Sambangi Banyuwangi [Ep 06, End]: Life Is Full Of Surprises

Desember 30, 2015

Puas menikmati suasana puncak Ijen, kami memutuskan untuk turun. Waktu itu sekitar pukul 07.00. Dan perjalanan ke bawah terasa lebih mudah daripada nanjak. Dan lebih menghibur dengan adanya insiden-insiden kepeleset. Hahahah... Sekitar pukul 09.00 kami sudah ada di Paltuding. Perut udah keroncongan banget, dan sebelum pulang kami sempatkan buat sarapan di warung (tempat kita beli minum tadi). Saya beli sepiring nasi rawon+kerupuk seharga Rp13.000,00. Udah kenyang, kami pun ngambil motor diparkiran dan cuss balik ke homestay.

Perjalanan ke bawah lumayan melelahkan. Badan udah pegel-pegel habis naik turun gunung. Ditambah kantuk yang tak tertahankan. Si @rhecoo yang tadinya nyetir minta gantian sama saya karena katanya matanya udah nggak kuat banget. Eh pas udah dibonceng malah ngantuknya makin menjadi-jadi. Beberapa kali dia hampir jatoh ke belakang gara-gara ketiduran. Jadinya selain fokus nyetir, saya juga jagain dia. KZL. Oiya, di tengah jalan (lupa kecamatan apa), kami mampir ke kantor polsek, buat minta surat kehilangan dompet+tanda pengenal si @rhecoo. Untung bapak polisinya baik, jadi kita dibantuin. Dan surat kehilangan ini amat sangat penting buat kami, biar bisa boarding ke kereta pas balik ke Probolinggo nanti.

Sekitar pukul 11.00, kami udah sampai pusat kota Banyuwangi. Kami sempet muter-muter sebentar buat beli oleh-oleh, terus mampir ke pencucian motor. Soalnya 2 motor yang kami sewa bener-bener kotor sekotor-kotornya, bekas dipake ke Teluk Ijo. Yah paling buat balas budi soalnya kita udah dikasih nginep gratis sama mas Rahmat, hehe.. Dan sekitar habis Dhuhur, kami udah sampai di homestay. Alhamdulillah.

Muka kucel

Banyuwangi tengah hari ternyata puanas banget tjuy. Badan udah lengket banget mandi keringet. Dari yang pagi kita dingin-dinginan di gunung, pake jaket tebel, pas udah di kota eh kena panas yang warbiyasak. Wew. Alhasil saya mandi lama banget siang itu :D Menikmati kesegaran setiap tetes air yang membasahi tubuh. Puas mandi, saya langsung sholat, terus packing, dan siap buat berangkat ke stasiun. Kami kembali ke Probolinggo naik kereta Probowangi. Jadwalnya berangkat dari Karangasem pukul 13.45 dan sampai di Leces sekitar habis Maghrib. Pukul setengah 2 kurang, kami udah siap. Kami pun pamitan ke ibuk yang punya rumah, dan memacu motor sewaan kami ke rumah mas Rahmat, di depan stasiun Karangasem. Sekalian mau ngembaliin motornya.

Sejurus kemudian kami pun sampai di rumah mas Rahmat, dan ternyata... mas Rahmatnya nggak ada di rumah! Oh God. Padahal KTP saya sama @friskadevimellan masih ditahan beliau, daaaan kita nggak bakal bisa boarding kereta tanpa nunjukin KTP aseli! Duh

Akhirnya kita coba nanya-nanya ke temen-temen yang kerja sama mas Rahmat. Katanya mas Rahmatnya lagi ke kota. Pas dicoba ditelepon. Ternyata hapenya nggak dibawa! Duh duh duh. Sementara waktu terus berjalan, dan jadwal keberangkatan kereta kami udah makin dekat. Tak pelak, kami semua panik. Muter-muter otak sampe puyeng. Di tengah kehebohan itu, tiba-tba jugijagijug kereta kami lewat, dan berhenti di stasiun Karangasem. Yah! Itu kereta kita!!! Dan kami pun makin heboh. Sementara mas Rahmat pun tak kunjung pulang. Akhirnya, kami mutusin buat KTP-nya nanti dikirim aja pake pos. Yang penting sekarang kami bisa pulang dulu.

Kami pun ngejar-ngejar itu kereta, soalnya rumah temen mas Rahmat ini agak jauh dari stasiun. Dan begitu sampai depan stasiun , belum masuk ke bangunannya ...... kereta kami berangkat~
Ya Tuhan. Langsung lemes. Mimpi-miimpi pengen tidur nyenyak di kereta dan Maghrib sudah nyampe rumah, musnah sudah.

Ketinggalan...

Tapi yah percuma kami sedih-sedihan. Percuma kami meratap-ratap. It is what it is. Yang terpenting adalah gimana caranya cari alternatif buat balik ke rumah. Merasa sebagai penanggung-jawab atas per-tiket-an, saya berusaha nanya-nanya ke mbak-mbak di stasiun. Dan opsi yang paling memungkinkan buat kami waktu itu, adalah naik Kereta Pandanwangi malam pukul 20.30 turun Jember kemudian nerusin naik bus ke Leces. Konsekuensinya, sampai rumah kami bakalan malem banget. Atau opsi kedua, naik bus dari Banyuwangi ke Leces, dengan konsekuensi jalanan—yang bertepatan dengan libur akhir tahun—akan sangat macet dan nggak tau bakalan berapa jam kami sampai ke rumah. Dan setelah pertimbangan serta pemikiran yang panjang, kami mutusin buat ambil opsi pertama.

Alhamdulillah, mas Rahmat kemudian datang dan kami dipersilakan buat istirahat di salah satu guest housenya. Anak-anak yang sudah sangat tepar, langsung tergeletak di karpet dan tertidur. Kesian banget ngeliat muka-muka mereka yang udah pada kecape’an. Haha. Saya lalu ngajak @friskadevimellan keluar beli makan buat kami berempat, sekalian pesen tiket kereta Pandanwangi.

Sekitar pukul 20.30 kereta Pandanwangi pun ‘menjemput’ kami dan akhirnya kami bisa meninggalkan Banyuwangi dan pulang ke rumah. :D Kami tiba di Stasiun Jember sekitar pukul 10.30. Sebenernya masih ada angkot dari stasiun menuju Terminal Tawangalun, tapi berhubung udah malem dan kami pengen cepet sampai, kamipun memutuskan buat naik taksi. Tapi waktu itu saya nggak sampai turun di terminal, saya memliih buat langsung aja turun di rumah mbah di Jember karena males kalo besoknya masih harus bolak-balik dari Leces ke Jember lagi. Jadilah ketiga temen saya yang nerusin ke terminal dan alhamdulillah sampai di rumah dengan selamat.

So, that was our journey to Banyuwangi. Banyak kenangan dan kejadian seru yang sudah kami lewati bersama. Banyak juga pelajaran yang kami dapat dari perjalanan itu—yang mungkin tidak akan kami dapat kalau kami berdiam diri aja di rumah :P Dan saya semakin menyadari bahwa hidup memang penuh dengan kejutan-kejutan. So, we just have to be ready and don’t forget to always ... FIND THE FUN! J

Sekian, Terima Kasih~

Thanks-List:
My trip buddy: @rhecoo, @friskadevimellan, & Jimmy, for the fun holiday
Mas Rahmat, for everything
Orang-orang baik yang kami temui, untuk bantuannya
YOU, for reading thins! :)