DTSD [EP 03]: Akhirnya Dimulai...

Februari 15, 2016

Senin, 1 Februari pagi sekitar pukul 06.30, saya dan @ahmadhussein28 sudah rapi dan syiap berangkat menuju Pusdiklat (Pusat Pendidikan & Pelatihan) Pajak. Kami udah berpakaian kemeja putih, celana hitam, berdasi, dan membawa tas—jadi ingat zaman kuliah. Kami pun lantas memacu motor meninggalkan kos-kosan. Jalanan Jakarta pagi hari sudah ramai, meskipun belum seramai saat jam kerja. Banyak kendaraan berlalu-lalang di jalan. Semua tampak terburu-buru menuju ke tempat tujuannya masing-masing. Entah ke sekolah, atau ke tempat kerja. Untungnya @ahmadhussein28 tampaknya sudah akrab dengan keramaian ini, jadi dia sudah begitu lihai membawa dan menyelip-nyelipkan motor kami.

Gedung Pusdiklat Pajak Kemanggisan


Sekitar 10 menit, kami sudah ada di depan area Pusdiklat Pajak, tapi kami tidak diizinkan untuk parkir di dalam area tersebut. Jadi, kami harus mencari tempat parkir lain, dan kami memilih untuk menggeletakkan motor kami di parkiran Masjid At-Taqwa, tak jauh dari Pusdiklat Pajak. Kami lalu berjalan kaki sejenak menuju lokasi pendidikan. Dan sesampainya di sana, kami pun berjumpa dengan kawan-kawan semasa kuliah dulu. Seneng rasanya bisa reunian lagi, dan tampaknya diklat ini akan menjadi kesempatan terakhir kami untuk bisa reuni dengan alumni STAN sebanyak ini. Karena setelah ini, kami akan mengambil diklat-diklat yang mungkin berbeda tiap-tiap orang. :’)

Beberapa saat kemudian, kami semua diinstruksikan untuk memasuki aula gedung Pusdiklat Pajak, di lantai 2. Dan seperti diklat-diklat pada umumnya, acara pertama pastilah acara pembukaan sekaligus penyambutan dari pihak penyelenggara. Pada diklat kali ini pun kami masih di kawal oleh pelatih-pelatih dari Kopassus. Jadi, bisa dipastikan kalau setiap pagi, kami akan ada apel pagi. Tapi untungnya, kali ini kami nggak diasramakan, jadi hampir bisa dipastikan tidak akan ada senam pagi & apel malam! Hha.. :D

Setelah gladi upacara pembukaan oleh pelatih dari Kopassus, acara pun dimulai. Tentu saja acaranya adalah sambutan dan ceramah-ceramah dari pihak penyelenggara yang mana saya nggak begitu ngerti apa yang diomongin karena kebetulan saya duduk di belakang, dan sibuk menahan lapar karena belum sarapan. Tapi, alhamdulillah, sekitar pukul 10.00, kami ada coffee-break, jadi bisa mengganjal perut. Setelah coffee-break, acara ceramah pun dilanjutkan kembali sampai sekitar makan siang.
Sebelum makan siang, kami diajak orientasi/pengenalan kampus dengan berkeliling area Pusdiklat. Setelah itu, kami menuju kelas masing-masing, lalu menikmati makan siang bersama di ruang makan. Saya ditempatkan di kelas F (sesuai dengan nama saya. F for Fery, :D *apasih) Dan setelah makan siang dan sholat Dhuhur, acara berikutnya adalah ... langsung pelajaran. Wkwkwk..

Tapi, untungnya pelajaran di dua hari pertama itu adalah Kapita Selekta Soft Competency. Isinya tentang softskill-softskill yang kita mesti praktikkan di kantor. Jadi overall, pelajarannya masih ringan. Yang lebih mengejutkan sebenernya pas di bagiin buku-buku / modul-modul buat pelajaran-pelajaran yang lain! Alamak. Itu pada tebel-tebel bhingitz! Udah nggak suka ama pelajarannya, materinya tebel-tebel pulak. Bijimane nak rangking satu lah awak ini?! Hha. :D Tapi yang lebih jadi pikiran sebenernya gimana caranya saya bawa pulang semua buku ini? Karena saya khawatir beratnya bakal ngelebihin batas bagasi gratis di pesawat. Wkwkwk..


Kapita Selekta w/ Pak Maulia Gita

Begitulah hari demi hari berlanjut. Tiap pagi kami harus apel pagi, kemudian masuk kelas jam 8. Pelajaran “beneran” yang kami pelajari pertama adalah Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan which ini adalah materi dedengkot di perpajakan. Dan modulnya ... setebal 600 halaman, yang mana harus kami habiskan dalam waktu 4 pertemuan sahaja. -_- Mabok mabok deh.

Dan untuk mengurangi stress berlebih, saya & @ahmadhussein28 pun berpelesir pada Hari Senin, 8 Februari, pas libur Imlek. Kami main ke Mall Taman Anggrek, bersama @wahyuhhs_, alumni STAN dari probolinggo juga yang saat ini ditempatkan di Jakarta, di Ditjen Bea Cukai. Kami makan siang bareng di Marugame Udon. Habis itu mau lanjut karokean, tapi setelah naik turun keliling mall nggak ketemu-ketemu tempat karokenya (karena mungkin di MTA emang nggak ada), alhasil kami memutuskan tuk singgah di J.CO Donuts & Coffee dan kembali hedon ngemil-ngemil gantengs XD Sebenernya kami janjian juga sama salah satu kawan kami yang lain, @usmanhamzah1, alumni STAN juga yang saat ini ditempatkan di DJP cabang Bima, NTT, tapi sayang waktu kurang tepat. Dan akhirnya si @usmanhamzah1 mainnya ke kosan saya sama @ahmadhussein28 :D But, anyway, weekend yang menyenangkan lah bisa ketemu dengan rekan-rekan seperjuangan :’)

Reuni Kempro :')

Kelas F, Siap Lulus DTSD!

Sekian, Terima Kasih~
...Bersambung ke Episode 4



Thanks-List:
Photographers, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.