[RECAP] The Amazing Race Asia Season 5: Leg 7 (Philippines - Singapore)

Desember 03, 2016

Leg ketujuh The Amazing Race Asia 5 disiarkan pada 24 November 2016 lalu. Semakin mendekati akhir, persaingan antar peserta makin ketat. Posisi pun dengan mudah berubah. Yang tadinya memimpin tiba-tiba jatuh paling belakang, sementara yang awalnya di belakang tiba-tiba jadi juara. And here’s the recap for the seventh leg!



Kelima tim tersisa terbang dari Bandara Mindoro, Vigan, The Philippines, menuju Changi, Singapore. Sesampainya di sana, tim lalu pergi menuju South East Asia (S.E.A.) Aquarium di Resorts World Sentosa. Tim diharuskan masuk melalui Casino drop-off point. Kelima tim tiba di lokasi dalam waktu yang hampir bersamaan. Clue yang mereka dapat berisi Roadblock. Pertanyaan pengantarnya adalah: “Who’s ready for underwater stroll?” (“Siapa yang siap berjalan-jalan di bawah air?”).

S.E.A. Aquarium

Tantangan yang harus dilakukan adalah salah satu anggota tim harus menyelam ke dalam akuarium (Open Ocean habitat) berisikan puluhan ribu ikan, termasuk leopard sharks dan manta rays. Di dalam tank, anggota tim tersebut harus mencari peti harta karun berisi kartu-kartu bertuliskan nama-nama ikan, kemudian dia memilih satu kartu dan membawanya ke dinding kaca. Anggota tim yang ada di luar akuarium harus menebak satu dari puluhan gambar ikan yang ditempel di dinding yang sesuai dengan nama ikan dalam kartu yang dibawa rekannya. Kalau cocok, penjaga akuarium akan memberikan clue berikutnya. Kalau tim sampai gagal 3 kali menebak, tim harus menunggu sampai tim lain selesai baru mereka bisa melanjutkan. Urutan peserta yang mengerjakan Roadblock ini: Yvonne, Louisa, Maggie, Mike, dan Eric.

Kloter penyelam pertama ada Yvonne dan Louisa. Chloe berhasil mencocokkan gambar dalam percobaan pertama, yakni gambar Unicornfish. Sementara Treasuri gagal menebak sampai 3 kali, yakni gambar Black Blotched Fantail Ray, Harlequin Filefish, dan Yellowfin Tuna. Akhirnya, Louisa harus menunggu giliran tim lain selesai baru bisa mengulangi. Penyelam selanjutnya adalah Maggie dan lagi-lagi berhasil dalam percobaan pertama karena Parul berhasil menebak gambar Lionfish dengan benar. (Ya ini kebangetan aja kalo salah). Kemudian ada Mike, yang juga langsung berhasil setelah JK menebak gambar Leopard Shark (Ini juga dari namanya aja udah bisa dinalar bentuknya kek apa).

Teams at the Roadblock

Penyelam terakhir ada Eric. Dia mengalami sedikit kesulitan gara-gara sepatu kataknya lepas terus. Namun sayang, Rona gagal menebak gambar Saw Fish yang dibawa Eric. Di samping mereka, ada Louisa & Treasuri yang mencoba untuk kedua kalinya. Kali ini, Louisa membawa kartu Leopard Shark, tapi sayang Treasuri masih salah menebak. Giliran Eric lagi, dia membawa kartu Clown Triggerfish, tapi Rona masih juga salah menebak. Kemudian, Louisa kembali mencoba. Kali ini, dengan kartu Lionfish, dan akhirnya Treasuri berhasil menebak gambarnya. Tersisa Eric di belakang. Dia mencoba dengan kartu Bowmouth Guitarfish, dan akhirnya (meski hasil gambling) Rona berhasil juga menebaknya.

Dari sini, tim diharuskan pergi menuju Gardens by The Bay (East) dan berjalan ke arah Skyline Promenade. Di sana, mereka akan menemukan clue yang menyuruh mereka untuk mencari Race flag (bendera warna merah-kuning) yang tersembunyi di salah satu gedung di seberang mereka. Kalau sudah ketemu, mereka harus pergi menuju gedung tersebut untuk mendapat clue selanjutnya. Yvonne & Chloe yang tiba pertama kesulitan menemukan bendera yang dimaksud, sampai akhirnya JK & Mike datang, dan mereka bekerja sama. Bendera tersebut ternyata ada di Gedung OUE Bayfront. Kedua tim ini langsung bergegas menuju ke sana. Sementara di belakang mereka, ada Parul & Maggie dan Treasuri & Louisa. Kedua tim ini tidak bekerja sama, tapi berhasil menemukan bendera dalam waktu yang bersamaan. Akhirnya, tinggallah Eric & Rona di posisi paling belakang dan mereka sangat kesulitan menemukan bendera tersebut.

