Lampung Escape [Ep. 03]: Fun at Pahawang

April 24, 2017

Jumat, 14 April, saya bangun sekitar pukul 02.00 dini hari. Sesuai rencana, hari itu saya akan bertolak ke Pahawang. Dan seperti yang saya ceritain sebelumnya, buat ke Pahawang ini saya join salah satu travel agent, namanya Funtrip, dan mereka berangkat dari Jakarta sekitar tengah malam dan perkiraan sampai di Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 03.00. Alhamdulillah, mereka mau nerima saya yang booking seat pada saat-saat terakhir. Dan untuk trip ke Pahawang ini mereka mematok harga Rp400.000-an, include sewa kapal, penginapan, dan makan, cuman exclude sewa snorkel, goggles, dan fin.

Saya nunggu di pelabuhan sampai sekitar pukul 04.00, baru akhirnya temen-temen dari Jakarta datang. Ternyata yang ikut trip lumayan banyak juga. Cuman dari hasil ngobrol-ngobrol, rombongan yang jumlahnya banyak itu mereka private trip dari satu perusahaan. So, yah, mereka tentu bikin “geng” sendiri. Sementara yang “officially” ikut open trip cuman sembilan orang, terdiri dari empat couple dan seorang jomblo (thats me, hiks, wkwk..). But I’m fine with that. Dan untungnya mereka orangnya asik-asik, jadi kita bisa cepet akrab, dan kita pun bikin geng tandingan dari si corporate tadi, hahha... Setelah ketemuan di pelabuhan, kami langsung bergerak menuju Pelabuhan Ketapang, tempat kita nyeberang ke Pahawang, dan perjalanannya memakan waktu sekitar... I dont know... mungkin 2—3 jam ya. Saya banyakan tidur di jalan sih, hehhe..

Kami sampai di Pelabuhan Ketapang sekitar pukul 07.00/08.00. Suasana di sana lumayan rame, mungkin karena mau long weekend juga, jadi banyak wisatawan yang mau main ke Pahawang. Begitu sampai, kami sarapan dulu, baru kemudian ganti baju (karena mau langsung nyebur). Sekitar pukul 09.00, kapal yang akan kami tumpangi siap, dan kami pun berangkat meninggalkan Pelabuhan Ketapang.

We're ready to go...

Ahh... it was so beautiful. Sepanjang perjalanan, kita dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik. Laut biru luas, dengan background pulau-pulau kehijauan. Udah lama banget rasanya ngga melihat “gambar” seindah itu. Dan laut, entah kenapa, seperti punya kekuatan magis dan selalu berhasil menghipnotis saya. Ya meskipun saya ngga bisa berenang, wkwk...

The scenery along the way

Perlahan, kami mulai dikelilingi oleh pulau-pulau kecil. Dan beberapa menit kemudian, kapal kami pun bersandar di sebuah pulau yang menjadi destinasi pertama kami. Pulau Kelagian Lunik, namanya.

Kelagian Lunik Island

Tempatnya indah banget, apalagi kalau kita menghadap ke laut. Beh, instagram-able lah kalau kata anak sekarang. Tapi waktu itu, kami ngga keliling lama di pulau tersebut, karena tujuan utama kami adalah pengenalan dan percobaan alat-alat snorkeling. Untungnya di geng saya, ada yang udah pernah snorkeling jadi bisa berbagi ilmu dan pengalaman. Tapi ternyata, ada juga yang baru pertama kali snorkeling, jadi ya alhamdulillah, saya ngga ngerasa “cupu” sendirian, wkwk..

Pretty, right? (Not the person of course, wkwk)

Sekedar informasi, ini adalah PERTAMA KALI saya snorkeling, dan sebagai catatan penting, saya NGGA BISA berenang SAMA SEKALI! Tapi ternyata, snorkeling bisa banget kok buat orang yang ngga bisa berenang. Dan saya bakal bagi tips and trick-nya di posting-an tersendiri (sok-sok an banget ya, padahal penuh drama kemarin, wkwk..)

