Workliday at Surabaya

Februari 15, 2017

Hari Senin, 6 Februari lalu, saya mendapat Surat Tugas dari kantor untuk pergi ke Kota Pahlawan, Surabaya. Sebenarnya keperluannya bukan termasuk jobdesk saya, tapi karena ngga ada orang lagi yang bisa berangkat, maka dengan penuh sukacita saya menerima tawaran tersebut. Sebab, dimana ada dinas luar kota, di situlah ada ‘liburan’! Hohho...




Saya berangkat hari Minggu (terpaksa) pagi-pagi sekali, karena saya telah membuat sebuah kebodohan. Surat Tugas (ST) yang seharusnya saya bawa, malah ketinggalan di kantor, sementara hari Jumat-nya saya balik ke rumah Probolinggo. Jadilah pagi itu saya berangkat naik bus ke Jember, ke kantor ngambil ST, kemudian langsung berangkat lagi ke Surabaya. Heft. I love traveling, but, that stupidity was just... stupid!

Saya tiba di Terminal Purabaya/Bungurasih, Surabaya, sekitar pukul 15.00 dan langsung memesan GoJek menuju hotel. Untuk perjalanan kali ini, saya memilih untuk menginap di Hotel Premier Inn, Sidoarjo (horang kaya :D). Awalnya, saya berniat pesen hotel yang dekat-dekat terminal, which is harganya banyak yang lebih murah. Tapi kemudian saya mikir licik, ini kan keperluan dinas, ntar juga diganti biaya hotelnya. So, saya cari hotel yang dekat dengan lokasi kegiatan saya, jadi bisa menghemat waktu. Sekaligus, “memaksimalkan” budget hotel yang saya punya (berdasarkan peraturan dari kantor, sekitar Rp500.000-an). Dan terpilihlah si Premier Inn ini. Sebenarnya, harga yang di publish mereka adalah Rp600.000-an, tapi berkat kelihaian dalam mengombinasikan promo dan diskon di Traveloka, saya akhirnya cuman perlu bayar Rp400.000-an! Hahay...

Sekitar 10 menit, saya pun tiba di Premier Inn. Dari luar, hotelnya kelihatan kecil, tapi ternyata di dalamnya ada 7 lantai. Penampakan eksterior dan interiornya bergaya minimalis nan elegan ya (sok tau). Dengan tema warna ungu, membuat suasana semakin terasa homy. Saya memesan kamar bertipe Double-Room, dengan ranjang queen-sized (karena saya sendirian jadi ya pilih yang kasurnya sebijik). Setelah diminta KTP dan deposit sebesar Rp100.000, saya pun diberi kunci menuju peraduan yang ternyata ada di lantai teratas, lantai 7.

Premier Inn frontview

The Lobby

Begitu masuk kamar, ah, nyaman banget—secara hotel mahal. Fasilitasnya ya, seperti hotel menengah-ke atas pada umumnya. Ada kulkas, brankas, TV, coffee/tea maker, 2 botol air mineral, hot/cold shower, amenities, dan free breakfast. Tapi yang paling saya suka dari kamar tersebut adalah... pencahayaannya. Penempatan lampu dengan sinar yang remang-remang, ditambah nuansa cahaya ungu, membuat perasaan menjadi tenang dan seketika ngantuk! Itulah mengapa, saya yang tadinya mau langsung cuss hang-out sama temen di Surabaya, jadi mager alias males gerak. Pengennya gulung-gulung aja di kasur.

The Room

Oiya, for your info, Premier Inn ini adalah hotel kapitalis bertaraf Internasional dengan base di Inggris (dan merupakan brand hotel terbesar disana), yang didirikan oleh perusahan Whitbread pada tahun 1987, dengan lebih dari 700 unit yang tersebar di UK, Ireland, India, Jerman, Arab, dan Asia Tenggara. 

Premier Inn rearview

Malemnya, pengen nyobain makan di hotel. Ya sesekali ngga papa lah, nyobain makanan mahal berkelas. Setelah baca menu, ujung-ujungnya pesen nasi goreng juga, wkwk... Karena ngga ngerti sama menu yang lain dan harganya yang... membacanya saja bikin tersedak (dasar kampung). It turned out rasanya... ya.. reguler. Dan untuk set menu nasi goreng, sup ayam-jagung, dan milkshake, saya harus merogoh kocek Rp130.000-an. Duh mak.

