Sambangi Banyuwangi [Ep 04]: Singgah di Pulo Merah

Desember 30, 2015

Di Teluk Ijo sebenernya ada jasa naik kapal menuju Rajegwesi dengan harga kalo nggak salah Rp25.000,-. Dan pastinya seru banget naik kapal melintasi Samudera Hindia. Tapi berhubung kami naruh motor di parkiran—yang mana agak jauh dari Rajegwesi—akhirnya kami urung mencoba naik kapal dan milih buat jalan kaki kembali ke parkiran. Wuh mayan juga jalan naik turun bukit, tapi yah itung-itung buat pemanasan sebelum ke Ijen besok paginya, heheh...

Setelah sampai di parkiran, kami langsung ambil motor dan melanjutkan perjalanan kami menuju destinasi berikutnya, yakni Pulau Merah!

Baju dan celana yang tadi basah kini sudah agak mengering terkena sengatan matahari dan tiupan angin. Namun malang, temen saya @rhecoo mengalami musibah. Dompetnya hilang. Dan dia baru bilang pas kita udah nyampe di parkiran. Dia sendiri katanya nggak sadar jatuhnya kapan, besar kemungkinan pas dia ganti celana di Pantai Batu. Soalnya terakhir kali dia inget dompetnya dikantongin. Dicek di dalem tas pun nggak ada. Hmm.. I feel so sorry for him. Tapi dia udah mengikhlaskannya~

Kami pun terus memacu kuda mesin kami, dan karena badan pada lengket-lengket plus belum sholat pula, kami mutusin buat mampir di salah satu masjid di pinggir jalan. Alhamdulillah ada kamar mandinya dan airnya jalan. Kami pun beli sabun & shampo di toko di depan masjid dan mulai bersih-bersih diri. Hah... seger rasanya. Sekalian bersih-bersih kaos dan celana dari pasir, terlebih celana dalem yang ternyata ngantongin pasir banyak banget. Dan mungkin buat pelajaran juga, kalau mau ke pantai dan main air, jangan pakai celana yang ada kantongnya. Karena tanpa terasa, pasti kemasukan pasir dan agah ribet ngebersihinnya. Setelah bebersih, kami sekalian sholat Dhuhur di sana.

Sekitar pukul 14.00 kami melanjutkan perjalanan kami. Dan Alhamdulillah jalanan menuju Pantai Pulau Merah lumayan bagus dengan papan penunjuk jalan yang mudah diikuti. Kalau enggak, saya paling udah muntah kalau harus lewat jalan gronjal-gronjal. Mana perut laper banget belum makan siang. Dan akhirnya, setelah sejam-an lebih berkendara, kami pun tiba di... Pantai Pulau Merah!

Huah, perut pun makin krucuk-krucuk. Setelah bayar tiket dan parkir (tiket masuk Rp8.000,00/orang + parkir Rp2.000,00/motor), kami lantas bergegas mencari makan. Di sekitar pantai sudah banyak warung-warung yang jual berbagai macam makanan & minuman. Jadi, kalau ke sana nggak perlu takut kelaparan. Kami pun memilih sebuah warung yang cukup sepi, dan segera pesen makanan. Saya memilih semangkuk soto hangat dan segelas es jeruk dingin, dengan harga total Rp13.000,00. Alhamdulillah, kenyang. Puas makan, kami lantas pergi ke mushola—yang juga tersedia di sana—untuk menunaikan sholat Ashar. Tapi kondisi mushollanya agak miris sih untuk objek wisata sebesar dan seramai itu. Ukurannya terlalu kecil dan kebersihannya pun kurang terjaga.

Setelah sholat, kami lalu berjalan menuju bibir pantai Pulau Merah. Dan kembali, temen saya @rhecoo mengalami musibah. Kali ini, menimpa sandalnya. Dia ngerasa sandal Ei*ger yang BARU dibelinya tertukar dengan sandal orang lain (dengan merek dan model yang sama, cuman lebih lusuh). Hmm kayaknya itu bener-bener hari sial dia, wkwkwk... Yah mau gimana lagi, cuman bisa mengikhlaskan kan? :P

Ahh, pemandangan tepi Pantai Pulau Merah itu sebenernya lumayan indah. Bikin rileks. Dengan latar matahari yang mulai terbenam. Garis pantai Pulau Merah ternyata lumayan panjang juga dengan dipagari perbukitan hijau di kedua ujungnya. Tapi anak-anak pada males pas saya ajak jalan dari ujung ke ujung, Hvft. Di depan pantai, ada satu pulau atau mungkin lebih tepat di sebut karang besar, yang menjadi ikon buat foto-foto di pantai ini. Sesekali ada juga peselancar berseliweran di tengah laut.

