(Ternyata) Hari Itu (Benar-Benar) Datang Juga

Juli 25, 2015

Pertama-tama, izinkan saya mengucap Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H. Semoga amal ibadah yang telah kita lakukan selama Ramadhan kemarin diterima oleh Allah SWT. Dan semoga pula Ramadhan tahun ini bukan jadi Ramadhan terakhir kita semua. Amin.

Tidak seperti hari Jumat kemarin yang merupakan hari terakhir saya magang di Kantor Pajak Pratama Probolinggo~





Ah bener-bener nggak kerasa Sembilan bulan telah berlalu. Biarpun tidak bisa dibilang sebentar, tapi kalo sudah waktunya ‘berpisah’, waktu memang kadang terasa cepat berputar. Rasa-rasanya baru kemarin saya berangkat pagi-pagi dari rumah jalan kaki ke pinggir jalan, nunggu bus, turun perempatan, naik angkot, dan menginjakkan kaki pertama kali (lagi) buat OJT (On the Job Training) di KPP Pratama Probolinggo.

Banyak sudah kenangan yang terekam dari kantor ini. Senang. Susah. Baik. Buruk. Memotivasi. Pun Demotivasi. Di sini saya bertemu dengan kawan-kawan baru, sesame cumpret-cumpret OJT. Dan masih ketambahan lagi anak magang dari D1 STAN dan penerimaan umum yang total kami mencapai 22 orang cumprets magang. Saya juga ketemu wajah-wajah familiar pegawai KPP. Sebelumnya, saya pernah Stulap (Studi Lapangan) di kantor ini dulu sebelum lulus kuliah, jadi sedikit banyak sudah lumayan banyak yang kenal. Tapi ada juga wajah-wajah baru yang pertama kalinya saya temuin, karena ada mutasi beberapa pegawai.

Kegiatan saya di kantor ini tentu lebih banyak dan lebih beragam (cieh) dari saat Stulap saya dulu (yang cuma sebulan). Meskipun kedatangan perdana saya (lagi) di kantor ini disambut dengan proyek ‘tahunan’ yang kurang saya ‘suka’ (baca: devil’s work). Dan beberapa waktu kemudian ada lagi proyek-proyek ‘serupa’ yang mengharuskan kami terlibat di dalamnya. Namun, banyak pelajaran-pelajaran yang saya (dan kami) dapatkan dari sini. Terutama di bidang perpajakan. (cieh) (hueks) Padahal nggak ada yang nyantol ilmunya XD

Dan hari Kamis, 23 Juli, kemarin kami dibikinin acara perpisahan sama KPP Pratama Probolinggo tercinta ini (so swiit). Kami makan siang bareng di salah satu resto mewah di bilangan Probolinggo (sebut saja Orin). Kami disana diberikan kata-kata terakhir dari Bapak Kepala KPP Pratama Probolinggo. Terus kami disuruh maju dan menyampaikan kesan & pesan satu-satu. Terus kami dikasih kenang-kenangan berupa tas bermerek mahal cantik nan elegan. :’) Di akhir acara, sehabis makan siang, kami salam-salaman sama pegawai satu-satu, sekalian minta maaf, terima kasih, dan mohon doa restu. Pokoknya hari itu sungguh berkesan! Ciyusan.

Dan hari Jumat kemarin, saya sama salah seorang rekan OJT (yang sangat sangat kebetulan sekali dapat penempatan yang sama) berangkat ke calon kantor baru kami, KPP Pratama Jember. Kami berangkat berdua motoran dari KPP Probolinggo sekitar pukul 06.30. Menembus dinginnya udara pagi Probolinggo-Jember (sumpah dingin banget sampe nyetir motor pake menggigil). Apalagi kami juga harus menembus deburan debu Gunung Raung yang sedang menggelora.