Paginya, saya balas dendam! Saya cobain hampir semua menu yang disediakan, mumpung gratis (dasar kampung kuadrat). Ada macem-macem sih makanannya. Yang paling saya favoritin waktu itu, nasi kuningnya (teteup masakan lokal yes), ditambah secarik roti dan susu. Yum. Saya pun siap memulai kegiatan hari itu! :D

Tujuan utama dari ST saya waktu itu adalah yang pertama, memintakan tanda-tangan Surat Perjalanan Dinas (SPD) teman saya ke Kanwil DJP Jawa Timur II which was ternyata ada salah ketik, kemudian tugas kedua, saya diminta untuk mengambil Surat Keterangan Pensiun salah satu pegawai di kantor saya di Kantor Regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Karena kedua tugas ini gampang banget, saya target selesai sebelum Dhuhur. Terlebih karena saya musti cek out jam 12.00, if not, bakal kena charge. Pfft..

Kanwil DJP Jatim II

Saya pun berangkat menuju destinasi pertama, yakni Kanwil DJP Jawa Timur II, ngga jauh dari Premier Inn. Sekitar 10 menit jalan kaki, saya udah sampai. Kantornya lumayan gede—namanya juga Kantor Wilayah, plus gedungnya digabung dengan KPP Madya Sidoarjo. Saya diarahkan menemui mbak-mbak di lantai 3, dan saya langsung mengutarakan maksud saya datang ke sana. Ternyata pejabat yang berwenang tanda-tangan SPD sedang rapat. Heft. Saya sempat hampir disuruh nunggu. Namun, karena saya acting bahwa ini mendesak, akhirnya dibawa langsung sama mbak-mbaknya. Hehhe.. Tugas pertama pun selesai tak kurang dari 15 menit-an. *smirk J 

Next stop, Kantor BKN. Letaknya lumayan jauh, jadi saya harus summon GoJek. Ah, benar-benar membantu sekali ya aplikasi ini~ Sekitar 10 menitan ber-GoJek, saya pun tiba di lokasi. Dan alangkah terkejutnya saya saat mendapati banyak pegawai yang masih asyik bermain voli halaman gedung! WTF?! Ini hari Senin! Udah jam 8 lewat pula. Masih main voli?! Come on, guys.

Gedung Regional BKN II

Saya lantas memasuki gedung menuju resepsionis, dan lalu saya diarahkan menuju sebuah ruangan. Setelah menjelaskan maksud kedatangan ke ibu-ibu petugasnya, saya pun disuruh menunggu. Sekitar 15 menit, beliau bilang kalau berkasnya belum ketemu, lalu saya diarahkan menemui seorang bapak. Tapi ternyata bapak tersebut masih main voli! WTF?! Saya pun menunggu... menunggu... dan menunggu... Oiya, saya diwanti-wanti buat bawa duit, jaga-jaga kalau dipersulit, tapi saya ngga berniat ngasih apapun! Saya pun memakai taktik pasang wajah innocent dan merebut hati lewat obrolan. Karena kalau seseorang sudah merasa ‘akrab’ dengan kita, orang tersebut akan lebih mudah untuk ‘diperdaya’ dan dimintai tolong. Akhirnya, saya pun berhasil mendapatkan SK yang dimaksud, meski perlu waktu sampai pukul 11.00-an. Heff.

Finally, my tasks were done! Yeay. Saatnya ‘liburan’. Heheh.. Saya lantas bergegas pesen GoJek dan kembali ke hotel. Sehabis packing, saya pun cek out. Sempet diwarnai insiden kartu akses hilang dan akhirnya saya kena charge Rp50.000 (another stupidity on this trip). Anyway, saya melanjutkan perjalanan saya menuju—apalagi yang dituju kalau anak desa pergi ke kota—Mall Tunjungan Plaza! Dan alhamdulillah banget ada GoJek yang bisa dipesen, soalnya sekitar hotel itu agak sepi.

