Visit Rinjani [Ep. 04]: Mind Trick, Bukit Penyesalan - Plawangan Sembalun

Agustus 29, 2016

Selasa, 16 Agustus, pagi hari. Saya terbangun dari tidur yang lelap karena kebelet pipis. Begitu keluar tenda, udara pegunungan yang sejuk langsung menyambut saya. Sejuk, tapi nggak terlalu dingin. Setelah keliling-keliling sebentar, alhamdulillah, saya ketemu rerumputan yang cukup tinggi dan aman untuk melepaskan ‘hasrat yang terpendam’. Tampak pendaki-pendaki lain sedang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ada yang masak, rapih-rapih tenda, ada juga yang mulai berangkat jalan. Sekitar jam 08.00-09.00 saya sama anak-anak juga udah siap buat ngelanjutin perjalanan. Sarapan udah, beberes tenda udah, semua printilan juga udah di-packing. Dan target kita hari itu adalah sampai ke Plawangan Sembalun!

So, off we go... :D

Bersiap sebelum berangkat

Hari kedua ini, saya bertekad buat bawa carrier saya sendiri, sampe atas. Hehe.. Ngga enak kalo dibawain lagi sama mas-mas yang lain. Dan kayaknya saya udah ngerasa lebih setrong. Kaki-kaki kecil ini udah “dipanasin” di hari sebelumnya. Jadi mudah-mudahan bisa jalan lebih lancar (baca: nggak sering berhenti). Apalagi medan yang akan kita lalui (seperti yang saya bilang sebelumnya) adalah salah satu medan paling berat dalam rangkaian tur ini. Bukit Penyesalan namanya.

Trek awal aja udah nanjak-nanjak terus. Dan seperti biasa, saya jalan paling belakang. Baru beberapa menit, udah kerasa banget capeknya. Ngos-ngosan nggak karu-karuan. Lagi-lagi, hari itu matahari bersinar terik dan panasnya menusuk-nusuk kulit. Berasa spa di dalem jaket. Belum lagi debunya yang terbang kesana-kemari. Untung ngga ada riwayat sesek napas.

Begitu ketemu tanah datar dan pohon rindang, saya sama ‘geng belakang’ duduk sejenak buat mengatur napas. Mas-mas yang di depan ngga tau deh udah sampai mana. Tapi jangan khawatir, kita nggak bakalan kesepian. Karena kebetulan waktu itu lagi libur 17 Agustus-an, jadi yang naik ke Rinjani ya lumayan banyak. Sering banget pas kita istirahat ketemu sama pendaki-pendaki lain. Terus ya ngobrol. Palingan tanya asalnya dari mana, naiknya berapa orang, dsb. So ya, it was fun :)

Rehat bareng pendaki-pendaki lain
(Itu di belakang masih naik-naik lagi -_-)

Katanya sih rangkaian Bukit Penyesalan ini total ada tujuh bukit. Dan entah udah berapa bukit yang kita daki. Saya ngga ngitung. Lagian, ngga jelas juga perbedaanya. Semua keliatan sama. Pokoknya yang saya liat waktu itu, di depan jalannya nanjaaak aja. Naik naik naik terus ampe ujung. Jadi agak ter-demotivasi juga sih. Tapi kalo kita noleh ke belakang.. WOW. Pemandangannya gilee. Keren beut! :D Melepas lelah sambil menikmati indahnya alam Rinjani. Its emejing.

Bukit Penyesalan

Lanjut, alon-alon asal kelakon. Jangan kelamaan istirahat, ntar ngga nyampe-nyampe. Hehe.. Biar melangkah sedikit-dikit yang penting ada kemajuan, hehe..

