Diary Prajab [Ep 02]: Aktualisasi
Juli 05, 2015
Hari Selasa, 2 Juni,
ane sama anak-anak Prajab balik ke rumah lokasi OJT masing-masing. Ane
sama anak-anak yang turun di Juanda, Surabaya, dapet satu pesawat barengan.
“Dapet” lho ya bahasanya (tiketnya dibeliin panitia, hehe). Dan lagi, perjalanan kita
didukung oleh Citilink Indonesia, penerbangan pagi sekitar pukul 7/8. Itu
pesawat udah kayak punyanya anak STAN. Bayangin aja sepesawat isinya sekitar
100an anak STAN semua. Singkat cerita, ane udah nyampe rumah (Probolinggo)
sekitar tengah hari, terus langsung tepar. Sedih. Kenapa esok hari langsung masuk
kantor. -_-
Di Tahap Aktualisasi
ini, ane berencana ngambil 7 kegiatan aja. Nggak banyak-banyak. Anak-anak yang
lain ada 8, 9, bahkan 10 kegiatan. Mungkin mereka mengincar predikat Prajab 1.
Ane sih ga minat. Yang penting selesei, lulus, beres. Rencana kegiatan ane
selama Aktualisasi ini, yakni:
(1) Mengadministrasi Surat Masuk (Sie. Penagihan)
(2) Mengekspedisi Surat Keluar (Sie Penagihan)
(3) Membuat Surat Jawaban Konfirmasi Utang Pajak (Sie. Penagihan)
(4) Digitalisasi Berkas (Sie. Penagihan)
(5) Mengorganisasi Berkas di Gudang
(Sie. Penagihan)
(6) Merekap Buku Tabungan/Rekening Koran (Fungsioal Pemeriksa)
(7) Mengikuti In House Training
(IHT)
Kalo diliat, sebagian
besar rencana kegiatan ane ada di Seksi Penagihan, soalnya emang di Seksi inilah
ane sering “nongkrong”, hehe… Kebanyakan temen ane milih Seksi Pelayanan, kek
nerima permohonan NPWP, dsb. Karena alasan menghindari crowded serta menghindari variabel yang berubah-ubah (kalo kita
berhadapan sama WP), dan biar enggak mainstream
(meskipun kegiatannya mainstream-mainstream
juga) ane step aside & milih
kegiatan-kegiatan di Seksi lain.
Kita disuruh bikin
laporan dalam bentuk form-form. Ada Form
1 yang isinya nama kegiatan, nilai ANEKA yang kita angkat, sama uraian
kegiatan. Jadi misal ane praktek kegiatan Administrasi
Surat Masuk, terus ane ngangkat nilai Akuntabilitas,
uraiannya: “Saya akan menyampaikan Surat
Masuk kepada penerima dengan meminta paraf sebagai bukti”. Berikutnya ada Form 2, isinya lebih rinci dari Form 1.
Jadi per-kegiatan itu, dirinci lagi per-nilainya, ditambah dengan teknik yang
dipakai, sama uraiannya yang dirinci lagi jadi langkah-langkah, hasil,
sama manfaat. Yang agak menggelikan
sebenernya teknik-teknik yang kita pake buat aktualisasi. Karena tekniknya
nggak boleh sama, jadi kita muter otak nyari nama-nama teknik. Pfffft. Jadilah
itu ada Teknik Kecermatan, Teknik Ketelitian, Teknik Kehati-hatian, Teknik
Step-by-Step, Teknik Ketelatenan, dan teknik-teknik kreatif lainnya.
Form 1
Form 2
Nah, selain Form 1
& 2, ada juga Form 3. Ini isinya
sebenernya sama aja kek Form 2 cuman dibentuk kotak-kotak. Selain itu, ada juga
Form Pengendalian Coach sama Form Pengendalian Mentor. Oiya, selain
disuruh bikin uraian-uraian itu, tiap kegiatan/nilai yang kita lakuin itu harus
disertain bukti. Bisa berupa foto, video,
atau surat pernyataan. Di sinilah sebenernya proses yang paling ribet. Melebihi
dari ngerjain kegiatan dan bikin uraian-uraian laporan. Dan di sinilah pula tempat
terjadinya penchitraan-penchitraan yang dilakukan
semata untuk keperluan pengambilan gambar.
Form 3
Form Bukti
Selama Aktualisasi,
ternyata ane nemuin kendala. Pertama, kegiatan ke-7 ane (Mengikuti IHT) sempet
dikritik sama coach & penguji
ane. Mereka pengen kalo ane nggak cuman duduk cantik dan dengerin/ngikutin IHT
aja. Kalo bisa, ane disuruh ikut persiapannya juga, kayak persiapin peralatan,
jaga absen, dll. Karena agak khawatir sama kelangsungan kegiatan ini, ane
berencana ganti kegiatan. Dan kebetulan, tanggal 6-7 Juni lalu, kantor kita
ngadain ICV/Internal Corporate Value (acara untuk mempererat kebersamaan
pegawai) di Batu, Malang. Kebetulan ane ditunjuk jadi salah satu MC-nya. Nah, kesempatan
bagus buat cadangan kegiatan aktualisasi ane. Eh lah dalah, tanpa dinyana, Tuha berkehendak lain. Ane jatuh sakit
hari Jumat, sehari sebelom ICV. Sampe akhirnya baru masuk kantor lagi hari
Rabu, 3 Juni. Daaaan masalah lain pun datang saat ternyata IHT yang biasanya diadain
tiap Rabu, hari itu DITIADAKAN! Heft… Akhirnya, mau nggak mau, ane ganti kudu kegiatan
& ane milih Merekam SPT Masa (Sie
Pengolahan Data & Informasi/PDI) sebagai kegiatan ke-7.
Aktualisasi dengan Teknik Penchitraan
(maafkan model yang tidak fotojenik)
Kesemua form dan
bukti-bukti tadi dibendel jadi satu laporan, terus dicopy 4 rangkap. Satu buat
kita, satu buat Sekretariat (panitia Prajab), & 2 buat coach & penguji. Nah, selain disuruh bikin laporan, yang
penting lagi kita disuruh bikin presentasi buat Tahap Evaluasi. Pas balik ke
asrama nanti, kita akan menyajikan & menjelaskan kegiatan-kegiatan yang
udah kita kerjain beserta bukti-buktinya juga.
Laporan Aktualisasi
Dan nggak kerasa 2,5
minggu pun berlalu. Ane sama anak-anak Prajab lain harus balik ke Jakarta lagi.
Kita bisa milih mau berangkat tanggal 20, 21, ato 22 Juni. Dengan tiket pesawat
yang ditanggung panitia juga tentunya. Ane milih berangkat tanggal 22 biar
sorenya bisa langsung masuk asrama. Daaaan yang spesial pas Evaluasi ini adalah
berbarengan sama Bulan Ramadhan.
Yeay! Kita bakal buka & sahur bareng di asrama. :D And that was fun!
Pokoke...
0 comments