We were trying our gears

Our happy faces

Singkat cerita, setelah kami pemanasan pakai alat-alat snorkeling-nya, kami kembali ke kapal dan bergerak menuju spot snorkeling yang sesungguhnya. Huhuhu, saya deg-deg-an sih waktu itu. Waktu percobaan di pantai tadi sih fine-fine aja ya, apalagi masih cetek juga airnya. Tapi pas nyampe di lokasi snorkeling-nya... wedew, sirna sudah ke-fine-an tadi, hahha...

Our first snorkeling spot

Nggak keliatan cyin dasar lautnya. Temen-temen yang lain udah pada nyebur aja dari kapal. Sementara saya, ada kali 10 menit-an buat ngumpulin keberanian, baru berani nyebur, hahha.. Itupun berkat dukungan dan bujukan dari rekan-rekan sekalian. Thanks gaes!

Nyeburrr~
(courtesy of funtripstour.com)

Pertama kali masuk laut, langsung heboh sendiri. Panik ngga ketulungan.Tapi sekali lagi, berkat bantuan teman-teman yang budiman, alhamdulillah, sedikit-sedikit mulai bisa tenang. Dari yang pertama belajar mengapung sambil telungkup, terus mengepak-kepakkan fin, sampai yang terpenting memakai snorkel dengan benar, ya meskipun tetep sesekali keminum air laut. Tapi yang paling susah, dan masih bikin saya panik, adalah berubah posisi dari telungkup ke berdiri. It was like, I didnt have control of my body, wkwk.. Tapi ya lama kelamaan, akhirnya saya bisa menikmati kegiatan snorkeling dan pemandangan bawah laut.

It was so beautiful. Pertama kalinya ngeliat alam bawah laut dengan mata kepala sendiri. Cuman emang di spot yang pertama ini, ikannya tidak terlalu banyak dan variatif. Tapi temen saya sempet nemuin “Nemo” (Clownfish/Ikan Badut). Nah, yang jadi main attraction di tempat ini adalah tulisan “Pahawang” yang ada di dasar laut. Jadi kita semua berganti-gantian buat foto underwater di tulisan itu. Saya sendiri juga ikutan nyoba, tapi tetep pake drama. Soalnya kudu lepas pelampung, padahal saya ngga bisa renang sama sekali. Tapi alhamdulillah, berkat bantuan mas guide lokal (lupa namanya) yang sudah berjasa untuk mendorong saya ke bawah dan narik ke atas lagi, saya bisa foto juga meskipun hasilnya pas-pas an, haha..

Underwater pic
(courtesy of funtripstour.com)

Next, puas snorkeling ria, kami kembali ke kapal, kemudian bergerak menuju tempat menginap. Lokasinya di Pulau Pahawang Besar. Setelah makan siang dan istirahat, kami lanjut lagi ke spot snorkeling berikutnya, yang mana jadi salah satu primadona di sini, yaitu “Taman Nemo”. Sesuai namanya, di tempat ini kita bisa menemukan lebih banyak ikan “Nemo” dan ikan-ikan lain yang lebih variatif. Cuman waktu itu, yang ikut ke “Taman Nemo” jumlahnya sedikit. Kalo geng open trip sih masih lengkap, cuman dari geng corporate itu yang ikut tinggal 5 orang-an kayaknya. Maklum lah ya, pesertanya rata-rata bapak-bapak dan ibu-ibu yang mungkin sudah kelelahan setelah snorkeling pertama. So, yah, kalau buat saya sih, asik juga kalo ngga terlalu rame, hehe...

Our second snorkeling spot

Sekitar setengah jam membelah lautan, akhirnya kami sampai si lokasi Taman Nemo. Di sana ternyata udah banyak kapal dan wisatawan yang berkumpul. It was a little bit crowded. Udah kek pasar apung. Pasti gara-gara long weekend, jadi banyak yang liburan ke sini. Saya sama anak-anak langsung aja nyebur, terus keliling buat cari spot “Nemo”-nya. Dan bener sih, alam bawah laut di tempat ini lebih cantik dari yang sebelumnya. Lebih banyak ikan warna-warni dan karang-karang berbagai rupa.

