Berjalan Bersama Para Musafir

Januari 19, 2014

Ollooo Friends!

Sekarang saya mau cerita tahun terakhir kuliah di STAN neh. Yap, that was my last grade, Tingkat Tiga! Saya ditempatin di kelas 3-AF. Kelasnya jauh banget dari yang tingkat 2 which is “C” ke “AF”, haha but that didn’t affect on anything actually.




Inget banget waktu hari pertama mau masuk kelas, gedung ape gitu lupa yang jelas di lantai tiga, sempet mampir kamar mandi cuma buat ngaca doang sama ngerapihin rambut, niatnya bikin first impression yang paripurna. Dari kamar mandi udah dah langsung jalan ke kelas sambil masang muka ter’ramah’, nyalamin anak-anak dalem kelas satu-satu sambil introduce nama. Then, langsung ambil tempat duduk di lokasi favorit,  ga terlalu depan ga terlalu belakang yang penting deket jendela! Hari pertama itu, biasa lah pilah-pilih ketua kelas sama perangkatnya, with a li’l bit of derama, voting, sama eliminasi2. And nickname kelas kita: “Musafir” yang kepanjangannya sebenernya saya ga ngerti maksudnya: “MUngkin sudah saatnya 3AF Ikut Reformasi” (apa banget dah nama ini, ga ngerti saya)

Ada sedikit cerita sebenernya dibalik pemilihan nickname itu. Jadi, awalnya nama kelas kita tu bukan “Musafir”, tapi “Maaf Ya” (yang lagi2 saya ga paham maksudnya). Setelah beberapa bulan bertahan dengan nama ini, kejadian2 mistis mulai terjadi di kelas kami. Di mulai dari saya sendiri. Di awal tingkat waktu itu, aku sama temen2 tingkat 2 ngadain makrab season 2. Tempatnya deket, di Puspitek. Di situlah terjadi kejadian yang pertama kali kualami seumur hidup. I broke my hand! Gara2 jatoh pas main kejar2an. Agak silly emang dan sumpahlah waktu itu takut banget. Akhirnya saya langsung dibawa ke rumah sakit, terus di perban, di-rontgent, dan harus menjalani peng’urut’an secara berkala di Haji Na’im (wellknown ‘urut’ master in JKT) untuk me-recover tulangku . Udah kan ya. Selang beberapa minggu dari itu, kejadian serupa kembali terjadi. Kali ini menimpa temen saya cowok, si “C” (disamarkan demi privasi). Kalo ga salah, dia ditabrak di jalan raya deket kampus pas lagi naik sepeda. Waktu itu dia kondisinya lebih parah dari saya, tangannya kanan kiri patah (kalo ga salah). Pokoknya pas liat hasil rontgen-nya jadi merinding saya. Akhirnya dia di bawa ke meja operasi. Nah, beberapa minggu kemudian, lagi-lagi kejadian serupa kembali terjadi! Kali ini korbannya temenku cewek, si “A”. Somehow, dia pas lagi jalan/lari tiba2 jatoh dan kakinya dislokasi (geser dari tempatnya semula), dan harus melakukan peng’urut’an juga. Katanya sih pas itu dia lagi kejar2an sama cowok. Akhirnya setelah kejadian2 mistis ini, kita jadi mikir mungkin nama “Maaf Ya” membawa peruntungan yang kurang baik buat kelas kita (Indonesia banget ya, percaya sama gituan)  Jadilah setelah kita voting, terpilih nama “Musafir” itu. Terdengar sedikit islami ya, jadi semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, amin.....

