Visit Rinjani [Ep. 03]: Rough Start, Sembalun - Pos 3

Agustus 29, 2016

Senin, 15 Agustus, pukul 02.00 dini hari. Kami masih asyik ngobrol di basecamp, sambil minum teh panas yang dibuatin mamak yang punya rumah. Rencananya kami berangkat pagi-pagi (padahal udah pagi) ke Desa Sembalun, salah satu “pintu masuk” pendakian Gunung Rinjani. Tapi itu cuman rencana ya... ((rencana)). Karena realisasinya, seperti yang udah bisa ditebak, akhirnya molor juga. Pftt. Kami baru bangun sekitar jam 07.00, terus mandi, sarapan, rapihin packingan, dan tetek bengek lainnya. Sampai akhirnya kami baru bener-bener berangkat sekitar jam 09.00. Hhe

Biar hemat seru, kami pergi ke Sembalun naik mobil pick-up. :D Sebenernya udah nggak boleh ya pick-up buat ngangkut orang. Tapi di Lombok kayaknya masih dibiarin sama pak pulisinya. Yang penting tetep jaga faktor keamanan ya gaes. Di tengah jalan, kami beberapa kali papasan sama pendaki-pendaki lain yang naik pick-up juga. :V

Wefie on pick up

It was nice ya, menikmati pemandangan Pulau Lombok di sepanjang jalan. Ditemani angin sepoy-sepoy. Dari atas bak pick-up itu, semua terlihat jelas, tanpa halangan. Saya semakin bahagia jikalau mengingat hari itu adalah hari Senin, yang mana biasanya saya lagi di kantor, duduk depan komputer, bekerja tiada kenal lelah (ress), tapi waktu itu, saya malah liburan :D And sooo far away from work! Heheh..

Tapi menjelang siang, cuaca di sana jadi panas ngets. Saya coba tidur, tapi susah karna gerah. Kulit serasa ditusuk-tusuk sinar matahari. Perjalanan ke Sembalun memakan waktu sekitar 2-3 jam. Mayan jauh juga. Kami sempet mampir di satu pertokoan buat beli tembakau. Buat bekal menghangatkan diri di gunung, Tapi saya ngga ikutan nyebat lho. Temen-temen aja. Kata mereka sih, rokok linting Lombok rasanya beda gitu.

Mendekati daerah Sembalun, alhamdulillah udara mulai terasa sejuk. Jalanan makin menanjak dan berkelok-kelok. Cukup membuat perut mual. Di kejauhan tampak perbukitan yang ... berbukit-bukit. Sementara di kanan-kiri jalan dipagari oleh pepohonan hijau nan rindang. Sesekali tampak monyet bertengger di atas dahan, atau berlarian di jalan raya. Monyet di sana gede-gede juga ternyata.

Sekitar tengah hari, kami akhirnya sampai di Desa Sembalun. Suasana di situ enaak banget. Damai, woles, tenang,sejuk. Apalagi pemandangannya, beuh, speechless dah. Jadi bikin pengen tinggal di sana, hehe.. Kami lalu berhenti di pos pendakian Rinjani. Sekalian numpang pipis. Setelah ngurus perizinan, masing-masing kami dikasih nametag/tanda pengenal gitu buat di gantung di tas. Warna biru buat pendaki lokal, dan merah buat pendaki interlokal.

Kami terus bergerak lagi menuju pintu pendakian. Di sana udah agak sepi. Tinggal beberapa bule aja yang mau mulai mendaki. Dan seperti biasa, mereka cuman pake baju minimalis (tank top + celana mini) sambil menggendong daypack kecil. Agak jeles juga ya. Kita ngegembol tas segede gaban, mereka cuman bawa tas kecil. Kadang malah barang-barangnya dibawain porter semua. XD Tapi yah what we can say, they have money tho. Kami sebenernya pakai bantuan porter juga, tapi cuman buat bawa logistik aja. Satu porter buat tujuh orang. Tarifnya buat porter per hari sekitar Rp200ribuan kalo ngga salah

Sebelum mulai jalan, saya sempetin buat beli sarung tangan dulu. Ya seadanya aja, harganya cuman Rp5.000,00. Yang penting bawa. Soalnya sarung tangan lama saya ilang di rumah, dan di atas nanti pasti udaranya dingin ngets (palagi pas summit attack). Setelah semua persiapan selesai, kami berdoa bersama, supaya pendakian kami berjalan lancar dan selamat sampai kembali pulang.

And then... petualangan kami menyusuri Rinjani pun... DIMULAI! :D

Berdoa dulu...

...Berangkat kemudian.

Woohoo, I was sooo excited! :D Semangat banget tuh pas pertama kali jalan. Sampai-sampai setengah lari. Sebenernya sih sambil ngejar mas-mas di depan yang jalannya pada cepet banget, wkwk... Trek awal masih nggak terlalu menanjak. Banyak landainya. Jadi sebenernya nggak terlalu susah. Sampai akhirnya saya mulai merasa, pendakian itu tak semudah yang terlihat...

Kami mulai jalan sekitar tengah hari. Pas matahari bener-bener ada di atas kepala. Udah kesiangan juga ya sebenernya. Dan ternyata hal itu agak jadi bumerang buat kita—buat saya terutama. Jujur, saya nggak ada persiapan fisik buat perjalanan ini. That was a serious mistake. Ditambah saya jarang olahraga juga. Alhasil, baru beberapa menit berjalan, saya udah ngos-ngosan parah, haha..

