Visit Rinjani [Ep. 05]: Summit Attack, Puncak - Segara Anak

Agustus 29, 2016

Rabu, 17 Agustus, sekitar pukul 00.30 dini hari. Berbeda dari Pos 3 sebelumnya, di Plawangan itu suhunya duingin banget. Saya sampe susah mau tidur. Kami dibangunin sama abang-abang porter yang udah asik masak-masak di luar tenda. Gile dah ini abang, dingin-dingin kayak gitu cuman pake kaos sama jaket tipis doang. Saya aja udah pake baju rangkep-rangkep masih menggigil. Kami lalu menyantap ‘sarapan’ nasi + mie goreng buatan abang porter. Setelah perut terisi, kami lantas siap-siap buat berangkat. Hari itu, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, kami bertekad untuk berjuang mencapai titik tertinggi Pulau Lombok, Puncak Gunung Rinjani. 3.726 mdpl!

Saking dinginnya, saya sampai pake baju tiga rangkep ditambah jaket windproof, kaos kaki dua rangkep, sama celana juga dua rangkep. Hha.. Ditambah kupluk & sarung tangan. Udah siap tempur pokoknya! Masing-masing kita dibawain air sendiri-sendiri, karena pas di atas nanti pasti kita bakal kepisah-pisah. Saya sendiri bawa sebotol air 1,5 liter, beberapa butir permen, sama senter. Setelah berdoa bersama, perjalanan summit attack Rinjani kamipun dimulai!

Berdasarkan info dari abang porter & mas-mas yang udah pernah ke atas, trek menuju puncak Rinjani ini awalnya kita ngelewatiin satu punggungan, habis itu jalannya landai tapi panjang, baru kemudian nanjak terus sampai puncak. Kami berangkat bareng puluhan atau mungkin ratusan pendaki lain. Kebetulan pas libur juga. Dan di menit-menit awal aja, kelompok saya udah kepisah-pisah.

Tanjakan awal ya lumayan bikin ngos-ngosan. Banyak batu-batu gede. Saya sendiri seperti biasa ada di barisan belakang. But that’s oke, pasti nyampe kok biar pelan-pelan. Yang penting jangan sering-sering & kelamaan istirahatnya.

Beberapa jam kemudian, tau-tau saya udah jalan sendirian. Ada mas-mas yang udah jauh di depan, tapi ada juga yang di belakang. Saya di tengah-tengah. Kadang kalo lagi istirahat, ya ketemu sama yang lain, tapi terus kepisah lagi. Susahnya kalo jalan sendirian ya nggak ada yang ‘narik’. Saya kudu motivasi diri sendiri buat terus jalan. Kadang kalo udah gempor banget ya duduk-duduk dulu, ngobrol sama pendaki-pendaki lain, sambil minum-minum. Tapi dari pengalaman sebelumnya (ke Semeru), buat summit attack Rinjani itu saya bener-bener menghemat air. Harus cukup sampai turun nanti. Akhinya saya cuman minum seteguk-seteguk. Lagian sebenernya kita kan nggak keluar keringet banyak ya, malah kedinginan, jadi kayaknya rasa haus itu cuman ‘ilusi’ aja. So minumnya secukupnya aja, yang penting tenggorokan basah.

Lanjut, setelah ngelewatin punggungan, kita akan ketemu trek yang cukup landai. Tapi tetep ada nanjaknya juga. Dan namanya lagi di puncak ya, suhunya dinginnya minta ampun. Ditambah jalannya yang sempit, di kanan-kiri jurang, terus sesekali anginnya berhembus kenceng banget. Brrrrrr.. Tambah dingin cuy. Udah pake sarung tangan, tapi tetep berasa kayak ditusuk-tusuk. Makanya kalo mau istirahat, kita mending duduk di balik batu besar jadi nggak kena banyak angin.