Aww pretty, and cute "Nemo"s

Ada satu spot yang jadi konsentrasi para wisatawan, yaitu tulisan “Taman Nemo” di bawah air. Dan otomatis, semua nunggu giliran buat foto underwater. Memang, di sekitar tulisan ini banyak banget ikan “Nemo”-nya. Dan tempatnya itu kayak udah ditata sedemikian rupa biar jadi taman bawah air *cmiiw*. It was beautiful. Cuman saya ngga berani buat foto underwater di sini karena lumayan dalem tulisan “Taman Nemo”-nya itu. Ada kali 5 meter-an. Dan kalau mau ke bawah, (buat yang ngga mahir renang) bisa narik tali yang dipasang dan ditambatkan di tulisan tersebut. Tapi saya ngga berani deh. Mungkin ke bawahnya bisa, tapi mau baliknya ke atas, gimana? Wkwk.. Maybe next time, kalo saya udah bisa renang beneran.

Aww so many Nemo's and other fishes

Saya akhirnya keliling-keliling aja di sekitar tempat itu. Alhamdulillah udah bisa snorkeling dengan tenang. Tapi entah kenapa, ketika sedang asik berenang, terus ketemu palung/ceruk yang dalem, saya jadi jiper dan panik sendiri. Haha.. Dan satu hal lagi yang saya sayangkan, saya ngga bisa melihat pemandangan bawah laut denga jelas karena mata saya minus. Tapi temen saya ada lho yang punya goggles minus. Wew, I should buy that maybe.

I met this little guy before jumped back to boat

Menjelang sore, kami mengakhiri sesi snorkeling kami, lalu bergerak menuju Pulau Pahawang Kecil. Di sini, kebetulan waktu itu sedang surut, kita bisa berjalan-jalan menyusuri pasir timbul yang cukup panjang, sambil tentu saja berfoto ria. Selain itu, di sini kita juga bisa menaiki permainan banana boat dan “donat” boat, haha, ngga ngerti namanya tapi bentuknya kayak “donat” bulet besar. Saya sama anak-anak nyoba naik “donat” ini. Dengan harga Rp30.000-an, kami dibawa berkeliling sambil dipontang-panting kesana-kemari selama kurang lebih 10 menit. Bentar banget sih, but it was fun.

Pasir timbul

Yeehaw, we ride the donut!

Lots of group shots

Apalah

We met this cute local "resident"

Matahari pun perlahan kembali ke peraduannya. Menemani kami yang, sekali lagi, membelah lautan pun untuk kembali ke peraduan kami. Hanya secuil kecil rasa lelah yang saya rasakan. Sebagian besar tergantikan dengan kehagiaan dan kedamaian. Saya dan teman-teman duduk di atap kapal. Menikmati pemandangan matahari terbenam, serta semilir angin yang sedikit demi sedikit mengeringkan tubuh basah kami. Ah... that was so peaceful. Salah satu momen paling nyaman yang pernah saya rasakan. Saya bersyukur masih diberi nikmat sehat, nikmat hidup, untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan. This makes me feel like... I WANNA TRAVEL FOREVERRR!

Embrace the sunset

Malam harinya, kami bersantai di penginapan, sambil makan malam, terus lanjut main kartu. It was fun. Meskipun saya sendirian di antara para couple ini, hahha.. But yeah, I’m grateful to travel with them. Menjelang tidur, kami masih makan lagi ikan bakar dari travel agent kami, baru kemudian acara pelepasan lampion, tapi sayang saya ngga ikut karena udah tepar, wkwk..

Keesokan hari adalah hari terakhir perjalanan kami di Pahawang, sekaligus hari terakhir saya di Lampung. Dan perjalanan pulang itu diwarnai berbagai halangan dan cobaan buat saya. So, stay tune!