The Skyline Promenade at Gardens by The Bay

Teams looking for the race flag

Red & yellow route marker at the OUE Building

Sesampainya di rooftop gedung OUE Bayfront, mereka mendapat clue yang memerintahkan tim untuk pergi menuju Singapore Turf Club. Sesampainya di lokasi, tim mendapat clue berisi Detour. Pilihannya adalah “Skate Rat” atau “Drone Hat”. Di “Skate Rat”, salah satu anggota tim harus menaiki skateboard elektrik sambil membawa dua nampan berisi tumpukan kaleng, sementara rekannya menjalankan skateboard tersebut dengan remote control. Jika tim berhasil melewati jalur yang disediakan tanpa jatuh (baik orang maupun kalengnya), mereka akan mendapat clue berikutnya. Kalau gagal, mereka harus mengulang dari awal. Di “Drone Hat”, salah satu anggota tim menjalankan drone dengan remote control dan berusaha mendaratkannya di landasan yang dipakai di atas kepala rekannya. Jika berhasil mendarat, mereka akan mendapat clue berikutnya.

The Singapore Turf Club

Detour option

JK & Mike yang tiba pertama di lokasi memilih DetourDrone Hat”, sementara Yvonne & Chloe di belakangnya memilih “Skate Rat”. Tantangan menerbangkan drone buat yang suka main game sepertinya lebih mudah daripada tugas main skateboard. Terbukti, Yvonne & Chloe berusaha keras untuk bisa mengendalikan skateboard mereka. Sementara, JK beberapa waktu kemudian berhasil menerbangkan dan mendaratkan drone di landasan di atas kepala Mike. Tim asal Singapore ini pun mendapat clue terakhir di leg ini. Clue tersebut berisi pit stop. Yang uniknya, pit stop kali ini “bergerak”! Ya, dia berada di atas bumboat/kapal kecil yang akan berpindah-pindah di antara 3 dermaga di Marina Bay, yakni di Esplanade Jetty, Merlion Park Jetty, atau Marina Bayfront South Jetty. Tim harus mencegat kapal tersebut di salah satu dermaga ini. Kalau terlewat, mereka harus pindah ke dermaga lainnya.



The Jetties

Sementara itu, Parul & Maggie tiba di urutan ketiga di lokasi Detour dan memilih “Drone Hat”. Disusul Treasuri & Louisa yang juga memilih “Drone Hat”. Parul & Maggie sangat kesulitan mengontrol drone mereka dan akhirnye memilih untuk mengganti Detour ke tantangan skateboard . Sementara Treasuri & Louisa tetap bertahan dengan pilihan mereka dan akhirnya berhasil mendaratkan drone tersebut. Tim Indonesia inipun jadi tim ketiga yang berhasil menyelesaikan Detour, menyalip Parul & Maggie.

Teams at the drone Detour

Teams at the skate Detour

Kembali ke depan, JK & Mike yang mendapat clue pertama kali bergerak ke arah Esplanade Jetty, dan beruntungnya mereka kapal pit stop itu sedang berlabuh di sana. Mereka pun menjadi tim yang cek in pertama di leg ketujuh ini. The Singaporean team won in their home-countryGood job guys.

The pit stop at the moving bumboat

JK & Mike won the leg

Di posisi paling belakang, setelah berkeliling tanpa arah di kota Singapore, Eric & Rona akhirnya berhasil menemukan clue di OUE Bayfront. Namun, mereka tidak mampu mengejar ketertinggalannya dari tim-tim lain dan mereka tiba terakhir di pit stop. But, they got a good news! Leg itu adalah pre-determined non elimination leg! Artinya, mereka masih bisa melanjutkan berlomba ke leg berikutnya. Namun, akan ada Speedbump yang menunggu mereka.

Eric & Rona were the last team to arrive but spared elimination

Team Positioning:
#1  JK & Mike, Singapore
#2  Yvonne & Chloe, Malaysia
#3  Louisa & Treasuri, Indonesia
#4  Parul & Maggie, Philippines
#5  Eric & Rona, Philippines

Overall, leg ketujuh ini lumayan seru juga. Apalagi dengan kejutan pit stop yang “bergerak”, itu belum pernah saya liat sebelumnya. Tapi yang ngga terlalu saya suka pas bagian Detour-nya. Entah kenapa pilihan tugasnya kurang greget aja gitu. Anyway, leg berikutnya tim akan kembali ke Indonesia. So, Im so excited! Kita tunggu kehebohan yang terjadi di leg ke-delapan nanti.



FIVE TEAMS REMAIN...

WHO WILL BE ELIMINATED...

NEXT?



Thanks-List:
wikipedia.org, for the info & pic,
YOU, for reading this!

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.