Beberapa jam kemudian, saya akhirnya sampai di perbatasan antara trek landai dan trek final yang nanjak sampai puncak. Di sana isinya pasir & kerikil. Enaknya sih pasirnya agak gede-gede (lebih gede dari pasir Semeru) jadi kaki kita nggak terlalu tenggelam. Tapi tetep ya, bagian paling berat emang bagian terakhir. Saya aja baru beberapa langkah, berhenti dulu. Atur napas. Jalan dikit lagi, berhenti lagi. Kalo udah bener-bener nggak kuat, baru duduk. Tapi yah ngga papa. Kalo kata bule waktu itu: “Don’t worry. We’ll get there, in time.” (Jangan khawatir, nanti juga nyampe, pada waktunya). :)

Pemandangan langit dini hari itu ternyata indah juga. Kebetulan bulan lagi bersinar terang. Dan rasanya deket banget. Sementara kalo nengok ke belakang, terlihat iring-iringan lampu dari senter & headlamp para pendaki yang lagi jalan.

Iring-iringan pendaki

Fajar hampir tiba ketika saya masih berjuang menuju puncak. Semangat Hari Kemerdekaan tentu menambah semangat saya buat terus berjalan. Pahlawan aja bisa ngusir penjajah, masak saya yang masih muda belia ini nggak bisa sampai ke puncak, wkwkwk... Saya sedikit optimis hari itu bisa sampai puncak sebelum matahari terbit. Tapi yah ... apa daya... as much as I struggle, sekitar seratusan meter sebelum puncak, si bulat kuning itu pun muncul dari ufuk timur.

Sunrise di punggung Rinjani

Ah... sepertinya itu adalah sunrise terindah yang pernah saya saksikan. Meskipun cuman dari punggung gunung. Terdengar dari atas sana pendaki-pendaki yang udah di puncak berseru kegirangan. Tapi saya nggak kalah seneng kok. Banyak juga pendaki lain yang berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan sunrise itu. Matahari seakan memberi energi baru buat kita, hangatnya juga sedikit mengusir rasa dingin. Saya pun melanjutkan perjalanan. Tinggal beberapa jengkal lagi.

Dan beberapa menit kemudian...

Di atas awan, tapi tetap menapak di tanah

Alhamdulillah, saya akhirnya berhasil menjejakkan kaki di Puncak Rinjani, Singgasana Sang Dewi Anjani~

WE MADE IT! 3.726 MDPL!

Dari atas sana, kita bisa ngeliat 360° pemandangan yang super indah. Negeri di atas awan kalo kata orang-orang. Di sebelah timur, sesekali kita bisa ngeliat siluet Gunung Tambora, sementara di sebelah barat sesekali tampak puncak Gunung Agung. Kalo menengok ke bawah kita akan melihat Danau Segara Anak, dengan Gunung Barujari-nya yang baru erupsi beberapa waktu lalu.
Subhanallah banget lah pokoknya.

Siluet Gunung Agung

Siluet Gunung Tambora

Segara Anak

Puncak Rinjani areanya cukup sempit, nggak seperti Semeru. Jadi mesti hati-hati, apalagi kalau yang lagi muncak orangnya banyak banget kayak waktu itu. Agak susah mau gerak, apalagi mau foto-foto. Ampun dah, ngantrinya lamaa beut. Di sini keliatan ya bedanya orang luar negeri sama orang kita. Kalo bule mah foto sama plakat sekali, terus foto pemandangan beberapa kali, habis itu langsung turun. Kalo orang kita, busyeet, foto di tempat yang sama aja bisa ampe puluhan kali. Belom lagi dengan gaya-gaya yang super nge-hitz (yang nggak bisa saya tiru, wkwkwk...)

The Team! :D

Setelah puas menikmatin pemandangan indah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kami pun memutuskan untuk turun. Waktu itu sekitar jam 09.00-an. Sinar matahari udah mulai menyengat. Untungnya kalo di Rinjani kita ngga di kasih batas waktu di puncaknya, beda kayak Semeru. Pas lagi turun aja, saya masih papasan sama pendaki-pendaki yang mau ke puncak. Wew. Padahal udah panas banget.