Tapi yang aneh di Bukit Penyesalan ini, entah karena tersugesti oleh namanya ato emang lagi ngga fokus jalan, untuk pertama kalinya, saya ngerasa pikiran saya kayak ‘dipermainkan’ oleh alam. Hmm.. Saya jadi kepikiran yang aneh-aneh. Bukan yang ngeres lo ya, tapi kepikiran hal-hal enak yang bisa saya dapat dengan mudah kalau nggak lagi di gunung. Jadi pengen makan masakan mama, minum es ini-itu yang seger-seger, sampai yang paling absurd, saya jadi kepikiran mocca float-nya KFC. Bhak. :D

So hot

Yumm, enak banget pastinya. Siang-siang, capek-capek, panas, gerah, menyeruput segelas minuman rasa mocca dengan float ice cream di atasnya. Delisiyus! Wkwkwk...

Pikiran-pikiran aneh macem itu terus aja muter di otak saya. Tapi saya sambil tetep jalan. Dan akhirnya pertanyaan paling ‘parah’ yang muncul di benak saya adalah: “ngapain sih saya di sini?” Ngapain capek-capek naik gunung. Enakan di rumah. Santai. Mau apa juga ada. Ngga panas-panasan bawa tas berat kayak gini. Hvft.. Sempet ketemu sama temen-temen yang udah turun, terus saya jadi mikir, wah enak kali ya ikutan turun, wkwkwk..

Tapi yah, saya segera kembali ke ‘akal sehat’ saya. There’s no way we can quit. Udah sejauh itu, masak iya mau menyerah lalu turun. That doesn’t not make any sense. Jalanin aja, pelan-pelan, ntar juga sampai. Lagian, sudah terlambat juga mau menyesal. :D

Di tengah jalan ada yang jualan juga cuy

Mendekati akhir Bukit Penyesalan, kita menemui semacam hutan dengan pepohonan yang cukup tinggi. Sejenis cemara-cemaraan gitu kayaknya. Alhamdulillah jadi nggak panas. Bahkan sesekali turun gerimis, kayaknya dari kabut. Di sini jalannya agak terjal. Sesekali kita ketemu bule-bule yang lagi turun. Lucu juga ngeliat mereka hampir-hampr kepeleset. Sampai ada yang sengaja meluncur pake pantatnya biar nggak jatuh.

Hutan di akhir Bukit Penyesalan

Ulah tangan tak bertanggung jawab

Sekitar jam 2 atau 3 sore, akhirnya kita sampai di Plawangan Sembalun. Wow. Tempat ini ternyata ada di bibir jurang. Dan yang satu sisi, jurangnya mengarah ke Segara Anak. Salah satu icon Gunung Rinjani. Tapi siang itu lagi berkabut jadi ngga terlalu keliatan. Saya sama geng ‘terbelakang’ agak kesulitan nyari tenda kelompok kita. Kita jalaan lagi naik turun beberapa meter. Mana kaki udah gempor setengah mampus. Dan akhirnya, ketemulah itu tenda, di dekat pos dan tempat sampah, hahha..

Pos Plawangan Sembalun. Ada yang jualan juga

Indonesia banget

Hadeuh, saya langsung ngelempar carrier dan meneguk segelas nutrisari jeruk yang dibikin sama mas-mas yang dateng duluan. Alhamdulillah. Perjalanan hari itu berjalan lancar. Meski dateng terakhir, toh akhirnya saya sampai juga, hehe.. Ternyata di Pelawangan ini masih ada yang jualan juga lhoo. Jadi buat temen-temen yang mau beli cemilan, atau minuman-minuman penghangat tubuh sejenis bir bint*ng, bisa banget. Cuman ya harganya bisa 2-3 kali lipat dari dataran rendah. :)

Dari Pelawangan ini kita udah bisa tuh ngeliat trek menuju puncak, gemilang cahaya. Wew. It is so majestic. Hampir ngga percaya juga bisa ada di posisi kayak gini lagi. Doing this again. Lagi-lagi saya ngga punya target apa-apa, apalagi sampe ke puncak. Tapi berhubung udah ada di sana, ya ngikut kawan-kawan aja lah.

Makan doeloe

Senja di Plawangan Sembalun

Kita rencana berangkat summit attack lepas tengah malam. So, setelah menikmati pisang goreng hangat bikinan abang porter, kami buru-buru masuk tenda & sleeping bag masing-masing. Lalu berdoa semoga perjalanan esok hari diberi kelancaran. Amin~