Makassar 3 Hari [Ep. 01]: Berawal PHP, Berakhir di Kafe

April 19, 2016

Perjalanan saya kali ini memang berawal dari sebuah P-H-P, alias Pemberian Harapan Palsyu. Karena sebetulnya yang bikin rencana bukan saya, tapi temen saya. Namun karena satu dan lain hal mereka nggak jadi berangkat. Malah akhirnya saya yang berangkat ... sendirian.

Kejadian bermula ketika saya masih menjalani diklat (DTSD) di Jakarta. Rekan kerja saya, Dina, menghubungi saya dan ngasih info kalau dia sama mbak @irish_kusuma (rekan kerja saya yang lain) berencana liburan ke Makassar. Kebetulan waktu itu lagi ada promo tiket pesawat Citilink (Surabaya-Makassar) pulang-pergi cuman sekitar Rp700-ribuan. Lumayan murah kan. Rencananya, mereka berangkat tanggal 25 Maret pagi, balik tanggal 27 Maret malam (pas long weekend). Ide yang bagus, menurut saya. Apalagi akhir Maret itu adalah saat rame-ramenya kantor karena laporan tahunan, jadi bisa refreshing sejenak meninggalkan ke-riweuh-an kantor. :D

Namun saya sendiri sempat galau, terkait kondisi saya—yang lagi numpang di rumah sodara dan barang-barang saya ada di rumah Probolinggo. Sempet mau reschedule berangkatnya biar agak siangan dan baliknya dari Makassar biar agak sorean. Soalnya nggak enak mau gedor-gedor rumah sodara tengah malem. Tapi yah, karna terus dibujuk dirayu dan diming-iming terus sama Dina & mbak @irish_kusuma akhirnya saya luluh dan mutusin buat ikut jadwal tiket yang ada. Tapi eh tapi ... setelah semua rencana tampaknya akan berjalan menyenangkan ... ketika saya balik dari diklat sekitar H-2 minggu, Dina bilang kalo dia ternyata belum minta ijin sama orang tuanya -_-Dan akhirnya, beneran nggak diijinin. Terus, mbak @irish_kusuma ikut-ikutan refund tiketnya. KZL

Kalo saya sih mikirnya, tiket udah terlanjur dibeli, ya udah kan tinggal berangkat aja. Saya sendiri begitu ditawarin mau ke Makassar udah bilang ke ortu dan dibolehin. Jadi daripada mubazir tiketnya, saya pun mutusin buat tetep berangkat. Korban PHP banget ya. Yang ngajak siapa, yang akhirnya berangkat siapa, wkwkwk... Saya akhirnya ngehubungin temen sekolah saya, @denny_harrani, yang kebetulan kerja di Makassar. Alhamdulillah, paling nggak udah dapet tempat buat bobok.

Jumat, 24 Maret sore, sebelum pulang kerja, saya pesen travel ke Surabaya. Agak susah juga. Kebanyakan udah full-booked, mungkin karena long weekend. Tapi alhamdulillah, saya dapet 1 seat di agen TravelJember dengan harga Rp130.000,00 (Jember—Bandara Juanda). Saya dijemput sekitar pukul 20.30 dan perjalanan ke Surabaya memakan waktu 5-6 jam. Sekitar pukul 00.00, kami rehat sejenak di salah satu rumah makan di Probolinggo. Kami kemudian tiba di Bandara Juanda sekitar pukul 03.00 dan itu adalah kali pertama saya bermalam di Bandara! Wew, nggak ngerti kenapa saya jadi excited banget. Haha. Jadi ngerasa kayak bule-bule traveler ato peserta AmazingRace. :D Waktu di bandara, suasana emang bener-bener sepi. Cuman ada beberapa orang yang lagi duduk ato tiduran. Saya sendiri berjalan ke arah Musholla, tapi ternyata udah penuh sama orang tidur. -_- Akhirnya saya pindah ke bangku di deket foodcourt dan rebahan di sana. Capek juga. Pulang kerja tadi langsung berangkat. Alhasil, saya pun sempat tertidur beberapa menit. Sekitar Shubuh saya bangun, kemudian sholat, lalu cek in. Tapi ternyata pesawat saya delay dan baru berangkat sekitar pukul 08.00.