Ayok turun

Karena jalannya yang pasir gede-gede + kerikil, kita jadi ngga bisa meluncur turun se-lancar pas di Semeru. Kadang malah napak di tanah yang keras. So mesti hati-hati banget pas turunnya. Yang bikin agak kesyel kalo ada pendaki yang lari pas turun, debunya pada kemana-mana.

Saya sampai di tenda sekitar tengah hari. Alhamdulillah udah tersedia makan siang dan sebotol nutrisari jeruk dingin pas saya dateng. Setelah kenyang, saya akhirnya ketiduran di dalem tenda. Nggak ngerti ya, kenapa pas habis muncak, bawaannya kayak orang meriang aja. Kecapekan mungkin.

Our tent

Sekitar jam 2 siang, kita beberes barang bawaan dan siap-siap buat ngelanjutin perjalanan. Kita mau turun ke Segara Anak. Yeay! Katanya di sana kita bisa mancing ikan juga, tapi sayang, geng kita ngga ada yang bawa pancingan.

Perjalanan ke danau ternyata treknya lumayan berat. Meski menurun, tapi jalannya banyak batu gede dan terjal. Harus mikir-mikir dulu mau nginjek batu yang mana. Di awal perjalanan, salah satu personil kita, mas Agung, sempet sakit. Kepalanya pusing banget katanya. Kita sempet bingung juga, mau balik ke Plawangan Sembalun lagi, atau mau nerusin ke danau. Pas itu kita sempet ketemu sama pendaki yang mau ke Sembalun. Ternyata dia udah berangkat dari danau sekitar jam 8 pagi. WTF?! Jalan dari jam 8 dan sampe jam 2 siang belum nyampe juga?? Berati danaunya masih jauh banget kalo gitu. -_-

Tapi alhamdulillah-nya, mas Agung akhirnya sehat lagi dan kami pun ngelanjutin perjalanan. Saya sempet beberapa kali kepisah dari kelompok. Saya jalan di tengah waktu itu. Ada mas-mas yang di depan sama di belakang. Tapi lumayan serem juga jalan sendirian di gunung. Apalagi menjelang sore, kabut tiba-tiba datang dengan tebalnya dan ngurangin jarak pandang. Tambah bikin serem. Saya jalan sambil setengah lari. Takut tiba-tiba muncul sosok-sosok yang ‘tidak ingin saya temui’. Sempet lama banget ngga ketemu pendaki lain. Dan begitu ketemu, saya pastiin dulu kakinya napak tanah apa engga. :V

Pas di tengah jalan sebelumnya, saya sempet ketemu sama salah satu guide Gunung Rinjani dan beliaunya cerita, dulu pernah pas beliau bawa tamu lewat jalur Senaru (jalur lain pendakian Rinjani) pas siang-siang bolong gitu, tamu-tamunya diliatin sama... kepala terbang.
(((Kepala terbang)))
What the fak?! Serem abis. Alhasil saya jadi kepikiran cerita itu terus selama jalan ke danau. Tapi alhamdulillah, sekitar Maghrib, saya akhirnya sampai di Segara Anak tanpa melihat/bertemu dengan “you know who” xD

Di bibir danau, udah rame banget sama pendaki-pendaki. Ada yang lagi bakar-bakar ikan dan aromanya sungguh menggoda. Tapi air di danau ini ngga bisa diminum lho, soalnya kandungan belerangnya tinggi katanya. Jadi kalo mau cari air, harus jalan lagi ke sumber air (yang mana saya ngga tau tempatnya) dan kata abang porternya alirannya kecil banget, jadi kudu ngantri.

Ah... sungguh hari yang melelahkan. Baru turun dari puncak, langsung jalan lagi sampai ke Segara Anak. Tapi worth it lah, sayang kan udah ke Rinjani tapi nggak mampir ke Segara Anak-nya. Dan besok, adalah hari terakhir kami di sana. Kami masih bingung mau pulang lewat Sembalun (jalur kita mendaki sebelumnya) atau lewat Senaru (yang katanya butuh 12 jam buat sampai ke bawah). Well, mari kita pikirkan lagi esok hari~