mahal beut. And kali ini ane mau ngelanjutin postingan kemarin  



Singkat cerita, saya & anak-anak udah nyampe di Jakarta, hari Sabtu 23 Agustus, dini hari. Terus kita nyampe kosan, alhamdulillah, nggak terlalu jantungan karena adek-adek kosan yang waktu itu lagi baik udah bebersih sebelum kita datang. Muach deh buat kamu semua :* Alhamdulillah juga mereka udah pada mau pulkam (libur UAS) jadi kamarnya bisa kita pakai. Aku pun sekamar, dan seranjang, dengan om bulu @wahyuhhs_

Kebetulan, saya dapet lotre TKD (Tes Kompetensi Dasar) hari pertama, Senin 25 Agustus. Jadi waktu saya buat “belajar” cuma tinggal sehari. Hari Minggu. Tapi seperti yang udah saya prediksi, kalo ketemu anak-anak, hampir pasti nggak bakalan bisa beneran belajar. Maunya ngomooong mulu. Yang diomongin juga nggak ngerti apaan. Bukan salah mereka juga. Tapi emang sebenernya nature saya yang nggak bisa belajar kalo nggak di suasana yang sepi. Alhasil, sisa hari menuju TKD itu cuma dibuat bawa UUD & fotokopian ngalor-ngidul, peres-peresan biar nggak malu sama temen-temen yang pada belajar. Yang lebih sering dibaca, teteup, hape.

Hari Minggu sore, saya ada kumpul kelas buat ngebahas pemberkasan. Sekalian reunian juga. Soalnya udah hampir setahun kita nggak kumpul bareng. Ah seneng lah ketemu anak-anak kelas lagi. Yah meskipun nggak semuanya dateng karena waktu itu nggak semuanya stay di bintaro. Geng Introvert pun kurang satu orang.

Malah foto keluarga

Kerempongan TKD dan pemberkasan ternyata banyak menguak sisi lain kehidupan, yang kadang terlewatkan oleh kita. Salah satunya, merek map kertas “Diamond” dan “Biola” yang semakin happening selama permberkasan kemarin. Bagaimana tidak? Warna merah dan biru cerah yang mereka miliki, sangat menarik untuk anak-anak STAN yang TERLALU concern dengan peraturan.

Emang si, kita disuruh masukin berkas-berkas pemberkasan ke map kertas merah dan biru. Tapi ya nggak segitunya juga keles. Sampe merah/biru-nya aja dirempongin. Kalo ane, setia pake map kertas bubur. Yang warnanya merah/biru pudar sepudar-pudarnya, dan buluk sebuluk-buluknya. Tapi toh tetep dilolosin.

Map "Biola" (kiri) & Map "Diamond" (kanan). Yang map kertas bubur pasti udah pada tau lah ya

And akhirnya hari yang ditunggu-tunggu selama hampir setahun pun tiba. Senin, 25 Agustus, pagi, kita sekelas kumpul di air mancur STAN buat berangkat bareng ke kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta Timur. Waktu itu kita naik bis charterannya mbak Riska—yang ternyata cantik, jadi nggak tega marah gara-gara slow respond. Kita sekelas sebenernya dapet kloter TKD ketiga, sekitar pukul 11.00. Tapi biar nggak telat, ditambah jalanan Jakarta yang nggak bisa diprediksi, kita berangkat pukul 8.00. Niat hati udah siap-siap mau bobok di bis, tapi nggak kesampaian karena ternyata pukul 9.00 kita udah nyampe di BKN. Huf.

Gedung Keramat BKN

Begitu turun di BKN, terus jalan ke tempat ujian. Oh Tuhan.... rrrruame nget! Yah gimana nggak rame, orang satu kloter tu ada 95-an anak yang ujian. Banyak anak yang lagi buka-buka buku/fotokopian/rangkuman ato lagi tebak-tebakan Sejarah & pasal di UUD, yang tentunya makin membuat saya jiper. Tapi, ada satu sudut di tempat itu yang lebih bikin horor. Di depan pintu masuk gedung, ada kerumunan orang yang sedang menyaksikan sebuah layar televisi. Bukan GGS atau CHSI yang mereka lihat, tapi mereka sedang melihat live report nilai TKD dari anak-anak kloter 1 yang lagi ujian! Yup, live report! Di layar tivi itu ditampilin list nama peserta TKD dan nilai TKD real-time mereka. Dan posisinya senantiasa berubah seiring perubahan nilai TKDnya. Kalo ada yang jawab bener, berarti nilai mereka naik, dan kemungkinan rank mereka juga naik.

Saya pun memutuskan untuk meninggalkan kerumunan tivi itu dan menuju ke geng and temen-temen kelas. Kita ngobrol-ngobrol menghilangkan grogi sambil teteup... trivia-trivia-an materi TKD. Saya sadar waktu itu saya emang yang least hafal masalah UUD dan Sejarah Indonesia. Jauh di bawah temen-temen kelas dan temen-temen kosan. Jadi kalo mareka tebak-tebakan masalah UUD/Sejarah, definitely saya yang paling nggak ngerti. So I pray, hardly, to God, biar nggak dapet soal UUD/Sejarah yang macem-macem.  

Tapi dari TKD ini saya jadi tau hal-hal unik seputar sejarah kemerdekaan, yang mungkin kita belom pernah tau. Misalnya, permintaan pertama Ir Soekarno setelah menyampaikan pidato proklamasi, yaitu sate ayam 50 tusuk! Atau, pemilik sound system yang disewa buat proklamasi namanya Om Gunawan. Terus juga, kain merah yang dipakai Ibu Fatmawati untuk bendera RI pertama ternyata berasal dari kain tenda penjual soto, sementara kain putihnya diambil dari bahan sprei.
Baru tau kan?