Sore itu keadaan pantai lumayan ramai. Di beberapa spot, ada juga orang-orang yang mendirikan tenda buat camping. Tapi yah, seperti kebanyakan tempat-tempat wisata lain, makin banyak rang yang dateng, makin banyak pula “jejak” yang ditinggalkan. “Jejak”-nya apa pemirsah? Pastinya, sampah! Beuh. Udah nggak keitung lagi udah berapa banyak sampah yang berceceran di Pantai Pulau Merah itu. Padahal nih ya, kalau dibersihin/nggak ada yang buang sampah sembarangan, menurut saya itu pantai bakalan bener-bener perfect buat liburan keluarga.

Saya jadi keinget lagi sama Teluk Ijo. Mungkin akses yang mudah ke Pulau Merah jadi blunder juga buat tempat itu. Beda sama Teluk Ijo, yang butuh usaha lebih keras buat sampai ke sana. Alhasil kondisi Teluk Ijo masih terjaga kebersihannya. Dan kami sendiri masih sanggup lah mungutin satu-dua sampah yang tercecer di sana, contohnya (dan ini bikin kesel banget) kertas yang ditulisin terus buat foto, terus diremes dan dibuang begitu aja sama anak-anak “eksis” di Teluk Ijo. Tapi kalau di Pulau Merah, aduh ampun deh. Kalo cuman satu dua orang yang mungutin sampah, sampai besok paginya juga belom selesai kali.

But, anyway, lets put aside the bad thing. Saya lebih memilih untuk menikmatin sore hari yang menenangkan itu, sambil menatap matahari terbenam.

Ditunggu-tunggu, mataharinya kok lama bener nggak tenggelam-tenggelam, haha... Udah mau Maghrib juga. Dan dengan memperhitungkan waktu—perjalanan kita yang memakan 4 jam untuk sampai ke kota, akhirnya kami mutusin buat nggak nunggu sampai mataharinya bener-bener ilang. Kami langsung cus berangkat balik ke homestay.

Selama perjalanan balik, ini ada yang seru+lucu juga. Keadaan waktu itu udah lumayan gelap, dan sepi. Dan di tengah-tengah mengendarai motor itu, kita diserang! Bukan sama begal, tapi sama serangga! Entah laron entah serangga-serangga apa itu, Pokoknya sepanjang jalan itu buanyak banget dan nabrak-nabrak muka kita. Sampe nyolok-nyolok mata dan masuk ke sela-sela helm. Duh ampun dah. Ini mana si @rhecoo kelilipan, jadinya saya yang nyetir. Syial. Tapi alhamdulillah begitu nyampe kota, itu serangga-serangga udah nggak ada lagi, dan perjalanan kami pun menjadi lancar kembali. Fyuh.

Di tengah jalan, kami sempet mampir makan Bakso/Mie Ayam & ngopi-ngopi cantik. Kami juga main-main ke Roxy nganterin Jimmy yang mau beli baju buat oleh-oleh. Duh ini Jimmy ngapain oleh-olehnya baju sih, wkwkwk... Sementara saya lebih milih beli roti, susu, & makanan lain, soalnya besok pagi-pagi banget kami bakal berangkat ke Ijen, dan nggak enak lah bangunin ibuk yang punya rumah buat masakain sarapan, heheh...

Sekitar pukul 22.00, kami pun tiba di homestay. Badan udah remek. Ngantuk. Dan setelah bersih-bersih, kami langsung istirahat dan “berencana” berangkat ke Ijen sekitar pukul 00.30 dini hari.

...Bersambung ke Episode 5

Thanks-List:
YOU, for reading this! :)