Nah, di tingkat tiga ini, anak2nya lumayan beragam asalnya. Yang dari luar Jawa, ada dari Lampung, dari Palembang, dari Makassar, malah ada yang dari Papua (tapi sukanya ngaku2 JKT *peace*). Dan menurutku, kuliah di tingkat tiga ini sedikit agak beda dari 2 tahun sebelumnya. Kata kakak2 tingkat sih bisa santai2. Tapi apaan dah orang sama aja. Palingan yang bikin agak menarik itu dari segi mata kuliahnya. Ada matkul “Budaya Nusantara”, itu isinya kita belajar budaya2 di Indonesia. Mungkin tujuannya buat bekal penempatan kaliya, secara kita bakal ditempatin di seluruh Indonesia! Jadi pas kuliah BudNus itu, kita cuma presentasi gantian tentang budaya2 lokal. Selain baca materi, kita juga ada nari, drama, dan yang paling fun ada yang bawa makanan khas daerah yang lagi dibahas. Kelompokku waktu itu dapet budaya Bali sama Tionghoa. Nah, selain BudNus, ada pelajaran yang juga menarik namanya “Kapita Selekta Pengembangan Kepribadian” (KSPK). Matkul ini mostly isinya motivasi2 gitu, sempet juga ada table manner, cara duduk, cara berdiri, cara jalan, cara berpakaian, pernah juga ada project kegiatan sosial, ada games2 kekompakan juga, pokoknya seru dah.




Di samping kuliah, lumayan banyak juga acara kampus yang kita ikutin bareng2. Ada lomba2 kek summer games gitu, lomba akustik, lomba drama, tapi sayang ga ada yang menang. Tapi, highest achievement sih pas lomba drama. Kita masuk final dan dapet juara tiga, which is juara terakhir cz di final cuma ada 3 peserta (TOP 3). Awalnya pas audisi kita sama sekali ga nyangka kalo bakal lolos, secara waktu itu ada dua lomba sekaligus, paduan suara sama drama. Kita fokus di padus, sementara latian dramanya so so aja. Eh, malah dramanya yang lolos, padusnya enggak. Jadilah kita latian lagi dan kali itu lebih serius! Pas audisi kita bawain cerita “Roro Jonggrang” terus buat final kita bawain cerita “Nyi Roro Kidul” (tema acaranya emang kebudayaan Indonesia). Wuih, pas itu latian udah ga ngerti lagi dah capeknya kek mana. Hampir tiap hari pulang malem. Belom nyiapin koreo, kostum, properti2, sound, dll. Hasilnya kita juara tiga, (tapi sempet dapet kabar kalo sebenernya kita juara satu looh :P) but anyway thats NOT the point! Apapun hasilnya saya tetep seneng cz dengan adanya acara kek gitu kita jadi bisa lebih deket satu sama lain. Kita bisa belajar bekerja sama, menghargai & menghormati orang lain, belajar sabar dan ikhlas, sama belajar menghargai waktu. Sampek sekarang saya masih inget banget saat2 menyenangkan itu. Menang memang penting, tapi pertemanan dan kebersamaan itu jaaaaaaaauh lebih penting!



Selain acara2 kampus, kita juga lumayan sering bikin acara sendiri. Kayak karokean bareng di Inviz/Happup, kongkow + main kartu + bergunjing sampek malem di Sevel (pernah maen mafia2an sampek jam setengah empat pagi! :P), dan yang cukup fenomenal adalah kompetisi memasak Chefkiprit! Di kompetisi ini kelas kita dibagi kelompok2 gitu, terus lomba masak, waktunya dari pagi sampek sore. Nah, sorenya itu dijuri plus kita makan bareng2 hasil masakan kita. Wuw, seru banget dah pokoknya! Kita juga pernah jalan-jalan ke Kota Wisata Cibubur dalam rangka photoshoot foto Buku Angkatan...


Kita juga ngadain makrab lho. Kali ini teteup kayak tahun2 lalu, makrabnya di puncak, Bogor. But this time harus kuakui vila yang kita pake makrab itu paling oke dari semua vila pas makrab2ku sebelumnya. I can say  vilanya lebih elegan, comfy, dan yang paling okeh di depannya ada danaunya! Yaa, walopun cuma semalem, walopun ga ikut semua, dan walopun pulang makrab langsung kuliah, but still it was REALLY fun and memorable...

Yeah well di tingkat ini saya lebih fokus sama kuliah, kegiatan di samping kuliah udah ga begitu banyak. Saya uda retire dari choir, uda ga ngikut2 panitia apapun cuma jadi penikmat acara2 yang dibikin sama temen2 aja, palingan sesekali ada manggung angklung, dan inget banget perform angklung kita untuk yang terkahir kalinya pas acara Fesbudnus (Festival Budaya Nusantara). Saya bakal kangen rasanya berdiri di panggung, gimana beratnya latian, sama keplok2 penonton.

