Diary Prajab [Ep 02]: Aktualisasi

Juli 05, 2015

Hari Selasa, 2 Juni, ane sama anak-anak Prajab balik ke rumah lokasi OJT masing-masing. Ane sama anak-anak yang turun di Juanda, Surabaya, dapet satu pesawat barengan. “Dapet” lho ya bahasanya (tiketnya dibeliin panitia, hehe). Dan lagi, perjalanan kita didukung oleh Citilink Indonesia, penerbangan pagi sekitar pukul 7/8. Itu pesawat udah kayak punyanya anak STAN. Bayangin aja sepesawat isinya sekitar 100an anak STAN semua. Singkat cerita, ane udah nyampe rumah (Probolinggo) sekitar tengah hari, terus langsung tepar. Sedih. Kenapa esok hari langsung masuk kantor. -_-





Di Tahap Aktualisasi ini, ane berencana ngambil 7 kegiatan aja. Nggak banyak-banyak. Anak-anak yang lain ada 8, 9, bahkan 10 kegiatan. Mungkin mereka mengincar predikat Prajab 1. Ane sih ga minat. Yang penting selesei, lulus, beres. Rencana kegiatan ane selama Aktualisasi ini, yakni:

(1) Mengadministrasi Surat Masuk (Sie. Penagihan)
(2) Mengekspedisi Surat Keluar (Sie Penagihan)
(3) Membuat Surat Jawaban Konfirmasi Utang Pajak (Sie. Penagihan)
(4) Digitalisasi Berkas (Sie. Penagihan)

(5) Mengorganisasi Berkas di Gudang (Sie. Penagihan)
(6) Merekap Buku Tabungan/Rekening Koran (Fungsioal Pemeriksa)
(7) Mengikuti In House Training (IHT)

Kalo diliat, sebagian besar rencana kegiatan ane ada di Seksi Penagihan, soalnya emang di Seksi inilah ane sering “nongkrong”, hehe… Kebanyakan temen ane milih Seksi Pelayanan, kek nerima permohonan NPWP, dsb. Karena alasan menghindari crowded serta menghindari variabel yang berubah-ubah (kalo kita berhadapan sama WP), dan biar enggak mainstream (meskipun kegiatannya mainstream-mainstream juga) ane step aside & milih kegiatan-kegiatan di Seksi lain.

Kita disuruh bikin laporan dalam bentuk form-form. Ada Form 1 yang isinya nama kegiatan, nilai ANEKA yang kita angkat, sama uraian kegiatan. Jadi misal ane praktek kegiatan Administrasi Surat Masuk, terus ane ngangkat nilai Akuntabilitas, uraiannya: “Saya akan menyampaikan Surat Masuk kepada penerima dengan meminta paraf sebagai bukti”. Berikutnya ada Form 2, isinya lebih rinci dari Form 1. Jadi per-kegiatan itu, dirinci lagi per-nilainya, ditambah dengan teknik yang dipakai, sama uraiannya yang dirinci lagi jadi langkah-langkah, hasil, sama manfaat. Yang agak menggelikan sebenernya teknik-teknik yang kita pake buat aktualisasi. Karena tekniknya nggak boleh sama, jadi kita muter otak nyari nama-nama teknik. Pfffft. Jadilah itu ada Teknik Kecermatan, Teknik Ketelitian, Teknik Kehati-hatian, Teknik Step-by-Step, Teknik Ketelatenan, dan teknik-teknik kreatif lainnya.
Form 1

Form 2

Nah, selain Form 1 & 2, ada juga Form 3. Ini isinya sebenernya sama aja kek Form 2 cuman dibentuk kotak-kotak. Selain itu, ada juga Form Pengendalian Coach sama Form Pengendalian Mentor. Oiya, selain disuruh bikin uraian-uraian itu, tiap kegiatan/nilai yang kita lakuin itu harus disertain bukti. Bisa berupa foto, video, atau surat pernyataan. Di sinilah sebenernya proses yang paling ribet. Melebihi dari ngerjain kegiatan dan bikin uraian-uraian laporan. Dan di sinilah pula tempat terjadinya penchitraan-penchitraan yang dilakukan semata untuk keperluan pengambilan gambar.

Form 3

Form Bukti

Selama Aktualisasi, ternyata ane nemuin kendala. Pertama, kegiatan ke-7 ane (Mengikuti IHT) sempet dikritik sama coach & penguji ane. Mereka pengen kalo ane nggak cuman duduk cantik dan dengerin/ngikutin IHT aja. Kalo bisa, ane disuruh ikut persiapannya juga, kayak persiapin peralatan, jaga absen, dll. Karena agak khawatir sama kelangsungan kegiatan ini, ane berencana ganti kegiatan. Dan kebetulan, tanggal 6-7 Juni lalu, kantor kita ngadain ICV/Internal Corporate Value (acara untuk mempererat kebersamaan pegawai) di Batu, Malang. Kebetulan ane ditunjuk jadi salah satu MC-nya. Nah, kesempatan bagus buat cadangan kegiatan aktualisasi ane. Eh lah dalah, tanpa dinyana, Tuha berkehendak lain. Ane jatuh sakit hari Jumat, sehari sebelom ICV. Sampe akhirnya baru masuk kantor lagi hari Rabu, 3 Juni. Daaaan masalah lain pun datang saat ternyata IHT yang biasanya diadain tiap Rabu, hari itu DITIADAKAN! Heft… Akhirnya, mau nggak mau, ane ganti kudu kegiatan & ane milih Merekam SPT Masa (Sie Pengolahan Data & Informasi/PDI) sebagai kegiatan ke-7.

Aktualisasi dengan Teknik Penchitraan
(maafkan model yang tidak fotojenik)

Kesemua form dan bukti-bukti tadi dibendel jadi satu laporan, terus dicopy 4 rangkap. Satu buat kita, satu buat Sekretariat (panitia Prajab), & 2 buat coach & penguji. Nah, selain disuruh bikin laporan, yang penting lagi kita disuruh bikin presentasi buat Tahap Evaluasi. Pas balik ke asrama nanti, kita akan menyajikan & menjelaskan kegiatan-kegiatan yang udah kita kerjain beserta bukti-buktinya juga.

Laporan Aktualisasi

Dan nggak kerasa 2,5 minggu pun berlalu. Ane sama anak-anak Prajab lain harus balik ke Jakarta lagi. Kita bisa milih mau berangkat tanggal 20, 21, ato 22 Juni. Dengan tiket pesawat yang ditanggung panitia juga tentunya. Ane milih berangkat tanggal 22 biar sorenya bisa langsung masuk asrama. Daaaan yang spesial pas Evaluasi ini adalah berbarengan sama Bulan Ramadhan. Yeay! Kita bakal buka & sahur bareng di asrama. :D And that was fun!


Pokoke...





Thanks-List:
Pegawai KPP 625 (esp. Sie Penagihan), for the help
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.