Hal ini diperparah dengan cuaca siang hari itu yang ... amat-sangat-panas-sekali. Super duper hot! Nggak ngerti deh, padahal kita lagi ada di atas gunung, tapi nggak kerasa sejuk-sejuknya sama sekali. Kita kayak lagi jalan di tengah lapangan bola. Padahal kalo udara masih sejuk, mungkin perjalanan itu nggak akan terlalu ‘menyiksa’ ya.

Hal lain yang bikin tambah berat adalah jalanan di sana yang berdebu. Udah panas, nggak ada udara sejuk, ditambah debu-debu berterbangan. Mantab. Napas makin susah. Apalagi medan yang harus kami lalui di jalur Sembalun itu adalah padang rumput/sabana. Pohon-pohon juga jarang banget. Jadi kita agak suliat mau nyari tempat teduh buat istirahat.

Obviously, saya jadi member yang paling belakang jalannya. :D Sambil ditemenin mas Ayub & mas Aweng. Udah kek mau pingsan aja rasanya. Hehe.. Kesalahan lain yang saya lakukan waktu itu adalah... saya bawa bawaan terlalu banyak. Ya bayangin aja, saya bawa baju buat 7 hari (dari Sabtu), plus printilan-printilan lain, plus air 1,5 liter dua botol. Sebenernya udah disaranin buat ninggal beberapa bawaan yang nggak kepakai di basecamp. Tapi saya takutnya pas pulang nanti nggak balik ke basecamp (langsung ke bandara), jadinya saya bawa aja semua barangnya, wkwkw... Dan itu jadi bumerang buat saya.

Mungkin karena kasihan ngeliat saya (atau biar saya jalannya lebih cepet), mas Ayub pun merelakan diri buat bawain carrier saya. :P Sementara saya bawa tas yang kecil-kecil. Duh sebenernya nggak enak banget sama beliau, tapi gimana lagi, udah nggak kuat lagi. Saya sendiri orangnya emang nggak tahan panas. Saya mending kedinginan dah daripada kepanasan. Pokoknya saya terima kasih banget sama beliau (dan temen-temen lain yang gantian bawain carrier saya) :’)

Sekitar dua jam-an jalan, kami sampai di Pos 1. Fyuh. Kami rebahan sejenak, sambil tetep kepanasan. Mana perut laper banget belum makan siang. Diganjelnya sama air putih terus, hehhe... Dari sini, kita bisa ngeliat bangunan berbentuk kotak kecil beratap segitiga nun jauh di atas bukit sana. Itu Pos 2! Hmm.. kalau udah kelihatan, berati udah deket dong? Ternyata, nggak juga.

Pos 1

Kami pun melanjutkan perjalanan. Kali ini treknya lebih naik turun dari sebelumnya. Namun, sepanjang waktu kita akan dimanjakan dengan landscape indah yang terpampang nyata di depan, samping, & belakang kita. Rinjani isn’t called as one of the most beautiful mountain in Asia for nothing. Speechless lah pokoknya! Yah, bisa membayar lelah yang kita rasakan selama perjalanan. So far, sepertinya Rinjani adalah tempat paling indah yang pernah saya kunjungin.

Let us take a selfie

Sekitar 1—2 jam kemudian, kami sampai di Pos 2. Di sini lebih rame sama pendaki. Di pos ini, kita bisa ngisi persediaan air. Tapi alirannya kecil banget, sementara ngantrinya panjang banget. Tadinya, kami rencana mau masak makan siang di sini. Tapi setelah dipertimbangkan, kami akhirnya mutusin buat terus jalan sampai di Pos 3, baru di sana kita bangun tenda & masak-masak.

Sumber air di Pos 2

Kami pun meneruskan pendakian. Setapak demi setapak menyusuri tanah Rinjani yang berdebu. Sesekali kami melewati jembatan dengan jurang di bawahnya. Menjelang sore, kami akhirnya tiba di sebuah pos. Saya, mas Ayub, & mas Iqbal yang waktu itu ada di barisan belakang, sempet bingung nyari tenda kelompok kami. Dicari-cari, sampai ujung area ngga ketemu juga. Akhirnya kami coba jalan sedikit lagi. Dan ternyata eh ternyata, ada pos lagi di depan. Dan itulah Pos 3 yang sesungguhnya. Sementara yang kami lewatin tadi itu cuman pos bayangan. :D

Jalur ke Pos 3

Pos bayangan

Pas saya sampai di pos, abang porter lagi asyik memasak. Alhamdulillah, bentar lagi makan! Hehe.. Saya bergegas ganti baju yang udah lepek kena keringet, biar ngga kedinginan. Tapi waktu itu disana ngga terlalu dingin ternyata. Menjelang malam, pemandangan langit Rinjani makin indah. Bintang-bintang jadi keliatan tambah gede. Bulannya juga waktu itu lagi terang banget. Dan... dari Pos 3 itu kita bisa ngeliat puncak Rinjani!

Our tent at Pos 3

Setelah kenyang makan, ngupi-ngupi, ngobrol, kami pun beristirahat di dalem tenda. Bersiap untuk melanjutkan perjalanan besok. Hari pertama pendakian ternyata bener-bener bikin saya ‘kaget’. Benerlah kata orang kalau jalur pendakian Rinjani memang tidak mudah. But we cant give up. Udah sampai sejauh itu masak mau turun lagi. Alon-alon sing penting kelakon: biar pelan yang penting sampai. Apalagi, esok hari kami harus melewati salah satu bagian terberat dalam perjalanan ini. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai Bukit Penyesalan. Hmm... dari namanya aja udah serem ya. XD Dan ada TUJUH buah bukit! Semoga ngga bener-bener menyesal terus balik turun yes, hahha...