Kami pun tiba di sana sekitar pukul 9.00. Kesan pertama yang saya dapat dari calon kantor baru kami adalah: besar. Banget. Malah menurut saya kegedean, haha. Karena cerita punya cerita, dulu kantor ini mau dipakai buat jadi Kantor Wilayah Jawa Timur 3. Namun, karena satu dan lain hal, Kanwil Jatim 3 sekarang ada di Malang, dan bangunan yang di Jember akhirnya dipakai sebagai KPP Pratama. Di sana, kami disambut oleh bagian kepegawaian dan salah satu kakak tingkat se-organda (KeMPro [Keluarga Mahasiswa Probolinggo] STAN) yang udah penempatan di sana lebih dulu. Kami lalu registrasi sidik jari di fingerprint, lalu … udah! Udah, gitu aja. Duh, kenapa nggak Senin sekalian cobak. Kami udah jauh-jauh bela-belain motoran dari Probolinggo -_-

Kami balik ke KPP Probolinggo selepas Sholat Jumat. Dan akhirnya momen-momen tidak mengenakkan itu harus datang juga. Perpisahan. Ya, setiap ada mula pasti ada akhir. Dan setiap sua tentu diakhiri dengan pisah. Sembilan tentu bukan waktu yang sebentar untuk kami saling mengenal. Apalagi kami yang satu organda. Kami malah sudah 5 tahun saling kenal. Namun, entah mengapa kali ini saya tidak terlalu merasa melankolis seperti biasanya (padahal saya orangnya gampang terharu). Bukan karena mereka tidak berarti. Bukan. Setiap orang yang hadir di hidup saya tentu membawa kesan tersendiri. Good or bad (But I’ll remember the good with a lil bit of the bad, haha)

Mungkin, karena udah agak terbiasa ya sama yang namanya ‘perpisahan’ macem ini. Dulu yang paling agak nyesek sih waktu lulus-lulusanan SMA. Yah bayangin aja, saya sama temen-temen sekolah udah bareng selama kurang lebih 14 (Empat Belas tahun) tahun di sekolah yang sama (sekolah kita terpadu dari TK-SD-SMP-SMA). Jadinya, kita udah deket banget dan tiba-tiba harus merasakan berpisah untuk pertama kalinya, apalagi sekolah kita kan di desa yang notabene masih minim perguruan tinggi, jadi kita semua harus berpencar kemana-mana mencari tempat kuliah. That was an awful feeling. Apalagi jaman-jaman emosi masih labil kan. Yeah, I was quite sad. Tapi toh, kita kadang masih sempet ketemu juga J Dan saya ngerasain itu juga kali ini.

Saya yakin kok, kita semua bakalan bias ketemu lagi. Secara kita juga masih di satu Negara. Cuman mungkin beda pulau aja (cieh). Toh komunikasi juga sekarang udah canggih banget. Toh juga nanti ada mutasi-mutasi pegawai. Saya rasa kesempatan kita buat ketemu lagi itu masih terbuka lebar. Itu makanya saya nggak terlalu sedih yang gimana-gimana sih waktu perpisahan kemarin. Hehe… Palingan saya agak kepikiran nanti di tempat yang baru saya bakal nemuin tandem berkeluh-kesah (yang sama-sama belum berpassion) sebaik @usmanhamzah1 atau nggak :P

Our farewell "party" (bersama Kakap dan Kasuki)

Akhir kata, ya semoga dimanapun kita ditempatkan itu adalah tempat yang terbaik. Dan tentu Tuhan akan memberi yang terbaik. Semoga kita semua diberi kelancaran, kemudahan, dan yang terpenting (menurut saya saat ini) kenyamanan dalam bekerja. Semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Tuhan dan selalu dibimbing DI JALAN YANG BENAR.

Amin~ 



Thanks-List:
KPP Pratama Probolinggo & Staffs, for EVERYTHING
Rekan-rekan OJT, for EVERYTHING
Photographers, for the pic
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

0 comments

Diberdayakan oleh Blogger.