Perjalanan ke Makassar memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit. Karena perbedaaan waktu satu jam, saya tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 11.00. Ternyata bandaranya bagus juga ya. Desainnya cantik. Luasnya nggak terlalu besar, tapi dekorasinya menarik. Banyak kaca untuk memaksimalkan pencahayaan matahari. Dan yang paling catchy menurut saya adalah langit-langitnya yang berwarna mozaik putih-maroon. Saya lalu bergerak menuju pintu keluar bandara. Karena kelaparan, saya mampir dulu di restoran mahal terdekat, A&W. Setelah perut terisi, barulah saya melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Damri menuju kosan @denny_harrani di daerah Jalan Urip Sumoharjo. Untuk Bus Damrinya sendiri harga tiketnya Rp27.000,00 dengan tujuan akhir Lapangan Karebosi. Tapi temen saya minta saya buat turun di Rumah Sakit Awalbros karena lebih deket ke kosannya.

Kesan pertama begitu menginjakkan kaki di Makassar adalah ... panass! Ngelebihin panasnya Jakarta kayaknya. Saya pribadi—yang terbiasa dan lebih suka di cuaca sejuk—langsung gobyos keringetan di sana. Mungkin karena pengaruh posisi geografis kota ini ada yang di tepi pantai dan dekat dengan garis khatulistiwa ya. But anyway, saya selalu nyoba nikmatin apapun yang terjadi dalam setiap perjalanan saya. “Find The Fun”, kalo kata Joy di film Inside Out. J I was so excited, bahkan sejak masih di atas pesawat. Itu adalah pertama kalinya saya pergi ke luar Jawa (selain Bali). Dan penampakan Sulawesi dari atas juga cantik. Setelah menyeberangi birunya lautan, tiba-tiba munculah pulau-pulau kecil hijau begitu pesawat mendekati bandara.

Tanpa terasa, waktu telah menunjukkan pukul 12.00 dan pak supir mutusin buat menepikan busnya di salah satu masjid untuk menunaikan Sholat Jum’at. Alhamdulillah. Padahal saya kira bakal kelewatan Jum’atan. Selepas sholat, kami meneruskan perjalanan, dan saya pun turun di depan RS Awalbros. Tak lama kemudian @denny_harrani jemput saya dan kami bergerak ke kosan dia.

Begitu nyampe kosan, saya langsung grojogan mandi. Berharap bisa menghilangkan gerah. Tapi ternyata ... air di kosan @denny_harrani sama persis kayak air di kosan saya di Jakarta. Pfft. Nggak seger sama sekali dan berasa ada logam-logamnya. Tapi lumayan lah, bisa sedikit ngebersihin badan. Habis mandi, saya & @denny_harrani langsung cuss keluar cari makan. Syeru juga muter-muter kota Makassar. Kondisinya ternyata hampir sama kayak Jakarta. Yah secara kota gede ya. Cuman kalo sepenglihatan saya, Makassar ini kotanya somewhat lebih rapi dengan bentuknya yang ter-blok-blok.

Saya sama @denny_harrani bergerak ke tepian Makassar. Ngelewatin Benteng Fort Rotterdam dan Pantai Losari (yang ternyata berdekatan). Kami berhenti di salah satu kafe, berjudul Kampoeng Popsa. Ini kafe asik tempatnya. Luas. Berbatasan langsung dengan laut. Kalo malem juga ada live-music. It turned out kami nggak jadi beli makan di sana. Saya cuman beli es krim & @denny_harrani beli jus. Dan harganya juga kebetulan tidak terlalu bersahabat dengan kantong anak kosan. Bhay. Selesai makan, saya pun mengajak @denny_harrani ke salah satu tempat wisata yang happening di Makassar, yaitu ... Trans Studio! :D

Kampoeng Popsa

Nggak terlalu jauh jaraknya, sekitar 20 menitan kami udah sampai di Trans Studio Mall. Kami langsung masuk, dan bergerak ke Trans Studio Theme Park-nya. Jadi tempat “main”-nya itu ada di dalem mall gitu. Wew. It was a HUGE place! Secara indoor theme park terbesar di Indonesia. Ada banyak banget wahana yang menurut saya sih sebenernya sebagian besar lebih cocok buat anak-anak. Heheheh. Dan dengan tiket masuk—yang nggak bisa dibilang murah—seharga Rp200.000,00 (weekend) dan Rp175.000,00 (weekday), kita udah bisa nyobain semua wahana yang ada.