Di akhir masa2 tingkat 3 ini, kita ada yang namanya Studi Lapangan ato PKL. So kuliah kita itu ga full 2 semester. Sebagian waktu di akhir kita pake buat Stulap sama bikin laporannya. Dan stulap ini jadi pengalaman yang menyenangkaaaaan! Selain karena Stulap-nya di Kantor Pajak deket rumah, kita juga bisa tau dan nyobak langsung kerjaan2 di kantor pajak. Kita stulapnya dari tanggal 24 Juni sampek 26 Juli 2013. Pas pertengahan stulap itu barengan sama bulan Ramadhan. Seneng yah bisa puasa-an di rumah. Tapi gak senengnya, H+2 Idul Fitri saya harus balik ke JKT buat ngurusin laporan! Nyeseeek beut, mana pas itu di sekitar kosan ga warteg yang buka. Alhasil pengeluaran pun membengkak, di perparah harga2 makanan yang melonjak.

Well then status saya sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara akan berakhir tanggal 10 Oktober 2013 saat wisuda (or actually saat yudisium) Gak kerasa juga tiga tahun sudah saya kuliah di kampus tercinta ini (resss). Banyak pengalaman-pengalaman menarik yang saya alami di sini, ketemu mata pelajaran baru, ketemu dosen2 dengan berbagai watak dan tingkah laku, ketemu temen2 baru sahabat2 baru sodara2 baru keluarga baru, ketemu pejabat2, sampek ketemu artis2

Selepas dari sini, kita akan melanjutkan hidup dengan pilihan-pilihan yang telah kita tentukan sendiri. Kita akan melangkah pada jalur-jalur kehidupan yang berbeda satu sama lain. Apakah jalur suatu hari itu akan saling bertemu satu sama lain, tidak ada yang tahu... Saya percaya beberapa dari kita pasti akan ada yang melesat mendaki tangga karir hingga setinggi mungkin, beberapa yang lain ada yang berjalan dengan santai, beberapa lainya mungkin akan mendaki tangga karir yang sama sekali berbeda dari apa yang kita pelajari selama kuliah. Rencana-rencana yang kita susun memang indah, tetapi aku percaya rencana Tuhan jaaauh lebih indah. Tuhan adalah arsitek yang sempurna!

Saya berharap suatu saat kita dapat bertemu kembali dalam keadaan yang jauh lebih baik dari hari ini. Mungkin di antara kita ada yang udah jadi pejabat, menteri, direktur, pengusaha, ibu rumah tangga, PNS, pegawai swasta, atau artis mungkin. Well jadi apapun kita di masa depan aku harap tidak mengubah kepribadian & jati diri kita (kecuali menjadi lebih baik) serta tidak mengubah hubungan persaudaraan yang telah kita jalin selama ini. So, selamat jalan saudara2ku! Selamat menempuh hidup baru....
Jika suatu saat kamu merasa lelah untuk melangkah, just take a little rest and recall our wonderful memories... mungkin ga akan membantumu menggapai puncak karir, tapi mungkin akan membantu mengembalikan semangatmu! :)


Kalo jaman-jaman SMA biasanya isi sms friendshipnya kan kayak gini nih: “During our friendship, there will be times you won’t see me beside you. Don’t you think I left you behind, I just choose to walk behind you so I can catch you when you fall...”
Klise, tapi begitulah adanya. Terus jadi inget lagunya Vitamin C – Graduation pas jaman SMP:

As we go on, we remember

All the times we had together

And as our lives change, come whatever

We will still be, Friends Forever....


Sekian, terima kasih~




Thanks-List:
Musafir (3AF Akuntansi STAN), for the inspiration
Photographer(s), for the pics &
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. We will still be friends forever.

    BalasHapus
    Balasan
    1. of course Cah! hahahah...
      eh namamu tak samarin kok di sini, hehehe ^^v

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.