Tunjungan Plaza

Actually, itu pertama kalinya saya mengunjungi Tunjungan Plaza (TP), Haha, dasar kampung.. Saya masuk melalui TP 5, soalnya mau mampir ke beberapa outlet peralatan outdoor di sana. Begitu masuk, waaw, tempatnya guede banget. Saya jalan kesana-kemari, naik-turun. Sempet nyasar-nyasar dikit, hahha.. Pokonya kayak orang udik. Tapi jalan-jalan di mall aja (ngga beli apa-apa) udah bikin saya seneng, dan mengembalikan memori kegaulan saya saat stay di Jakarta dulu, hahha.. How fun. Akhirnya, saya menemukan outlet-outlet yang saya maksud, tapi setelah liat harga modelnya, ngga ada yang srek, wkwk.. Saya pun lantas pergi menuju Matahari dan beli titipan temen saya which was kemeja kerja. Saya akhirnya beli kemeja juga. :P

Lelah berjalan-jalan, saya bergerak ke foodcourt di lantai atas, kemudian makan siang. Lanjut ke masjid di lantai paling atas, sampe sempet ketiduran di sana. Sekitar pukul 17.00, saya janjian sama temen saya @ariretna buat hang out sehabis dia pulang kantor. Dan kali itu kita mau ngunjungin salah satu tempat makan yang unik dan lagi hitz, berjudul Travelmie!

Sekitar habis Maghrib, kami sampai di lokasi tersebut. Tempatnya unik banget, dengan mengusung konsep camping/outdoor. Pun dengan pilihan menu makanan dan minumannya yang unik-unik juga. Meskipun menurut saya masih ada beberapa downside dari resto ini, tetapi Travelmie adalah tempat yang patut buat dikunjungin dan ditongkrongin ngga cuma untuk kawula muda, tapi juga keluarga. (Tengok review saya selengkapnya di sini...)

Puas makan, sekitar pukul 22.00, saya dan @ariretna pun beranjak pulang. Namun, kami masih mau mampir ke satu tempat buat beli oleh-oleh. Oleh-oleh ini lagi hitz banget di Surabaya dan baru diluncurkan bulan Januari lalu. Tak lain dan tak bukan adalah... Surabaya Snowcake!
(Review selengkapnya di sini...)

Selepas beli oleh-oleh snowcake, saya akhirnya mutusin buat langsung balik ke Probolinggo malem itu juga. Dan alhamdulillah si @ariretna mau nganter ke terminal. Heheh.. So, thats my workliday trip to Surabaya. Semoga tulisan tidak bermanfaat ini bisa menghibur.

Sekian, dan terima kasih J



NaraHubung:
Premier Inn Surabaya
Jalan Raya Juanda No. 73, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur 61254
Telp: (031) 8685555

Kanwil DJP Jawa Timur II
Jl. Raya Juanda No. 37, Semambung, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur 61254
Telp: (031) 8672483

Kantor Regional II BKN
Jl. Letjen S. Parman No. 6, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur 61256
Telp: (031) 8531038

Tunjungan Plaza
Jalan Basuki Rahmat No.8-12, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60261
Telp: (031) 5311088



Thanks-List:
YOU, for reading this! :)

You Might Also Like

1 comments

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
    Mohon maaf bilah aku ada salah kata dan kedatangan aku mengganggu. Perkenalkan nama aku Nenot'z Marziny asal sidoarjo seorang mantan TKW duluh kerja di singapore selama 3 tahun lamanya. Singkat cerita.. Aku sangat berterima kasih kpd pak H.Abdul Salam atas bantuan beliau melalui penarikan uang gaib sebesar 1M. Mungkin aku tidak akan bisa cepat sesukses ini seandainya tidak ada bantuan dari H.Abdul Salam, Aku yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan aku juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang aku sudah punya rumah dan usaha sendiri itu semua atas bantuan beliau. Aku tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna aku telpon dari google, facebook untuk minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang aku tambah banyak. Beliau bisa membantu melalui Uang Gaib, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/5D/6D.. Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi H.Abdul Salam di nomer 085298892338 / +6285298892338 Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari pak haji dan muda2han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti aku. Demi allah demi tuhan ini kisah nyata aku. Sekian dan terima kasih semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada semuaNya..

    Salam dari aku Nenot'z Marziny

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.