Pertama, kami masuk ke Science Centre dan di dalemnya ternyata sepi jadi kami bisa bebas nyoba-nyobain peralatan yang ada di sana, sambil dipandu sama mbak-mbak scientist cantik. Wahana ini wajib banget dikunjungin kalo bawa anak-anak! J Kami lanjut bergerak ke permainan Giant Swing. Dia kayak ayunan raksasa gitu sambil kursinya diputer-puter. Sumpah ya, udah lama banget nggak naik begituan, saya langsung pusing & perut serasa diaduk-aduk, wkwkwk...

Giant Swing & Dragon's Tower

Kami terus keliling nyobain permainan Jelajah (naik kapal-kapalan gitu, terus ada turunan tinggi banget sampe basah kecipratan), Magic Thunder Coaster (ala-ala roller coaster tapi tracknya pendek banget), Dunia Lain (rumah hantu dengan hantu ala Indonesia), Hollywood Bumper Car (yang lumayan bikin punggung sakit XD), Dino Land & Safari Track (yang cukup zonk aja soalnya cuman muter-muter sambil ngeliat patung-patung hewan), Dragon’s Tower (wahana paling seru dengan sensasi jatuh dari ketinggiannya :D), Bioskop 4D (yang cukup seru tapi bikin pusying juga), Rumah Kaca, & ditutup dengan naik bianglala Grand Esia Studio View. Fyuh, nggak terasa kami muter-muter ternyata udah sore aja. Sebenernya masih ada lagi wahana-wahana lain yang belum sempet kami kunjungin. Tapi untuk hari itu, udah cukup lah mainnya.

A formality

Selepas dari Trans Studio, kami singgah di salah satu masjid di dekat Pantai Losari dan masjid ini bener-bener unik! Namanya Masjid Amirul Mukminin, atau warga sekitar mengenalnya sebagai "masjid terapung". Sesuai namanya--meskipun nggak bener-bener mengapung--masjid ini dibangun di atas laut dan terhubung dengan daratan melalui sebuah jembatan. Sensasi baru, beribadah dengan pemandangan langsung ke laut.

Masjid "terapung" Amirul Mukminin

Sehais sholat, kami main ke K-Link Mall buat nyari jam tangan baru buat @denny_harrani, tapi ternyata ga jadi beli. -_- Dan ternyata ongkos parkirnya mahal beut. Rp3.000,00 cyin. Ngalah-ngalahin Jakarte aje. Kami lalu melanjutkan kegiatan malam kami menuju sebuah kafe. Kami juga udah janjian sama temen sekolah kami yang lain, yang kebetulan lagi kerja juga di Makassar, @wildanrivaldhie. Kami ketemuan di salah satu kafe elit di kota, bertajuk Liberica Coffee. Suasananya enak sih. Dan parkirannya isinya mobil semua. Harga makanannya juga ngga bisa dibilang terjangkau, wkwkwk.. Tapi yah sekali-sekali ngga papa lah, hehe. Semakin larut, suasana makin hot. Ditambah dengan aksi mbak DJ yang imut kek personil JKT48. Dan yang cukup mengherankan, ternyata di sana gampang banget kalo mau cari minuman beralkohol. Bahkan jadi satu sama menu makanan & minuman lainnya. Di sini juga kalo malem bertebaran purel-purel yang mencari buruan, hehehe.. Tapi ati-ati aja, banyak juga purel jadi-jadian alias bebancian, wkwkwk.. Anyway, kami stay di sana sampai lewat tengah malem. Dan karena badan saya udah remek banget, belom sempet tidur enak sejak berangkat, kami mutusin buat balik ke kosan dan mengakhiri hang out kami malam itu.

Muke lusuh di kafe elit (kiri-kanan: saya, @wildanrivaldhie@denny_harrani)

NaraHubung:
Kampoeng POPSA Food Court
Jl. Ujung Pandang No.4, Bulogading, Makassar
(0411) 3621591

Trans Studio Makassar
Kawasan Terpadu Trans Studio, Jl. HM. Daeng Patompo Metro Tanjung Bunga, Makassar
(0411) 8117100

Liberica Coffee
Jl. Boto Lempangan No.34, Makassar
(0411) 8941372

Thanks-List:
@denny_harrani & @wildanrivaldhie, for accompanying on that first day
YOU, for reading this! :)