Cecunguk-cecunguk. Sesaat sebelum TKD. Nggak belajar malah poto-poto. Mana potonya serem banget

Ah nggak kerasa kloter dua udah mulai ujian, dan rasa mules semakin menjalar di perut. Ini emang kebiasaan saya kalo lagi nervous. Biasanya sesaat sebelum ujian atau sebelum manggung (nyanyi/drama/main angklung). Tapi mulesnya itu bukan mules kebelet boker. Cuma rasanya ada yang nggremet di dalem perut. Dan akhirnya saya baru tau dari temen kalo mules yang saya alami itu istilahnya “butterflies in our tummy”. Thanks to @abangtegar

Kalo kata wikipedia, “butterflies in the tummy/stomach” adalah sensasi fisik semacam perasaan digelitik/shaking di perut, atau ya mules itu, yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah di daerah perut. Hal ini adalah akibat dari pelepasan adrenalin ketika kita mengalami perasaan grogi/nervous/deg-deg-an. Nah, jadi tambah ilmu kan?

Akhirnya, tibalah waktu kloter tiga buat ujian. Abis kita ngumpulin berkas-berkas, kita pun digiring ke ruangan TKD. Di sana sudah berjajar rapi puluhan komputer yang siap diduduki selama 90 menit ke depan. Walaupun pas daftar online kita udah dapet nomer kursi, tapi ternyata waktu itu kita dibebasin mau duduk dimana. Dan seperti dibimbing Tuhan, saya pun memilih komputer nomor 19.

Sesaat sebelum ujian dimulai itu rasanya udah nggak keruan. Deg-deg-an cuy. Sampe keringetan telapak tangan. Awalnya, kita diputerin video teknis pengerjaan TKD. Karena emang tahun ini, TKD kita, dan buat cpns umum, pake sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadi kita tinggal klik-klik jawaban, terus nilai kita langsung keluar pas udah selesai ujian. Video-nya Cuma sekitar 3 menit-an, dan akhirnya waktu TKD kita pun dimulai. Itu waktu masukin NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) sampe gemeteran ni tangan. Tapi yah, gimanapun TKD harus dihadapi, dan kita semua memulainya dengan bismillah.

Suasana pas TKD

Sembilan puluh menit pun berlalu, dan 30 detik sebelum waktu habis, saya memantapkan hati untuk memencet tombol “Selesai Ujian”. Deg-deg-an-nya setengah mati. Nilai TKD saya pun keluar. Alhamdulillah, anakmu LULUS mak! Nilai saya 403, out of 500. Alhamdulillaaaaah nget. Bener-bener di luar ekspektasi. Terlebih ngeliat persiapan saya yang sama sekali nggak maksimal, dibandingin sama temen-temen lain.

Bukannya sombong atau gimana, tapi waktu itu saya beruntung banget dapet paket soal yang nggak “aneh-aneh”.  Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) & Tes Intelenjensi Umum (TIU)-nya juga masih do-able (bisa dikerjain). I’m really sorry buat temen-temen yang dapet soal yang aneh-aneh, macem soal zaman renaissance, dinasti-dinasti luar negeri, dll. Juga buat temen-temen yang belum lulus, tetep semangat and berjuang buat TKD susulannya! Pasti lulus, guys!


Mak, anakmu lulus Mak!

Pokoknya, saya sangat sangat bersyukur. Dan saya yakin apa yang saya dapet itu semuanya berkat kekuatan do’a. Power of prayer! Mungkin bukan do’a dari saya yang penuh dosa ini. Tapi, pasti itu berkat do’a ibunda tercinta. Berkali-kali saya merasa “diselamatkan” dari berbagai macam ujian/tes berkat do’a beliau. Love you, mom!

Pasca hipokondria TKD :")

Yah gitu deh lika-liku perjalanan saya mulai dari pemberkasan, ujian, sampe akhirnya dinyatakan lulus TKD. Dan kemarin dapet pengumuman kalo saya ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP)! Yeaay. Alhamdulillah. Ternyata terbukti, ceritanya memang harus seperti itu. Awalnya ribet banget ngurusin pemberkasan + segala tetek-bengeknya. Bolak-balik sana-sini. Dan bener-bener stressful. Tapi, alhamdulillah, dengan segala usaha dan do’a yang tak putus, ending-nya insyaAllah membahagiakan. Kita nggak pernah tau rencana Tuhan akan seperti apa. Tapi yang jelas, yang saya percaya, Tuhan adalah arsitek yang sempurna. :)


Post-Story:
Setelah berpusing-pusing belajar dan ujian TKD, saatnya saya & anak-anak KeMPro buat memanjakan diri. Sabtu malam, 30 September, kita semua dinner bareng di salah satu resto terkenal se-anak STAN, Waroeng "SS" (Spesial Sambal), yang tentu menunya mostly sambel yang bikin kita menggelinjang kepedesan dan bikin bibir sexy ala Joly. Pas kita dateng, seperti yang sudah ditebak, udah ruame benget. Kita sampe ada di waiting list. Dan setelah nunggu beberapa saat, barulah kita bisa masuk. Kita pun pesen makan & minum, sambil dengan sangat berhati-hati sekali mengalkulasi berapa total harga pesenan kita. Alhamdulillah, dinner malam itu sangat mengasyikan, menyenangkan, dan mengenyangkan. Biarpun, tetap saja, membuatku miskin seketika, Tengs.








Thanks-List:
ChezBeeperBebe, thestorytellingmom, harnodsnet.comtokoalattuliskantor.com, Portal BKN, googleimage, photographers, for the pics 
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

1 comments

  1. 403. saya TKD besok, takut sih sebenarnya, berharap lulus tahap 1 dengan nilai yang memuaskan. fighting for me

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.