Diary Prajab [Ep 03]: Evaluasi

Juli 05, 2015

Tahap terakhir dari rangkaian kegiatan Diklat Prajabatan adalah Evaluasi. Di sini kita dinilai gimana presentasi kita tentang aktualisasi yang udah kita lakuin selama dua minggu di kantor. Evaluasi dilaksanain mulai tanggal 22 (aktualnya 23) sampe 25 Juni. Kita dikasih pilihan mau balik ke Jakarta tanggal 20/21/22 pagi, soalnya tanggal 22 sore udah harus check in di asrama LPMP lagi. Ane sama anak-anak milih tanggal 22 pagi dengan pertimbangan biar sorenya kita bisa langsung ke asrama, jadi nggak perlu nyari tempat nginep lain. Akhirnya berangkatlah kita ke Jakarta dari Bandara Juanda, Surabaya, bersama geng Jatim lain sekitar pukul 9 pagi. Dan kembali, perjalanan kami didukung oleh Citilink Indonesia.



Sore hari kita udah nyampe asrama lagi, dan hari itu nggak ada kegiatan apa-apa. Pas Maghrib kita buka bareng which was very fun, terus ada pembagian jadwal presentasi, sama malemnya apel malam. Selama tahap Evaluasi kemarin kita nggak ada acara MFD (Mental, Fisik, Disiplin), cuma ada apel pagi sama malem. Dan buat presentasinya, ane dapet hari ke-2 (tanggal 24) pukul 16.45. Jadi, setiap anak itu kira-kira dapet jatah waktu presentasi 30 menit. Presentasi plus ditanya-tanyain sama penguji. Makanya, kita presentasinya dibagi hari. Ada yang dapet hari pertama, kedua, sama ketiga.

Sembari nunggu jadwal presentasi, kegiatan kita… bebas. Hampir pasti waktu senggang ini akan digunakan untuk beribadah (red: tidur-tidur cyantik). Paling sesekali baca-baca bahan presentasi buat persiapan, ato malah buat bikin bahan presentasi kalo ada yang belom bikin XD

Singkat cerita, sampailah saat dimana ane presentasi. Jadwal ane yang awalnya pukul 16.15 ternyata maju banget sampe sekitar pukul 3, soalnya satu anak kadang nggak sampe 30 menit udah selesai. Ane pun masuk ke ruang presentasi dengan perasaan yang grogi abis. Tapi Alhamdulillah, presentasi ane berjalan lumayan lancar dan lumayan cepet. Sampe si coach sama pengujinya kaget kok cepet banget selesenya. Hal ini emang disengaja adanya! Kesel sih soalnya pas ane ngejelasin, si coach ama pengujinya nguap-nguap dan setengah sadar setengah ngantuk. Jadinya ane percepat aja sekalian. Ya sebenernya nggak nyalahin juga sih. Orang dari pagi beliau berdua udah mendengarkan cuap-cuap dari sekian puluh anak yang hampir dipastikan isinya mirip semua. Well sebenernya ane nggak begitu peduli presentasi/laporannya dapet berapa. Yang penting kelar, insyaAllah lulus, beres!

Malam-malam kami saat itu dihiasi kegiatan hiburan. Ada games nggak jelas seru, ceramah motivasi dari pelatih, dll. Acara-acara itu diadain setelah kita sholat Tarawih berjamaah di masjid di dalem LPMP (yang mana Tarawihnya luama buanget sebab imamnya baca bacaannya amat lambat lembut sehingga kami melakukan sholat setengah sadar dan setengah terlelap). Nah pas malem kedua, kita ngadain acara farewell kecil-kecilan. Kita ada semacem persembahan buat pelatih, yaitu harmonisasi PBB (baris-berbaris) dan paduan suara (yang mana ane jadi pasukan choirnya :P). Ada juga pemberian kenang-kenangan buat pelatih sama award-award-an buat siswa prajab.

"Mesin Pencetak Babu" by Class-23J

Mumumu...

Hari terakhir, tanggal 23 sore, sebelum kita “diusir” dari asrama, kita ada acara penutupan resmi diklat prajab oleh pihak sekretariat. Yah akhirnya setelah sebulanan, nggak kerasa juga kita udah ada di penghujung Prajab. Rasa-rasanya baru kemarin kepala ane digundul dan ngikutin pembukaan diklat :9

Roommate: Geng Edelweiss Lantai:2 No:8

Banyak pelajaran yang ane ambil sih dari diklat kemarin. Terutama dalam hal kedisiplinan, gimana kita kudu ngikutin semua jadwal dengan baik, entah itu pas baris, apel, masuk kelas, dll, yang semuanya kudu tepat waktu. Ditambah lagi dengan makan yang harus selalu terpimpin (meskipun terkadang kelas ane yang masuk belakangan nggak kebagian lauk. Trims). Selain itu, ane juga belajar gimana menumbuhkan semangath ke-korsa-an. Hal ini udah ditanamkan & diajarin sama pelatih mulai hari pertama kita Diklat Prajab. Kita harus memiliki jiwa senasib-sepenanggunngan (asal korsanya jangan pas sengasara doang! Pas enaknya juga dong #sisakanlaukbuatkelasbelakangan #trims)

Class 23 J :")

Overall, Diklat Prajab kemaren itu ane rasain menyenangkan sih. Beneran. It was really fun! Ane berusaha ngebawa enjoy aja, nggak usah dipikirin yang gimana-gimana, apalagi sampe dongkol. Dinikmatin aja. Pengalaman pertama juga. Kapan lagi kita guling-guling/ngerayap/muntah-muntah kalo nggak di kegiatan macem gini kan? Dan nggak lama lagi akan datang Diklat Teknis Umum yang isinya full pembullyan pembinaan dari pelatih-pelatih Kopassus selama 10 hari. Brace your self! :D

Full Team SYISWA!

Sekian, Terima Kasih~



Thanks-List:
Pelatih, Panitia, Dosen, Pembimbing, & Syiswa Diklat Prajab 2/III, for the FUN
Photographers, for the pics
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.